Review New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019, Layak Jadi Kuda Pacu Manajer Lapangan Tambang Dan Mobil Dinas

04/07/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Setelah puas mereview lengkap mobil New Mitsubishi Triton Ultimate MT Dual Cabin 4WD 2019 yang merupakan varian tertinggi dari Triton series, kini saatnya kami mengulas dua tipe dibawah Ultimate, yakni tipe GLS bertransmisi manual 6 percepatan dan dengan model bodi dual cabin. Ini pendapat kami mengenai mobil yang dijual dengan harga Rp 61,5 juta lebih murah dari tipe top of the line tersebut.

PENGANTAR Mitsubishi Triton 2019

Logo GLS di mobil New Mitsubishi Triton 2019

GLS merupakan trim menengah dari line-up New Mitsubishi Triton 2019

Review New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019 - Konsumen mobil dual cabin atau pick-up truck bukan hanya dari kalangan penggemar alias hobby saja. Justru pangsa pasar terbesar datang dari konsumen fleet alias perusahaan yang hendak menggunakan kendaraannya sebagai "kuda kerja" operasional. Bahkan, dari data penjualan internal PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) penjualan terbesar datang dari fleet sebanyak 90% ceruk kue penjualan dual cabin ada di fleet market baru sisanya 10% dari privat.

Gambar sebuah mobil Mitsubishi Triton GLS 2012 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Karena varian GLS lebih "sederhana" dari dua varian lainnya, maka tipe ini sering sekali dimodifikasi atau jadi kuda kerja pemiliknya

Oleh karena itulah, kami merasa memiliki kewajiban untuk mengulas secara lengkap dan juga mendalam mobil New Mitsubishi Triton tipe GLS dengan transmisi manual 6 percepatan keluaran tahun 2019 ini. Karena sebagai website nomor satu di Indonesia yang sangat cinta dunia mobil, kami harus bisa memberikan ulasan secara gamblang mengenai mobil baru yang komperhensif, berimbang dan tidak hanya ditujukkan ke konsumen privat saja, namun juga untuk konsumen fleet.

Gambar sebuah mobil New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019 berwarna putih dilihat dari sisi depan

New Triton tipe GLS ini diprediksi akan ramai jadi tunggangan para manajer lapangan perusahaan tambang atau mobil dinas pemerintah

New Mitsubishi Triton dengan tipe GLS ini lebih sederhana dari dua tipe diatasnya namun tidak se-terondol tipe HDX, tak heran tipe ini banyak digunakan sebagai tunggangan para manajer tambang yang bekerja di lapangan, atau malah jadi mobil dinas Tentara Nasional Indonesia, mobil dinas pemerintahan, atau kepolisian. Bahkan, tidak sedikit konsumen privat yang sengaja membeli Triton GLS untuk dimodifikasi. Lantas bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini? Simak ulasan lengkap New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019 ini.

EKSTERIOR Mitsubishi Triton 2019

Review New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019 : Tampilan Depan

Gambar sebuah mobil New Mitsubishi Triton GLS 2019 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Bahasa desain dynamic shield begitu kental diadopsi oleh New Triton GLS 2019 ini

Bahasa desain dari tampilan depan mobil New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019 ini begitu kental dengan ciri khas dynamic shield yang jadi ciri khas mobil Mitsubishi kekinian sejak Pajero Sport generasi kedua diperkenalkan di tahun 2016. Aura macho dan cowok banget sangat terpancar dari bagian eksterior depan mobil ini. Meski aksen krom tetap dipertahankan di tipe ini, namun ia tidak mendapat under guard berwarna silver seperti tipe diatasnya.

Review New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019 : Tampilan Samping

Gambar sebuah mobil New Mitsubishi Triton GLS 2019 berwarna silver dilihat dari sisi samping

Tampilan samping mobil New Triton GLS 2019 ini lebih kalem dan minimalis dari model teratasnya

Lanjut ke tampilan samping mobil New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019 ini. Berkat penggunaan ban berprofil lebih tebal namun diameter pelek lebih kecil 2 inchi dari tipe tertinggi, ini menyebabkan tinggi mobil ini lebih rendah 15 mm dari varian top of the line New Triton. Pun begitu dengan panjang totalnya, karena mobil ini tak dilengkapi dengan bumper belakang, dimensi panjang mobil ini lebih pendek 80 mm dari New Triton Ultimate. Juga model ini tak dilengkapi footstep.

Review New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019 : Tampilan Belakang

Gambar sebuah mobil New Mitsubishi Triton GLS 2019 berwarna silver dilihat dari sisi belakang

Tampilan belakang mobil New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019 ini tak kalah cantik dari tipe diatasnya

Ketika Anda melihat ke bagian eksterior belakang mobil New Triton GLS ini, Anda akan mendapati jika mobil New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD tidak dilengkapi dengan bumper belakang seperti di tipe Ultimate bertransmisi otomatis. Namun, itu bukan berita buruk, karena pada kenyataannya tampilan belakang mobil ini tetap cantik dan enak untuk dilihat. Kami berharap jika desain nyala lampu yang cantik ala tipe Ultimate tetap dipertahankan di tipe GLS ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Mitsubishi Triton 2019

Review New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor mobil New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019

Ini adalah layout dasbor New Triton tipe GLS di Thailand, untuk versi Indonesia sudah dilengkapi dengan pengaturan AC digital

Sebelumnya kami dari tim Cintamobil.com mohon maaf, jika foto yang kami sertakan di sub bahasan layout dasbor ini menggunakan New Triton versi Thailand. Hal tersebut lantaran saat media preview New Triton di Hotel Shangri-La Hotel hari Selasa (2/7) lalu, pihak Mitsubishi Indonesia belum memperkenankan kami untuk melihat kedalam dan mengambil gambar. Namun kami yakin, layout dasbornya akan seperti ini, hanya beda pengaturan AC saja. Untuk versi Indonesia sudah digital.

Review New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019 : Setir

Gambar menunjukkan desain bagian Setir New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019

Setir yang digunakan oleh New Triton versi GLS ini adalah bawaan dari Triton Exceed generasi sebelumnya

Setir yang digunakan oleh New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 2019 ini merupakan bawaan dari Triton Exceed generasi sebelumnya, bedanya untuk palang setirnya tidak ada aksen two tone dengan kelir brushed silver pada spoke-nya. Meski tidak ada tombol pengaturan audio atau MID pada setir mobil ini, namun sepengalaman kami mengendarai Triton Exceed generasi kelima, setir ini cukup nyaman digenggam dan besar diameternya pas.

Review New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019 : Pengaturan AC Digital

Gambar menunjukkan tombol pengaturan AC Digital New Mitsubishi Triton 2019

Meski ada di trim GLS namun tetap dilengkapi dengan pengaturan AC digital

Kendati mobil New Mitsubishi Triton 2019 yang sedang kami bahas ini ada di trim GLS yang mana adalah trim nyaris tipe entry level sebelum tipe HDX namun untuk tipe GLS ini telah dilengkapi dengan pengaturan AC digital layaknya tipe diatasnya. Kami sudah memverifikasi serta memeriksa langsung unit New Triton versi GLS ini di atas panggung saat media preview dan benar adanya mobil tersebut menggunakan pengaturan AC digital.

>>> Baca juga:

FITUR Mitsubishi Triton 2019

Review New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan Rem pada mobil  Mitsubishi New Triton 2019

Ingin mengerem mendadak? Jangan khawatir rem mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem ABS dan EBD

Memang untuk New Triton GLS 2019 ini belum dilengkapi dengan deretan fitur canggih seperti yang kami telah bahas di New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD. Namun ia tetaplah produk Mitsubishi yang berkualitas tinggi dan diperhatikan aspek safety-nya. Jika Anda terpaksa sekali harus melakukan pengereman mendadak mobil ini akan tetap aman karens sudah dilengkapi dengan sistem ABS dan juga EBD. Struktur bodi RISE juga akan memberikan Anda rasa aman ketika berada di dalam mobil ini.

Gambar menunjukkan fitur RISE Body Tech New Triton 2019

Keamanan lebih terjaga dengan konstruksi bodi RISE andalan Mitsubishi

Review New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019 : Mode Off-Road

Gambar menunjukkan fitur Mode off-road pada mobil New Triton 2019

Tak perlu jadi off-roader, fitur ini akan membantu Anda melewati jalan rusak dengan aman 

Sama seperti varian diatasnya, mobil New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 2019 ini pun telah dilengkapi dengan fitur super select 4WD. Fitur Super Select 4WD ini kemampuannya sudah setara dengan mobil dengan sistem FULL TIME 4WD, karena sudah mencakup fungsi-fungsi dari 4WD bersistem full time seperti 2 High, 4 High, 4 High-Lock, dan 4 Low-Lock. Hal ini dapat terjadi karena sudah ada sensor kontrol traksi pada bagian belakang yang akan membantu sistem off-road mode di New Triton ini. 

Gambar menunjukkan fitur Kaki-kaki New Triton GLS 2019

Konstruksi suspensi sudah diperkuat dari generasi sebelumnya, membuat Anda akan merasa lebih pede saat off-road

Review New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019 : Fitur Lainnya

Gambar menunjukkan Colokan USB Mobil New Triton 2019

Hendak mengecas gadget? Jangan khawatir ada fitur ini

Selain fitur-fitur lainnya yang sudah kami jabarakan, ada juga fitur serta kelengkapan tambahan yang menambah kenyamanan mobil ini, seperti USB port yang mampu difungsikan untuk mengisi ulang daya baterai smartphone, serta menyambungkan ke head unit. Lalu ada juga cup holder yang siap "menjaga" minuman Anda tidak tumpah ketika Anda sedang melewati jalur logistik yang kental dengan trek off-road.

Gambar menunjukkan fitur Cup Holder Dan Asbak New Triton 2019

Cup holder ini akan menjaga minuman Anda tidak tumpah ketika sedang off-road

>>> Belajar Off-Road, MMKSI Ajak Pengguna Triton Menjelajah Medan Ekstrem Kopeng Jawa Tengah

OPERASI Mitsubishi Triton 2019

Gambar Mesin 4N15 pada mobil New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019

Mesin berkode 4N15 bawaan Pajero Sport ini akan sangat kapabel berada di New Triton yang punya bobot lebih ringan

Mesin berkode 4N15 yang digendong oleh New Triton GLS ini berkarakter overstroke yang artinya langkah piston (stroke) lebih besar dari diameter piston (bore). Karakter ini akan membantu mesin untuk mengumpulkan torsi besar pada putaran bawah, apalagi di bantu dengan transmisi manual 6 percepatan yang didesain total baru oleh Mitsubishi demi efisiensi dan performa yang balance. Belum lagi bobot New Triton GLS MT Dual Cabin 2019 ini lebih ringan 250 kilogram dari Pajero Sport serta lebih enteng 115 kilogram dari New Triton Ultimate yang pernah kami bahas, membuat performa dari akselerasi New Triton GLS ini lebih mumpuni. 

Gambar menunjukkan fitur VGT Turbo Di New Triton 2019

Sistem katup variabel MIVEC bekerja mengoptimalkan tenaga mobil dibantu dengan turbo VGT yang cepat spoolingnya

>>> Review Toyota Hilux Single Cabin Diesel 4x4 2019, Mobil Pekerja Yang Juga Layak Jadi Mobil Hobbies?

spesifikasi Mitsubishi Triton 2019

Berikut ini adalah spesifikasi New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019.

Mesin New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019  

 Seri mesin

 4N15, 4 Cylinders In-Line DOHC 16V MIVEC VG Turbo Intercooler

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Katup In & Ex per Silinder)

 Sistem Injeksi

 Common Rail, Direct Injection

 Tenaga Maksimum

 178,5 Hp (181 Ps) @ 3.500 rpm

 Torsi Maksimum

 430 Nm @ 2.500  rpm

 Kapasitas Silinder

 2,442 cc

 Bore X Stroke

 86,0 mm X 105,1 mm

 Tipe Transmisi

Manual 6 Percepatan Dengan Super Select 4WD II with Rear Differential Lock, Penggerak 4 Roda

  Rangka New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019

 Panjang X Lebar X Tinggi

 5.220 mm X 1.815 mm X 1.780 mm

 Jarak Sumbu Roda

 3.000 mm

 Panjang X Lebar X Tinggi Dek Kargo

 1.520 mm X 1.470 mm X 475 mm

 Track Roda Depan & Belakang

 1.520 mm & 1.515 mm

 Kapasitas Tangki

 75 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019

Suspensi Depan & Belakang

 Independent - Double Wishbone, Coil Springs with Stabilizer Bar & Rigid, Elliptic Leaf Springs

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion Hydraulic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Leading and Trailing Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS & EBD

Teknologi Safety Sasis

 Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) Body

Struktur Sasis

 Ladder Frame

Pelek

 Alloy, 16 Inch

Jenis Ban

 Dunlop Grandtrek AT20, 245/70 R16

kelebihan & kekurangan Mitsubishi Triton 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Mitsubishi New Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Mitsubishi New Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019 ini.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Transmisi Baru Manual 6 Percepatan

Tidak Ada Bumper Belakang

Mesin Baru

Desain Pelek Kurang Menggugah

AC Digital

Desain Setir Nampak Kuno

daftar harga Mitsubishi Triton 2019

Mitsubishi New Triton menjadi salah satu bintang di acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Tersedia 2 kategori kebutuhan berkendara yang ditawarkan yakni Single Cabin (S-Cab) dan juga Double Cabin (D-Cab). S-Cab cenderung digunakan untuk konsumen yang butuh daya angkut lebih luas. Sedangkan D-Cab tampil lebih mewah, namun memiliki daya angkut cukupan. Inilah daftar harga Mitsubishi Triton terbaru 2019.

TIPE MOBIL

HARGA MITSUBISHI NEW TRITON BARU

Mitsubishi New Triton GLX HR S-Cab 2WD M/T

Rp. 250.500.000

Mitsubishi New Triton HDX S-Cab 4WD M/T

Rp. 338.000.000

Mitsubishi New Triton HDX D-Cab 4WD M/T

Rp. 395.500.000

Mitsubishi New Triton GLS D-Cab 4WD M/T

Rp. 419.000.000

Mitsubishi New Triton Exceed D-Cab 4WD M/T

Rp. 453.000.000

Mitsubishi New Triton Ultimate D-Cab 4WD A/T

Rp. 480.500.000

*Harga per bulan Juli 2019

Video Mitsubishi Triton 2019

KESIMPULAN Mitsubishi Triton 2019

Gambar sebuah mobil New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 2019 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Anda seorang manajer lapangan, segera minta perusahaan Anda membelikan mobil ini untuk Anda

Melihat berapa harga mobil ini berbanding dengan apa yang didapat di mobil New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 2019 ini, sangat kami rekomendasikan bagi Anda seorang manajer lapangan yang kerap melalui medan jalan yang berat. Namun, bagi kalangan hobby juga dapat menjadikan mobil ini sebagai bahan modifikasi.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil