Review Mercedes-Benz V-Class 2019: MPV Super Mewah ‘Auto Kaya’

12/02/2019

Share this post:

Mercedes-Benz V-Class 2019

Editor rate:

Lihat promo

Mercedes-Benz telah memperbarui jajaran van terlaris mereka untuk tahun 2019. Dengan facelift Mercedes-Benz V-Class 2019, pabrikan asal Jerman tersebut membawa van penumpang berusia lima tahun dibuat lebih cepat dengan teknologi yang lebih aman. V-Class 2019 juga mendapatkan varian bertenaga diesel baru.

Review Mercedes-Benz V-Class 2019: MPV Super Mewah ‘Auto Kaya’
Review Mercedes-Benz V-Class 2019: MPV Super Mewah ‘Auto Kaya’
0 Gambar

Pengantar Mercedes-Benz V-Class 2019

Mari kita simak spesifikasi Mercedes-Benz V-Class 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Peningkatan teknologi dan tampilan dalam untuk pengendaraan yang lebih premium

Perubahan mesin serta varian baru membuat V-Class menghasilkan emisi lebih sedikit

Fun to drive, meskipun mobil besar

Kekurangan

Harganya yang lebih mahal dibandingkan MPV lain di pasaran

Masih dibangun dengan platform yang sama dengan vans transporter Mercedes-Benz Vito

Review Mercedes-Benz V-Class 2019Pada awalnya, Mercedes-Benz V-Class yang masih merupakan turunan dari Mercedes-Benz Vito adalah van komersial ringan yang diproduksi oleh Mercedes-Benz. Tersedia sebagai van standar untuk kargo (disebut Vito) atau akomodasi penumpang (disebut V-Class atau Viano). V-Class adalah MPV besar yang pertama kali dijual pada tahun 1996. Generasi kedua diperkenalkan pada tahun 2004, dan mendapatkan nama Viano.

generasi pertama Mercedes-Benz Vito berwarna biru

Generasi pertama dari Mercedes-Benz Vito 2019

Sedangkan generasi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2014 mendapatkan nama V-Class. MPV yang kini telah diperbarui untuk menghadirkan gaya dan teknologi premium yang lebih sesuai dengan jajaran Mercedes lainnya. Untuk pembaruan tahun ini, V-Class akan terus ditawarkan dalam tiga ukuran berbeda (Standar, Long, dan Extra Long), dan akan diikuti menjelang akhir tahun oleh Marco Polo dan versi campervan Marco Polo Horizon.

Mercedes sudah menjual 209.000 unit V-Class setelah mengganti Viano pada 2014 lalu, termasuk 64.000 penjualan pada tahun 2018. Sedangkan di Indonesia sendiri, Sprinter dan V-Class sudah menyumbang 90 unit tahun lalu, sebagaimana dijelaskan pada peresmian kantor baru Mercedes-Benz di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Sebagaimana dijelaskan oleh Direktur Pelaksana Mercedes-Benz Vans Australia, Diane Tarr, V-Class merupakan mobil yang bisa digunakan untuk pengendaraan jauh bersama keluarga. “V-Class adalah untuk keluarga dengan gaya hidup aktif yang membutuhkan ruang dan kenyamanan, tetapi tidak ingin melupakan kemewahan dan keamanan.”

model baru Mercedes-Benz V-Class 2019 berwarna hitam

Sedikit peningkatan pada Mercedes-Benz V-Class 2019

Namun selain berbagai teknologi dan kenyamanan premium yang ditampilkan, ada beberapa perubahan kosmetik dan fitur-fitur baru yang diberikan Mercedes. Lalu seperti apa peningkatan yang diberikan? Simak review Mercedes-Benz V-Class 2019 dari Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior Mercedes-Benz V-Class 2019

Gaya menjadi daya Tarik V-Class dalam memimpin segmen MPV premium. Desainer V-Class di Stuttgart mendapatkan serangkaian perubahan untuk memberikan tampilan baru mengikuti perubahan yang diberikan pada desain mobil penumpang Mercedes-Benz saat ini. Dibuat lebih luas dengan kehadiran visual baru, desain mewah sekilas terlihat dalam eksterior Mercedes-Benz V-Class 2019.

Review Mercedes-Benz V-Class 2019: Eksterior Depan

tampilan depan Mercedes-Benz V-Class 2019 berwarna hitam

Tampilan depan Mercedes-Benz V-Class 2019

Berkat desain bumper baru dengan lubang udara pendingin serta struktur berlian baru pada gril radiator, ‘bintang’ Mercedes diposisikan terpusat pada gril dibingkai dua bilah perak. Konsep personalisasi dengan garis Avantgarde dan Eksklusif pada eksterior depan Mercedes-Benz V-Class 2019 dilengkapi dengan gril bawah yang berbeda dengan tampilan pra-faceliftnya. Menggabungkan gril bawah menjadi satu bagian yang lebih lebar dan besar untuk asupan udara yang lebih banyak.  

Review Mercedes-Benz V-Class 2019: Eksterior Samping

tampilan samping Mercedes-Benz V-Class 2019 berwarna hitam

Tampilan samping Mercedes-Benz V-Class 2019

Berdasarkan dimensi baru V-Class, Mercedes tetap mempertahankan lebar dan jarak poros roda, namun mengubah mobil ini menjadi lebih panjang 354 mm dibandingkan edisi sebelum facelift dan lebih rendah 30 mm. Edisi yang lebih panjang dari eksterior samping Mercedes-Benz V-Class 2019 disebut bisa memberikan ruang yang lebih lapang di dalam serta kompartemen bagasi yang luas. Tambahan empat warna serta empat desain pelek alloy bisa Anda pilih, namun yang lain masih sesuai dengan tampilan kendaraan komersial seperti sebelumnya.

Review Mercedes-Benz V-Class 2019: Eksterior Belakang

tampilan belakang Mercedes-Benz V-Class 2019 berwarna hitam

Tampilan belakang Mercedes-Benz V-Class 2019

Jika dilihat sekilas, tidak ada perubahan yang signifikan pada bagian belakang V-Class baru. Namun desain lampu belakang yang lebih tipis dibandingkan sebelumnya memberikan tampilan yang lebih modern pada eksterior belakang Mercedes-Benz V-Class 2019. Selain itu, tidak ada perubahan dengan tiga elemen LED vertikal dan bemper yang sama.

>>> Baca juga:

Interior Mercedes-Benz V-Class 2019

Pengemudi akan disuguhi pengalaman mengendarai kendaraan premium Mercedes penuh dengan semua kemewahan yang bisa Anda dapatkan. Dengan system infotainment baru, tata letak yang intuitif, serta semua fungsi yang lebih mengarah pada pengemudi, interior Mercedes-Benz V-Class 2019 terasa seperti S-Class dengan beberapa penyesuaian, Tidak hanya pengemudi, penumpang juga mendapatkan ruang lapang dan hiburan selama perjalanan.

Review Mercedes-Benz V-Class 2019: Dasbor

dasbor Mercedes-Benz V-Class 2019 berwarna hitam

Dasbor Mercedes-Benz V-Class 2019

Interior yang diubah menampilkan tampilan baru untuk dasbor mencakup layar sentuh standar 10.25 inci dan ventilasi udara yang terinspirasi dari desain yang bisa Anda temukan pada A-Class baru. Ada juga pelapis kulit nappa yang diambil dari E-Class dan G-Class. Dasbor Mercedes-Benz V-Class 2019 mempertahankan konsol tengah dengan kontak peralatan terintegrasi dan cup holder dengan pengontrol suhu.

Review Mercedes-Benz V-Class 2019: Kemudi

kemudi Mercedes-Benz V-Class 2019 berwarna hitam

Kemudi Mercedes-Benz V-Class 2019

Tidak ada yang berubah dari kemudi V-Class. Masih dengan setir tiga palang khas Mercedes, mungkin yang membedakannya hanyalah cover kulit nappa yang diberikan pada versi facelift. Tapi secara keseluruhan, masih belum jelas apakah Mercedes akan mengurangi beberapa tombol atau fitur pada kemudi Mercedes-Benz V-Class 2019 ketika membawa mobil ini ke Indonesia untuk memberikan harga yang bersaing pada segmen ini.

Review Mercedes-Benz V-Class 2019: Kursi

kursi Mercedes-Benz V-Class 2019 berwarna hitam

Kursi Mercedes-Benz V-Class 2019

V-Class akan ditawarkan dengan empat kursi individu dalam dua baris sebagai standar, tetapi dapat dilengkapi hingga tujuh kursi jika dua bangku lebar untuk tiga penumpang dipilih. Baris kedua dapat dilengkapi dengan kursi mewah yang diambil dari S-Class yang memiliki fitur pemijat punggung. Kursi dalam mobil memberikan kenyamanan selama berkendara. Pengaturan kursi Mercedes-Benz V-Class 2019 memudahkan Anda untuk menyesuaikan konfigurasi duduk sesuai dengan keinginan. Kursi depan bisa dipanaskan dan ada tiga zona control iklim di depan dan di belakang, cover kulit dan trim karbon.

Review Mercedes-Benz V-Class 2019: Bagasi

bagasi Mercedes-Benz V-Class 2019 berwarna hitam

Bagasi Mercedes-Benz V-Class 2019

Dengan interior yang dibuat lebih luas dibandingkan sebelumnya, Anda akan mendapatkan ruang yang luas sebagai tempat penyimpanan saat berkendara pada perjalanan jauh. Dengan ruang kompartemen belakang pada bagasi Mercedes-Benz V-Class 2019 yang mencapai 1.030 liter, Anda bisa membawa berbagai macam tas bawaan hingga koper. Cocok untuk perjalanan jarak jauh atau antar jemput tamu istimewa dari bandara.

>>> Semua berita teranyar Mercedes-Benz bisa Anda dapatkan di sini

Fitur Mercedes-Benz V-Class 2019

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berbagai teknologi terbaru dari Mercedes-Benz diterapkan untuk facelift lima tahunan V-Class. Fitur Mercedes-Benz V-Class 2019 yang baru meliputi kursi depan dan belakang yang bisa dipanaskan untuk melawan dinginnya musim hujan atau ketika berkendara di malam hari. Bagi Anda yang penat ketika berkendara, Mercedes juga sudah memberikan kursi yang bisa memijat punggung Anda.

Sedangkan panoramic roof untuk pengalaman berkendara yang menyenangkan ketika melewati daerah pegunungan yang sejuk juga ditawarkan. Selain itu, tata letak dasbor dengan system infotainment Command yang sama tetap diberikan. Anda juga mendapatkan system dual layar MBUX baru yang membuat V-Class semakin terasa peningkatan teknologinya.

fitur pada dasbor berwarna hitam Mercedes-Benz V-Class 2019

Beberapa fitur baru ditambahkan pada Mercedes-Benz V-Class 2019

Review Mercedes-Benz V-Class 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Mercedes membedakan beberapa fitur keselamatan pada beberapa pasar. Seperti pada pasar Inggris, Mercedes sudah memberikan suspensi Agility Control. Selain itu, pengereman darurat otomatis pertama kali ditambahkan sebagai fitur keselamatan aktif Mercedes-Benz V-Class 2019. Selain itu, Anda juga mendapatkan system bantuan pengemudi lainnya termasuk pemantauan blindspot, bantuan pemeliharaan jalur, serta active parking assist dengan kamera 360 derajat.

Operasi Mercedes-Benz V-Class 2019

Mesin diesel 2,1 liter V-Class sebelumnya telah dipasangkan untuk unit OM 654 empat silinder turbo diesel Mercedes yang akan tersedia dalam dua kondisi pilihan. V250d menghasilkan 192 daya kuda serta 400 Nm disandingkan dengan sembilan percepatan otomatis 9G Tronic yang menggantikan girboks otomatis tujuh percepatan. Sedangkan sistem operasi Mercedes-Benz V-Class 2019 untuk varian V300d menggunakan 236 daya kuda dan torsi maksimal 500 Nm untuk kondisi normal, serta 30Nm tambahan torsi ketika V300 dalam fase akselerasi.

mesin Mercedes-Benz V-Class 2019 berwarna hitam

Mesin Mercedes-Benz V-Class 2019

Tergantung pada body style V-Class, Mercedes sendiri mengatakan bahwa V250d sudah menawarkan penghematan bahan bakar sekitar 13% dibandingkan pendahulunya, V220d dengan spesifikasi yang lebih rendah diharapkan akan menyusul nanti sesuai dengan penawaran tingkat entri dari V-Class saat ini. Sedangkan tiga versi sasis yang berbeda akan tersedia dengan pengaturan suspense yang berbeda. Sedangkan penggerak roda belakang merupakan standar pada semua tipe dengan penggerak empat roda permanen tersedia sebagai opsi di Eropa.

Spesifikasi Mercedes-Benz V-Class 2019

Mercedes-Benz merencanakan untuk membawa mobil ini ke pasar Eropa dan Amerika dengan beberapa pasar lainnya akan menyusul. Namun dengan beberapa perubahan luar dan dalam, lihat lagi spesifikasi Mercedes-Benz V-Class 2019 yang baru di bawah ini.

Dimensi Mercedes-Benz V-Class 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

5.140 mm x 1.928 mm x 1.880 mm

Jarak Poros Roda

3.200

Kapasitas Bagasi

1.030 liter

Mesin Mercedes-Benz V-Class 2019

Tipe Mesin

OM 654 2.0 liter empat silinder turbocharged diesel

Daya Maksimal

192 dk

Torsi Maksimal

400 Nm

Percepatan (0-100 km/jam)

7.9 detik

Kecepatan Tertinggi

219 km/jam

Transmisi

9 percepatan otomatis 9G Tronic

Ekonomi Bahan Bakar

6.3 liter per 100 km

Kaki-Kaki Mercedes-Benz V-Class 2019

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Ukuran Ban

195/65 R16

Velg

17 inci, 18 inci, atau 19 inci

Daftar Harga Mercedes-Benz V-Class 2019

Untuk saat ini, Mercedes-Benz membanderol V-Class 220d yang sudah dipasarkan di Indonesia sejak beberapa waktu lalu dengan harga Rp 1.340 Miliar. Sedangkan untuk versi facelift masih belum ditentukan kapan akan dibawa ke Tanah Air. Dengan Mercedes sudah mempersiapkan mobil ini pada beberapa pasar di Eropa, harga Mercedes-Benz V-Class 2019 dari pasar Jerman sendiri dipatok ‎€ 36.990, atau hamper mencapai Rp 600 jutaan. Tentu saja harga tersebut akan lebih besar jika Mercedes membawa mobil ini ke Indonesia.

Kesimpulan Mercedes-Benz V-Class 2019

Mercedes-Benz V-Class 2019 merupakan standar baru bagi MPV besar premium yang mementingkan kenyamanan selama berkendara. Dengan adanya versi listrik yang akan diperkenalkan pada pameran motor Jenewa pada bulan Maret nanti, mesin baru, revisi trim, serta tampilan utama yang dilengkapi dengan peningkatan pembakaran internal merupakan cara Mercedes-Benz memperkenalkan versi baru mobil ini.

Mercedes-Benz V-Class 2019 dengan keluarga bermain-main ketika hujan

Mercedes-Benz V-Class yang ditujukan untuk keluarga

Salah satu masalah dari mobil ini hanyalah harganya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan MPV lain. Bukan hanya di Indonesia, tetapi V-Class adalah salah satu MPV termahal di pasar seluruh dunia. Tetapi masalah harga dengan mudah dipatahkan bersama kesan mahal yang jelas terlihat pada kendaraan ini. Terlebih untuk pengendaraan sehari-hari, sistem infotainment yang mengagumkan serta teknologi yang membuat nyaman bisa menembus kemacetan yang menghantui selama perjalanan.

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Review lain

Pertama Kali Mercedes-Benz Hadirkan Koleksi Model Skala Truk Actros GigaSpace 1:18

31/01/2019

Pasar mobil

Bagi penggemar Mercedes-Benz yang juga mengoleksi model skalanya, truk pengangkut Actros GigaSpace 1:18 ini menjadi tambahan wajib untuk membuat tampilan diorama Anda lebih nyata.

Lihat juga

Mercedes-Benz Siapkan Mobil yang ‘Tidak akan Mengalami Tabrakan’

30/01/2019

Pasar mobil

Bertujuan untuk memproduksi mobil yang tidak akan mengalami tabrakan, Mercedes-Benz mengembangkan mobil konsep IAA dengan teknologi ESF yang akan mempelajari gaya mengemudi untuk menghindarkan kendaraan dari tabrakan yang mungkin terjadi.

Lihat juga

Pertama di Dunia, Mercedes-Benz Memperkenalkan She’s Mercedes Café di Kantor Baru

27/01/2019

Event - Promosi

Disebut sebagai yang pertama di dunia, Mercedes-Benz membuka She’s Mercedes Café, sebuah kedai kopi yang memajang berbagai macam aksesoris bertemakan Mercedes-Benz.

Lihat juga

Review Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004

29/01/2019

Editor rate:

Biasanya kendaraan yang dimiliki segmen premium di era 2000an awal adalah luxury sedan atau brand mobil Eropa. Namun sejak kedatangan arus mobil MPV premium impor Jepang ke Indonesia, membuat pemain dari ranah Eropa jadi ikut menelurkan produk untuk menyasar segmen tersebut dengan nilai prestise lebih.

Lihat juga

Review Toyota Avanza 2019: Demi Eksistensi Di Tengah Kompetisi

17/01/2019

Editor rate:

Hadirnya Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga dalam 2 tahun terakhir membuat Toyota berbenah dengan MPV andalannya, Toyota Avanza. Belum genap sebulan tahun 2019, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah memperkenalkan produk keduanya yakni Toyota Avanza 2019. Apa perubahan Toyota Avanza 2019? Berapa harga Toyota Avanza terbaru ini? Mari simakl review Toyota Avanza 2019 terlengkap di bawah ini.

Lihat juga

Review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Rp 183.350.000

16/01/2019

Editor rate:

Lima belas tahun silam Daihatsu meluncurkan kendaraan MPV Daihatsu Xenia yang menjadi mesin penggerak kesuksesan Daihatsu hingga kini. Dan dengan usia ‘remaja’ tersebut, Daihatsu kini semakin membawa Xenia ke level lebih dewasa dengan jantung pacu baru dan tampilan yang lebih berkelas.

Lihat juga