Cintamobil TV: Selisih Rp 6 Jutaan, Pilih Mercedes Benz C300 AMG Line atau BMW 330i M Sport?

28/10/2019

Jual beli

3 menit

Share this post:
Cintamobil TV: Selisih Rp 6 Jutaan, Pilih Mercedes Benz C300 AMG Line atau BMW 330i M Sport?
Dijual dengan harga Rp 1 miliaran Mercedes Benz C300 AMG Line dan BMW 330i M Sport menawarkan kelebihan dan keunggulan masing-masing. Namun siapa yang lebih layak untuk dipilih mengingat harga mobil ini hanya berselisih Rp 6 juta?

Hingga kini persaingan pasar mobil high level di tanah air masih didominasi dua merek Eropa BMW dan Mercedes-Benz. Bagai tak ada akhir, keduanya saling berlomba untuk menjadi yang terbaik dan paling memikat. Berbagai model dihadirkan, beragam fitur canggih disematkan, dan soal harga masing-masing mengklaim paling masuk akal. Benarkah demikian? Mari kita ambil satu contoh komparasi yang cukup sepadan, Mercedes Benz C300 AMG Line vs BMW 330i M Sport.

Foto BMW 330i M Sport dan Mercedes Benz C300 AMG Line

Persaingan abadi BMW vs Mercedes Benz

Mercedes Benz C-Class bukan kelas baru di pasar Indonesia. Namun untuk Mercedes Benz C300 AMG Line adalah varian paling baru. Mobil ini dirakit di pabrik Mercedes-Benz Wanaherang, Bogor, Jawa Barat dan diluncurkan pada Desember 2018.

Sedangkan BMW 330i M Sport diluncurkan di GIIAS 2019 akhir Juli 2019 lalu. Mobil ini merupakan line up seri 3 di atas BMW 320i Sport yang punya power lebih rendah. Sama dengan Mercedes Benz C300 AMG Line yang dirakit di Indonesia, BMW 330i M Sport juga dirakit di Indonesia, tepatnya di pabrik BMW Sunter, Jakarta Utara.

>>> Mudahkan Konsumen, BMW Astra Bersama BRI Finance Lakukan Program Buy Back Guarantee BMW 3 Series

Dimensi

Foto Mercedes Benz C300 AMG Line vs BMW 330i M Sport dari arah samping

Dimensi keduanya tak terlalu berbeda

Dilihat dari dimensinya Mercedes Benz C300 AMG Line lebih kompak ketimbang BMW 330i M Sport. C300 punya panjang 4686, lebar 1810, tinggi 1447 mm dan wheelbase 2840 mm. Sementara 330i M Sport panjangnya 4709 mm, lebar 1827, tinggi 1435 mm, dan wheelbase 2851 mm.

Secara kasat mata diketahui BMW 330i M Sport memang lebih sporty karena memiliki ukuran yang lebih panjang dan lebar namun ketinggian lebih rendah. Namun Mercedes Benz C300 AMG Line lebih elegan dan terlihat high class dengan dimensi yang dimiliki.

Desain

Desain Mercedes Benz C300 AMG Line vs BMW 330i M Sport

Yang elegan dan yang sporty

Dimensi sporty BMW 330i M Sport seimbang dengan desainnya yang juga sporty baik dari sisi depan, samping maupun belakang. Di bagian depan, lampu utama yang dilengkapi laser light punya desain lebih sipit dan memanjang hingga menyambung dengan grill kidney-nya yang juga berukuran kecil. Di bagian belakang desain lampu berbentuk L sipit dan garis-garis bodi serta diffuser juga mempertegas sisi sporty mobil ini.

Untuk Mercedes Benz C300 AMG Line yang memang mengutamakan sisi elegan dan eksklusif, tak dibuat dengan banyak lekukan sebagaimana BMW 330i M Sport. Di bagian depan desain lampu utama Multibeam LED berukuran besar senada dengan grill yang juga berukuran besar dan logo Mercy tepat di tengah-tengah. Namun antara lampu dan grill dipisah terpisah.

Tidak ada lekukan-lekukan tajam di bagian depan yang memberikan kesan sporty. Begitu juga di bagian belakang, juga tidak terlihat banyak garis-garis tegas yang memberikan eksan sporty. Bagian belakang lebih sederhana dengan lampu utama berukuran besar.

Untuk bagian interior, Mercedes Benz C300 AMG Line lebih banyak dilapisi material soft touch di banyak tempat dan ada juga aksen wood panel di bagian trim dan area dashboard. Desainnya juga mengkombinasikan nuansa digital dan klasik seperti jam analog dan airvents yang menyerupai turbin pesawat terbang.

Sedangkan BMW 330i M Sport. lapisan soft touch-nya tak sebanyak Mercedes Benz C300 AMG Line. Meski demikian semua lapisan terpasang adalah kulit asli. Tidak ada nuansa klasik untuk berbagai pengaturan di mobil ini karena semuanya digital.

>>> Review Mercedes-Benz C300 2019

Fitur

Dashboard Mercedes Benz C300 AMG Line vs BMW 330i M Sport

Sama-sama mewah, yang satu kombinasi klasik modern, yang satu full digital

Selain fitur-fitur standar yang juga dimiliki mobil premium lain, baik Mercedes Benz C300 AMG Line atau BMW 330i M Sport masing-masing memiliki fitur yang sangat diunggulkan.

BMW 330i M Sport dilengkapi Intelligent Assistance System atau sistem bantuan cerdas yang mengandalkan teknologi terbaru seperti Traffic Jam Assistant, Parking Assistant atau Gesture Control untuk mengoperasikan fitur-fitur kendaaan melalui head unit.

Lalu ada fitur voice command yang bisa disapa dengan "Hello BMW". Fitur ini bisa digunakan untuk mengoperasikan sistem navigasi, melakukan panggilan atau menjawa panggilan, memutar sistem audio seperti mengatur volume audio atau mencari channel radio, juga bisa untuk mengetahui informasi seputar kondisi kendaraan.

Satu lagi mobil ini juga dibekali fitur 3D View Camera & Reversing Assistant yang kini jadi andalan BMW, yaitu untuk menampilkan pemandangan kendaraan dalam format 3 dimensi dan untuk mundur otomatis hingga jarak 50 meter saat terjebak di jalan buntu dan tidak menemukan lokasi berputar arah..

Intelligent Assistant - Mercedes Benz C300 AMG Line vs BMW 330i M Sport

Lebih suka yang mana?

Mercedes Benz C300 AMG Line tidak dibekali fitur Reversing Assistant seperti BMW 330i M Sport. Namun C300 punya Active Parking Assist with PARKTRONIC, yaitu fitur parkir otomatis. Misal saat pengemudi menemukan spasi untuk parkir paralel, namun tidak yakin melakukannya sendiri. Dengan mengaktifkan fitur ini sistem akan mengambil alih pengoperasian kendaraan untuk melakukan parkir secara otomatis. Fitur ini juga berguna saat ingin keluar dari lokasi parkir yang cukup rumit.

Kemudian ada lagi 5 gaya berkendara yang bisa dipilih sesuai keinginan yaitu Eco, Comfort, Sport, Sport+ dan Individual. Saat pengemudi memilih salah satunya, sistem akan melakukan konfigurasi secara otomatis meliputi mesin, suspensi, setir, start/stop fungsi Eco dan climate control. Terkecuali untuk individual, pengemudi bebas memilih pengaturan sendiri yang diinginkan dan menyimpannya dalam memori.

Ada lagi perbedaan kecil namun sangat berarti, yaitu pengaturan Tilt Teleskopik setir. Di Mercedes Benz C300 AMG Line semuanya elektrik. Sedangkan di BMW 330i M Sport pengaturan Tilt Telekopiknya masih mekanis.

>>> Mengenal Fitur Canggih 3D View Camera & Reversing Assistant BMW X7, Bikin Mundur Lebih Mudah

Mesin

Foto mesin Mercedes Benz C300 AMG Line vs BMW 330i M Sport

Kapasitas mesin tak berbeda

Untuk mesin tidak ada perbedaan signifikan. Keduanya sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 2000 cc. Mercedes Benz C300 AMG Line punya tenaga maksimum 258 Hp pada putaran mesin 5800-6100 rpm dan torsi maksimum 370 Nm pada putaran mesin 1800-4000 rpm. Sedangkan mesin BMW 330i M Sport mampu memberikan tenaga maksimum 258 Ps (254,5 Hp) pada putaran mesin 5000-6500 rpm dan torsi maksimum 400 Nm pada putaran mesin 1550-4400 rpm.

Artinya, Mercedes Benz C300 AMG Line unggul dari sisi tenaga. Sedangkan BMW 330i M Sport unggul dalam hal akselerasi. Untuk kecepatan maksimum keduanya sama, yaitu 250 km/jam.

Harga

  • Mercedes Benz C300 AMG Line : Rp 985.000.000 off the road atau sekitar Rp 1.109.000.000 on the road.
  • BMW 330i M Sport : Rp 979.000.000 off the road atau sekitar Rp 1.155.000.000 on the road.

Harga tersebut diambil dari situs resmi masing-masing merek, berlaku di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada bulan Oktober 2019. Di tempat dan waktu yang berbeda harga kemungkinan berbeda dan lebih mahal.

Kesimpulan

Jika sebelumnya Anda tidak memiliki pilihan pakem Anda mungkin akan bingung menentukan pilihan sebab harga tidak jauh berbeda. Jadi, tentukan dulu apa yang Anda utamakan saat ingin sedan dengan budget Rp 1 miliaran. Jika tampilan mewah dan elegan yang Anda cari, Anda bisa memilih Mercedes Benz C300 AMG Line. Tapi jika Anda lebih suka tampilan mewah dan sporty, BMW 330i M Sport bisa jadi pilihan yang pas.

>>> Tertarik membeli mobil BMW, Cek harganya di sini!

>>> Tips dan trik seputar otomotif lainnya bisa ditemukan disini

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Mercedes Benz Indonesia Price List, Ini Model Yang Dijual Saat Ini

27/10/2019

Jual beli

10 menit

Penyuka mobil istimewa seperti Mercedes-Benz Indonesia? Tenang, Cintamobil.com akan melampirkan daftar harga resmi dari semua modelnya. Di sisi lain, ada penjelasan menarik terkait kelebihannya. Berikut kita simak Mercedes-Benz Indonesia Price List.

Lihat juga

Sedan Termurah Mercedes-Benz A 200 Progressive Line, Pemegang Rekor Dunia

25/10/2019

Mobil baru

2 menit

Sebelumnya hadir dalam bentuk hatchback, Mercedes-Benz meluncurkan sedan kompak A-Class Sedan. Diberi nama Mercedes-Benz A 200 Progressive Line 2019, mesin modern nan efisien, sistem keamanan kelas atas dan fitur MBUX teranyar Mercedes-Benz hadir menyapa konsumen Tanah Air.

Lihat juga

Mercedes-Benz CLA VS Mercedes-Benz A-Class Sedan: Lima Hal Pembeda Mobil Kompak Mercedes-Benz Terbaru

24/10/2019

Mobil baru

3 menit

Sekilas Mercedes-Benz Mercedes-Benz CLA maupun Mercedes-Benz A-Class Sedan berada dalam konsep yang hampir serupa sama dan saling bersinggungan. Namun nyatanya ada beberapa perbedaan antara kedua keluarga baru Mercedes-Benz ini.

Lihat juga

Bengkel BMW Astra Cilandak Sediakan Layanan Menyeluruh: Mobil Klasik, Mobil Balap, Hingga Sertifikat Uji Emisi

25/10/2019

Event - Promosi

3 menit

BMW Astra Cilandak merupakan salah satu dealer resmi BMW yang menyediakan layanan penjualan mobil baru, layanan purna jual yang lengkap dan bernilai tambah bagi pelanggan.

Lihat juga

Daftar Harga Mobil Paling Mewah, Inilah BMW Indonesia Price List

25/10/2019

Jual beli

8 menit

Jajaran mobil paling mewah se-Tanah Air bisa kita temui dengan mudah pada mobil-mobil besutan BMW. Di artikel kali ini, Cintamobil.com akan memberikan secara lengkap, BMW Indonesia Price List.

Lihat juga

Cintamobil TV: Fitur Canggih 3D View Camera & Reversing Assistant BMW X7, Bikin Mundur Lebih Mudah

25/10/2019

Jual beli

3 menit

Kelebihan BMW X7 dengan ukuran bodinya yang besar sekaligus menjadi kekurangan tersendiri karena butuh area besar untuk bisa bermanuver baik maju maupun mundur. Tapi tenang, fitur 3D View Camera dan Reversing Assistant membuatnya seolah punya banyak mata, bahkan untuk mundur mobil bisa melakukannya secara otomatis.

Lihat juga