Review Mercedes-Benz GLC 2019: Peningkatan SUV Kompak Mewah Mercedes-Benz

09/03/2019

Share this post:

Mercedes-Benz GLC 2019

Editor rate:

Lihat promo

Tiga tahun setelah generasi pertama diperkenalkan, Mercedes-Benz memberikan versi yang lebih segar pada Mercedes-Benz GLC 2019 dengan beberapa perubahan pada tampilan serta peningkatan teknologi dan sistem keamanan yang lebih canggih.

Review Mercedes-Benz GLC 2019: Peningkatan SUV Kompak Mewah Mercedes-Benz
Review Mercedes-Benz GLC 2019: Peningkatan SUV Kompak Mewah Mercedes-Benz
12 Gambar

Pengantar Mercedes-Benz GLC 2019

Mari kita simak spesifikasi Mercedes-Benz GLC 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Upgrade teknologi serta sistem keamanan yang lebih masif

Lebih bertenaga dibandingkan edisi sebelumnya

Sedikit perubahan pada eksterior dan interior

Kekurangan

Apakah teknologi dan tampilannya setara dengan harganya?

Harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan mobil ini di Indonesia

Review Mercedes-Benz GLC 2019 Facelift Mercedes-Benz GLC 2019 akhirnya mendapatkan debutnya pada Geneva Motor Show tahun ini. Namun, pembuat mobil yang berbasis di Stuttgart tersebut sudah lebih dulu mengungkapkan pembaruan menengah dari lini produk yang pertama kali diperkenalkan pada 2016 lalu. Mendapatkan fitur-fitur baru dan diperbarui, SUV ini juga dilengkapi dengan mesin bensin dan diesel empat silinder generasi baru Mercedes-Benz.

generasi pertama Mercedes-Benz GLC 2019 berwarna hitam

Generasi pertama Mercedes-Benz GLC

Di bawah skema penamaan kendaraan, SUV ini menggunakan nama dasar “GL”, diikuti penempatan model. “G” adalah "G" adalah untuk Geländewagen (bahasa Jerman untuk kendaraan off-road) dan berhubungan dengan G-Wagen yang sudah berjalan lama. Ini diikuti oleh huruf "L" yang bertindak sebagai pengait dengan huruf "C" — GLC menjadi SUV yang setara dengan C-Class.

Bersama dengan coupé GLC yang gagah, Mercedes-Benz GLC 2019 mengisi lubang di jajaran SUV Mercedes-Benz antara jelas GLA subkompak dan kelas menengah GLE. GLC baru dijadwalkan untuk tahun 2020 yang mengadopsi gaya SUV kompak dengan penawaran yang lebih modern layaknya sedan A-Class dan CLA-Class.

Mercedes-Benz GLC 2019 berwarna hitam

Mercedes-Benz GLC 2019 yang sudah diperbarui

GLC yang diproduksi di pabrik Otomotif Valmet di Uusikaupunki, Finlandia, menghadirkan beberapa peningkatan untuk bersaing di segmen yang sedang mengalami gejolak massa dalam beberapa tahun terakhir. Intip perubahan dan peningkatan dalam review Mercedes-Benz GLC 2019 berikut ini.

Eksterior Mercedes-Benz GLC 2019

Penyegaran tengah generasi yang diberikan setelah tiga tahun peluncuran GLC dibangun berdasarkan desain yang sudah menarik. Namun bisa dilihat Mercedes-Benz memberikan sedikit perubahan pada eksterior Mercedes-Benz GLC 2019 dengan perubahan gaya halus untuk menjaga GLC tetap segar dan kompetitif di segmen pasar yang sangat menantang.

Review Mercedes-Benz GLC 2019: Eksterior Depan

tampilan depan Mercedes-Benz GLC 2019 berwarna hitam

Eksterior depan Mercedes-Benz GLC 2019

Mercedes memberikan berbagai perubahan, tidak hanya untuk varian yang lebih tinggi, tetapi eksterior depan Mercedes-Benz GLC 2019 sudah dilengkapi dengan lampu depan LED, dengan LED penuh opsional menggunakan teknologi Multibeam yang tersedia dalam biaya tambahan. Gril mendapatkan aksen baru yang menambahkan tekstur visual pada wajah depan. Fasia bawah sekarang memiliki tiga bagian persegi panjang kecil di bagian bawah dan intake sudut lebih berbentuk persegi panjang.

Review Mercedes-Benz GLC 2019: Eksterior Samping

tampilan samping Mercedes-Benz GLC 2019 berwarna hitam

Eksterior Samping Mercedes-Benz GLC 2019

Masih sama jika dibandingkan dengan versi pra-facelift, bagian samping mengandalkan desain yang tegas dengan tampilan berotot dari depan hingga belakang. Fender depan dan belakang mendapatkan aksen hitam ditambah pijakan kaki menggunakan aksen krom yang dibuat lebih tegap menambah penampilan tegap eksterior samping Mercedes-Benz GLC 2019.

Review Mercedes-Benz GLC 2019: Eksterior Belakang

tampilan belakang Mercedes-Benz GLC 2019 berwarna perak

Eksterior belakang Mercedes-Benz GLC 2019

Meskipun tidak begitu kentara, namun lampu belakang yang sepenuhnya menggunakan LED juga mewakili pembaruan dari GLE pra-facelift. Sedangkan varian AMG Line hadir dengan sudut ujung knalpot yang sedikit berbeda dan terintegrasi dengan baik ke bemper untuk memungkinkan tampilan yang lebih bersih pada eksterior belakang Mercedes-Benz GLC 2019. Dibandingkan versi sebelumnya, knalpi memiliki garis trapesim yang taham, dibandingkan tampilan membulat pada edisi pra-facelift.

Review Mercedes-Benz GLS 400 2016: SUV Bongsor Dari Mercedes Indonesia


Interior Mercedes-Benz GLC 2019

Tidak banyak peningkatan tampilan di bagian kabin, sedangkan yang paling terlihat adalah sistem infotainment MBUX (Mercedes-Benz User Experience) yang terdiri dari kluster instrument digital dan layar infotainment yang lebar yang sudah dimasukan dalam beberapa model terbaru Mercedes. Pilihan trim baru seperti Natural Grain Grey Oak dan Natural Grain Walnut menambah kesan segar pada interior Mercedes-Benz GLC-Class 2019.

Review Mercedes-Benz GLC 2019: Dasbor

dasbor Mercedes-Benz GLC 2019 berwarna hitam

Dasbor Mercedes-Benz GLC 2019

Perubahan paling jelas yang terlihat pada bagian dalam adalah penambahan sistem infotainment MBUX dan memenuhi sebagian besar dasbor. Sama seperti yang digunakan pada Tesla hingga Wuling Almaz yang baru, penambahan tersebut membuat dasbor Mercedes-Benz GLC 2019 memiliki layar sentuh yang berdiri, tersedia dalam ukuran 7 inci maupun 10.25 inci. Layar bergaya tablet juga disertakan dengan kluster instrument digital 12,3 inci opsional seperti yang terlihat pada GLC F-Cell.

Review Mercedes-Benz GLC 2019: Kemudi

kemudi Mercedes-Benz GLC 2019 berwarna hitam

Kemudi Mercedes-Benz GLC 2019

Masih menggunakan aksen krom pada bagian kontrol dan aksen bawah menjadikan pegangan sama elegannya seperti mobil Mercedes pada umumnya. Guna memberikan kemudahan bagi pengemudi untuk mengakses beberapa fitur serta sistem hiburan yang diperbarui, kemudi Mercedes-Benz GLC 2019 multi fungsi yang mendapatkan revisi memiliki kontrol baru. Active Steer Assist juga diberikan untuk membantu pengemudi berkendara.

Review Mercedes-Benz GLC 2019: Kursi

Bukan Mercedes Namanya jika tidak bisa memberikan kenyamanan di dalam kendaraan. Integrasi pencahayaan dan atmosfer music, kontrol iklim digabungkan dengan fungsi pijat, pemanasan, dan ventilasi pada kursi Mercedes-Benz GLC 2019. Bagi Anda yang suka membaca, reading spot bisa dinyalakan dan dimatikan dengan kontrol tangan. Dan bagi pengemudi, lampu di panel kontrol atas bisa mengikuti gerakan ketika Anda sedang mencari sesuatu di kursi penumpang depan.

kursi Mercedes-Benz GLC 2019 berwarna cokelat

Kursi Mercedes-Benz GLC 2019

Review Mercedes-Benz GLC 2019: Bagasi

Kualitas kargo tidak banyak berubah. Anda bisa mengandalkan 550 liter area di belakang kursi belakang dan 1.600 liter ruang penyimpanan jika kursi belakang diturunkan. Di sisi lain, bagasi Mercedes-Benz GLC 2019 versi coupé sedikit dibatas dengan hanya 498 liter bagasi ketika kursi terpakai dan hampir 1.400 liter penyimpanan ruang belakang jika kursi diturunkan.

Fitur Mercedes-Benz GLC 2019

Area yang mendapatkan banyak peningkatan adalah teknologi standar yang diberikan pada mobil ini. Teknologi seperti kursi listrik yang bisa disesuaikan dalam 14 arah dengan sistem pemanas adalah hal biasa. Fitur Mercedes-Benz GLC 2019 yang baru mengandalkan antarmuka layar sentuh baru, dua port USB 2.0, HD Stereo dan Bluetooth. Dalam trim yang lebih megah, Anda juga bisa mendapatkan penutup berbahan kulit, kemudi yang bisa menghangatkan, sistem navigasi dan sistem audio berkualitas tinggi.

Lihat lagi fitur Mercedes-Benz User Experience (MBUX) dari GLC 2019

Secara total, ada lima cara berbeda untuk berinteraksi dengan sistem infotainment GLC, yaitu

  • Kontrol Sentuh pada tampilan multimedia di tengah,
  • Menggunakan tombol Kontrol Sentuh pada kemudi multifungsi,
  • Dengan touchpad multifungsi pada konsol tengah,
  • Menggunakan kontrol gerakan dengan asisten interior
  • Dengan kontrol suara, baik dengan tombol bicara di setir atau mengucapkan “Hey Mercedes”.

Review Mercedes-Benz GLC 2019: Fungsi Keyless-Go

Fitur baru dalam GLC versi facelift adalah fungsi awal Keyless-Go dimana Anda bisa menggunakan tombol start-stop dengan opsi untuk mengaktifkan sistem bantuang pengemudi pada tampilan multimedia. Anda bisa memilih dan mengaktifkan mode pengemudian melalui Dynamic Select pada konsol tengah. Tampilan multimedia menunjukan mode pengemudian yang berbeda.

fungsi keyless-go pada kemudi Mercedes-Benz GLC 2019

Fungsi Keyless-Go pada Mercedes-Benz

Tersedia antara lima dan tujuh mode penggerak. Selain “Comfort”, “ECO”, “Sport+”, dan “Individual” untuk menyesuaikan kemudi, suspensi, atau tenaga yang dikeluarkan, Anda juga bisa mendapatkan opsi dari paket off-road yang menawarkan dua mode, “Off-Road” dan “Off-Road+”.

Review Mercedes-Benz GLC 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Untuk menawarkan pengendaraan yang aman, GLC standar hadir dengan pengereman darurat otomatis dan monitor perhatian pengemudi. Kontrol jelajah adaptif yang tersedia sekarang secara otomatis menyesuaikan kecepatan GLC ke batas yang bisa Anda pasang dan bisa secara otomatis mengubah jalur dengan sekali tekan sinyal belok. Sedangkan fitur keselamatan aktif Mercedes-Benz GLC 2019 opsional lainnya adalah kontrol pelayaran adaptif yang mampu menggerek hingga berhenti serta adaptasi kecepatan berbasis rute.

Operasi Mercedes-Benz GLC 2019

GLC akan dilengkapi dengan mesin bensin dan diesel empat silinder dari generasi berikutnya. Fitur penting dari mesin M264 dua liter empat silinder dari Mercedes-Benz adalah peningkatan output dengan konsumsi bahan bakar yang jauh lebih rendah. Pada GLC 200 dan GLC 300, mesin M 264 menggantikan mesin pendahulunya, M275, sedangkan mesin diesel empat silinder OM 654 menggantikan OM 651.

Generasi baru disebut bisa mengurangi emisi CO2 dan merupakan kemajuan sistematis terkait penurunan konsumsi bahan bakar. Anda bisa mendapatkan teknologi CAMTRONIC variable valve control yang memanaskan sistem pembuangan tanpa menaikan konsumsi. Kombinasi baterai 48 volt dan starter generator yang digerakan belt meningkatkan kelincahan, karakteristik kenyamanan, hingga menurunkan konsumsi bahan bakar.

mesin Mercedes-Benz GLC 2019 berwarna hitam

Mesin Mercedes-Benz GLC 2019

Sistem operasi Mercedes-Benz GLC 2019 untuk mesin diesel OM 654 dikombinasikan dengan penggerak semua roda 4MATIC dan transmisi otomatis 9G-Tronic yang mendukung gaya mengemudi yang dinamis dan hemat bahan bakar. Tentu saja dengan harga kendaraan yang selangit, kekuatan mesin yang bertenaga sekaligus efisien menjadi salah satu jualan Mercedes-Benz pada mobil ini.

Spesifikasi Mercedes-Benz GLC 2019

Baru saja diperkenalkan, lihat dulu spesifikasi Mercedes-Benz GLC 2019 berikut ini.

Dimensi Mercedes-Benz GLC 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.656 mm x 1.890 mm x 1.638 mm

Jarak Poros Roda

2.873 mm

Berat

1.790 kg

Mesin Mercedes-Benz GLC 2019

Tipe Mesin

2.0 Liter empat silinder

Tenaga Maksimal

255 dk

Torsi Maksimal

370 Nm

Transmisi

Otomatis 9G-Tronic

Sistem Penggerak

Rear-Wheel-Drive (All-Wheel-Drive opsional)

Kaki-Kaki Mercedes-Benz GLC 2019

Pelek

18 Inci

Daftar Harga Mercedes-Benz GLC 2019

Masih belum ada kejelasan kapan mobil ini mulai dijual. Sedangkan untuk harga Mercedes-Benz GLC 2019 sendiri juga belum diungkapkan. Beberapa negara di Benua Biru sepertinya akan kedatangan mobil ini pada pertengahan tahun ini. Sedangkan mereka yang tinggal di Amerika akan mendapatkan mobil ini pada akhir 2019 mendatang. Kapan datang ke Indonesia? Kita tunggu saja, ya.

>>> Updatelah harga dan promo mobil Mercedes-Benz lainnya di sini

Kesimpulan Mercedes-Benz GLC 2019

Iterasi teranyar Mercedes-Benz GLC 2019 menandai babak baru di segmen yang penuh beberapa tahun belakangan. Mengalami penjualan yang signifikan sejak pertama kali diperkenalkan, patut dilihat bagaimana sepak terjang edisi terbaru GLC bersaing dengan Audi Q3 dan BMW X3. Meskipun GLC memberikan kenyamanan mengemudi yang lebih tinggi dibandingkan rivalnya tersebut.

Mercedes-Benz GLC 2019 berwarna hitam menempuh air

Mercedes-Benz GLC 2019 yang siap dibawa kemana saja

Peningkatan teknologi memang menjadi jualan Mercedes-Benz selama beberapa waktu belakangan, dengan perubahan pada layar infotainment yang dibagi sama rata bagi beberapa model teranyar mereka. Selain itu, tampilan yang dibuat lebih baru memberikan penyegaran untuk melawan pesaing lainnya. Namun tentu saja, Anda harus menunggu beberapa waktu lagi sebelum Mercedes-Benz membawa mobil ini ke Indonesia.

Padli Nurdin
Share this post:

Review lain

Review Mercedes-Benz CLS 350 AMG Line 2018

17/11/2018

Editor rate:

Membuka celah pasar baru rasanya sudah menjadi kebiasaan Mercedes-Benz. Sang brand premium asal Jerman pernah melakukannya di tahun 2003 dengan menghadirkan Mercedes-Benz CLS, yang kini memasuki generasi ketiga dan siap dinikmati konsumen Indonesia.

Lihat juga

Review Mercedes-AMG GLE 53 4Matic+ 2019: Crossover Stylist Bertenaga Lebih

06/03/2019

Editor rate:

Mercedes-AMG GLE 53 4Matic+ 2019 yang baru menggabungkan salah satu crossover paling bergaya dengan mesin turbocharged 3.0 L enam segaris dengan kekuatan 435 tenaga kuda. Meskipun penampilannya mirip dengan GLE standar, para desainer Mercedes dan AMG memberikan tampilan baur dengan kisi-kisi Panamericana dengan gril tegak di pada fasia depan.

Lihat juga

Review Bentley Bentayga Speed 2019

04/03/2019

Editor rate:

Bentley Bentayga Speed saat ini menjadi benchmark SUV tercepat di dunia untuk tahun 2019. Apa alasannya? Dan apakah SUV ini tetap memiliki nuansa kemewahan kelas atas khas Bentley?

Lihat juga

Review Land Rover Defender 2019: Teknologi Baru Rasa Lama

11/09/2019

Editor rate:

Salah satu kendaraan bersejarah besutan Land Rover adalah Defender. Sayangnya, model ini sudah dihentikan pada tanggal 29 Januari 2016. Kabar paling menggembirakan adalah model bersejarah ini akan diciptakan kembali dalam bodi yang lebih modern. Bagaimana informasi selengkapnya? Mari kita simak review Land Rover Defender 2019.

Lihat juga

Review Range Rover Vogue 2019: SUV Ningrat Yang Semakin Canggih

Rp. 3.200.000.000

16/02/2019

Editor rate:

Generasi keempat dari Range Rover Vogue ini tampil tidak hanya semakin mewah tapi juga canggih. Penambahan fitur bernama Touch Pro Duo membuat SUV bergaya ningrat ini akan semakin memanjakan pengemudi dan penumpang. Lantas apa saja perbedaan dari pendahulunya? Simak review Range Rover Vogue 2019 dari kami.

Lihat juga