Mercedes Ingin Perbaiki Hubungan Dengan GAIKINDO Tahun Ini

13/02/2019

Pasar mobil
Share this post:
Mercedes Ingin Perbaiki Hubungan Dengan GAIKINDO Tahun Ini
Permasalahan antara PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) dengan GAIKINDO sepertinya akan membaik di tahun 2019 ini. Pihak MBDI sedang melakukan komunikasi secara intens kepada asosiasi supaya dapat menjadi anggota GAIKINDO kembali.

Kariyanto Hardjosoemarto, selaku Deputy Director Sales Operations and Product Management MBDI menuturkan bahwa pihaknya sudah menemui solusi untuk memenuhi syarat keanggotaan GAIKINDO di tahun ini.

Alasan Keluarnya Mercedes dari GAIKINDO 2018

Masalah utamanya dimulai pada awal tahun lalu yang mana pihak asosiasi GAIKINDO melayangkan surat pemberhentian keanggotaan kepada Mercedes-Benz Indonesia. Alasannya dikarenakan pihak Mercedes tidak menyerahkan data penjualan kepada GAIKINDO sejak bulan Mei 2017.

Roelof Lamberts selaku President and CEO MBDI, menjelaskan bahwa keputusan Mercedes Indonesia tidak memberikan data penjualan kepada GAIKINDO dikarenakan hal tersebut merupakan instruksi resmi dari Daimler sebagai perusahaan induk di Jerman.

Alhasil, dikeluarkannya Mercedes dari GAIKINDO memberikan kerugian seperti asosiasi tidak akan menjadi penengah dalam menyampaikan usulan kebijakan otomotif dari pihak Mercedes ke pemerintah Indonesia.

Meski diberhentikan sebagai anggota GAIKINDO, Mercedes masih tetap ikut dalam acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 namun statusnya tidak lagi sebagai anggota resmi. Adapun meski berdiri tanpa GAIKINDO, MBDI mampu meningkatkan penjualan di angka 3.859 unit dibanding tahun 2017 yang hanya 3.386 unit.

Mercedes-Benz GIIAS 2018 ikut namun tidak menjadi anggota resmi GAIKINDO

Meski tidak masuk dalam anggota resmi, Mercedes masih tetap mengikuti acara GIIAS 2018 sebagai partisipan

>>> Ingin tahu harga mobil Mercedes-Benz terbaru? Klik di sini untuk mengetahui informasi selengkapnya

Proses Pendekatan MBDI Kepada GAIKINDO

Kariyanto dari pihak MBDI menyatakan ingin kembali sebagai anggota resmi GAIKINDO. Tentu saja, rencana keikutsertaannya diharapkan tidak berbenturan dengan pihak Daimler Jerman dan  mengikuti aturan resmi GAIKINDO.

Adapun Kariyanto juga mengaku memiliki banyak sekali usulan kebijakan otomotif yang ingin disampaikan kepada Pemerintah Indonesia lewat GAIKINDO. Salah satunya adalah penyesuaian pajak terhadap barang mewah, CO2 Tax Session dan perihal harmonisasi.

Sehingga dengan upaya intens dengan pihak GAIKINDO, MBDI berharap dapat ikut serta kembali menjadi anggota resmi asosiasi khususnya pada ajang GIIAS 2019. Bukan saja masalah iuran yang harus dibayarkan namun juga MBDI dapat mengikuti GIIAS sebagai anggota prioritas serta mengusulkan berbagai kebijakan otomotif ke depannya.

>>> Simak selalu berita otomotif terupdate hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

GIIAS 2019: Jadwal Acara, Harga Tiket, Promo dan Informasi Lengkap

10/02/2019

Event - Promosi

GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 akan hadir kembali tahun ini tepatnya pada tanggal 18 hingga 28 Juli. Tentu akan banyak hal menarik yang ditawarkan nantinya. Kira-kira bagaimana kemeriahannya?

Lihat juga

TIPS BELI MOBIL BEKAS: MPV Berkabin Luas Dan Mewah, Tips Beli Mercedes-Benz Viano Bekas

05/02/2019

Jual beli

Mempunyai MPV berkabin luas dengan nuansa mewah tentu idaman para keluarga. Salah satu mobil bekas yang bisa dilirik adalah Mercedes-Benz Viano. Agar tidak salah beli, simak tips beli Mercedes-Benz Viano bekas dari kami.

Lihat juga

Mercedes-Benz Siapkan Mobil yang ‘Tidak akan Mengalami Tabrakan’

30/01/2019

Pasar mobil

Bertujuan untuk memproduksi mobil yang tidak akan mengalami tabrakan, Mercedes-Benz mengembangkan mobil konsep IAA dengan teknologi ESF yang akan mempelajari gaya mengemudi untuk menghindarkan kendaraan dari tabrakan yang mungkin terjadi.

Lihat juga

Negara Ini Paling Banyak Menjual Mobil Mercedes-Benz

13/01/2019

Pasar mobil

Memasarkan mobil hampir di seluruh negara di dunia, penjualan global Mercedes-Benz tahun 2018 mencapai lebih dari 2,3 juta unit. China menjadi negara dengan tingkat penjualan tertinggi dibanding negara lain dengan selisih ratusan ribu unit. Berapa total penjualan Mercedes-Benz di negara pemilik tembok raksasa ini?

Lihat juga

Review Mercedes-Benz G-Class 2019: Tetap Sangar Walau Dibuat Mewah

18/01/2019

Editor rate:

Untuk pertama kalinya sejak diperkenalkan 40 tahun lalu, Mercedes telah memberikan perubahan menyeluruh dan memperkenalkan tampilan terbaru Mercedes-Benz G-Class 2019. Suspensi depan independen dan interior yang cocok dengan sedan Mercedes-Benz S-Class, G-Class 2019 tetap setia pada akar off-road mobil ini.

Lihat juga