First Drive New Mercedes-Benz V-Class, MPV Premium Dengan Kualitas dan Cita Rasa Eropa

15/03/2020
Dengan kenyamanan dan kualitas paripurna plus didukung citra eksklusif, membuat new Mercedes-Benz V-Class siap menantang kompetitornya di segmen MPV premium

Perjalanan Mercedes-Benz V-Class di Indonesia sejatinya cukup panjang. Pertama kali hadir lewat Vito pada awal dekade 2000-an, cukup sukses menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin merasakan sebuah MPV bertubuh bongsor dengan cita rasa Eropa, sekaligus kemampuannya dalam memuat penumpang lebih banyak. Generasi Vito pun diteruskan pada Viano atau V-Class pada tahun 2004. Namun sayangnya, nama Mercedes-Benz V-Class seolah-olah tenggelam di balik kompetitornya asal Jepang seperti Alphard atau Elgrand hingga kompatriotnya yang sama-sama berdarah Jerman, Volkswagen Caravelle. Namun optimisme pabrikan asal Jerman tersebut tetap tinggi untuk membawa new Mercedes-Benz V-Class ke Indonesia.

Foto peluncuran new Mercedes-Benz V-Class

Tampilan wajah dan velg menjadi pembeda pada eksterior new V-Class

>>> Klik sini untuk lanjut update launching mobil barunya di pasar otomotif Indonesia

Bertepatan dengan acara Star Drive 2020 yang dihelat mulai dari 12 hingga 15 Maret 2020 di Senayan City, Jakarta Selatan, PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (PT. MBDI) juga memperkenalkan V-Class generasi terbaru. Dengan balutan facelift pada tampilan yang lebih mewah, serta ketersediaan fitur lebih lengkap dan interior lebih eksklusif, membuat MPV premium terbaru dari Mercedes-Benz ini lebih percaya diri untuk menggaet calon konsumen dari kalangan atas atau VIP. 

Foto new Mercedes-Benz V-Class tampak belakang

Mercedes-Benz V-Class terbaru juga telah dilengkapi dengan fitur bagasi elektronik dengan kaca dapat dibuka terpisah

Sebelumnya, Mercedes-Benz juga telah memperkenalkan new Vito pada awal januari 2020 lalu. Hal ini menandakan adanya perbedaan segmentasi antara kedua MPV bongsor ini. “New Vito didaulat sebagai lini MPV dengan karakter layaknya people carrier, sementara V-Class lebih premium dan eksklusif,” ujar Aldo Anityra, Department Manager Van Sales Operation PT. MBDI. Lantaran menyasar MPV premium dan eksklusif Eropa, Mercedes-Benz V-Class terbaru ini ditawarkan dengan harga Rp 1,55 milyar (off-the road), lebih tinggi dari new Vito yang dibanderol mulai dari Rp 939 juta untuk tipe Select dan Rp 989 juta untuk tipe Tourer.

>>> Lima model baru Mercedes-Benz dan Mercedes-AMG diperkenalkan di Mercedes-Benz STAR DRIVE 2020

Eksterior & Interior lebih Mewah

Facelift yang dilakukan pada new Mercedes-Benz V-Class sukses membuatnya tampil lebih mewah dan anggun. PT. MBDI hanya menawarkan new V-class dalam satu tipe dan varian, yakni V 260 Avantgarde Line. Pada eksterior, desain bumper depan new V-Class kini terlihat lebih agresif dengan kehadiran air scoop dan lower grill lebih besar. Namun desain grill yang kini mengadopsi desain dua garis vertikal, membuat aura kemewahan lebih mendominasi pada bagian wajah. Selain itu, new V-Class kini sudah dilengkapi dengan panoramic sliding roof. Sementara di ruang roda, velg 5-spoke kini menggunakan dimensi lebih besar, yakni 19 inci.

Foto jok captain seat pada new Mercedes-Benz V-Class

Jok tengah pada new V-Class sudah mengadopsi model captain seat dengan ottoman

Aura kemewahan khas MPV premium langsung terasa ketika kami masuk ke dalam interior new V-Class. Pada generasi terbarunya ini, sudah menggunakan jok tengah dengan desain captain seat plus sandaran kaki alias ottoman untuk kenyamanan yang paripurna. Tak hanya itu, kedua jok tengah ini juga dibekali dengan fitur massage plus pengaturan elektrik. Namun sayangnya untuk reclining, kedua jok tengah ini masih harus dilakukan secara manual dengan terlebih dahulu menekan tuas pada sisi kanan jok. 

>>> Cek Mercedes-Benz dengan harga terbaik di sini

Foto jok baris ketiga new Mercedes-Benz V-Class

Jok baris ketiga mampu hadirkan kenyamanan untuk tiga penumpang dewasa

Mekanisme reclining jok tengah yang masih manual tersebut bukan tanpa sebab, lantaran ditujukan untuk mempermudah akses penumpang jok belakang saat ingin keluar atau masuk ke dalam mobil. Nuansa kemawahan lebih terasa dengan penggunaan kulit Nappa yang ditawarkan dalam dua pilihan, black dan silk beige. Menikmati interior new Mercedes-Benz V-Class juga semakin optimal dengan kehadiran ambient lighting yang tersebar mulai dari dashboard hingga jok belakang.

>>> Beli Mobil di Musim Corona? Mercedes-Benz Punya Solusinya

Performa dan kenyamanan

New Mercedes-Benz V-Class dipersenjatai dengan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 2.0L dengan dukungan turbo yang mampu menghasilkan tenaga puncak sebesar 211 hp pada 5.500 RPM dan torsi sebesar 350 Nm yang hadir di rentang 1.800 hingga 4.000 RPM. Performa mesin tersebut didukung dengan penggunaan transmisi otomatis 7 percepatan 7G-TRONIC, yang diklaim mampu memberikan performa dan efisiensi optimal.

Foto ilustrasi first drive new Mercedes-Benz V-Class

Meski bongsor, namun Mercedes-Benz V-class terbaru cukup lincah dengan radius putar yang bersahabat

>>> Ada Aturan PPnBM Baru, Benarkah Sedan Mercedes-Benz Bisa Lebih Murah?

Saat sesi test drive, Cintamobil.com berkesempatan untuk mencicipi performa dan kenyamanan dan new V-Class ini. Ketika di balik kemudi, kami merasakan performa yang terasa halus dan cukup responsif untuk menghela MPV bongsor dengan bobot nyaris 2,5 ton ini. Rasio transmisi 7G-TRONIC juga mampu menghadirkan performa yang sigap saat diajak berakselerasi jarak dekat. Namun sayang, kami belum optimal berkesempatan untuk mengeksplor performa new V-Class lantaran keterbatasan lahan test drive.

Foto ilustrasi posisi duduk jok baris kedua di new Mercedes-Benz V-Class

Kenyamanan dapat terakomodir sangat baik pada captain seat baris kedua

>>> Review Mercedes-Benz C180 Avantgarde Line 2020: Kembalinya C-Class Entry Level Legendaris

Karakter suspensi new V-Class memang dibuat untuk kenyamanan khas MPV premium dengan redaman yang cukup halus. Namun dengan bodi yang bongsor dan panjang, kami merasakan gejala body roll cukup terasa, meski tak sampai mengganggu kenyamanan berkendara. Radius putarnya juga cukup bersahabat untuk sebuah MPV dengan panjang yang mencapai 5 meter ini untuk meliuk-liuk di antara beberapa obstacle pada area test drive.

Ketika beralih menjadi penumpang, jok captain seat plus ottoman tak hanya mampu menghadirkan ergonomika sangat baik, namun juga kenyamanan yang maksimal. Lapisan kulit Nappa terasa nyaman saat disentuh. New Mercedes-Benz V-Class juga menyediakan cup holder dengan fitur pemanas dan pendingin untuk penumpang tengah. Jika masih belum cukup, tersedia pula kulkas kecil pada konsol tengah jok depan yang mampu menyimpang beberapa botol minuman. Tentunya, hal tersebut membuat perjalanan Anda menjadi lebih nyaman dan membuat betah berlama-lama di dalam new Mercedes-Benz V-Class. 

>>> Berita otomotif terkini lainnya di Cintamobil.com

Pratomo FJ

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain