Nissan Leaf vs Hyundai Kona Electric, Siapa Lebih Layak Dibeli?

17/08/2021

Jual beli

3 menit

Share this post:
Sama-sama dijual Rp 600 jutaan, harga Nissan Leaf jauh lebih murah dari Hyundai Kona Electric. Lantas mana yang lebih layak dibeli antara dua mobil listrik itu?

Kehadiran Nissan Leaf menambah banyak daftar mobil listrik di tanah air. Itu cukup menguntungkan karena konsumen memiliki lebih banyak pilihan. Di sisi lain, kehadirannya menjadi 'sandungan' bagi kompetitor, seperti Hyundai Kona Electric maupun mobil listrik yang lain.

Terlebih lagi Nissan Leaf bakal dijual mulai Rp 649 juta hingga Rp 651 juta, lebih murah Rp 48 jutaan dibanding Kona Electric yang dijual dengan harga Rp 697 juta. Lantas siapa yang lebih layak dibeli? simak perbandingan keduanya berikut dari berbagai sisi!

>>> Sudah Bisa Dipesan! Segini Cicilan Nissan Leaf Terbaru

Desain

  • Eksterior

Desain keduanya sebagaimana hatchback 5 penumpang pada umumnya. Bagian depan memanjang dengan bonet, sedangkan di bagian belakang pintu bagasi menyatu dengan jendela belakang.

Foto Nissan Leaf di salah satu dealer Nissan Jakarta

Leaf, BEV pertama Nissan untuk pasar Indonesia

Yang jelas terlihat berbeda adalah Kona Electric lebih kompak dari Leaf karena dimensinya yang lebih pendek. Dan Leaf lebih sporty karena dimensinya yang lebih panjang dan ground clearance-nya lebih pendek.

Foto Hundai Kona Electric tampak samping depan

Mobil listrik Hyundai Kona electric berdimensi kompak

Hyundai Kona Electric berukuran panjang 4.205 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.570 mm, dengan jarak sumbu roda 2.600 mm dan ground clearance 158 mm. Sedangkan Nissan Leaf berukuran panjang 4.480 mm, lebar, 1.790 mm, tinggi 1.540 mm, dengan jarak sumbu roda 2.700 mm dan ground clearance 150 mm.

Secara penampilan eksterior Leaf dan Kona Electric sama-sama menunjukkan ciri sebagai mobil listrik. Bagian depannya tanpa gril bolong-bolong karena tidak memerlukan aliran udara, diganti menjadi tempat port pengecasan.

  • Interior

Beralih ke bagian dalam Nissan Leaf dan Hyundai Kona Electric menampilkan kokpit yang serba digital. Meski tidak 100%, paling tidak tampilan ruang kemudi ini terlihat lebih modern dibanding mobil-mobil konvensional.

Interior Nissan Leaf 2021

Interior Nissan Leaf tak kalah futuristis

Leaf dibekali head unit 8 inchi menyatu dengan dashboard di bawah kisi AC tengah. Sedangkan Kona Electric didesain floating di tengah dashboard di atas kisi AC.Untuk akomodasi bagasi Nissan Leaf memiliki daya tampung lebih banyak, yaitu 435 liter. Sedangkan Hyundai Kona Electric hanya 332 liter. Perbedaan ini tak lepas dari ukuran  masing-masing kendaraan.

Fitur

Bagian ini yang paling menarik. Dengan harga Rp 600 jutaan hingga nyaris Rp 700 jutaan, Nissan Leaf dan Hyundai Kona Electric menawarkan beragam fitur menarik dan tentu saja canggih.

  • Nissan Leaf

interiornya serba kulit, termasuk sarung lingkar kemudi juga kulit. Kemudi bisa diatur tinggi rendahnya dengan adanya fitur Tilt Steering sesuai kenyamanan pengemudi. Sayang, belum disertakan fitur teleskopik untuk memaju mundurkan kemudi.

>>> Harga Nissan Leaf di Negara Ini Setara Kijang Innova

Kursi Nissan Leaf 2021

Mobil listrik punya interior lebih canggih dibanding mobil konvensional

Fitur lain Nissan Leaf dilengkapi fitur cruise control, central door lock, power window dengan driver anti-jam protection and auto-up down untuk mencegah kepala terjepit kaca jendela. Lalu ada Intelligent key dengan immobilizer, tombol start stop motor listrik, Power outlet 12V dan e-Pedal dengan Regenerate function (1-Pedal).

Nissan Leaf 2021

Mobil listrik Nissan ini punya segudang fitur

Fitur keselamatannya cukup lengkap, diantaranya Dual SRS airbags, airbags samping kiri kanan, FCW (Forward Collision Warning), FEB (Forward Emergency Braking), ITC (Intelligent Trace Control), VDC (Vehicle Dynamic Control), HSA (Hill Start Assist), sistem pengereman ABS + EBD + BA, IAVM (Intelligent Around View Monitor), MOD (Moving Object Detection), DAA (Driver Attention Alert), E-PKB (Electronic Parking Brake), dan LED high mount stop lamp

  • Hyundai Kona Electric

Hyundai Kona Electric juga dilengkapi fitur kenyamanan dan keselamatan cukup lengkap. Dari instrument cluster berukuran besar 10,25 inchi dengan resolusi tinggi, smart key dengan tombol start stop motor listrik, sensor hujan, AC single zone otomatis, adjustable seat dengan lumbar support, dan wireless smartphone charging system.

Eksterior Hyundai KONA 2021

Fitur KONA juga tak kalah berlimpah

Untuk keselamatan ada sistem pengereman ABS + EBD, ada ESC untuk kontrol stabilitas kendaraan dan HSS untuk mencegah kendaraan melorot saat berhenti di tanjakan. Lalu ada fitur forward collision avoidance assist (FCA), blind spot collision avoidance assist (BCA), dan  rear cross traffic collision avoidance assist (RCCA).

>>> Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Kona Electric

Foto menunjukkan Interior Hyundai Kona Electric

Berkendara menjadi lebih nyaman dengan beragam teknologi cerdas

Fitur berikutnya lane keeping assist (LKA) dan lane following assist (LFA) untuk mencegah kendaraan keluar jalur, high beam assist (HBA), driver attention warning (DAW) untuk mengingatkan pengemudi waktu istirahat, serta masih banyak lagi yang lain.

Performa

Nissan Leaf dibekali motor listrik tipe AC3 Synchronous dengan tenaga maksimum 148 Hp pada 3.283 - 9.795 rpm dan torsi 320 Nm pada putaran 0-3283 rpm. Menggunakan baterai  Lithium Ion berkapasitas 40 kWh Leaf mampu menempuh jarak hingga 311 Km berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC) dalam sekali pengisian penuh.

Foto menunjukkan Nissan Leaf sedang diisi daya

Di tahap awal pengisian daya mobil listrik di tanah air bakal bergantung pada SPKLU

Hyundai Kona Electric dibekali motor listrik bertenaga maksimum 134 Hp dan torsi 395 Nm. Menggunakan baterai Lithium-ion Polymer berkapasitas 39.2 kWh kendaraan bisa menempuh jarak hingga 345 km (NEDC) dan 305 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya penuh. Untuk pengisian baterai Nissan Leaf dan Hyundai Kona Electric membutuhkan waktu sekitar 45-60 menit dari 0 hingga 80% menggunakan pengisian fast charger 150 kW.

>>> Cintamobil TV: Hyundai Kona Electric Versi Facelift 2021, Melengkapi Kekurangan Sebelumnya

Kesimpulan

Siapa yang paling layak dibeli? Silahkan Anda yang menentukan. Masing-masing model memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kalau Anda suka dengan model kompak, silahkan pilih Hyundai Kona Electric. Tapi kalau lebih tertarik model sporty, silahkan pilih Nissan Leaf.

Hyundai KONA EV 2021

Ia mampu mengungguli Leaf dalam komparasi kali ini

Kalau ingin harga yang lebih murah, silahkan pilih Nissan Leaf. Anda bisa berhemat puluhan juta rupiah dan bisa menggunakannya untuk kebutuhan lain. Namun, jika kami harus memilih, pemenang komparasi kali ini adalah Hyundai KONA EV, sebab ia memiliki fitur lengkap, performa mumpuni, serta tampilan maskulin sebuah SUV yang tidak dimiliki oleh Nissan Leaf.

>>> Mau Hyundai atau Nissan, Temukan mobil pilihanmu di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top