Review Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020: Semakin Eksklusif dengan Wajah Baru

20/03/2020
editor rate: 4,0 user rate: N/A
Pabrikan asal Jerman ini ingin kembali menguatkan lini MPV premium mereka dengan menghadirkan Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020 terbaru yang eksklusif

PENGANTAR Mercedes-Benz V-Class 2020

Review Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020 - Beberapa waktu lalu PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (PT. MBDI) selaku APM Mercedes-Benz di Indonesia memperkenalkan generasi terbaru lini MPV premium mereka, V-Class. Pabrikan asal Stuttgart tersebut hanya menawarkan satu pilihan tipe dan varian, yakni V 260 Avantgarde Line. Meski facelift yang dilakukan tergolong minor, namun mampu menguatkan image Mercedes-Benz menghadirkan sebuah MPV yang tak hanya berdimensi bongsor dan mewah, namun dibalut dengan aura eksklusif khas Eropa.

Foto Mercedes-Benz Vito generasi pertama

Mercedes-Benz Vito generasi pertama yang hadir di Indonesia sejak tahun 2000-an dan menjadi cikal bakal lini V-Class

Peluncuran new Mercedes-Benz V-Class ini juga menjadi momentum untuk menawarkan lini MPV Mercedes-Benz untuk dua segmentasi yang berbeda, setelah pada bulan Januari lalu, PT MBDI terlebih dahulu menghadirkan new Mercedes-Benz Vito yang merupakan saudara kembar dari V-Class. Bedanya, new Vito ditawarkan sebagai entry level bagi lini MPV mewah Mercedes-Benz dengan pendekatan sebagai people carrier. Sementara new V-Class hadir untuk calon konsumen yang menginginkan lebih dari sekedar MPV premium, namun juga sentuhan yang lebih personal lewat tampilan lebih eksklusif, fitur lebih lengkap dan kualitas premium terbaik dari Mercedes-Benz.

Foto Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020 terbaru

Fokus facelift yang dilakukan berpusat pada tampilan wajah dan interior

Setelah berbagi pengalaman first drive bersama new V-Class terbaru, dalam kesempatan ini kami juga akan mengupas lebih mendetail mengenai satu-satunya tipe dan varian V-Class yang ditawarkan untuk pasar Indonesia, yakni V 260 Avantgarde Line dalam sebuah review. Untuk mengenal lebih jauh, silakan simak review Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020 yang Cintamobil.com hadirkan berikut ini.

EKSTERIOR Mercedes-Benz V-Class 2020

Review Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020: Tampak Depan

Sesuai dengan namanya, Mercedes-Benz membekali tampilan new V-Class terbaru dengan balutan trim Avantgarde Line. Hal tersebut dapat terlihat pada penggunaan grill depan yang kini mengadopsi motif honeycomb dengan dipadukan dua garis grill yang lebih tajam. Sementara menengok desain bumper depan dan lower grill, maka Anda akan disambut dengan kehadiran air dam berukuran lebih besar dan lebar. Desain air dam ini juga dibalut dengan motif honeycomb dengan konstruksi menyatu, berbeda dengan desain terdahulu yang menganut terpisah dengan garis vertikal. 

Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020 tampak depan

Desain bumper dan lower grill berubah dengan mengedepankan desain lebih sporty

Jika dilihat secara keseluruhan, mengesankan bahwa Mercedes-Benz ingin sedikit menyelipkan nuansa sporty pada MPV premium mereka. Sementara pada sepasang lampu depan, terlihat tak banyak ubahan dengan tetap mengedepankan desain yang tajam, lengkap dengan kehadiran daytime running light LED sebagai ‘alisnya’. Sementara lampu utama juga tetap menggunakan teknologi LED dengan fitur Intelligent Light System yang membuat mampu memberikan jangkauan pencahayaan lebih baik.

Review Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020: Tampak Samping

Jika melihat ke bagian samping, terlihat tak ada ubahan berarti dari tampilan new V-Class. Desain angular dan mengotak memang memperlihatkan dimensi seutuhnya dari new V-Class yang cukup bongsor. Namun di balik itu, memberikan optimalisasi ruang yang optimal dan menyediakan ruang berlimpah untuk semua penumpangnya. Tak hanya itu, desain yang mengotak dan bongsor juga mampu menegaskan bahasa desain khas MPV Eropa yang bagi sebagian calon konsumennya, memiliki nilai keunikan tersendiri.

Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020 tampak samping

Kesan bongsor dan angular semakin jelas terlihat dari sisi samping

Ubahan paling mencolok justru dapat terlihat pada bagian velgnya, yang kini ditawarkan dengan dimensi lebih besar. Jika pendahulunya menggunakan velg 18 inci, kini new V-Class ditawarkan dengan dimensi lebih besar, yakni 19 inci. Hal ini berdampak pada tampilan ruang roda yang semakin atraktif. Dari desainnya, tak lagi menggunakan konstruksi 10 spoke, melainkan 5 spoke. Sepintas, velg baru ini terinspirasi dari AMG Wheels Series yang mengedepankan desain lebih kekar dan sporty khas kendaraan performa tinggi di jajaran Mercedes-AMG.

Review Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020: Tampak Belakang

 Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020 tampak belakang

Ubahan minor pada bagian belakang terlihat pada bagian roof spoiler

Tampilan belakang new V-Class masih mengedepankan aspek fungsionalitasnya sebagai MPV dengan desain boxy. Sepintas tak ada ubahan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Pada lampu belakang misalnya, tetap mengadopsi LED dengan dipercantik tiga buah garis vertikal yang mampu menghadirkan efek tiga dimensi. Namun pada bagian rear roof spoiler, kini mengadopsi desain lebih panjang dan tebal jika dibandingkan desain terdahulu. Warisan V-Class terdahulu dengan mengadopsi konstruksi bukaan kap bagasi yang dapat terbuka secara keseluruhan atau hanya pada bagian kacanya saja juga dipertahankan. Tujuannya tak lain demi kemudahan dan kepraktisan dalam memuat barang.

>>> Simak pula:

INTERIOR Mercedes-Benz V-Class 2020

Review Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020: Kokpit Depan

Meski sebagian besar calon konsumennya menggunakan jasa chaffeur, namun mengendarai Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020 tetap terasa menyenangkan bagi kami. Mercedes-Benz tetap mengakomodir kenyamanan optimal untuk pengemudi dan penumpang depan. Desain dashboard yang streamline, membuat visibilitas saat mengemudi dapat terakomodir dengan baik. Hal tersebut juga dipadu dengan sektor infotainment yang menggunakan layar sentuh berukuran besar, sehingga semakin memudahkan Anda ketika mengakses hiburan atau navigasi. Nilai tambah pada new V-Class ini adalah kehadiran tata cahaya dan iluminasi yang juga tersedia di dashboard. Sehingga membuat aktivitas mengemudi semakin menyenangkan.

Dashboard, setir dan panel instrumen Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020

Desain dan lay-out dashboard Mercedes-Benz V-Class terbaru terasa mewah dengan kualitas material terbaik

Jok depan juga mampu menghadirkan kenyamanan yang optimal untuk pengemudi dan penumpang. Penggunaan kulit Nappa pada lapisan jok tak hanya membuatnya terlihat lebih mewah dan eksklusif, terlebih ketika dikombinasikan dengan high-gloss dark anthracite ebony wood-look trim di panel dashboard. New V-Class juga menyediakan kulkas mini yang diletakkan pada konsol tengah menjadi nilai tambah jika Anda ingin menikmati minuman favorit ketika berkendara.

Review Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020: Kabin Tengah dan Belakang

Masuk ke kabin tengah dan belakang, maka Anda akan disambut dengan kehadiran sepasang jok tengah yang kini sudah mengadopsi desain captain seat, lengkap dengan ottoman dan sandaran kaki. Kedua jok tengah ini juga dibekali dengan fitur massage plus pengaturan elektrik demi mengakomodir kenyamanan yang paripurna. Namun sayangnya untuk reclining, kedua jok tengah ini masih harus dilakukan secara manual dengan terlebih dahulu menekan tuas pada sisi kanan jok. 

Foto jok captain seat di Mercedes-Benz new V-Class terbaru

Jok captain seat dan ottoman semakin memanjakan penumpang tengah

Mekanisme reclining pada jok tengah yang masih manual tersebut ditujukan untuk mempermudah akses penumpang jok belakang saat ingin keluar atau masuk ke dalam mobil. Nuansa kemewahan lebih terasa dengan penggunaan kulit Nappa yang ditawarkan dalam dua pilihan, black dan silk beige. Menikmati interior new Mercedes-Benz V-Class juga semakin optimal dengan kehadiran ambient lighting yang tersebar mulai dari dashboard hingga jok belakang.

Review Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020: Bagasi

Foto kapasitas bagasi Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020

Kapasitas bagasi sangat luas tanpa mengorbankan kenyamanan penumpang baris ketiga

Kapasitas bagasi Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020 tergolong luas dan melimpah. Berdasarkan informasi yang didapat oleh Cintamobil.com untuk kondisi semua kursi digunakan, maka ruang bagasi berkapasitas antara 630 hingga 1,030 liter. Tak hanya itu, akses ke bagasi juga dipermudah karena bisa melalui bukaan pintu bagasi secara keseluruhan atau hanya dengan membuka kaca pintu bagasi saja.

>>> Artikel menarik lainnya:

FITUR Mercedes-Benz V-Class 2020

Review Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020: Fitur Keselamatan

Foto Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020

New V-Class juga dilengkapi dengan fitur Crosswind Assist untuk membantu menjaga mobil tetap stabil saat diterpa angin dari samping

Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020 hadir dengan segenap teknologi terkini yang ditawarkan oleh pabrikan asal Stuttgart tersebut. Mulai dari Dynamic Select untuk mode berkendara, Collision Prevention Assist, Attention Assist, Blind Spot Assist, dan Lane Keeping Assist. Lantaran memiliki dimensi yang bongsor dan panjang, MPV Premium satu ini juga memiliki fitur menarik yakni Crosswind Assist, berfungsi untuk membantu menjaga mobil agar tetap stabil saat diterpa angin samping.

Review Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020: Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto sektor hiburan pada Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020

Sistem hiburan Audio 20 dengan layar yang bisa memutar berbagai file hiburan dengan mudah

Kenyamanan Anda bersama Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020 akan terasa sangat dimanjakan lewat beberapa fitur terkini, seperti panoramic roof yang dipadukan dengan ambient lightning, nuansa eksklusif dan mewah layaknya VIP Lounge semakin terasa saat duduk di dalam MPV Mercedes-Benz ini. Untuk memaksimalkan kenyamanan berkendara, Mercedes-Benz mengadopsi teknologi pendingin kabin THERMOTRONIC automatic climate control. Dan untuk Anda yang ingin menjaga minuman Anda tetap dingin atau hangat selama perjalanan, bisa memanfaatkan dua buah cup holder yang memiliki fitur untuk membantu mendinginkan dan memanaskan minuman favorit Anda.

>>> Review Mercedes-Benz C180 Avantgarde Line 2020: Kembalinya C-Class Entry Level Legendaris

OPERASI Mercedes-Benz V-Class 2020

Pada sektor dapur pacu, Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020 dipersenjatai dengan mesin bensin 4-silinder berkapasitas 2,0 liter dengan dukungan turbocharger, sehingga mampu menghasilkan tenaga puncak sebesar 211 hp pada 5.500 rpm dan torsi sebesar 350 Nm yang hadir di rentang 1.800 hingga 4.000 rpm. Performa mesin tersebut didukung dengan penggunaan transmisi otomatis 7-percepatan 7G-TRONIC, yang diklaim mampu memberikan performa dan efisiensi optimal.

