“Hands Off!”, Teknologi Porsche untuk Cegah Pencurian Mobil Klasik

25/12/2018
Porsche Classic berharap dapat menyelesaikan kesan buruk atas pencurian mobil klasik mereka dengan sistem keamanan baru yang dikenal sebagai ‘Hands Off! menggunakan GPS dan perangkat keras swakemudi.

Sebagai salah satu pabrikan dengan nama besar untuk mobil-mobil klasiknya, bukan rahasia lagi jika mobil klasik Porsche seringkali mendapat gangguan keamanan hingga akhirnya sering menjadi korban pencurian. Karena itu, Porsche Classic meluncurkan “Hands Off!” untuk menyingkirkan stigma mudahnya kendaraan klasik Porsche mudah dicuri.

Gambar mobil klasik Porsche

Komponen baru yang digabungkan pada sensor swakemudi mobil

Dengan menggunakan GPS dan perangkat keras swakemudi, bagian penting dari peningkatan keamanan ini adalah sistem pelacakan Porsche yang khusus melayani model lama menggunakan paket sensor swakemudi. Sensor-sensor ini dipasang pada titik-titik tersembunyi di seluruh kendaraan dan berkomunikasi dengan jaringan keamanan.

>>> Teknologi Masa Depan Hyundai Mobis: Bioskop di Dalam Mobil

Namun sayangnya, tidak semua daerah atau pasar mobil klasik Porsche mendapatkan sistem keamanan baru ini. Jangankan di Indonesia, pemilik Porsche klasik di Amerika juga belum mendapatkannya. Jaringan keamanan ini baru mencakup Eropa, tapi untungnya, sistem ini mampu mengakomodasi seluruh Eropa.

Gambar teknologi Porsche

Teknologi ini akan diletakkan pada bagian tersembunyi mobil Porsche

>>> Teknologi kendaraan terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Sistem pelacakan baru Porsche

Aspek menarik dari sistem keamanan ini adalah sejauh mana Porsche bisa membuatnya tidak terdeteksi oleh pencurian yang sangat canggih, menunjukan bagaimana Porsche memiliki pemahaman mendalam tentang mentalitas penjahat.

“Di masa depan, sistem pelacakan baru akan memungkinkan kami untuk menawarkan fungsionalitas anti-pencurian kepada pelanggan kami yang akan memicu alarm untuk melacak kendaraan jika seseorang mencoba mencurinya. Dalam skenario yang ideal, intervensi ini akan menghentikan kendaraan agar tidak menghilang sejak awal,” jelas Alexander Fabig, Kepala Porsche Classic.

Dalam rilisan resminya, pembuat mobil legendaris asal Jerman tersebut menyoroti bahwa memotong baterai, trik populer pencuri untuk mencuri mobil tua dengan sistem keamanan, tidak akan berpengaruh pada sistem ini karena akan memicu alarm keamanan.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Gambar komponen Bear Lock

Komponen Bear Lock dari Porsche

Bahkan jika pencuri memotong baterai mobil, sistem GPS sudah dilengkapi dengan baterai sendiri. Mirip dengan sistem keamanan yang lebih baru, sehingga mobil bisa dilacak kapanpun. Sekalipun perangkat pencurian mobil yang biasa digunakan, hal tersebut akan memicu sistem alarm.

Sebagai tambahan lapisan perlindungan, “Hands Off!” juga dibantu dengan kunci pemindahan gigi Bear-Lock. Sistem ini adalah mekanisme yang sangat sederhana namun efektif untuk mencegah sistem menggeser ke gigi berikutnya.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0