Review Nissan Murano 2011: ‘Berlian’ Di Antara Lautan Mobil Bekas

27/06/2019

Share this post:

Nissan Murano 2011

Editor rate:

Lihat promo

Ketika PT. Nissan Motors Indonesia (NMI) baru pertama kali bermain di segmen Sport Utility Vehicle (SUV), Nissan Murano menjadi perintisnya. Nissan Murano adalah sebuah pelaku sejarah. SUV yang dulunya dikenal selalu kotak dan besar, diubahnya menjadi mobil berdesain Crossover. Ada rencana membelinya? Coba simak dulu review Nissan Murano 2011 berikut ini.

Review Nissan Murano 2011: ‘Berlian’ Di Antara Lautan Mobil Bekas
Review Nissan Murano 2011: ‘Berlian’ Di Antara Lautan Mobil Bekas
0 Gambar

Pengantar Nissan Murano 2011

Mari kita simak spesifikasi Nissan Murano 2011 di bawah ini.

Kelebihan

Desain eksterior terlihat cukup menawan, relevan dengan mobil-mobil saat ini

Performa mesin di atas rata-rata, mengejar kenyamanan dalam perjalanan jauh

Fitur hiburan sangat lengkap

Kekurangan

Audio belum mendukung format modern layaknya Bluetooth ataupun USB

Populasinya sangat sedikit dikarenakan harganya tergolong mahal di masa lalu

Aromanya sebagai SUV kurang terasa pada sisi eksterior

Review Nissan Murano 2011 - Sebelum dipasarkan di Tanah Air, Murano adalah mobil yang pertama diperkenalkan di akhir tahun 2002, tepatnya di negara Amerika Serikat serta Kanada. Sosoknya yang menarik, menggabungkan antara esensi maskulin dari SUV dan agresif ala Crossover, membuat namanya melambung tinggi di kedua negara tersebut.

Tak lama setelah itu, Nissan Murano generasi pertama sempat memasuki pasar Indonesia lewat jalur Importir Umum (IU). Namun jangan salah, dampak dari jalur IU tersebut, membuat harganya sangat mahal mencapai Rp. 1 miliar lebih.

Nissan Murano generasi pertama tidak dirilis secara resmi oleh PT. NMI, melainkan lewat jalur impor

Nissan Murano generasi pertama sempat masuk lewat jalur IU

Kebijakan yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Jepang, membuat tercetusnya Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) sejak tahun 2007. Pajak impor mobil mewah yang sebelumnya menjadi 75 persen, dipangkas habis menjadi 4 persen saja.

Lewat latar belakang tersebut, PT. NMI merasa diuntungkan yang langsung mengeluarkan Murano di tahun 2011. Harganya yang dulu mencapai Rp. 1 miliar lebih, menjadi lebih terjangkau di angka Rp. 750 juta. Sementara itu, NMI mengambil langkah supaya Nissan Murano didatangkan secara utuh dari Jepang lewat jalur Completely Built Up (CBU). Keseluruhan komponennya adalah 40 persen dari lokal Jepang.

Nissan Murano Generasi Kedua memiliki tampilan yang agresif, dengan gaya Crossover-nya yang khas

Sosok Nissan Murano yang resmi masuk Indonesia

Apabila Anda punya rencana untuk membelinya, bagi kami merupakan suatu hal yang menguntungkan. Mengapa begitu? Ya, SUV bergaya Crossover memiliki mesin 3.498 cc V6 dipadu dengan fitur hiburan lengkap di berbagai sisinya. Apa lagi kelebihannya? Mari kita simak review Nissan Murano 2011.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Nissan Murano 2011

Salah satu hal fenomenal terletak pada desain eksterior Nissan Murano 2011. Bisa dikatakan, Murano adalah SUV Crossover pertama besutan Nissan. Tak heran, banyak orang yang langsung kepincut ketika mengamati sisi eksterior-nya.

Review Nissan Murano 2011: Eksterior Depan

Jika Anda sering mengamati desain wajah depan mobil-mobil Nissan terkini, sudah pasti kenal dengan yang namanya V-Motion Grille. Nah, Murano sudah menerapkan hal tersebut, menyiratkan bahwa Nissan bergerak ke arah modern dan Murano adalah perintisnya.

Eksterior Depan Nissan Murano 2011 hadir dengan lampu Projector dipadu lampu kabut

V-Motion Grille nyatanya sudah dimulai dari Murano

Aksen krom minimalis pun menghiasi sisi Grille dengan bentuk mengerucut, sukses menyampaikan kesan tegas sekaligus mewah. Di kedua ujungnya pun sudah disematkan lampu Projector dipadu LED Light serta lampu kabut pada sisi bempernya. Sayang, seandainya ada fitur Daytime Running Light (DRL) maka dipastikan tampilannya masih relevan dengan mobil masa kini.

Review Nissan Murano 2011: Eksterior Samping

Tampilan agresif ala Crossover benar-benar terasa pada bodi sampingnya. Hal ini bisa diamati pada panel kaca samping belakangnya yang mengerucut ke arah Spoiler. Memang tak dipungkiri, mobil bergaya Crossover seperti ini, memang menjadi tren di kalangan masyarakat. Maka dari itu, jika ditilik dari segi desain, kami benar-benar menyarankan Murano sebagai pilihan.

Eksterior Samping Nissan Murano 2011 dilengkapi dengan pelek Alloy yang cukup sporty

Nuansa Crossover benar-benar terasa pada bodi sampingnya

Proporsi bodinya pun dikemas sangat pas dengan dimensi 4.860 mm x 1.885 mm x 1.720 mm. Meski sekilas terlihat bongsor, tapi mobil ini memiliki kelegaan kabin yang cukup mengesankan. Patokannya terletak pada aspek Wheelbase yang mana Murano menerapkan dimensi 2.825 mm.

Review Nissan Murano 2011: Eksterior Belakang

 Ingatkah Anda bahwa mobil ini punya DNA sebagai SUV Crossover? Dalam hal ini, tim Cintamobil.com merasakan bahwa esensi maskulin dari SUV tidak begitu terasa kental. Kurang berotot bahkan bodi belakangnya sekilas mirip desain mobil Hatchback.

Eksterior Belakang Nissan Murano 2011 tidak memiliki aroma SUV, cenderung mirip Hatchback

Cukup disayangkan, menurut kami, esensi maskulin dari posisinya sebagai SUV tak begitu terasa

Fitur Spoiler tak terpisah, tersambung langsung dengan atapnya. Sementara itu, hal karakteristik dari Murano terletak pada desain kaca belakangnya yang unik, tak dimiliki oleh kompetitornya. Di sisi lain, lampunya sudah menerapkan LED Tail Lights dan Dual Exhaust, sehingga terlihat benar-benar menarik. Namun sekali lagi, aroma SUV benar-benar tak terasa.

>>> Baca juga:


Interior Nissan Murano 2011

Merambah ke sektor interior Nissan Murano 2011, kabinnya terasa sangat lega dan juga dipenuhi fitur lengkap. Menurut tim Cintamobil.com, hal ini dikarenakan versinya sebagai mobil CBU, yang masih menerapkan standar Jepang.

Review Nissan Murano 2011: Dashboard

Bodi luarnya yang modis, nyatanya tak sejalan lurus dengan dashboard-nya. Ya, tampilannya terasa biasa saja dan kurang bisa mengimbangi tren saat ini. Masih terlihat betul desain khas dari mobil keluaran tahun 2000-an. Warnanya sendiri terkesan kurang elegan, hanya memadukan warna hitam serta Silver.

Dashboard Nissan Murano 2011 sudah dilengkapi dengan layar berukuran 7 inci

Dashboard Murano masih dikemas kurang modern

Pada sisi tengah terdapat sebuah layar berukuran 7 inci yang siap menyuguhkan berbagai hiburan. Tersedia format DVD Player yang bisa memudahkan Anda mengoperasikan film atau video musik. Namun, perlu diingat bahwa Anda juga harus menyiapkan sebuah kaset DVD. Terkesan jadul? Agaknya seperti itu memang. Apalagi jika dibandingkan dengan mobil keluaran saat ini yang sudah menyediakan format Bluetooth dan USB.

Review Nissan Murano 2011: Setir

Desain V-Motion tampaknya juga disematkan pada kemudi setirnya yang juga menerapkan model tiga palang. Menurut pendapat kami, hal ini benar-benar sukses menyiratkan kesan sporty dan juga modern. Sementara itu, di kedua sisi setirnya juga disediakan tombol praktis seperti pengaturan audio dan juga Cruise Control.

Setir Nissan Murano 2011 sudah menghadirkan panel MID bergaya tiga Circle yang sekaligus memberi kesan sporty

Di balik kemudi setirnya juga tersemat apik sebuah panel MID bergaya sporty

Review Nissan Murano 2011: Kursi

Esensi kenyamanan juga dihadirkan pada kursinya yang menerapkan bahan kulit. Selain memberi kenyamanan yang cukup empuk, kursinya juga dirancang supaya terlihat elegan, sukses mendominasi atmosfer kabinnya. Adapun daya tampung dari mobil ini mencapai 5 orang sekaligus, cocok untuk berbagai kebutuhan berkendara Anda.

Kursi Nissan Murano 2011 sudah dilengkapi dengan bahan kulit yang nyaman

Bangku belakangnya menyediakan Armrest yang bisa dibuka, namun daya tampung hanya 4 orang saja

>>> Informasi menarik lainnya:

Fitur Nissan Murano 2011

Untuk sekelas SUV Premium, kami tak menemukan banyak kekurangan pada fitur Nissan Murano 2011. Semua hal benar-benar lengkap baik dalam aspek hiburan maupun keselamatan. Tak heran, hal tersebut bisa dimaklumi mengingat harganya dulu mencapai Rp. 700 jutaan. Bagaimana sekarang? Harga bekasnya benar-benar sangat terjangkau.

Review Nissan Murano 2011: Fitur Keselamatan

Nuansa SUV baru terasa pada sisi kenyamanan berkendara. Pada aspek suspensi misalnya, MacPherson Strut dipilih sebagai suspensi depan dan Multi Link pada sisi belakangnya. Hal ini tentu sangatlah menunjang kenyamanan khususnya ketika berkendara di area perkotaan.

Di sisi lain, kami benar-benar menyukai performa pengeremannya. Racikan trio andalan yakni Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA), sudah disematkan. Sehingga, performa pengereman benar-benar stabil dan juga empuk, tak ada masalah sama sekali dalam hal ini.

Sedangkan dalam hal standar, Nissan Murano sudah menghadirkan Immobilizer, Alarm System, Airbag SRS dan juga Cruise Control. Inilah mengapa kami menyebutkan fitur-fiturnya sangat lengkap.

Review Nissan Murano 2011: Fitur Hiburan

Hiburan paling spesial dari mobil SUV Crossover ini terletak pada Double Sunroof-nya. Dalam hal ini, Anda dan seluruh penumpang bisa menikmati pemandangan alam secara langsung dari atapnya. Perlu juga kami ingatkan bahwa fitur seperti ini tak banyak ditemui, selain pada mobil kelas atas.

Fitur Hiburan Nissan Murano 2011 sudah menghadirkan Dual Sunroof sehingga terkesan mewah dan juga modern

Dual Sunroof memang selalu lekat akan nuansa mewah

Sementara itu, aspek hiburan ditunjang kuat dari layar utamanya yang menggunakan ukuran 7 inci. Memang, tampilannya mungkin dianggap jadul oleh beberapa orang, tapi jangan salah dulu mengingat 11 Speaker BOSE sudah disematkan pada panel tersebut. Musik apapun bisa terdengar jernih dan menggelegar jika diputar lewat audio Nissan Murano. Sedangkan untuk urusan format, audionya mendukung DVD, CD Player, radio dan MP3 saja.

>>> Tertarik untuk mengetahui mobil-mobil Nissan terbaru? Simak di sini infonya

Operasi Nissan Murano 2011

Untuk sekelas SUV Crossover, performa mesinnya bukanlah ‘kacangan’. Bukan saja tampilan dan hiburan yang disasar namun juga performa bertenaga. Dalam hal ini, operasi mesin Nissan Murano 2011 menggunakan kapasitas 3.498 cc V6. Adapun tenaga yang dihasilkan mampu mencapai 260 HP dengan buaian torsi sebesar 334 Nm. Sebuah tenaga yang cukup besar untuk menemani perjalanan Anda baik dalam dan luar kota.

Operasi Mesin Nissan Murano 2011 mampu menyemburkan daya hingga 260 HP

Mesinnya tergolong tangguh dengan kapasitas 3.498 cc

Nissan mengklaim bahwa mesin Murano generasi kedua yang berkode VQ35DE ini, memiliki tenaga lebih tinggi 20 HP dibanding sebelumnya. Hal menarik lainnya juga didapati pada aspek transmisi yang menggunakan konfigurasi 6 tingkat percepatan CVT. Memang, akselerasinya terasa kurang menggigit, tapi bobotnya yang mencapai 1.885 Kg dipadu transmisi CVT dan Adaptive Shift Control, membuat pergantian gigi terasa sangat mulus.

Ya, memang mobil ini cukup lemah ketika berada di putaran bawah. Anda akan benar-benar merasakan kenyamanan berkendara ketika sudah melewati 4.500 Rpm. Bahkan ketika dipacu hingga 180 Km/Jam, mobil ini terasa sangat stabil dan juga responsif.

>>> Bandingkan juga dengan model SUV yang tak kalah menarik lainnya

Spesifikasi Nissan Murano 2011

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai spesifikasi Nissan Murano 2011, Anda bisa melihat pada tabel di bawah ini.

SPESIFIKASI NISSAN MURANO 2011

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.860 mm x 1.885 mm x 1.720 mm

Wheelbase

2.825 mm

MESIN

Tipe Mesin

3.5 Liter VQ35DE

Kapasitas Silinder

3.498 cc

Daya Maksimum

260 HP / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

334 Nm / 4.400 Rpm

Transmisi

6 Tingkat Percepatan CVT

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Daftar Harga Nissan Murano 2011

Perlu kami ingatkan kembali, dulu harga baru Nissan Murano mencapai Rp. 750 jutaan. Beda ceritanya dengan kini, yang tersedia dalam kategori bekas dan juga dibanderol terjangkau. Inilah daftar harga Nissan Murano 2011.

TIPE MOBIL

HARGA NISSAN MURANO BEKAS

Nissan Murano 2011

Rp. 305.000.000

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga lengkap dari Nissan Murano bekas

Kesimpulan Nissan Murano 2011

Nissan Murano sebenarnya adalah sosok SUV Crossover yang benar-benar memenuhi selera konsumennya. Mulai dari performa mesin unggul, desain eksterior agresif, harga terjangkau hingga fitur hiburan lengkap. Apa lagi yang dibutuhkan konsumen? Namun sayang, popularitasnya tidak banyak dikenali masyarakat karena harganya di zaman dulu terlampau tinggi. Di sisi lain, Murano juga SUV Crossover pertama yang mana masih belum punya kepercayaan tersendiri di hati masyarakat. Sayang, cukup disayangkan. Untuk saat ini, harganya hampir turun 60 persen dibanding harga barunya dulu. Bagi tim Cintamobil.com, Nissan Murano adalah sosok berlian di antara mobil bekas lainnya.

>>> Lihat juga ulasan mobil menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Toyota Harrier 2017 Indonesia

09/03/2017

Editor rate:

Toyota Harrier 2017 merupakan mobil SUV mewah buatan Jepang yang mulai diperkenalkan pada pertengahan tahun 2017 silam. SUV mewah besutan Toyota ini telah mengalami pembaharuan (facelift) dari generasi sebelumnya. Mobil ini pun dikabarkan sudah memulai penjualannya pada Juni 2017 silam di negara asalnya, Jepang. Apa saja fitur-fitur yang ditambahkan di mobil SUV mewah besutan Toyota ini? Selengkapnya bisa dibaca ulasan tentang Toyota Harrier 2017 Indonesia di bawah ini.

Lihat juga

Review Mazda CX 7 2009

07/08/2018

Editor rate:

Mazda CX 7 merupakan mobil crossover SUV yang diproduki oleh Mazda dari tahun 2006 hingga 2012. Walaupun singkat, mobil ini cukup mendapatkan pujian karena kemampuan Mazda dalam memproduksi mobil ini secara mandiri tanpa sentuhan dari Ford. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2006, mobil ini mendapatkan sedikit pembaruan di tahun 2009 berupa facelift. Apa saja kemampuan dan fitur yang ditawarkan oleh mobil yang cukup premium di kelas mid-size SUV? Berikut ini review mobil Mazda CX 7 2009

Lihat juga

Review Nissan Juke 2011, Ketika Benci Dan Cinta Bercampur Jadi Satu

29/06/2018

Editor rate:

Pro kontra soal desain atau model Nissan Juke memang masih berkeliaran, tetapi yang namanya desain pastilah urusan selera masing-masing orang. Ketika banyak orang yang ragu akan penjualan Nissan Juke di awal kemunculannya, Juke membuktikan bahwa keunikan bentuknya menjadi magnet kuat bagi penyuka compact crossover di tanah air. Berikut ini adalah review Nissan Juke 2011.

Lihat juga

Review Honda CR-V 2015

25/01/2018

Editor rate:

Honda CR-V 2015 atau yang biasa disebut Honda CR-V generasi keempat merupakan mobil SUV besutan Honda yang sudah malang melintang dalam pasar otomotif Indonesia sejak tahun 2000 silam. Dengan mengusung konsep ‘Everything You Wanted’, generasi terbaru mobil ini mendapat beberapa perubahan pada bagian eksterior dan interior, serta mendapat penambahan fitur-fitur canggih dan peningkatan performa pada mesinnya. Apa saja kelebihan mobil ini? Selengkapnya bisa dibaca review Honda CR-V 2015 dibawah ini

Lihat juga

Review All New Chevrolet Trailblazer 2017 Indonesia

10/03/2018

Editor rate:

Ajang GIIAS 2016 Kemarin nampaknya dijadikan momentum oleh PT General Motor Indonesia (GMI) untuk memperkenalkan SUV anyarnya yakni Trailblazer. Mobil yang mulai dipasarkan pada awal tahun 2017 kemarin ini memang dipersiapkan untuk menyongsong sales Chevrolet di Indonesia. Statusnya yang CBU/Import dari Thailand diprediksikan akan membuat harga mobil ini sedikit berada di atas kompetitornya. Berikut ini review All New Chevrolet Trailblazer 2017 Indonesia.

Lihat juga
back to top