Nissan Tawarkan Kicks e-POWER Sebagai Solusi Kendaraan Elektrifikasi

07/10/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Salah satu momok menggunkan mobil full elektrik saat ini adalah jarak tempuhnya yang terbatas, beruntung Nissan menawarkan Kicks e-POWER yang jadi solusi kendaraan elektrifikasi

Kendaraan elektrifikasi memang sudah di depan mata, pabrikan sekelas Nissan bahkan sudah menjual Nissan Leaf yang memang full elektrik di Indonesia. Namun, tak sedikit konsumen yang ragu saat menggunakan mobil full elektrik.

Emblem e-POWER di Nissan Kicks

Teknologi e-POWER jadi senjata Nissan di Indonesia

Beruntung Nissan menawarkan Nissan Kicks e-POWER. Teknologi e-POWER ini diklaim pas banget untuk konsumen di Indonesia. Kicks e-POWER menawarkan sensasi berkendara mobil listrik, tapi enggak perlu takut akan kehabisan listrik di jalan.

Jalan Jauh Tak Perlu Ragu

Seperti yang kita tahu bersama, bahwa momok utama dari sebuah mobil listrik ada pada jarak tempuhnya. Meski rata-rata mobil listrik modern jarak tempuh maksimumnya sudah di atas 200 kilometer, namun tetap saja stasiun pengisian listrik umum (SPKLU) masih jarang ditemui di Indonesia.

Teknologi e-POWER dengan pintar menjembatani kebutuhan ini. Jadi dengan teknologi e-POWER konsumen dapat merasakan sensasi sebuah mobil bertenaga listrik namun tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai saat digunakan terus menerus. Jelas ini sebuah teknologi cerdas dari Nissan.

Mesin Nissan Kicks e-POWER

Teknologi e-POWER jadi Unique Selling Point Nissan Kicks

"Itulah sebabnya kita bawa teknologi e-POWER, ini adalah teknologi yang the best dari Nissan, kompetitor lain enggak punya teknologi ini. Jadi e-POWER ini semuanya digerakkan dari baterai tapi enggak perlu di charge," ujar Evansius Go, selaku President Director PT Nissan Motor Distribusi Indonesia di acara NGOVID by FORWOT.

Sistem e-POWER memungkinkan pengemudi dapat mengisi bahan bakar dengan RON (Research Octane Number) minimal 90 untuk terus dapat berkendara. Mesin 1.200 cc 3-silinder berkode HR12DE yang tersemat di bawah kap mesin Nissan Kicks e-POWER ini hanya berfungsi sebagai generator listrik saja.

Nissan Kicks e-POWER 2021 Putih

Mau jalan jauh? Enggak perlu ragu...

Artinya mobil ini digerakkan hanya dengan motor listriknya saja yang mempunyai tenaga 129 PS atau setara dengan 126 HP dan torsi 290 NM yang semua diperoleh sejak putaran mesin 0 rpm khas mobil listrik.

Karakter alami sebuah mobil listrik yang senyap dan menghentak sejak awal dapat Anda rasakan di Nissan Kicks e-POWER ini. Injak pedal gas sedikit saja maka mobil akan dengan mudah melaju, rasanya tidak ada kesulitan sama sekali untuk mengimbangi arus lalu lintas di dalam maupun luar kota.

>>> Komparasi Nissan Kicks vs Nissan Leaf, Antara Listrik dan Hybrid

Torsi instan dari dinamo listrik EM57-nya pasti membuat Anda tersenyum tiap kali hendak mendahului mobil lain. Semua terjadi begitu mudah dan tanpa suara. Seolah-olah mobil terdorong dengan sendirinya.

Kehebatan Akselerasi & Konsumsi BBM

Performa powertrain e-POWER ini juga tak bisa dianggap remeh. Dengan kondisi start sempurna dan tanpa kesalahan, kami sudah tes sendiri di Indonesia, ia dapat melaju dari diam hingga kecepatan 100 km/jam hanya dalam 8,8 detik.

Angka konsumsi bahan bakarnya juga tak kalah istimewa. Dari hasil tes tim Cintamobil.com, di rute dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, ia dapat mencatat angka 24,3 kilometer per liter. Sedangkan untuk di rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam 1 liter BBM oktan 92 dapat membawanya berjalan sejauh 20,8 kilometer.

Nissan Kicks e-POWER 2021

Stabilitas Nissan Kicks e-POWER ini patut diacungi jempol

Bahkan, kami kami sempat melewati rute yang sangat macet dengan kecepatan rata-rata yang kurang lebih sama dengan rute dalam kota, ia dengan mudah menyentuh angka 21,5 kilometer per liter. Luar biasa.

Handling dari Nissan Kicks e-POWER 2020 ini juga sangat memadai, meliuk di perbukitan tak akan jadi masalah berarti bagi mobil ini. Meski harus diakui, ada konsekuensi yang harus Anda terima dengan baiknya pengendalian Kicks, yaitu suspensi yang kaku dan tidak seempuk mobil Nissan pada umumnya seperti X-Trail yang terkenal akan kenyamanannya. Tapi berkat suspensi yang stiff ini, melaju hingga top speed di kecepatan 160 km/jam, mobil ini tetap terasa mantap.

>>> Simak Estimasi Pajak dan Biaya Servis Nissan Kicks Hingga 100.000 km

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top