Foto mesin M274 bawaan Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020

Mesin Mercedes-Benz M274 dipercaya sebagai jantung dari dapur pacu new V-Class

Saat sesi test drive, Cintamobil.com berkesempatan untuk mencicipi performa dan kenyamanan dari Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020. Ketika di balik kemudi, kami merasakan performa yang terasa halus dan cukup responsif untuk menghela MPV bongsor dengan bobot nyaris menyentuh angka 2,4 ton ini. Rasio dan karakter perpindahan dari transmisi 7G-TRONIC juga terbukti mampu menghadirkan performa yang sigap saat diajak berakselerasi membelah padatnya laliu lintas Jakarta.

>>> Review Mercedes-Benz G 350 d Heritage Edition 2019: Mobil Jip Jerman Rasa JDM

spesifikasi Mercedes-Benz V-Class 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020 yang kami rangkumkan khusus untuk Anda.

Dimensi/ Ukuran Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020

P x L x T

5.140 x 1.928 x 1.880 mm

Jarak Sumbu Roda

3.200 mm

Berat Kosong

2.395 kg

Mesin Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020

Jenis

1.991 cc inline-4 with turbocharger

Daya maksimum

211 dk @ 5,500

Torsi maksimum

350 Nm @ 1,800-4,000 rpm

Transmisi

7G-TRONIC Automatic Transmission

Kaki-Kaki Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020

Velg

19 inci 5 twin spoke light-alloy wheels

>>> Dapatkan informasi terlengkap tentang mobil Mercedes-Benz lainnya di sini

kelebihan & kekurangan Mercedes-Benz V-Class 2020

daftar harga Mercedes-Benz V-Class 2020

PT. MBDI menawarkan harga Rp 1,55 Milyar (off the road) untuk Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020. Dengan penawaran harga tersebut, new V-Class ditawarkan lebih tinggi dari kompetitornya yang memiliki range harga mulai dari Rp 1-1,2 milyar. Sayangnya, PT. MBDI juga hanya menghadirkan satu pilihan tipe dan varian dari lini new V-Class mereka. Sementara untuk new Mercedes-Benz Vito, ditawarkan dengan harga lebih terjangkau, yakni Rp 939 Milyar untuk tipe Select dan Rp 989 juta untuk tipe Tourer.

>>> Jika Anda mau tambah mobil Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020 ini dalam koleksi mobil Anda, jangan lupa klik sini untuk mendapat tawaran terbaik

Video Mercedes-Benz V-Class 2020

KESIMPULAN Mercedes-Benz V-Class 2020

Kehadiran new Mercedes-Benz V-Class melengkapi pilihan konsumen akan sebuah MPV premium. Dengan cita rasa dan eksklusivitas ala MPV buatan Eropa, menjadi nilai lebih untuk new V-Class jika dibandingkan dengan kompetitor terdekatnya dari Jepang. Tak hanya itu, nama besar Mercedes-Benz juga menawarkan prestise dan daya tarik tersendiri bagi calon konsumennya. Anda akan dimanjakan selama dalam perjalanan dengan Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020 lewat kenyamanan paripurna dan ketersediaan fitur yang lengkap. Sayangnya segala kelebihan yang ditawarkan oleh new V-Class, harus ditebus dengan harga lebih tinggi. Meski tampaknya tak akan menjadi masalah untuk calon konsumen yang datang dari kalangan atas untuk menikmati sebuah MPV Premium dengan cita rasa Eropa ini.

>>> Artikel review mobil menarik dan terkini lainnnya di Cintamobil.com

Pratomo FJ
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil