Review Nissan Murano 2019: Seandainya Dijual, Dijamin Tak Ada Lawan Sebanding

08/07/2019

Share this post:

Nissan Murano 2019

Editor rate:

Lihat promo

Di antara model Nissan lainnya, Murano adalah yang paling memikat hati. Meski sosoknya sudah tak lagi dijual di Tanah Air, kami pun masih berharap besar supaya Murano hadir kembali, melawan kompetitornya di lini Premium Sport Utility Vehicle (SUV). Apalagi jika melirik generasi ketiganya yang hadir di Los Angeles Auto Show di akhir tahun lalu, sungguh sangat menarik. Inilah dia review Nissan Murano 2019.

Review Nissan Murano 2019: Seandainya Dijual, Dijamin Tak Ada Lawan Sebanding
Review Nissan Murano 2019: Seandainya Dijual, Dijamin Tak Ada Lawan Sebanding
0 Gambar

Pengantar Nissan Murano 2019

Mari kita simak spesifikasi Nissan Murano 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Desain eksterior benar-benar radikal, agresif dan Eye Catching

Fitur keselamatan sangat lengkap

Sangat nyaman dikendarai di area perkotaan

Fitur hiburan sangat lengkap, berkendara bersama keluarga dijamin sangat menyenangkan

Kekurangan

Visibilitas kaca depannya terhalang akan Bonnet-nya yang tinggi

Di luar varian lainnya kecuali Platinum, tidak disematkan banyak fitur

Tak ada perubahan apapun pada performa mesin

Belum ada kabar resmi dari Nissan Indonesia akan kehadirannya

Review Nissan Murano 2019 - Selama ini, Murano memang menjadi model eksperimen Nissan soal desain. Namun sayangnya, nasib mobil berdesain radikal ini tak diterima baik oleh masyarakat Indonesia kala itu, sehingga harus berhenti diproduksi di tahun 2014.

Padahal jika mengaca pada tren saat ini, SUV yang dulunya identik dengan bentuk mengkotak, kini semuanya berubah menjadi Crossover, mengadopsi desain radikal Murano. Bahkan, di artikel review sebelumnya, tim Cintamobil.com berani menyebutnya, “Nissan Murano 2011, berlian di antara lautan mobil bekas”.

Peluncuran Nissan Murano 2019 dilakukan di acara Los Angeles Auto Show bersamaan dengan peluncuran Nissan Maxima 2019

Perilisan Nissan di Los Angeles menghadirkan dua model terbaru sekaligus yakni Maxima (kiri) dan Murano (kanan)

Meski tak sukses di Indonesia, generasi ketiganya masih diperkenalkan pada bulan November 2018 lalu di acara Los Angeles Auto Show. Nissan dalam hal ini, merasa sangat bangga membawa Murano dalam desain bodi yang baru, terlihat lebih segar dan juga masih membawa DNA radikalnya.

Nissan Murano 2019 hadir dengan pembaruan pada sisi eksterior dan fitur tambahan yang menarik

Hampir tidak ada kritik untuk masalah desain eksterior Nissan Murano

Seandainya saja Nissan Murano terbaru ini dibawa ke Indonesia, maka akan berhadapan langsung dengan Hyundai Santa Fe, Ford Edge maupun Chevrolet Blazer. Tentu akan sangat menarik, jika hal tersebut terjadi. Supaya pembaca semua memahami bagaimana kehebatannya, mari kita simak bersama dalam review Nissan Murano 2019.

Eksterior Nissan Murano 2019

Salah satu perubahan paling signifikan terletak pada desain eksterior Nissan Murano 2019. Ya, terlihat lebih Fresh dan dibekali penambahan fitur menarik. Hal yang membuat kami bergeleng-geleng kepala adalah ketika mengetahui bahwa DNA radikal yang diusung dari generasi pertama Murano nyatanya masih diterapkan hingga kini. Sepintas melihatnya, langsung mengetahui bahwa mobil tersebut adalah Murano.

Review Nissan Murano 2011: Eksterior Depan

V-Motion Grille yang sering ditemui pada model-model Nissan terbaru, ditampilkan pada wajah depannya. Ciri khas modern Nissan benar-benar terasa, dipadu fitur mengesankan. Sebut saja, lampu kabut dan lampu utama yang sudah didukung LED, berpadu serasi menghiasi fascia depan Nissan Murano.

Eksterior Depan Nissan Murano 2019 sudah dilengkapi lampu serba LED dan juga DRL

Kesan berani, modern dan juga agresit, terpadu apik pada lampu depannya yang berdesain Boomerang

Satu kritik kami yakni kaca depannya tidak memenuhi kebutuhan visibilitas. Apalagi Bonnet depannya yang dikemas agak tinggi serta sedikit panjang, bisa membuat pengendara tidak bisa mengambil ancang-ancang parkir khususnya dari sisi depan. Diperlukan adaptasi yang cukup lama dengan mobil ini, sehingga bisa lebih memahami dan merasakan titik aman dari sisi depan.

Review Nissan Murano 2011: Eksterior Samping

Demi menghiasi bodi sampingnya, Nissan menerapkan tema Floating Roof, dipertegas Roof Rail beraksen krom. Desain tersebut langsung berdampak pada lekuk bodinya yang artistik dan sekaligus radikal. Jujur saja, kami sangat menyukai tampilan tersebut, tak monoton tapi jauh lebih atraktif dari sebelumnya. Tak lupa, terdapat juga dua pilihan ukuran pelek yang bisa dipilih yakni 18 inci atau 20 inci, sesuai selera dari peminatnya.

Eksterior Samping Nissan Murano 2019 dihias menarik dengan tema Floating Roof, serasi dengan gaya Crossover-nya

Tema Floating Roof, benar-benar membuat Murano terlihat seksi sekaligus radikal

Review Nissan Murano 2011: Eksterior Belakang

Merambah ke bodi belakangnya, LED Tail Lights berbentuk Boomerang juga diaplikasikan sehingga terlihat serasi dengan lampu depannya. Adapun bemper belakangnya yang berwarna hitam, dibekali Dual Exhaust beraksen krom sehingga aura kemewahan benar-benar terpancar. Sungguh mengesankan perubahan pada mobil satu ini, dari segi desain kami memberinya nilai 9 dari 10.

Eksterior Belakang Nissan Murano 2019 menggabungkan unsur maskulin, sporty serta modern

Bodi belakang Nissan Murano dihias menarik dengan beberapa aksen krom pada bempernya

>>> Baca juga:


Interior Nissan Murano 2019

Secara kualitas, kabin interior Nissan Murano 2019 dikemas sangat teliti dan memperhitungkan unsur kemewahan. Trim pada pintu serta kursi juga dirancang dengan bahan berkualitas, diklaim nyaman saat disentuh. Namun ada beberapa catatan penting yang harus disampaikan.

Review Nissan Murano 2019: Dashboard

Bahan kulit berkualitas yang membalut dashboard-nya menggunakan bahan serupa pada mobil besutan Infiniti. Hal ini dapat dimaklumi mengingat Infiniti merupakan divisi langsung dari Nissan yang lebih menonjolkan produk mobil mewahnya. Sehingga, SUV Premium seperti Murano ini mengaplikasikan bahan kulit yang sudah terkenal akan kualitasnya, belajar dari pengalaman Infiniti.

Dashboard Nissan Murano 2019 sudah dilengkapi fitur lengkap mulai dari audio berukuran 8 inci, AC Automatic Climate Control dan fitur lainnya

Dashboard-nya dikemas sangat apik, mengadopsi kemewahan dari Infiniti

Meski terkesan mewah tapi tim Cintamobil.com menemukan bahwa tak banyak fitur wadah pada kabinnya. Meski ada hanya beberapa, itupun berukuran kecil yang hanya mampu menampung Handphone, kartu dan benda kecil lainnya. Inilah yang menjadi kekurangan utama pada kabinnya, tergolong kurang praktis.

Review Nissan Murano 2019: Setir

Urusan setir sendiri sudah teratasi dengan baik. Beberapa tombol penunjang seperti tombol pengaturan audio hingga koneksi telepon, sudah disematkan. Tentu hal ini bisa menambah aspek kemudahan dari segi pengendara. Tak lupa juga, panel Multi Information Display (MID) sudah didukung konfigurasi Digital.

Setir Nissan Murano 2019 dikemas apik dengan model empat palang

Kemudi setir sudah dibekali panel MID canggih, mampu memantau tekanan angin ban hingga navigasi

Review Nissan Murano 2019: Kursi

Sekilas melihat sosoknya dari luar, kabin Nissan Murano 2019 terasa sangat luas, tak demikian pada kenyataannya. Hal ini bisa dibuktikan pada ruang kaki pada bangku deret depan yang terkesan cukup sempit, tak memberi perasaan leluasa bagi pengendara.

Kursi Nissan Murano 2019 mampu menampung hingga lima orang sekaligus

Setiap kursi sudah dibekali Head Rest dan juga tambahan Arm Rest pada bangku depan

Kekurangan tersebut setidaknya terobati apabila sudah menduduki kursinya. Dalam hal ini, Nissan Murano menggunakan bahan kulit  Semi-Aniline yang dihias apik dengan corak desain mirip berlian. Nuansa mewah serta elegan, menjadi sajian utama ketika memasuki kabinnya.

>>> Informasi menarik:

Fitur Nissan Murano 2019

Di Amerika, Nissan Murano dijual dalam beberapa varian yakni tipe S, SV, SL dan Platinum. Namun perlu diketahui bahwa fitur paling lengkap didapati pada Nissan Murano tipe Platinum saja. Sayangnya, varian lain masih sarat akan fitur. Untuk lebih lengkapnya, berikut fitur Nissan Murano 2019.

Review Nissan Murano 2019: Fitur Keselamatan

Dua fitur standar yang ditemui adalah Rear Door Alert dan Intelligent Driver Alertness. Kedua fitur ini mampu membaca pola berkendara dari penggunanya, jika potensi kantuk tiba maka notifikasi audio akan aktif seketika. Cukup canggih untuk sebuah SUV bertaraf Premium.

Fitur keselamatan Nissan Murano 2019 tampil sangat lengkap sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan

Jika sistem mendeteksi Anda mengantuk atau kelelahan, akan terdapat notifikasi pada layar MID di balik kemudi setirnya

Adapun Nissan Murano Platinum 2019 sudah menghadirkan segudang fitur keselamatan yang mengesankan. Sebut saja, Blind Spot Warning (BSW), Intelligent Forward Collision Warning (I-FCW), Automatic Emergency Braking dengan Pedestrian Detection (PAEB) hingga Intelligent Cruise Control (ICC). Sungguh istimewa yang mana setiap fitur tersebut mampu memberi perasaan lebih aman saat berkendara, meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Blind Spot Warning Nissan Murano 2019 mampu menghidupkan notifikasi ketika ada kendaraan berada di titik buta

Salah satu fitur menariknya yakni Blind Spot Warning

Sayang seribu sayang, tim Cintamobil.com tak mendapati adanya pilihan mode berkendara. Untuk sekelas SUV Premium seharusnya Nissan Murano memiliki fitur berkendara seperti ECO, Sport atau Normal. Atas kekurangan tersebut, pengendara harus mengatur laju berkendara sesuai gayanya masing-masing, tak bisa menggunakan konfigurasi otomatis.

Review Nissan Murano 2019: Fitur Hiburan

Cara melihat apakah fitur hiburan suatu mobil tergolong praktis atau tidak, umumnya dinilai berdasarkan kemampuan audionya. Murano menghadirkan layar berukuran 8 inci Touchscreen yang sudah didukung format Apple CarPlay dan Android Auto. Menariknya, kedua format audio paling modern tersebut sudah tersedia di semua variannya.

Fitur hiburan Nissan Murano 2019 hadir dengan audio Toucshcreen yang sudah didukung format lengkap

Panel Multimedia-nya dikemas fungsional mulai dari mendengarkan musik, video hingga navigasi

Fitur pembeda paling signifikan terletak pada Power Panoramic Moonroof yang hanya didapati pada Nissan Murano Platinum, varian tertingginya. Hal ini tak didapati pada tipe Murano lainnya. Selain mampu memperkuat nuansa mewah pada kabinnya, fitur tersebut mampu memberikan keleluasaan bagi penumpang untuk menikmati pemandangan alam dari atapnya.

>>> Bandingkan juga dengan model SUV yang tak kalah menarik lainnya di sini

Operasi Nissan Murano 2019

Hal yang cukup disayangkan adalah tak adanya perubahan pada sektor operasi mesin Nissan Murano 2019. Masih bergantung pada kapasitas 3.5 Liter 24 katup DOHC V6. Daya yang dihasilkan mesinnya mampu mencapai 260 HP pada putaran 6.000 Rpm dipadu torsi puncak sebesar 240 Lb.ft setara 4.400 Rpm.

Jika bicara soal kenyamanan, mobil SUV ini sudah cukup mumpuni, mengingat transmisinya menggunakan XTRONIC CVT. Pergantian giginya diklaim sangat mulus serta responsif sehingga sungguh sangat nyaman dikendarai di area perkotaan.

Operasi Mesin Nissan Murano 2019 tak mengalami perubahan apapun dibanding model sebelumnya

Dari segi performa dan kenyamanan berkendara, Murano lebih cocok untuk dijadikan kendaraan sehari-hari saja

Namun kami pun tak menyarankan untuk sosoknya diajak melaju di medan berat. Sebagai contoh, jika berkendara di jalanan buruk, getaran yang dihasilkan bisa terasa hingga ke dalam kabin. Meski sosoknya sebagai SUV tapi performanya sebagai mobil Off-Road masih di bawah rata-rata soal kenyamanan berkendara.

>>> Ingin tahu mobil-mobil Nissan terbaru lainnya? Coba simak informasi selengkapnya dengan klik link ini

Spesifikasi Nissan Murano 2019

Untuk spesifikasi Nissan Murano 2019 selengkapnya, Anda bisa melihat tabel di bawah ini.

SPESIFIKASI NISSAN MURANO 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

192,4 inci x 75,4 inci x 67,8 inci

Wheelbase

111,2 inci

MESIN

Tipe Mesin

3.5 Liter 24 Katup V6

Daya Maksimum

260 HP / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

240 Lb.ft / 4.400 Rpm

Sistem Transmisi

XTRONIC CVT

HANDLING

Suspensi Depan

Independent Strut dengan Stabilizer

Suspensi Belakang

Multi-Link Independent Stabilizer

Rem Depan

Discs

Rem Belakang

Discs

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

19 Gals

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

23 MPG

Daftar Harga Nissan Murano 2019

Mengingat model satu ini belum dipasarkan di Indonesia, kami tim Cintamobil.com mengalami daftar harga Nissan Murano 2019 yang sudah dijual di Amerika.

TIPE MOBIL

HARGA NISSAN MURANO 2019

(Amerika Serikat)

HASIL KONVERSI DARI DOLLAR KE RUPIAH

Nissan Murano S 2019

$31.370

Rp. 443.354.000

Nissan Murano SV 2019

$34.540

Rp. 488.361.000

Nissan Murano SL 2019

$39.330

Rp. 556.086.000

Nissan Murano Platinum 2019

$43.630

Rp. 616.884.000

*Catatan:
●    Harga di atas merupakan hasil konversi dari Dollar ke Rupiah
●    Jika memang tiba di Indonesia, maka diprediksi akan ada kenaikan harga sesuai kebijakan Nissan Indonesia

