Nissan Kembangkan Sistem Invisible-to-Visible, ‘Melihat yang tak Terlihat’

20/01/2019

Pengemudian
Nissan Kembangkan Sistem Invisible-to-Visible, ‘Melihat yang tak Terlihat’
Nissan menunjukkan visinya untuk teknologi dalam mobil terbaru yang memungkinkan pengemudi untuk ‘melihat’ sudut-sudut dengan bantuan internet, yang disebut dengan sistem Invisible-to-Visible.

Diperkenalkan pada pameran Consumer Electronics Show (CES) 2019, sistem Invisible-to-Visible menggabungkan output sensor di sekitar kendaraan dengan data dari Cloud untuk memberi pengemudi gambaran dunia di sekitar kendaraan. Teknologi yang dijuluki I2V bahkan bisa menunjukan kepada pengemudi apa yang mungkin pada tikungan berikutnya.

teknologi Nissan yang bisa melihat keadaan di sekitar mobil

Teknologi baru bisa melihat sekeliling mobil

Dengan menggunakan teknologi Omni-Sensing dari Nissan, I2V akan mengumpulkan data dari sensor onboard mobil dan data lalu lintas waktu nyata dari Cloud untuk membangun peta 360 derajat dari lingkungan terdekat kendaraan. Sistem ini juga bisa memantau penghuni kendaraan untuk mengantisipasi ketika pengemudi membutuhkan bantuan atau apakah mereka perlu istirahat.

>>> Ketahui, Pengereman Yang Jitu Tak Hanya Dipengaruhi Skill Pengemudi

Semua data dibangun dan ditampilkan secara interaktif, dengan avatar ‘mirip manusia’ muncul di mobil untuk menawarkan bantuan mengemudi. Nissan mengatakan seluruh sistem dirancang untuk membuat pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan, apakah mobil digunakan secara mandiri atau dikemudikan oleh pengemudi manusia.

Ketika pengemudi mengambil kendali, teknologi Omni-Sensing menampilkan informasinya pada bidang penglihatan pengemudi, mengingatkan pengemudi akan bahaya, seperti sudut dengan visibilitas buruk, permukaan jalan yang tidak rata, atau kendaraan lain yang mendekat.

>>> Ingin membeli mobil berteknologi tinggi? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Cara kerja sistem Invisible-to-Visible yang dikembangkan Nissan

Sistem ini juga bisa menyarankan pengemudi jalur terbaik saat mengemudi pada lalu lintas padat, sementara computer di dalam akan memindai ruang parkir, sebelum menawarkan untuk mengambil alih tugas parkir untuk pengemudi.

>>> Teknologi kendaraan terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Pengemudi juga bisa mendapatkan pelatih pengemudi profesional dari Metaverse. Profesional muncul sebagai avatar di dalam mobil, memberi tahun pengemudi cara terbaik untuk mengemudi. Namun ketika mobil dikendarai secara pribadi, kabin akan mengatur untuk memberikan perjalanan paling menyenangkan bagi penghuninya. Misalnya ketika hujan, sistem I2V akan memproyeksikan suasana cerah di kabin.

ilustrasi bantuan mengemudi Nissan pada interior mobil

Nissan juga memberikan proyeksi sistem bantuan kendaraan

"Dengan membantu Anda melihat hal yang tidak terlihat, I2V meningkatkan kepercayaan diri Anda dan membuat berkendara menjadi lebih menyenangkan," kata Tetsuro Ueda, pemimpin ahli Nissan Research Center menjelaskan sistem Invisible-to-Visible. "Fitur-fitur interaktif menciptakan pengalaman yang disesuaikan dengan minat dan gaya mengemudi Anda sehingga siapa pun dapat menikmati menggunakannya dengan cara mereka sendiri.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top