Mengenang 20 Tahun MINI Cooper Hardtop, MINI Pertama Ber-DNA BMW

06/10/2020

Pasar mobil

2 menit

Mengenang 20 Tahun MINI Cooper Hardtop, MINI Pertama Ber-DNA BMW
MINI Cooper Hardtop diperkenalkan di Paris pada tahun 2000 silam. Pada ulang tahunya yang ke-20, BMW dan MINI mengenang kembali model penuh sejarah ini.

Paris Motor Show 2000 menjadi ajang debut perdana MINI Cooper pertama yang dirancang oleh BMW diluncurkan. Produksi mobil Inggris legendaris tersebut akhirnya dimiliki oleh pabrikan Jerman. MINI Cooper Hardtop merupakan generasi MINI pertama yang dilahirkan kembali. MINI akhirnya meluncurkan edisi produksi di pabrik perakitan di Oxford pada Oktober 2001.

Rekam Jejak MINI milik BMW

Model MINI sebelumnya mengenakan lambang MINI, tapi dijual oleh berbagai perusahaan, termasuk Austin, Morris, Rover, dan lisensi yang dimiliki oleh Innocenti. Nama MINI akhirnya diakuisisi oleh BMW yang membeli MG-Rover tahun 1994. Hatchback pertama ini dipresentasikan kepada publik di ibu kota Prancis dua dekade lalu.

dua buah mobil konsep ACV30 awal MINI Cooper Hardtop
Mobil konsep ACV30 yang nantinya menjadi prototipe untuk MINI Cooper

>>> New MINI Cabrio Sidewalk Edition Dijual Terbatas Seharga Rp 880 Juta

Tak mudah mengembangan MINI klasik agar selaras dengan gaya modern kala itu. Pabrikan yang debut pertama kali pada 1959 merupakan nama besar di pasar otomotif global, apalagi di negeri sendiri. Karena itu, pengembangan MINI Cooper Hardtop harus memadukan kedua gaya Inggris dan Jerman. Setelah bereksperimen melalui berbagai konsep, seperti ACV30 yang futuristik pada tahun 1997, MINI Cooper Hardtop diluncurkan.

Dengan warna Liquid Yellow, mobil ini diberi julukan “Sunny”. Pengembangan awal dimulai pada tahun 1994. Dan tim teknisi dituntut untuk mempertahankan overhang pendek MINI klasik, lampu depan bulat, dan grille heksagonal. Dan semuanya terangkum dalam edisi terbaru MINI.

>>> [INFOGRAFIK] 10 Mobil Unik MINI yang Pernah Diproduksi

Jadi awal kebangkitan (kembali) MINI

Sebelum modelnya terungkap di Paris, sebuah laman website domestik dan internasional diluncurkan untuk memberikan gambaran tentang model baru ini. Lebih dari 100.000 orang menyatakan minatnya. Penjualan di pasar Inggris berlangsung dua bulan sebelum Jerman, dan BMW menyadari permintaan yang besar secara global. Menandai kebangkitan MINI yang akhirnya berdarah Jerman.

mobil klasik MINI Convertible di jalanan
MINI Cooper mendapatkan berbagai model, hingga versi convertible

>>> MINI 3-Door 2020: Harga mobil MINI 3-Door & Promo Oktober

Disebut dengan kode R50, hatchback MINI Cooper awalnya ditawarkan dalam dua varian, One dan Cooper. Kesuksesan model ini membuat MINI akhirnya memperluas model Cooper di pasaran. MINI Cooper S (R53) diperkenalkan pada tahun 2002, versi mesin turbodiesel meluncur di Eropa pada 2003, dan edisi convertible tanpa atap (R52) rilis tahun 2004.

BMW tak merencanakan satu model saja. Cooper generasi kedua tampil ke hadapan publik tahun 2006 dan varian baru segera menyusul. MINI membuat Hardtop lebih panjang degan Clubman tiga pintu, versi ruang kabin tanpa kursi tambahan bisa didapatkan pada Clubvan, pengemudi yang menginginkan posisi duduk lebih tinggi bisa memilih MINI Countryman.

mobil baru MINI Copper S dan MINI klasik
Anda bisa mendapatkan beragam model MINI di Indonesia

MINI mendapatkan berbagai model yang lebih beragam. Edisi paling stylish bisa didapatkan pada MINI Paceman dua pintu. Ingin kecepatan? MINI bahkan memasuki segmen mobil sport dengan menggunakan model dua tempat duduk bersama MINI Coupe dan Roadster Cooper S yang diperkenalkan di Indonesia pada 2012 lalu.

>>> Pilihan mobil baru dan bekas terbaik hanya ada di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top