Review Nissan Leaf 2021: Sajian Mobil Kekinian nan Ramah Lingkungan

20/10/2021

Share this post:

Nissan Leaf 2021

Editor rate:

Rp 649.000.000

harga Nissan Leaf Lihat promo

Nissan Leaf 2021 turut meramaikan pasar mobil listrik di Indonesia. Apa saja ya yang ditawarkan Nissan pada mobil listrik perdananya di Indonesia ini?

Review Nissan Leaf 2021: Sajian Mobil Kekinian nan Ramah Lingkungan
Review Nissan Leaf 2021: Sajian Mobil Kekinian nan Ramah Lingkungan
0 Gambar

Pengantar Nissan Leaf 2021

Mari kita simak spesifikasi Nissan Leaf 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Banyak Fitur 

Biaya Operasional dan Perawatan Lebih Murah

e-Pedal membuat pengendaraan lebih mudah
 

Kekurangan

Interior tak terasa istimewa

Infrastruktur pengecasan masih terbatas

Jarak tempuh masih kalah dibanding kompetitor

Era elektrifikasi sudah di depan mata. Tak heran kalau para pabrikan mulai berbondong-bondong menawarkan mobil listriknya di Indonesia. Nissan salah satunya. Setelah memboyong kendaraan elektrifikasi lewat Nissan Kicks e-Power, menyusul kemudian mobil listrik tenaga baterai Nissan Leaf diluncurkan di Indonesia pada Agustus 2021. 

Nissan Leaf

Nissan Leaf 2021 sudah siap menghadapi era elektrifikasi di Indonesia

PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) menganggap bahwa tahun 2021 adalah saat yang tepat untuk meluncurkan mobil yang telah dipasarkan di 59 negara secara global ini. Di dunia, Nissan Leaf merupakan salah satu mobil listrik yang terlaris. Pada akhir 2020 produksinya mencapai lebih dari 500.000 unit. Lantas apa yang membuat Nissan Leaf begitu laris di dunia? Simak ulasannya dalam review Nissan Leaf 2021 berikut. 

>>> Bukan Mobil Listrik Kemarin Sore, Ini Sejarah Nissan Leaf

Mobil Baru Populer

Rp 144.9 - Rp 170.39 Juta
Rp 219 - Rp 265 Juta
Rp 206.2 - Rp 264.4 Juta
Rp 412.9 - Rp 468.5 Juta
Rp 508.97 - Rp 545.72 Juta

Eksterior Nissan Leaf 2021

Review Nissan Leaf 2021: Eksterior Depan

Nissan Leaf

Grille V-motion khas Nissan tetap ditonjolkan

Nissan Leaf 2021 hadir dengan wujud yang ramping nan tajam yang menggambarkan mobil dinamis dan aerodinamis. Penampilan itu didudukng oleh grille V-motion khas Nissan berwarna biru sekaligus menjadi ciri Nissan Leaf 2021. Lampu utama terkesan tajam dengan bentuk menyerupai boomerang baik di bagian depan maupun belakang. Pun demikian kehadiran Daytime Running Lights (DRL) berteknologi LED. 

Nissan Leaf

Tampilan lampu belakang menyerupai boomerang

Review Nissan Leaf 2021: Eksterior Samping

Nissan Leaf

Velg Nissan Leaf

Desain dinamis makin terasa bila melihat Leaf dari sisi samping. Kombinasi warna two tone yang disajikan pun tampak ciamik dari sisi samping. Sebagai pelengkap, Nissan menyematkan velg berukuran 17 inch dengan Diamond-Cut Turbine. 

Review Nissan Leaf 2021: Eksterior Belakang

Wall Charger untuk mengisi daya Nissan Leaf

Tampilan belakang Nissan Leaf 2021

Tampilan lampu menyerupai boomerang juga hadir di bagian belakang Nissan Leaf 2021. Nissan juga menambah aksen berwarna biru di bagian belakang untuk menandakan bahwa ini merupakan mobil listriknya. Tak lupa emblem zero emission juga tersemat di belakang. 

>>> Nissan Tawarkan Kicks e-POWER Sebagai Solusi Kendaraan Elektrifikasi


Interior Nissan Leaf 2021

Review Nissan Leaf 2021: Dashboard

Nissan Leaf 2021

Tampilan dashboard tak nampak istimewa

Masuk ke bagian dalam, Nissan mengklaim tampilan interiornya elegan. Namun bila diperhatikan lebih mendalam, tampaknya tak ada yang terlalu istimewa pada interior Nissan Leaf 2021 ini. Baik dasbor, kontrol panel, kontrol AC juga tampak tak memiliki perbedaan signifikan dengan mobil biasa. Kebanyakan masih dioperasikan menggunakan tombol. 

Review Nissan Leaf 2021: Sistem Infotainment

Bila dibandingkan mobil listrik sekelas Tesla yang sudah mengusung layar sentuh 10 inchi, mungkin sistem hiburan pada Leaf belum ada apa-apanya. Nissan hanya menyematkan sistem hiburan layar sentuh berukuran 8 inchi.

Nissan Leaf

Nissan menyematkan layar sentuh hiburan berukuran 8 inchi

Pun demikian dengan panel instrumen yang terkesan biasa saja berukuran 7 inchi. Meski begitu headunit tersebut sudah bisa tersambung dengan koneksi Bluetooth, Voice Command, sekaligus dapat terhubung dengan ponsel pintar melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

Review Nissan Leaf 2021: Setir

Pun demikian dari sisi setir. Nissan membekali Leaf 2021 dengan tombol pengatur fitur seperti audio steering switch yang dapat membantu pengendara tetap berkonsentrasi ke depan. Setirnya mengusung bentuk Flat-Bottom Sporty sekaligus dilapis kulit untuk menambah kesan sporty pada Nissan Leaf. 

Review Nissan Leaf 2021: Jok 

Nissan Leaf

Jok Nissan Leaf berbalut kulit warna hitam

Nissan mengusung warna serba gelap di bagian interior untuk menambah kesan elegan nan nyaman. Kenyamanan juga dihadirkan oleh jok berlapis Kulit Alcantara. Duduk di dalam terasa nyaman dan senyap. Terlebih tak ada suara bising yang ditimbulkan dari mesin ketika Anda tengah berkendara. 

Review Nissan Leaf 2021: Bagasi

Nissan leaf 

Bagasi mobil terbilang cukup luas

Bagasi Nissan Leaf 2021 memiliki kapasitas hingga 435 liter. Kursi belakang bisa dilipat dengan pembagian 60/40. Artinya meski bisa dilipat namun tidak bisa rata dengan lantai mobil. Untuk sebuah mobil hatchback, bagasi ini terbilang cukup menampung barang bawaan sehari-hari. 

>>> Penerus Nissan Evalia Bertransformasi Jadi Mobil Listrik

Fitur Nissan Leaf 2021

Fitur Keselamatan Nissan Leaf 2021

Fitur keselamatan Nissan Leaf 2021 terbilang cukup lengkap. Adapun fitur-fitur itu yakni Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Braking (FEB), Intelligent Trace Control (ITC), Vehicle Dynamic Control (VDC), Hill Start Assist (HSA), Anti-Lock Braking System (ABS) with Brake Assist (BA), Intelligent Around View Monitor (I-AVM) with Moving Object Detection (MOD), Driver Attention Alert (DAA), Electronic Parking Brake (E-PKB).

Nissan Leaf

Nissan Leaf dibekali sejumlah sensor untuk menunjang fitur bekerja optimal

Di samping itu, Nissan Leaf 2021 juga dilengkapi dengan Dual SRS Airbag, Side Airbag dan Curtain Airbag. Kalau ditotal jumlahnya ada 6. Kehadiran 6 airbag dipercaya akan mengurangi dampak benturan bagi pengendara dan penumpanng di dalamnya.

>>> Review Nissan Magnite Premium CVT 2020: Datsun Naik Kelas?

Kalau diperhatikan mobil untuk dikendarai diperkotaan, fitur cukup mumpuni dalam melindungi pengendara dan penumpang di dalamnya. Terlebih kehadiran Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection yang dapat menambah visibilitas pengendara. Ini akan sangat membantu ketika mobil berada di lokasi yang jarang Anda kunjungi. 

Operasi Nissan Leaf 2021

Nissan Leaf 2021 memberdayakan motor listrik AC3 Synchronous berkode EM57 untuk menggerakan mobil. Motor listrik dipasangkan dengan transmisi single speed gear reduction dan tenaganya disalurkan melalui motor depan dan roda depannya.

Motor listrik itu mampu menghasilkan tenaga setara 150 PS pada rentang rpm 3.283 hingga 9.785. Kemudian untuk torsinya sebesar 320 Nm pada rentang 0 hingga 3.283 rpm pada dinamonya.

Motor listrik yang diusung Nissan Leaf berkapasitas 40 kWh. Dengan kapasitas sebesar itu, mobil listrik Nissan ini mampu menempuh jarak sejauh 311 km setelah satu kali pengecasan penuh. 

Nissan Leaf
Leaf telah mengusung sistem e-Pedal yang memudahkan pengendara

Ini tentu bukan jarak tempuh terjauh yang bisa dicapai oleh mobil listrik di Tanah Air. Rivalnya, Hyundai Ioniq justru tercatat bisa menempuh jarak lebih jauh yakni 373 km. Tapi akselerasi yang dihasilkan Nissan Leaf ini terasa sedikit lebih baik dibandingkan rivalnya tersebut.

Pengoperasiannya berbeda dengan mobil konvensional pada umumnya karena hanya ada satu pedal untuk berakselerasi ataupun mengerem. Anda cukup menginjak pedal untuk melakukan akselerasi dan sebaliknya untuk memperlambat kecepatan hanya tinggal mengangkat kaki. Nantinya rem mobil akan otomatis mengerem hingga berhenti sepenuhnya saat kaki diangkat. 

Lampu rem juga otomatis menyala saat laju mobil mulai melambat. Bagi yang belum terbiasa mungkin harus melakukan penyesuaian lebih dulu. Namun kalau sudah terbiasa fitur e-Pedal ini terbilang mudah untuk dioperasikan dan tak membuat kaki Anda jadi kagok saat hendak mengerem. e-Pedal memudahkan pengendara terutama ketika menyetir di kawasan perkotaan yang macet tanpa perlu repot memindahkan posisi kaki. 

>>> Nissan Leaf vs Hyundai Kona Electric, Siapa Lebih Layak Dibeli?

Spesifikasi Nissan Leaf 2021

Motor Listrik Nissan Leaf 2021

Tipe

 AC3 Synchronous

Kode

 EM57

Tenaga Maksimum 

110 kw. (150 PS.) / 3283 - 9795 rpm.

Torsi Maksimum 

320 N-m. (32.6 kg-m.) / 0-3283 rpm.

CO2

0

Transmisi

Single speed gear reduction

Battery Charging Capacity (Double Speed Charge)

6.6 kWh

Sistem Penggerak

Front motor, Front drive

Dimensi Nissan Leaf 2021

Panjang x Lebar x Tinggi

4.480 x 1.790 x 1.540 mm

Jarak Sumbu Roda

2.700 mm

Ground Clearance

150 mm

Kapasitas Bagasi

435 L

Kaki-Kaki Nissan Leaf 2021

Suspensi Depan & Belakang

Independent MacPherson Strut, coil springs

Torsion beam, coil springs

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Disc

Sistem Kemudi

Power assisted electric power steering system

Velg

17 inci

Ban

Radial, 215/50R17

Daftar Harga Nissan Leaf 2021

Saat ini hanya ada satu varian Nissan Leaf 2021 yang ditawarkan di Indonesia dengan banderol harga mulai Rp 649.000.000. Di segmen mobil listrik, harga Nissan Leaf 2021 bukanlah yang termurah. Mobil penumpang bertenaga listrik termurah di Indonesia adalah Hyundai Ioniq Electric yang dibanderol Rp 637.000.000.

Kesimpulan Nissan Leaf 2021

Nissan Leaf 2021 menjadi satu pilihan tepat bagi Anda yang mulai ingin beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan terutama di kawasan perkotaan. Mengingat jumlah stasiun pengisian baterai kendaraan listrik masih terbatas.

Nissan Leaf

Dengan sejumlah fitur yang dimiliki, Nissan Leaf layak untuk Anda pertimbangkan

Buat dikendarai di kawasan perkotaan, fitur Nissan Leaf 2021 pun cukup mumpuni dalam menjaga pengendara dan penumpang di dalamnya. Namun sayang canggihnya fitur belum didukung sepenuhnya oleh tampilan interior yang bisa dibilang tak istimewa. Meski begitu, tak lantas menghilangkan rasa kenyamanan berkendara yang ditawarkan oleh Nissan. 

>>> Lagi Cari Mobil Nissan Terbaru? Simak Daftar Harganya di Sini

Dina Rayanti
Share this post:

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top