Mercedes-AMG GT 73 PHEV Sudah Diuji, Siap Debut Tahun ini

17/03/2020
Jelang kemunculan perdana, Mercedes-AMG GT 73 kembali tertangkap kamera sedang melakukan tes. Salah satu hal menarik dari sportscar empat pintu AMG ini adalah penggunaan teknologi Plug-in Hybrid.

Sosok Mercedes-AMG GT 73 four-door coupe tertangkap kamera sedang melakukan tes di Swedia. Namun yang menarik terdapat pada bumper belakang, di mana terdapat charging port yang mengisyaratkan mobil ini merupakan sebuah PHEV.

Spyshot Mercedes-AMG GT 73 dengan port pengisian baterai di belakang

Detail menarik disembunyikan di bagian belakang GT 73, yakni port charging

Dalam tes ini, AMG GT 73 terlihat sudah dalam fase siap produksi dengan minimnya kamuflase pada unit tes, mungkin hanya port charging pada bagian belakang saja. Hal ini menguatkan rumor GT 73 akan diperkenalkan tahun ini sebagai model tahun 2021.

>>> Mercedes-Benz E-Class 2021 kini hadir dengan varian PHEV

Hadir dengan teknologi PHEV, tenaga 800 HP

Jika dilihat secara tampilan, bumper depan dan samping sama seperti milik GT 63 S, sementara bumper belakang terlihat identik namun dengan charging port yang disembunyikan.

Penamaan GT 73 mengambil inspirasi dari mesin V12 7.3 liter yang dipakai Mercedes-Benz SL 73 AMG dan Pagani Zonda. Namun, GT 73 memakai mesin V8 4.0 L bi-turbo seperti GT 63 dan GT 63 S. Namun bedanya, hadir teknologi PHEV (Plug-in Hybrid Electrification) yang dapat menambahkan setidaknya 100 HP pada mesin, atau mungkin dua kali lipatnya.

Spyshot Mercedes-AMG GT 73 sedang melakukan tes di Swedia

AMG GT 73 PHEV dapat berjalan sejauh 24 km dengan motor listrik

>>> Pilihan mobil baru dan bekas berkualitas dapat Anda temukan di sini

Dengan kombinasi mesin V8 4.0L dan teknologi Plug-in Hybrid, Mercedes-AMG GT 73 PHEV menghasilkan tenaga 800 HP. Angka ini lebih besar dari GT 63 S yang memakai mesin serupa tanpa teknologi hybrid, menghasilkan tenaga 630 HP dan torsi 900 Nm.

Powertrain tersebut disambungkan dengan transmisi multi-clutch sembilan percepatan dan sistem penggerak all-wheel drive AMG Performance, kombinasi ketiganya memungkinkan GT 73 PHEV berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,5 detik saja. Dalam teaser yang dikeluarkan Mercedes, GT 73 hybrid dapat berjalan hanya dengan mengandalkan motor listrik dengan jarak sekitar 15 mil (24 km).

>>> Simak berita seputar mobil baru di sini

Rival utama Porsche Panamera TSEH

Nantinya, Mercedes-AMG GT 73 PHEV akan dihadapkan dengan Porsche Panamera Turbo S e-Hybrid (TSEH), yang dapat berakselerasi dari 0-100 dalam waktu 3,2 detik, dan dapat berjalan dengan motor listrik sejauh 22 km.

Porsche Panamera Turbo S e-Hybrid keluaran tahun 2018

GT 73 PHEV akan jadi rival seimbang dari Panamera Turbo S e-Hybrid

Sebagai mobil listrik, Panamera Turbo S e-Hybrid sama borosnya seperti Porsche Macan, mobil elektrik pertama Porsche yang mengedepankan performa ketimbang efisiensi. Rasanya hal tersebut juga akan diterapkan GT 73 PHEV.

>>> Temukan info terbaru seputar otomotif, tips & trik terlengkap, dan pilihan mobil berkualitas di Cintamobil.com

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain