Review MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020: Desain Trendy dan Terbatas

23/10/2020

Share this post:

MINI Cooper 2020

Editor rate:

Rp 880.000.000

Mobil MINI Cooper terbaik di Indonesia Lihat promo

MINI Indonesia akhirnya memperkenalkan kehadiran edisi khusus terbaru MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020 yang menawarkan desain cantik khas MINI.

Review MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020: Desain Trendy dan Terbatas
Review MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020: Desain Trendy dan Terbatas
0 Gambar

Pengantar MINI Cooper 2020

Mari kita simak spesifikasi MINI Cooper 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Warna khusus Sidewalk Edition

Eksterior yang cantik

Harga tak terlalu jauh dibandingkan model standar

Kekurangan

Unit yang terbatas

Tak ada ubahan signifikan dari segi mesin maupun teknologi

Kepraktisan kurang

Ditawarkan untuk pengendaraan santai di sore hari, MINI Indonesia memperkenalkan edisi khusus MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020. SUV mungil beratap terbuka ini mampu menghadirkan rasa berkendara yang menyenangkan bersama sebuah MINI namun tetap menghadirkan tampilan yang mengesankan layaknya kendaraan edisi spesial.

MINI awalnya memperkenalkan edisi khusus dari convertible terlaris di Inggris dengan hanya 150 unit tersedia untuk Negeri Ratu Elizabeth tersebut pada Januari 2020 lalu. Dipersiapkan untuk produksi pada bulan Maret 2020 guna menemani pengendaraan di musim panas pada penggemar MINI di berbagai belahan dunia, sayangnya pandemik COVID-19 membuyarkan rencana tersebut.

MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020 berwarna biru
Tampilan elegan MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020

Tapi hal tersebut tak membuat MINI Indonesia kehilangan semangatnya untuk memperkenalkan edisi khusus ini pada konsumennya di Tanah Air. Model khusus ini secara eksklusif dipasarkan di Indonesia dengan hanya 20 unit yang dipersiapkan. Segala kenyamanan khas MINI dipersiapkan dengan sedikit ubahan detail mempertegas tampilan spesialnya.

Memang tak banyak perubahan yang ditawarkan dari model Sidewalk Edition dibandingkan edisi standar MINI Cooper S yang menjadi basisnya. Tapi keanggunan mobil terbatas ini merupakan salah satu model yang mampu mempercantik garasi di rumah Anda. Penasaran apa saja yang ditawarkan pada mobil ini? Simak review MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Eksterior MINI Cooper 2020

Meski tak ada perubahan signifikan pada eksterior yang ditawarkan, tampilan menawan khas MINI dipadukan dengan warna khusus bagi edisi spesial ini. Membuatnya terasa lebih cantik dibandingkan varian lain yang dipasarkan di Indonesia.

Review MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020: Eksterior Depan

Memang tak banyak perubahan yang terlihat pada bagian depan mobil ini dibandingkan MINI Cooper S yang dipasarkan di Indonesia. Lampu depan yang membulat khas MINI serta lampu kabut bergaya senada disandingkan dengan grille dikelilingi chrome. Lengkap dengan logo S berwarna merah pada sisi dalam grille.

Eksterior depan MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020 berwarna biru
Eksterior depan MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020

Membedakan mobil ini dengan MINI lainnya adalah pola garis yang ada pada kap mesin. Ada pola berbentuk segitiga yang tergambar pada aksen hitam dari kaca depan hingga grille. Menawarkan kesan unik dan elegan khas pabrikan Inggris ini. Selebihnya, desain dan tampilannya masih mengingatkan kita pada nama besar MINI yang melegenda.

Review MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020: Eksterior Samping

Kesan spesial ditawarkan oleh edisi terbatas ini melalui pilihan warna khusus yang tak ditemukan pada varian MINI lainnya. MINI menyebutnya Deep Laguna metallic, menghadirkan kesan biru yang pekat namun tetap lembut dan bergaya stylish. Digabungkan dengan warna hitam dan beberapa aksen chrome yang tersebar di eksterior mobil ini.

Eksterior samping MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020 berwarna biru
Eksterior samping MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020

Selain itu, ada detail berbahan plastik yang bertuliskan ‘Sidewalk’ dan velg Scissor Spoke bergaya khusus yang tak ditemukan pada varian lainnya. Dan ada hal baru yang terlihat pada bagian atap. Dibandingkan varian convertible biasa, atap Sidewalk Edition ini menawarkan pola unik dengan atap yang bisa buka/tutup dalam 18 detik meski berada pada kecepatan 30 km/jam.

Layaknya kendaraan bergaya convertible lainnya, Anda bisa menekan tombol yang terdapat pada bagian atas spion depan untuk membuka maupun menutup atap. Sebagai Tindakan pencegahan dan untuk keselamatan, Anda diharuskan terus menahan tombol atap. Pasalnya ketika tangan Anda terlepas, maka operasi buka tutup atap akan berhenti.

Review MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020: Eksterior Belakang

Eksterior belakang MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020 berwarna biru
Eksterior belakang MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020

Sebagai salah satu varian terbaru dari MINI, lampu belakang mendapatkan aksen Union Jack atau bendera Inggris. Bumper dengan kisi-kisi dilengkapi lampu kabut pada kedua sisinya serta dua knalpot yang terletak pada bagian tengah bumper. Menawarkan gaya khas mobil sport yang dibawa pada edisi khusus ini. Tak ketinggalan logo ‘Cooper S’ tersedia tepat di samping lampu belakang sebelah kanan.

>>> Review mobil MINI paling update ada di sini


Interior MINI Cooper 2020

Begitu pula ketika masuk ke bagian kabin, tak banyak perubahan yang ditawarkan pada Sidewalk Edition. Masih tetap dengan gaya premium khas MINI, pabrikan asal Inggris ini merasa sedikit perubahan pada detail di dalam kabin sepertinya cukup untuk meningkatkan rasa ‘edisi khusus’ pada mobil ini.

Review MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020: Dashboard

Desain interior tak begitu berbeda dibandingkan varian Cooper 2 yang dipasarkan saat ini. Namun yang membedakannya adalah aksen yang terdapat pada beberapa bagian di dalam kabin, termasuk aksen persegi yang Anda lihat pada kap mesin juga bisa ditemukan pada dashboard, khususnya bagian penumpang depan.

dashboard MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020 berwarna hitam
Dashboard MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020

Kesan premium tetap bisa dirasakan dengan perpaduan material soft touch dan bahan kulit yang terdapat pada interior mobil. Kenyamanan di dalam kabin ditambah berkat kehadiran head unit layar sentuh berukuran 8,8 inci yang ditawarkan bersama navigasi. Ada konsol tengah yang masih sama layaknya model MINI lainnya serta armrest untuk menambah kenyamanan berkendara.

Review MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020: Setir

setir MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020 berwarna hitam
Setir MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020

Bukannya tanpa perubahan, tapi setir multifungsi palang tiga yang tersedia pada edisi spesial ini juga dibuat khusus untuk Sidewalk Edition. Setir berlapis kulit ini memiliki logo Sidewalk yang terdapat pada sisi bawah. Teknologi tilt dan teleskopik dengan pengaturan yang sangat fleksibel merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan MINI pada varian-variannya.

Review MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020: Kursi

Bukan MINI namanya jika tanpa kenyamanan kelas VIP di belakang kemudi. Interior yang premium dibuat lebih elegan dengan desain menawan dari jok kulit Anthracite ditambah pola unik bergaya segitiga pada headrest yang membawa kesan beda. Begitu pula dengan jahitan berwarna kuning yang bisa Anda temukan pada bagian tengah jok di baris pertama.

kursi MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020 berwarna hitam
Kursi MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020

Kenyamanan berkendara terasa dengan pengaturan kursi yang bisa dibuat serendah mungkin, memberikan rasa mengemudi sambil selonjoran. Tapi pengaturan 2+2 tak terlalu nyaman bagi pengemudi dewasa. Apalagi dengan sandaran belakang yang cukup tegak, mengurangi kenyamanan pada pengendaraan jarak jauh.

Review MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020: Bagasi

bagasi MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020 berwarna hitam
Bagasi MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020

Tak usah berharap banyak pada kapasitas ruang bagasi belakang. Mengingat mobil ini ditujukan untuk gaya berkendara, bukannya kepraktisan, ruang penyimpanan yang tersedia sangatlah terbatas. Apalagi ditambah dengan dimensi yang sangat kompak, bagasi belakang hanya bisa digunakan untuk membawa dua koper berukuran medium yang terbatas. Tapi tenang, bangku baris kedua bisa dilipat untuk memberikan akomodasi tambahan, bisa untuk membawa sebuah tas golf.

>>> Berbagai berita terbaru mengenai mobil MINI ada di sini

Fitur MINI Cooper 2020

Head unit layar sentuh berukuran 8,8 inci menjadi pusat sistem hiburan yang ditawarkan pada mobil ini. Tak hanya melalui sentuhan tangan, berbagai fitur di dalam mobil bisa diakses menggunakan MINI Controller hingga pengaturan suara. Sistem konektivitas Apple CarPlay disediakan ditambah dengan sound system 12 speaker dari Harman Kardon yang memesona.

signature MINI Cabrio S Sidewalk Edition 2020 berwarna putih pada setir
Fitur unik MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020

Beberapa kelengkapan lainnya yang ditawarkan pada mobil ini adalah sistem wireless charging yang tersedia pada bagian bawah armrest dan dua USB pada konsol tengah, versi type-C dan versi standar. Ambient light juga tersedia dengan banyaknya warna yang tersedia. Desain panel instrumen belum digital, dimana MINI seperti masih keukeuh menghadirkan kesan klasik pada pembacaan analog ketika berkendara.

Review MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Tak lupa untuk memberikan rasa aman ketika berkendara, MINI tak ketinggalan membawa berbagai sistem keselamatan baru untuk mobil ini. Mulai dari airbag bagi penumpang depan dan penumpang, Dynamic Stability Control untuk memberikan rasa stabil ketika berkendara, serta sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Brake Assist (BA). Sebagai pelengkap, MINI menanamkan Cornering Brake Control, memudahkan mobil ini ketika harus melewati jalanan yang berkelok.

>>> Modifikasi MINI Cooper S Aspec, Lebih Sangar Pakai Bodykit Buatan Cina

Operasi MINI Cooper 2020

Tak banyak yang berubah dari mesin yang digunakan pada mobil ini dengan versi yang digunakan pada MINI Cooper S standar. Tetap menggendong mesin 4-silinder 2.0L twin-turbo, keluaran tenaganya tercatat 195 PS pada putaran 4.000 rpm dan mampu menghasilkan 280 Nm torsi maksimal pada putaran 1.350 – 4.600 rpm.

Mesin MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020 berwarna hitam
Mesin MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020

Tenaga disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi Dual Clutch 7-percepatan otomatis Steptronic yang cukup mengesankan. Mengingat dimensinya yang kompak dan aerodinamis, mobil ini mampu melaju dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam 7,1 detik dan bisa digeber hingga tertinggi 230 km/jam.

>>> Mini Countryman X-Raid: Modifikasi Ala Dakar

Spesifikasi MINI Cooper 2020

Dimensi MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

3.974 x 1.727 x 1.415 mm

Jarak Poros Roda

2.495 mm

Ground Clearance

148 mm

Mesin MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020

Tipe Mesin

2.0L 4-silinder twin-turbo

Kapasitas Silinder

1.998 cc

Tenaga Maksimal

195 PS @ 4.000 rpm

Torsi Maksimal

280 Nm @ 1.350 – 4.600 rpm

Percepatan (0-100 km/jam)

7,1 detik

Kecepatan Tertinggi

230 km/jam

Transmisi

7-speed otomatis

Kaki-Kaki MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020

Suspensi Depan/ Belakang

Single-Joint Spring Strut Axle / Multi-link Rear Axle

Rem

Ventilated Disc

Tipe Ban

225/40 R17

Velg

17 inci

Daftar Harga MINI Cooper 2020

Meski menghadirkan desain menawan gaya edisi khusus MINI, ternyata harga yang ditawarkan untuk mobil ini tak begitu jauh dibandingkan model MINI lainnya di Indonesia. Harga MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020 saat ini dibanderol mulai dari Rp 880 jutaan (Off the Road). Dengan hanya ada 20 unit yang dipersiapkan untuk konsumen Tanah Air, mobil ini bisa ludes dengan cepat jika tak segera dipesan.

Kesimpulan MINI Cooper 2020

Tak heran jika MINI mampu menghadirkan desain premium bergaya elegan dengan edisi spesial terbarunya, terlebih dengan berbagai detail menarik dari MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020. Warna eksterior yang cantik didukung pengendaraan yang ergonomis dan mewah khas pabrikan asal Inggris ini. Meski tanpa ubahan signifikan, edisi khusus ini semakin menarik untuk sekadar penanda status sosial di jalanan.

>>> Review mobil terbaru dalam dan luar negeri teranyar hanya di sini

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Valentino Motor

DKI Jakarta

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

Review MINI Cooper S 3 Door 2018

25/12/2018

Editor rate:

MINI identik akan hatchback 2 pintu dengan performa lincah layaknya sebuah go-kart. Dan kini sudah hadir kembali MINI Cooper S 3 Door 2018 yang punya segudang pembaharuan yang siap menambahkan unsur style khas Britania Raya pada sang hot hatch.

Lihat juga

Review MINI JCW GP 2020: Mini Paling Maxi

02/01/2020

Editor rate:

Dibalik tampangnya yang imut, MINI memiliki reputasi mentereng di ajang motorsport dengan merajai Reli Monte Carlo era 60-an. Seolah ingin menjaga warisan tersebut, MINI memperkenalkan MINI JCW GP 2020, generasi ketiga varian hardcore dari MINI JCW.

Lihat juga

Review MINI GT Edition 2020: Nostalgia ‘Go-Kart’ Inggris

Rp 840.000.000

30/06/2020

Editor rate:

MINI Indonesia kembali meluncurkan edisi spesial, MINI GT Edition 2020. Hanya 30 unit, edisi khusus ini mengkombinasikan platform Cooper S dan desain MINI 1275 GT klasik.

Lihat juga

Review MINI Countryman Blackheath Edition 2020: Kesan Misterius Britania Raya

Rp. 799.000.000

11/05/2020

Editor rate:

Kesan misterius nan elegan menghiasi New MINI Countryman Blackheath Edition 2020. Eksklusif hanya ada 24 unit yang bisa didapatkan konsumen Indonesia.

Lihat juga

Review MINI Cooper S Cabrio 2018

24/11/2018

Editor rate:

Nama MINI selalu dikonotasikan dengan sensasi berkendara go-kart feeling. Namun jika mengacu pada konsep go-kart yang merupakan kendaraan balap open wheeler dengan atap terbuka, maka Mini Cooper S Cabrio 2018 adalah esensi dan representasi sejati untuk go-kart feeling yang menjadi spirit MINI.

Lihat juga
back to top