Review Hyundai Grand Santa Fe 2019: Semakin Canggih Dan Aman

20/02/2019

Share this post:

Hyundai Santa Fe 2019

Editor rate:

Lihat promo

Santa Fe termasuk salah satu Big SUV yang spesial untuk Hyundai, terlebih saat generasi keempat yang memulai debut globalnya dalam Geneva Motor Show 2018. Pun untuk PT Hyundai Mobil Indonesia mobil ini adalah produk spesial hingga menambah varian baru Grand Santa Fe dengan fitur kekinian yang membuatnya semakin canggih dan aman.

Review Hyundai Grand Santa Fe 2019: Semakin Canggih Dan Aman
Review Hyundai Grand Santa Fe 2019: Semakin Canggih Dan Aman
0 Gambar

Pengantar Hyundai Santa Fe 2019

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Santa Fe 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Fitur head unit dengan layar besar yang canggih dengan beragam konektivitas

Panel instrumen digital dengan tampilan yang aktraktif dan informatif

Airbags yang banyak membuat mobil lebih aman untuk penumpang

Kekurangan

Resale value yang tidak sebaik mobil merek Jepang

Belum tersedia fitur kamera 360 derajat yang pernah dimiliki generasi sebelumnya

Review Hyundai Grand Santa Fe 2019 -  Pada tahun 2000, Hyundai untuk pertama kalinya memperkenalkan Santa Fe sebagai SUV dengan karakter maskulin namun tetap terasa premium. Diambil dari nama kota di Mexico, Hyundai Santa Fe diluncurkan berdekatan dengan Ford Escape dan Pontiac Aztek yang saat itu menjadi rival terdekatnya. Santa Fe menjadi produk penting dalam tonggak perusahaan Hyundai di akhir tahun 1990-an mengingat pasar otomotif di Amerika Serikat saat itu SUV sedang menjadi tren dan Hyundai mengalami kesulitan untuk memenuhi inden dari pembelian konsumen.

Generasi pertama Hyundai Santa Fe yang diperkenalkan pada tahun 2000

Hyundai Santa Fe memulai debutnya pada tahun 2000 dan setahun kemudian masuk ke Indonesia

Di Indonesia sendiri Hyundai Santa Fe juga sudah mulai dijual sejak generasi pertama tepatnya pada tahun 2001. Setelah 17 tahun berkiprah di industri otomotif Tanah Air, Hyundai Santa Fe generasi keempat pun diperkenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Perubahan signifikan membuat SUV berkapasitas 7 penumpang ini bisa berkompetisi dengan SUV lainnya dari pabrikan Jepang. Namun dengan segala perubahannya saat itu, sisi interior menjadi sorotan konsumen karena fitur yang dirasa kurang.

Menjawab permintaan konsumennya, PT Hyundai Mobil Indonesia memperkenalkan satu varian baru yang ditempatkan sebagai flagship yakni Grand Santa Fe. Mengusung nama ‘Grand’ yang mempunyai defisini sebagai sebuah kemewahan atau tertinggi membuatnya tampil beda dari varian lainnya. Diharapkan dengan penambahan berbagai fitur ini bisa membuat SUV andalan Hyundai ini semakin nyaman dan aman. Lantas apa saja perubahannya? Berikut impresi kami terhadap Hyundai Grand Santa Fe 2019.

Eksterior Hyundai Santa Fe 2019

Review Hyundai Grand Santa Fe 2019 : Eksterior Depan

Tidak ada perbedaan antara Hyundai Grand Santa Fe 2019 dengan varian XG

Pada eksterior tidak ada perbedaan antara varian Grand Santa Fe dengan XG

Pada varian terbaru ini, perubahan eksterior nyaris tidak ada. Varian baru ini mirip dengan varian XG yang saat ini menjadi varian tengah. Desain Composite Light dan Cascading Grille masih menjadi menu utama pada tampilan depan dari Hyundai Grand Santa Fe. Desain Composite Light merupakan ciri khas dari desain Hyundai dengan menempatkan LED DRL (daytime running lights) yang pipih berada di atas LED projector sebagai lampu utama. Sedangkan untuk Cascading Grille diberi aksen garnish yang membuat tampilannya tegas dan memberi ruang masuk angin lebih banyak pada lubang gril yang lebar.

Review Hyundai Grand Santa Fe 2019 : Eksterior Samping

Begitu juga pada tampilan samping Hyundai Grand Santa Fe 2019 tidak ada perbedaan dengan tipe XG

Velg ukuran 19 inci sama dengan varian XG yang digunakan pada Hyundai Grand Santa Fe

Kesan mewah coba ditampilkan oleh Hyundai pada tampilan samping Grand Santa Fe 2019. Kelir krom yang mengelilingi jendela membuatnya terlihat elegan seperti SUV Eropa yang khas dengan frame krom disekitar jendela. Ditambah aksen krom pada bawah pintu membuatnya juga terlihat cukup mewah walaupun menurut kami garis krom yang membentang dekat side skirt tersebut terlalu tebal. Mungkin akan terlihat lebih dinamis bila dibuat lebih tipis.

Khusus untuk varian Grand Santa Fe, Hyundai hanya menyediakan satu jenis velg yakni 19 inci yang membuatnya telrihat proporsional. Desain Dark Metal Diamond Cut yang ditampilkan membuatnya memang terlihat mewah dan kekinian. Menariknya desain velg yang ditampilkan sekilas terlihat seperti bunga mekar yang difoto dari sudut atas (top angle). Meski dominan aura mewah, fender hitam berbahan plastik yang membalut di setiap roda membuatnya terlihat gagah sebagai DNA dari sebuah SUV.

Review Hyundai Grand Santa Fe 2019 : Eksterior Belakang

Hanya berbeda pada tambahan emblem Hyundai Grand Santa Fe 2019  pada tampilan belakang

Hyundai menyematkan emblem Grand Santa Fe pada bagian kanan bawa bodi pintu bagasi

Beralih ke belakang, ada satu yang membedakannya dengan varian Hyundai Santa Fe lainnya. Emblem Grand Santa Fe menjadi tanda bahwa mobil ini adalah varian tertinggi Santa Fe saat ini. Selebihnya, sama seperti varian XG. Lampu dengan desain 3D-type LED combination yang membuatnya terlihat futuristik menjadi ciri khas dari SUV andalan Hyundai ini. Namun pada lampu utama di belakang hanya berfungsi untuk lampu rem, sein dan lampu senja.

Emblem Hyundai Grand Santa Fe 2019 disematkan pada pintu bagasi sebelah kanan

Kehadiran Hyundai Grand Santa Fe menjadikannya varian tertinggi di Indonesia

Adapun posisi lampu  mundur dan lampu kabut diletakkan pada bumper bawah. Bila kesan mewah lebih dimunculkan pada sisi samping, kami menilai eksterior belakang kental akan aura SUV. Hadirnya panel underguard yang besar dan hadirnya twin muffler memberi kesan gagah layaknya sebuah SUV. Tentu pemakaian panel underguard ini agar ketika diajak jalan yang rusak atau kotor lebih mudah dibersihkan.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:


Interior Hyundai Santa Fe 2019

Review Hyundai Grand Santa Fe 2019 : Dashboard & Setir

Head unit layar monitor berukuran 7 inci Hyundai Grand Santa Fe 2019 mencuri perhatian pada dasbor

Bila sebelumnya masih menggunakan head unit monokrom, pada Grand Santa Fe sudah mengadopsi layar sentuh

Masuk kedalam kabin Hyundai Grand Santa Fe 2019 ada banyak perbedaan yang kami temui. Paling menarik tentu kehadiran layar besar berukuran 7 inci dengan wide viewing angle yang membuat SUV ini kian canggih. Jauh berbeda dengan tipe XG yang masih menggunakan head unit tanpa layar sentuh sehingga terasa kuno. Melalui head unit baru ini pun Anda bisa menghubungkan smartphone karena telah disematkan fitur Google Android Auto dan Apple Car Play.

Tidak sampai disitu, kami terkejut dengan tampilan panel instrumennya yang ternyata menggunakan layar 7 inci dengan nama Cluster Supervision. Menggunakan TFT Color LCD sehingga tingkat kecerahannya nyaman dipandang baik saat berkendara siang hari maupun malam hari. Satu fitur yang menurut kami sederhana tapi menarik. Ketika kami coba untuk memindahkan mode berkendara, maka warna pada panel instrumen akan berubah. Warna hijau tanda mode ECO sedang aktif, merah untuk mode Sport dan biru untuk mode Comfort. Perubahan atau transisi perpindahan warna itu pun menurut kami menjadi gimmick yang pas untuk sebuah SUV modern.

Review Hyundai Grand Santa Fe 2019 : Jok

Pemberian motif jok khusus varian Hyundai Grand Santa Fe 2019

Motif jok ini hanya ditemukan pada varian Hyundai Grand Santa Fe yang membuatnya terlihat semakin mewah

Aura mewah tampaknya tidak ingin ditinggalkan oleh Hyundai. Secara bentuknya sama dengan tipe XG, yang berbeda adalah motif seperti berlian dengan jahitan. dengan warna dark beige dan hitam. Warna dark beige dan hitam juga memberi kesan maskulin pada mobil ini. Meski hanya pada bagian atas namun memberi kesan cukup mewah. Selebihnya material kulit dan busa yang cukup tebal juga memberi kenyamanan lebih.

Bila sebelumnya pengaturan posisi duduk secara elektrik hanya pada pengemudi, kini pada Hyundai Grand Santa Fe 2019 untuk penumpang depan juga disediakan pengaturan kursi elektrik. Tentunya ini semakin memudahkan penumpang bila ingin kursi lebih rebah atau senyaman mungkin. Pun penumpang belakang diberi akses untuk memaju-mundurkan kursi penumpang yang terletak pada sisi kanan kursi.

Review Hyundai Grand Santa Fe 2019 : Bagasi

Sudah diberikan fitur Power Tail Gate pada pintu bagasi Hyundai Grand Santa Fe 2019

Kini membuka pintu bagasi Hyundai Grand Santa Fe semakin mudah dengan hadirnya fitur Power Tail Gate

Kapasitas bagasi pada Hyundai Grand Santa Fe 2019 bisa Anda tingkatkan dengan jok baris ketiga dilipat. Total seluas 547 liter daya tampung bagasi Hyundai Grand Santa Fe bisa menampung barang yang besar. Terlebih jika baris kedua dilipat maka kapasitasnya mencapai 1.695 liter. Namun ada fitur baru yang disematkan pada Grand Santa Fe yakni Power Tail Gate dimana pintu bagasi dapat dioperasikan secara elektrik. Menariknya, kecepatan menutup dan membukanya bisa disesuaikan pada panel instrumen. Tentu ini menjadi akses yang memudahkan pengemudi atau penumpang yang ingin menaruh barang ke bagasi.

>>> Baca juga:

Fitur Hyundai Santa Fe 2019

Review Hyundai Grand Santa Fe 2019 : Fitur Berkendara

Fitur-fitur standar pada varian XG tetap tersedia seperti Downhill Brake Control dan Hill-Start Assist Control yang membantu pengemudi ketika berkendara dalam tanjakan atau turunan yang tinggi sehingga tetap aman meski dalam keadaan stop and go. Begitu juga dengan fitur ESC, ABS dan EBD tetap tersedia pada kaki-kaki Hyundai Grand Santa Fe 2019. Dimensi bodi yang cukup besar tentu membuat beberapa pengemudi memerlukan bantuan kamera saat parkir.

Kamera belakan Hyundai Grand Santa Fe 2019  mempunyai dua fungsi

Tidak hanya untuk parkir, kamera belakang Hyundai Grand Santa Fe bisa digunakan untuk memantai kondisi di belakang mobil

Hyundai menerima permintaan ini melalui fitur Rear Camera yang mempunyai dua angle. Awalnya kami mengira dua sudut pandang kamera ini akan menggunakan dua kamera. Tapi ternyata hanya satu kamera yang berfungsi seperti zoom in dan zoom out. Jadi ketika posisi tuas persneling diarahkan ke R, maka kamera parkir tersebut akan memberi sudut dengan bumper belakang terlihat. Sedangkan ketika tuas perseneling posisi D atau N dan pengemudi menekan tombol ‘View’maka akan terlihat kondisi jalan di belakang. Fitur ini hanya ada di Grand Santa Fe. Hyundai juga menyematkan fitur Electrochromatic Mirror (ECM) yakni spion interior yang meredam pantulan cahaya dari belakang yang menyilaukan secara otomatis.

Review Hyundai Grand Santa Fe 2019 : FItur Hiburan

Tersedia fitur Apple Car Play di Hyundai Grand Santa Fe 2019 untuk memudahkan konektivitas dengan smartphone

Konektivitas pada head unit bisa melalui Apple Car Play dan Google Android Auto

Perubahan besar yang ada pada Hyundai Grand Santa Fe 2019 adalah hadirnya head unit layar sentuh berukuran 7 inci dengan wide viewing angle. Sebelumnya seperti tipe XG hanya menggunakan sistem audio atau hiburan dengan layar monokrom TFT 5 inci. Tentu kehadiran layar besar ini akan semakin memudahkan pengemudi atau penumpang untuk memutar musik favorit baik dari konektivitas Bluetooth, AUX-in, USB, maupun Google Android Auto Play dan Apple Car Play.

Selain itu pada head unit ini juga sudah disematkan fitur voice recognition dan voice memo function. Sehingga head unit tersebut akan mengenali suara dari orang dari frasa yang diucapkannya. Tidak ketinggalan fitur wide panoramic sunroof yang menjadi salah satu keunggulan dari Santa Fe. Fitur ini akan berguna ketika Anda berpergian ke gunung dengan hawa dingin tentu tidak perlu AC dan bisa membuka sunroof untuk merasakan kesegaran alam.

>>> Satu-Satunya di Dunia, Desain Tanpa Atap Hyundai Santa Fe Cabriolet

Operasi Hyundai Santa Fe 2019

Ada perbedaan warna dalam mode berkendara Hyundai Grand Santa Fe 2019

Saat mengganti mode berkendara, maka warna lampu pada panel instrumen turut berubah

Pada dasarnya Hyundai memiliki dua pilihan mesin untuk Santa Fe yakni bensin dan diesel. Tapi PT Hyundai Mobil Indonesia hanya menjual versi diesel untuk Grand Santa Fe ini. Mesin diesel dengan teknologi CRDi E-VGT (Variable Geometry Turbocharger) ini mempunyai kapasitas 2.199 cc. Tenaga maksimum yang dihasilkannya mencapai 193 Ps pada 3.800 rpm dan torsi yang berlimpah hingga 436 Nm di 1.750 rpm – 2.750 rpm. Tenaga besar tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis shiftronic 8-percepatan ke roda depan.

Mesin Hyundai Santa Fe 2019 ini tergolong irit dan tenaganya bisa diajak untuk berlari kencang maupun santai. Bila kebanyakan Big SUV menggunakan ladder frame, Hyundai Santa Fe percaya diri dengan tetap mengandalan monocoque frame. Efeknya kenyamanan mobil ini lebih baik dengan rasa limbung yang minim saat bermanuver. Ada 4 mode berkendara yang bisa Anda pilih yakni Comfort, Eco, Sport dan Smart disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi.

Masih mengandalkan mesin diesel khusus untuk varian Hyundai Grand Santa Fe 2019

Hyundai Grand Santa Fe hanya tersedia mesin diesel berkapasitas 2.200 cc

Menariknya dibalik setir Hyundai Grand Santa Fe 2019 kini juga menggunakan layar 7 inci bernama Cluster Supervision. Tenang, tampilannya tidak harus selalu digital. Untuk pengemudi yang lebih nyaman dengan tampilan jarum, terdapat opsi untuk membuat tampilan panel instrumen menjadi analog. Sementara untuk Anda yang ingin tampilan digital juga bisa dipilih dengan kecerahan yang baik berkat penggunaan TFT Color LCD.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang mesin mobil Hyundai lainnya, silakan klik sini

Spesifikasi Hyundai Santa Fe 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Hyundai Grand Santa Fe 2019 terlengkap.

Spesifikasi Mesin Hyundai Grand Santa Fe 2019

Tipe Mesin

Diesel R 2.2 CRDi e-VGT

Isi Silinder

2.199 cc

Tenaga Maksimum

193 Ps / 3.800 rpm

Torsi Maksimum

436 Nm / 1.750 - 2.750 rpm

Transmisi

8-percepatan otomatis

Spesifikasi Bodi Hyundai Grand Santa Fe 2019

P x L x T

4.770 x 1.890 x 1.680 mm

Wheelbase

2.765 mm

Spesifikasi Kaki-kaki Hyundai Grand Santa Fe 2019

Rem Depan / Belakang

Disc Vent / Disc

Velg

19" Alloy Wheels

Daftar Harga Hyundai Santa Fe 2019

PT Hyundai Mobil Indonesia membanderol Grand Santa Fe Rp 629,5 juta (OTR DKI Jakarta). Bagi Anda yang ingin membeli Grand Santa Fe, Hyundai hanya menyediakan warna Phantom Black saja. Namun menurut kami warna tersebut cocok sebagai SUV yang menonjolkan kemewahan. Sementara untuk harganya sendiri menurut kami masih agak mahal bila dibandingkan kompetitor lainnya seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Dengan harga yang sama, dua Big SUV asal Jepang tersebut Anda bisa mendapatkan fitur 4x4 yang membuat asyik dikendarai saat di medan off-road.

>>> Jangan tinggal promo yang menarik saat membeli mobil Hyundai Santa Fe terbaru ini

Kesimpulan Hyundai Santa Fe 2019

Segala kekurangan yang dimiliki pada model sebelumnya yakni varian XG coba dipenuhi oleh Hyundai pada varian Grand Santa Fe. Mulai dari head unit berlayar cukup besar dengan ragam konektivitas, sert yang paling tidak kami sangka adalah panel instrumen yang juga menggunakan layar digital dengan tampilan yang atraktif dan informatif. Meskipun disayangkan tidak ada perbedaan pada tampilan eksteriornya.

Banyak ubahan pada varian tertinggi Hyundai Grand Santa Fe 2019 di Indonesia ini

Selisih hingga Rp 52 juta namun banyak perbedaan antara Hyundai Grand Santa Fe dengan XG

Hanya emblem ‘Grand Santa Fe’ pada pintu bagasi sebagai penanda ini adalah varian flagship. Namun rasa berkendara dan kemampuan mesin yang mumpuni akan menjadikannya cocok untuk perjalanan dalam kota maupun luar kota. Selisih Rp 52,5 juta dengan varian XG menurut kami tidak terlalu mahal tapi juga tidak murah. Bagi Anda yang ingin Santa Fe dengan fitur yang lebih aman dan nyaman, Grand Santa Fe layak untuk diboyong.

>>> Mari klik sini untuk lihat semua mobil dijual dengan harga terbaik di seluruh Indonesia. Jika butuh info tentang review mobil, langsung klik sini saja

Mahmudi Restyanto
Share this post:

Review lain

Review Hyundai All New Santa Fe 2018

02/10/2018

Editor rate:

Kehadiran Hyundai All New Santa Fe 2018 memang terasa lebih spesial dibanding generasi Santa Fe sebelumnya. Pasalnya generasi keempat dari SUV 7-seater Hyundai yang baru diresmikan di Geneva Motor Show 2018 & Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 memiliki ubahan signifikan dan sudah bisa dimiliki konsumen di Indonesia. Seperti apa impresi selengkapnya?

Lihat juga

Review Toyota Fortuner Diesel TRD 2017, Varian Ter-Sporty Keluarga SUV Tangguh Toyota

16/04/2018

Editor rate:

Dengan sejumlah ubahan pada bodi dan kabin, Toyota Fortuner TRD hadir dengan penampilan lebih sporty dibandingkan model-model lainnya. Berikut ini adalah review Toyota Fortuner Diesel TRD 2017. Selamat membaca.

Lihat juga

Review Mitsubishi Pajero Sport RF 2018: Lebih Sangar dengan Dentuman Speaker Menggelegar

29/12/2018

Editor rate:

Diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show 2018, Mitsubishi memberikan salah satu varian baru dengan edisi spesial pada konsumennya di Indonesia. Dengan nama Mitsubishi Pajero Sport RF 2018, konsumen bisa mendapatkan pengendaraan sangar dengan sistem audio ternama dari Rockford Fosgate.

Lihat juga

Review Mitsubishi Outlander Sport 2019, Ubahan Setengah Hati?

17/02/2019

Editor rate:

Bukan! Bukan Mitsubishi Eclipse Cross yang akan menggantikan posisi Mitsubishi Outlander Sport di Indonesia, namun inilah penerus dari Mitsubishi Outlander Sport tersebut, ini pendapat kami mengenai Mitsubishi Outlander Sport 2019, kami sajikan dalam bentuk review Mitsubishi Outlander Sport 2019

Lihat juga

Review Nissan Kicks 2019

14/02/2019

Editor rate:

Rasa penasaran kami akan Nissan Kicks terbaru, sedikit terobati dengan perilisannya di India pada bulan Januari 2019. Segala halnya terlihat menarik yang disesuaikan dengan kondisi dan minat masyarakat India. Meski begitu, tak ada salahnya bagi kami untuk mengintip fitur terbaru yang ditawarkan. Mari simak ulasannya dalam review Nissan Kicks 2019.

Lihat juga