>>> Di Indonesia juga masih dijual Nissan Murano bekas, simak harga lengkapnya di sini

Kesimpulan Nissan Murano 2019

Meski sosoknya tak lagi dijumpai sejak tahun 2014 lalu, tapi rasanya tak pernah bosan untuk mengulas Murano. Nissan yang selalu menghadirkan mobil-mobil bertema radikal, desain bodi yang tidak umum, selalu sukses berkontribusi dalam perkembangan otomotif masa kini. Sebut saja Murano hingga Juke, Nissan tak pernah berhenti bereksperimen soal desain. Kami sendiri cukup yakin apabila Murano tiba di Indonesia nantinya, persaingan di lini SUV akan menjadi semakin sengit. Bahkan, melihat fitur-fiturnya yang canggih, rasanya tak ada pesaing yang bisa sebanding dengannya. Hmmm, apakah Nissan Murano terbaru akan hadir di Indonesia?

>>> Ingat selalu untuk melihat opini lengkap dan kritis kami sebelum memilih mobil, hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Kembar Jaya Motor

Jawa Barat

Review lain

Review Chevrolet Blazer 2019

10/10/2018

Editor rate:

Sama seperti film-film lawas yang dibangkitkan kembali, Chevrolet Blazer 2019 merupakan reboot yang diberikan oleh General Motors untuk memberikan kembali nyawa bagi SUV berumur 50 tahun ini. Sempat terseok-seok dalam pertarungan garis keras segmen SUV beberapa tahun terakhir, Chevy melompat ke segmen SUV mid-size 2 baris dengan All New Chevrolet Blazer yang baru diumumkan tahun ini.

Lihat juga

Review Hyundai Santa Fe 2012: Ketika Korea Menciptakan Mobil Terbaik

22/12/2018

Editor rate:

Tentu saja produk paling dikenal besutan Hyundai adalah Santa Fe. Siapa yang tak kenal dengan sosoknya? Jika di artikel sebelumnya, Cintamobil.com membahas generasi keempatnya, di artikel ini kami hendak mengulas generasi sebelumnya. Harga yang lebih terjangkau menjadi landasan utama kami untuk menuliskan review Hyundai Santa Fe 2012.

Lihat juga

Review Toyota Fortuner SRZ 4x2 2017: Bertahan Di Tengah-Tengah Dominasi Diesel

06/06/2018

Editor rate:

Tentu Anda tidak asing ketika mendengar Toyota Fortuner yang umumnya terlihat tangguh dalam varian dieselnya. Nyatanya varian mesin bensin yang disematkan pada Toyota Fortuner SRZ 4x2 memberikan performa tarikan yang lebih unggul dengan memboyong mesin Dual VVT-I. Mari kita simak review Toyota Fortuner SRZ 4x2 2017.

Lihat juga

Review All New Mazda CX-9 2019

12/01/2019

Editor rate:

Inilah penantang tangguh merek kondang asal Jerman, ia datang dengan paket lengkap. Mesin kencang, fitur lengkap, dan jangan lupa tampilannya juga sangat cantik. Inilah ulasan lengkap kami mengenai All New Mazda CX-9 2019. Tidak hanya mengulas, kami juga mengetes jalan secara lengkap mobil All New Mazda CX-9 2019 ini.

Lihat juga

Review Toyota Harrier 2017 Indonesia

09/03/2017

Editor rate:

Toyota Harrier 2017 merupakan mobil SUV mewah buatan Jepang yang mulai diperkenalkan pada pertengahan tahun 2017 silam. SUV mewah besutan Toyota ini telah mengalami pembaharuan (facelift) dari generasi sebelumnya. Mobil ini pun dikabarkan sudah memulai penjualannya pada Juni 2017 silam di negara asalnya, Jepang. Apa saja fitur-fitur yang ditambahkan di mobil SUV mewah besutan Toyota ini? Selengkapnya bisa dibaca ulasan tentang Toyota Harrier 2017 Indonesia di bawah ini.

Lihat juga