Review New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019

03/07/2019
editor rate: 4,6 user rate: N/A
Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga, setelah resmi meluncur di Thailand bulan November tahun 2018 lalu, kini New Mitsubishi Triton 2019 diperkenalkan ke Indonesia. Meski belum dijual secara resmi, namun kami dari tim Cintamobil.com berkesempatan untuk mengulasnya lebih dalam, inilah ulasan kami terhadap varian termewah dari New Mitsubihi Triton 2019 yakni tipe Ultimate.

PENGANTAR Mitsubishi Triton 2019

Infografik Sejarah perjalanan Mitsubishi Triton atau L200 di pasar Indonesia

Cikal bakal Mitsubishi L200 atau Triton sudah dimulai sejak 41 tahun yang lalu 

Review New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 - Membahas tentang Mitsubishi Triton di Indonesia, tentunya seperti membahas Mitsubishi L300 Cyclone di Indonesia yang usianya mirip-mirip, yaitu sudah 42 tahun beredar di jalanan Indonesia. Tapi Mitsubishi Triton punya cerita yang agak berbeda bila dibandingkan dengan produk pick-up bonetless (tanpa hidung) andalan Mitsubishi yang punya sapaan Mitsubishi Elsapek tersebut, karena baru pada tahun 2002 Mitsubishi Triton dipasarkan untuk konsumen Indonesia dengan nama resmi Mitsubishi L200 Strada, alias usianya kini di Indonesia sudah sweet seventeen atau 17 tahun.

Gambar menunjukkan perjalanan Mitsubishi Triton di pasar Indonesia

Di Indonesia sendiri Mitsubishi Triton sudah beredar selama 17 tahun, tepatnya dimulai pada tahun 2002

Ada cerita unik mengapa pada saat dipasarkan pertama kali di Indonesia Mitsubishi Triton diberi nama Mitsubishi L200 Strada, hal tersebut dikarenakan kode L200 itu diambil dari mobil light commercial Mitsubishi yang bentuknya pick-up, seiring berjalannya waktu pick-up tersebut diberikan cab (kabin) tambahan untuk penumpang belakang, sehingga Mitsubishi perlu memberi nama lain untuk pick-up truck andalannya tersebut, akhirnya lahirlah nama Strada (Jepang), Warrior, Triton (Australia), Hunter (Israel), Strakar (Portugal) dan sebagainya. 

Tampak Data penjualan New Mitsubishi Triton di pasar Indonesia

Dibanding para rivalnya, Mitsubishi Triton jauh sekali mengungguli dual cabin lain dalam segi penjualan

Mitsubishi Triton sendiri penjualannya diserap pasar dunia dengan baik, hal tersebut lantaran daya tahan produk ini yang sudah terbukti bandel dan enggak rusak-rusak, ketersediaan suku cadang yang mudah didapat, serta ketahanan mesin untuk menenggak solar "busuk" menjadi nilai plus tersendiri. Tak kurang dari 4,9 juta Mitsubishi Triton telah terjual di seluruh dunia termasuk Indonesia. Di negara kita sendiri juga demikian, Mitsubishi Triton sangat diterima dengan baik oleh pasar mobil baik dari kalangan hobby maupun komersial alias fleet.

Gambar sebuah Mobil Mitsubishi L200 Strada berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Beginilah tampilan Mitsubishi Triton pertama yang masuk Indonesia, 17 tahun lalu mobil ini bernama L200 Strada

Mesin legendaris berkode 4D56 dimasukkan di balik kap mesin Mitsubishi L200 Strada yang masuk Indonesia pada tahun 2002. As info saja, mesin yang serupa juga dipasang di bawah jok Mitsubishi Elsapek alias L300 yang namanya begitu harum dan melegenda karena ketangguhannya. Sedikit cerita, sewaktu kami duduk di bangku sekolah menengah pertama, kami pernah merasakan mobil L200 Strada ini dalam kondisi anyar, sebagai penumpang kami merasa terkesan dengan ketangguhan mobil ini, karena saat diajak off-road mobil ini cukup kapabel, meski menurut driver yang membawa mobil ini akselerasinya terasa agak kurang.

Gambar Generasi keempat mobil Mitsubishi Triton berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Tercatat Mitsubishi Triton sempat mengalami dua kali penyegaran namun dengan model yang sama, kala itu namanya sudah Triton

Keluhan perihal kurangnya tenaga dari driver yang membawa mobil L200 Strada tahun 2002 saat itu jelas bisa dimaklumi, sebab meski mesin 4D56 yang terpasang dibalik bonnet mobil tersebut sudah menganut DOHC namun sistem direct injection serta turbocharger belum disematkan, baru pada Mitsubishi Triton generasi keempat yang masuk ke Indonesia pada tahun 2008 versi penyempurnaan dari mesin 4D56 disematkan, pada tahun tersebut mesin yang sama sudah dipasangkan turbo dan sistem pasokan bahan bakar langsung. Alhasil tenaganya naik dari sekitar 100 Hp jadi 136 Hp.  

Gambar sebuah mobil Mitsubishi Triton generasi kelima berwarna putih dilihat dari sisi depan

Tahun 2018 Mitsubishi menambah satu varian lagi dari Mitsubishi Triton, yakni Mitsubishi Triton Athlete

Mitsubishi Triton generasi keempat inilah yang menjadi cikal bakal salah satu SUV paling nge-hits di Indonesia dari dulu hingga kini, yaitu Mitsubishi Pajero Sport. Model generasi keempat tersebut bertahan hingga 6 tahun lamanya dengan satu kali penyegaran minor pada tampilan eksteriornya dan berganti sistem turbo menjadi Variable Geometry Turbo pada tahun 2014. Meski hanya ganti satu set sistem induksi udara paksa serta ECU dan sedikit penyempurnaan transmisi, namun tenaga mobil melonjak menjadi 178 Hp. Dan mesin yang sama juga dipertahankan pada Mitsubishi Triton generasi kelima hingga varian Athlete.

Gambar sebuah Mobil Mitsubishi Triton generasi keenam berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Model terbaru Mitsubishi Triton sudah mengadopsi bahasa desain terbaru Mitsubishi yakni dynamic shield

Pada bulan Juli tahun 2019 ini, pada akhirnya PT Mitsubishi Motorst Krama Yudha Sales Indonesia mendatangkan bulat-bulat dari Thailand generasi terbaru dari Mitsubishi Triton. New Mitsubishi Triton 2019 ini masuk ke Indonesia dalam enam varian, yakni GLX Single Cabin, HDX Single Cabin, HDX Dual Cabin, GLS Dual Cabin, Exceed Dual Cabin, dan Ultimate Dual Cabin. Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah tipe top of the line dari New Mitsubishi Triton, yakni New Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019. Dan inilah pendapat kami mengenai mobil ini. 

EKSTERIOR Mitsubishi Triton 2019

Review New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 : Tampilan Depan

Tampak tampilan depan New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 berwarna silver

Bahasa desain dynamic shield begitu kental pada tampilan eksterior depan mobil ini

Tampilan depan dari mobil New Triton 2019 ini begitu kental dengan bahasa desain dynamic shield, banyak yang berkomentar bahwa tampilan eksterior depannya kini mirip dengan Mitsubishi Xpander, Mirage Concept atau Mitsubishi Eclipse Cross yang pernah kami ulas, tentu saja hal tersebut tidak salah karena memang bahasa desain ini memang diimplementasikan terhadap mobil-mobil keluaran terbaru dari Mitsubishi. Kami pun sangat menyukai desain tampilan depan mobil ini.

Review New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 : Tampilan Samping

Tampilan samping Mitsubishi New Triton Ultimate AT Dual Cab 4WD 2019 berwarna abu-abu

Lingkar roda 18 inchi menambah gagah varian termahal dari New Triton ini

Beralih ke tampilan samping New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 ini, langsung terlihat adalah desainnya yang begitu kokoh dan macho. Lihat saja lingkar roda berukuran 18 inchi serta guratan garis tegas di sepatbornya yang mengesankan tampilan kekar di mobil ini. Oh ya jika Anda memperhatikan jeli, terlihat gap roda depan dengan bumper begitu dekat, namun pihak Mitsubishi bilang itu tidak jadi masalah dan tidak akan mentok meski shockbreker terkompres habis.

Review New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 : Tampilan Belakang

Tampak tampilan belakang Mitsubishi New Triton Ultimate AT Dual Cab 2019 berwarna abu-abu

Berbeda dengan tampilan depan dan sampingnya, dilihat dari belakang New Triton ini justru terlihat cantik

Kami agak kaget dengan tampilan belakang dari mobil New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 ini, karena kontras dengan tampilan eksterior depan dan sampingnya yang berkesan kokoh, dan macho. Pada tampilan belakang New Triton Ultimate ini malah terlihat cantik, itu dapat terlihat dari model stoplamp mobil ini yang ketika lampu di dalamnya menyala memanjang kebawah mirip Mitsubishi Pajero Sport, serta aksen krom diatas logo tiga berlian yang berkesan elegan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Mitsubishi Triton 2019

Review New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor mobil Mitsubishi New Triton Ulitimate AT Dual Cabin 4WD 2019

Layout dasbor mobil ini sekarang tidak lagi mencerminkan ini adalah mobil pekerja

Untuk bagian dalam interior mobil ini kami sengaja mengambil gambar dari Mitsubishi Thailand dimana mobil ini dirakit, karena saat event peluncuran Selasa lalu (2/7) awak media tidak diperkenankan untuk masuk kedalam kabin guna pengambilan gambar. Yang langsung terlihat di layout interior mobil ini adalah kini sudah tidak lagi mencerminkan mobil pekerja, bahkan jika Anda punya Mitsubishi Pajero Sport di rumah, Anda dapat saja lupa sedang nyetir Pajero atau New Triton Ultimate ini.

Review New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 : Setir

Gambar menunjukkan desain bagian Setir Mitsubishi New Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019

Begitu juga dengan desain setirnnya yang modern dan setir ini kami yakin enak digenggam seperti milik Pajero

Senada dengan layout dasbor milik New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 ini yang makin modern dan elegan. Setir dari New Triton Ultimate ini juga demikian, mengambil langsung dari Mitsubishi Pajero Sport yang spoke shape-nya juga ikut berdesain dynamic shield seperti tampilan grill depan mobil ini. Tombol pengatur juga lengkap, di spoke sebelah kiri untuk mengatur audio, bluetooth telephone sementara di spoke kanan untuk mengatur fitur cruise control dan MID.

Review New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 : Konvigurasi Jok

Gambar menunjukkan desain Konvigurasi Jok Mobil Mitsubishi New Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019

Total 5 penumpang dapat duduk dengan nyaman di dalam kabin mobil New Triton Ultimate ini

Secara total 5 penumpang dewasa termasuk pengemudi dapat duduk dengan nyaman serta aman di dalam kabin New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 ini. Karena seluruh kursi sudah dilengkapi dengan seatbelt 3 titik dan headrest. Ruang legroom maupun headroom diperkirakan cukup luas dan masih dalam batas kewajaran sebuah mobil dual cabin alias pick-up truck.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Mitsubishi Triton 2019

Review New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan desain Ban dan pelek Mitsubishi New Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019

Khusus untuk tipe Ultimate ini, New Triton dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan terpadu yang canggih

New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 ini dilengkapi dengan fitur keselamatan sebagai berikut: 7 SRS Airbags, Forward Collision Mitigation System (FCM) fitur ini mengaplikasikan pengereman darurat dengan bantuan sensor visual di depan. Ultrasonic mis-acceleration Mitigation System (UMS) guna mencegah kendaraan bergerak dari posisi parkir ketika sensor ultrasonic mendeteksi halangan baik dari arah depan maupun belakang, Blind Spot Warning (BSW) dan Lane Change Assist (LCA) untuk memperingatkan pengendara terhadap kendaraan yang berada di blind spot atau yang melaju cepat dari belakang dengan teknologi ultrasonic dan radar, Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang memonitor laju di belakang kendaraan dengan radar, serta Automatic High Beam yang secara otomatis mengalihkan lampu utama tinggi dan rendah dengan sensor visual depan dan sensor parkir memonitor sekeliling kendaraan ketika parkir dengan ultrasonic, dan Multi-around View monitor, parkir di area sempit akan lebih mudah dan aman.

Review New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 : Fitur Khusus Off-Road

Gambar menunjukkan Fitur Super Select 4WD Mitsubishi New Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019

Lahir untuk beragam medan, New Triton Ultimate ini dilengkapi dengan fitur khusus off-road

New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019, sudah dilengkapi dengan fitur super select. Fitur Super Select 4WD ini sudah memiliki kemampuan setara dengan mobil dengan sistem full time 4WD, karena sudah mencakup fungsi-fungsi dari 4WD bersistem full time seperti 2 High, 4 High, 4 High-Lock, dan 4 Low-Lock. Hal ini dapat terjadi karena sudah ada sensor kontrol traksi pada bagian belakang yang akan membantu sistem off-road mode di New Triton ini. 

Review New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 : Pembaharuan Teknis Lainnya

Gambar menunjukkan Aspek Pembaharuan teknis New Triton 2019

Ada sejumlah lima pembaharuan yang dilakukan Mitsubishi terhadap New Triton ini

Mitsubishi mendengar masukan dari konsumen Triton generasi sebelumnya dan memasukkan beragam pembaharuan ini di Triton terbaru ini, diantaranya Stronger Front-end structure bodi depan yang diperkuat dan dirancang ulang guna mendapatkan kekuatan struktur yang lebih mumpuni. Sehingga, ketika dibawa jalan ke jalan yang rusak berat rangka depan ini lebih kuat dan tahan lama. Lalu link stabiliser depan diperkuat, dan ada tambahan under cover baru untuk menunjang aerodinamika mobil. Untuk tipe GLX ada dua tambahan penyempurnaan lagi, yakni karet support power steering box untuk mencegah debu serta penyempurnaan mekanikal transmisi.

>>> Mau membeli mobil Mitsubishi Triton GLX 4x4? Klik sini untuk mendapat penawaran terbaik

OPERASI Mitsubishi Triton 2019

Gambar menunjukkan desain bagian Mesin dan transmisi New Triton 2019

Transmisi otomatis 6 percepatan yang baru hanya tersedia pada varian Ultimate ini

Saat dipamerkan langsung di depan para jurnalis, mobil ini benar-benar fresh from the oven baru saja didatangkan utuh dari Thailand. Otomatis belum ada seorang jurnalis pun yang sudah test drive langsung mobil ini di Indonesia. Tapi bocoran yang didapat oleh tim Cintamobil, konstruksi rangka ladder frame mobil New Triton Ultimate ini kemungkinan benar-benar baru. Karena menurut Rifat Sungkar pereli sekaligus brand ambassador Mitsubishi di Indonesia, handling dari mobil ini positif sekali, baik itu feedback setir, ayunan suspensi, hingga kecenderungan mobil untuk nose dive (hidung menjorok kedepan) saat hard braking lebih minim.

New Mitsubishi Triton 2019 memakai Mesin 4N15

Mesin yang digunakan persis seperti yang digendong oleh Mitsubishi Pajero Sport

"2/3 bagian mobil ini dari hidung depan ke cabin belakang rasanya seperti bawa passanger car biasa, bukan commercial vehicle, pun begitu chassis twist atau kelenturan sasis lebih terasa lentur," ujar Rifat yang sudah mencoba langsung mobil ini 6 bulan lalu di negeri gajah putih tersebut. Masih menurut pria yang sedang menyiapkan tunggangan reli Mitsubishi Xpander AP4 yang bakal dipajang di GIIAS 2019 ini, ia bilang bahwa feel mengemudi dari New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 ini rasanya enak sekali dan bakal lupa sedang mengemudikan dual cabin. Hmm... kami jadi enggak sabar untuk mencoba mobil ini.

Gambar menunjukkan Kaki-kaki depan Mitsubishi New Triton 2019

Sektor kaki-kaki diperkuat agar daya tahannya lebih baik namun tetap tidak melupakan handling mobil ini

Transmisi otomatis 6 percepatan dan kaki-kaki yang digunakan pada mobil New Triton Ultimate ini juga total baru, kami sempat bertanya ke pihak Mitsubishi mengapa tidak langsung saja memboyong transmisi 8 percepatan berkarakter closed ratio yang digendong Mitsubishi Pajero Sport ke New Triton ini, mereka menjawab berdasarkan hasil pengujian terhadap mobil ini, yang paling dinilai pas untuk menjadi transfer daya di New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 adalah unit transmisi 6 percepatan otomatis. 

Gambar menunjukkan desain bagian Kaki-kaki belakang New Triton 2019

Kaki-kaki, gardan belakang hingga transmisi 6 percepatannya didesain total baru

Pengujian yang dilakukan oleh Mitsubishi juga tidak main-main, mereka membawa langsung ke lapangan pertambangan dan dilakukan uji ketahanan sejauh 100.000 kilometer untuk drive shaft dan transfercase yang disiksa habis dan pada titik maksimum penggunaannya. Pengujian ini 1,7 kali lebih berat dari mobil penumpang, 1,3 kali lebih berat untuk lintas negara, dan 1,5 kali lebih berat endurance test ini untuk daya tahan mesinnya. Makanya, tak heran berdasarkan hasil positif dari endurance test New Triton ini, pihak PT MMKSI sangat percaya diri pada kualitas produk terbaru ini.

Gambar menunjukkan Rangka Mitsubishi New Triton 2019

Sasis juga diklaim lebih kuat dan sudah menjalani pengetesan yang komperhensif sebelum diluncurkan ke pasar

>>> Review Toyota Hilux Single Cabin Diesel 4x4 2019, Mobil Pekerja Yang Juga Layak Jadi Mobil Hobbies?

spesifikasi Mitsubishi Triton 2019

Berikut ini adalah spesifikasi New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019.

Mesin New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019  

 Seri mesin

 4N15, 4 Cylinders In-Line DOHC 16V MIVEC VG Turbo Intercooler

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Katup In & Ex per Silinder)

 Sistem Injeksi

 Common Rail, Direct Injection

 Tenaga Maksimum

 178,5 Hp (181 Ps) @ 3.500 rpm

 Torsi Maksimum

 430 Nm @ 2.500  rpm

 Kapasitas Silinder

 2,442 cc

 Bore X Stroke

 86,0 mm X 105,1 mm

 Tipe Transmisi

Otomatis 6 Percepatan Dengan Super Select 4WD II with Rear Differential Lock, Penggerak 4 Roda

  Rangka New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019

 Panjang X Lebar X Tinggi

 5.300 mm X 1.815 mm X 1.795 mm

 Jarak Sumbu Roda

 3.000 mm

 Panjang X Lebar X Tinggi Dek Kargo

 1.520 mm X 1.470 mm X 475 mm

 Track Roda Depan & Belakang

 1.520 mm & 1.515 mm

 Kapasitas Tangki

 75 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki New Mitsubishi Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019

Suspensi Depan & Belakang

 Independent - Double Wishbone, Coil Springs with Stabilizer Bar & Rigid, Elliptic Leaf Springs

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion Hydraulic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Leading and Trailing Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, & Brake Override System

Teknologi Safety Sasis

 Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) Body

Struktur Sasis

 Ladder Frame

Pelek

 Alloy, 18 Inch

Jenis Ban

 Toyo Open Country, 265/60 R18

kelebihan & kekurangan Mitsubishi Triton 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Mitsubishi New Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Mitsubishi New Triton Ultimate AT Dual Cabin 4WD 2019 ini.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Fitur Lengkap

Transmisi Otomatis Hanya Di Tipe Ultimate

Mesin & Transmisi Baru

Harga Tinggi

Layout Kabin

Masih CBU, Jika CKD Harga Lebih Terjangkau

daftar harga Mitsubishi Triton 2019

Mitsubishi New Triton menjadi salah satu bintang di acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Tersedia 2 kategori kebutuhan berkendara yang ditawarkan yakni Single Cabin (S-Cab) dan juga Double Cabin (D-Cab). S-Cab cenderung digunakan untuk konsumen yang butuh daya angkut lebih luas. Sedangkan D-Cab tampil lebih mewah, namun memiliki daya angkut cukupan. Inilah daftar harga Mitsubishi Triton terbaru 2019.

TIPE MOBIL

HARGA MITSUBISHI NEW TRITON BARU

Mitsubishi New Triton GLX HR S-Cab 2WD M/T

Rp. 250.500.000

Mitsubishi New Triton HDX S-Cab 4WD M/T

Rp. 338.000.000

Mitsubishi New Triton HDX D-Cab 4WD M/T

Rp. 395.500.000

Mitsubishi New Triton GLS D-Cab 4WD M/T

Rp. 419.000.000

Mitsubishi New Triton Exceed D-Cab 4WD M/T

Rp. 453.000.000

Mitsubishi New Triton Ultimate D-Cab 4WD A/T

Rp. 480.500.000

*Harga per bulan Juli 2019

Video Mitsubishi Triton 2019

KESIMPULAN Mitsubishi Triton 2019

Gambar sebuah mobil Mitsubishi New Triton 2019 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Jadi apakah mobil ini cocok untuk Anda?

Yes, jika Anda menginginkan mobil dual cabin yang fresh, stylish dan juga punya mesin serta transmisi baru, mobil ini cocok untuk Anda. Apalagi dibanding para rivalnya mobil New Triton ini sudah punya reputasi baik akan daya tahan serta performanya.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil