TIPS MEMBELI MOBIL BEKAS: Berencana Membeli Nissan Navara Bekas? Perhatikan Komponen Ini

21/12/2018

Jual beli
Share this post:
TIPS MEMBELI MOBIL BEKAS: Berencana Membeli Nissan Navara Bekas? Perhatikan Komponen Ini
Berbicara mobil kabin ganda (double cabin), salah satu produk andalan Nissan adalah Navara. Bila Anda berencana membeli Nissan Navara bekas, perhatikan komponen ini.

Nissan Navara telah diproduksi sejak tahun 1998 hingga saat ini. Di pasar Amerika Serikat dan Filipina, mobil jenis pikap kabin ganda ini diberi nama Nissan Frontier. Untuk generasi kedua dengan kode D 40 ini telah mempunyai desain yang modern dengan lekukan membuatnya terlihat kokoh dan juga sporty.

Untuk interiornya sendiri tergolong sederhana tapi cukup praktis. Ketersediaan cup holder tentu menjadi penting bila Anda ingin memakai mobil ini untuk survei ke perkebunan atau pertambangan misalnya. Salah satu khas Nissan adalah bantingan suspensi yang empuk, sehingga ketika melewati jalan berbatuan masih nyaman dan minim body roll.

Tampilan Nissan Navara tampak gagah dan sporrty

Desainnya terlihat gagah dan sporty dengan grill V khas Nissan

Jika bicara populasi, Nissan Navara memang tidak sebanyak para rivalnya semisal Toyota Hilux ataupun Mitsubishi Triton. Tapi jangan anggap remeh Nissan Navara dahulu, ia punya senjata andalan di sektor mesin yang bertenaga. Tenaga yang dihasilkan mesin YD25DDTi mencapai 174 dk dengan torsi 402 Nm. Mesin tersebut sudah cukup untuk melintasi medan cukup berat seperti perkebunan misalnya.

Teknis

Jika Anda mengincar Nissan Navara bekas dengan kode bodi D 40, sebaiknya perhatikan komponen turbonya. Perangkat penekan udara milik Navara D 40 tersebut ternyata rentan bocor. Pada beberapa unit, sudah ditemukan turbo yang bocor. Jika sudah begitu, sebaiknya ganti turbo assy, karena bisa mempengaruhi tenaga dan konsumsi bahan bakarnya

Jika penggantian turbo utuh atau assy yang Anda pilih, siapkan dana Rp 25,9 juta untuk menebus turbo genuine parts. Tapi jangan berkecil hati, sekarang sudah banyak tersedia bengkel reparasi turbo yang bisa mengganti seal turbo yang jadi sebab turbo bocor.

>>> Baca juga: Punya Kabin Luas, Simak Tips Lengkap Membeli Nissan Serena Bekas

Periksa komponen mesin saat membeli bekas

Komponen turbo pada mesin rentan bocor pada Nissan Navara D 40, periksa sebelum membeli bekasnya

Masih seputar teknis, periksa juga kaki-kaki Nissan Navara. Anda bisa melakukan test drive dan pastikan bantingan suspensi tidak terlalu keras karena Nissan khas akan kenyamanan suspensinya. Bila perlu bawa ke bengkel spesialis kaki-kaki untuk diperiksa setiap komponen kaki-kaki karena mobil ini termasuk jenis yang sering melakukan off-road ringan.

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Non-teknis

Selain komponen teknis, periksa juga bagian bodinya. Seperti bumper depan atau kolong samping. Mengingat mobil kabin ganda umumnya digunakan oleh pemilik sebelumnya untuk melintasi jalan berbatuan. Pastikan tidak ada penyok pada bagian-bagian tersebut.

Nissan Navara juga kerap digunakan off-road

Periksa bodi Nissan Navara karena ada yang menggunakannya untuk off-road ringan

Pada bagian interior, periksa kolong kursi. Pastikan tidak ada bekas tanah atau kotoran mengendap. Selain merusak penampilan juga bisa menjadi penyebab banyaknya serangga yang masuk ke dalam kabin seperti semut atau kecoa. Perhatikan juga bagian kursi apakah masih dalam kondisi baik atau sudah ada yang bolong.

>>> Cari tahu harga Nissan Navara bekas disini

Dengan usia mobil yang sudah 5 tahun, pastikan pemilik sebelumnya melakukan servis rutin ke bengkel resmi. Anda bisa meminta buku catatan servis kepada pemilik sebelumnya. Bila buku tersebut hilang, bawa ke bengkel resmi Nissan untuk dilakukan pengecekan menyeluruh sehingga dapat dipastikan tidak ada komponen yang harus diganti.

Share this post:
 
back to top