Review Mazda 2 Elite 2020: Trim Terlengkap Hadir Kembali

18/01/2021

Share this post:

Mazda 2 2020

Editor rate:

Rp. 382.000.000

Jual beli mobil Mazda 2 bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia Lihat promo

Akhirnya trim berfitur lengkap dari Mazda 2 hadir kembali di indonesia, kini PT Eurokars Motor Indonesia menghadirkan Mazda 2 Elite 2020, seperti apa mobil ini?

Review Mazda 2 Elite 2020: Trim Terlengkap Hadir Kembali
Review Mazda 2 Elite 2020: Trim Terlengkap Hadir Kembali
0 Gambar
Varian Harga Spesifikasi
R AT Rp 287.300.000
Harga OTR
5 Kursi, 1496 cc, 108 hp, Bensin Lihat promo
GT AT Rp 303.800.000
Harga OTR
5 Kursi, 1496 cc, 108 hp, Bensin Lihat promo

Pengantar Mazda 2 2020

Mari kita simak spesifikasi Mazda 2 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Performa mesin baik dan Irit BBM

Handling memukau

Desain eksterior menarik

Kekurangan

Kabin belakang sempit

Isu aftersales dan biaya servis mahal

Harga tinggi

Yes akhirnya trim berfitur lengkap di Mazda 2 dilahirkan kembali. Jika dulu di tahun 2015 Mazda 2 dengan kelengkapan paling top di kelasnya pakai nama GT (Grand Touring). Kini PT Eurokars Motor Indonesia selaku agen pemegang merek Mazda di Tanah Air pakai nama ELITE. Ini sesuai dengan nomenklatur Mazda kekinian yang menempatkan nama ELITE sebagai kasta tertinggi, tak heran Mazda 2 Elite 2020 ini didapuk jadi yang termahal.

Foto emblem Mazda 2 Elite 2020

ELITE mengembalikan trim GT terdahulu yang kaya fitur

Bisa dibilang tipe ELITE yang hadir di Mazda 2 ini menjadi obat rindu bagi pecinta compact hatchback B-segment ini. Sebab, setengah dekade lalu Mazda 2 meramaikan pasar mobil Indonesia dan langsung sukses 'menghajar' lawan-lawannya dengan fitur yang lebih mapan. Kini, sanggupkah Mazda 2 Elite 2020 ini mengulangi kisah sukses tersebut? Ikuti ulasan berikut ini sampai habis.

Mobil Baru Populer

Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 135.35 - Rp 161.05 Juta

Eksterior Mazda 2 2020

Review Mazda 2 Elite 2020: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Mazda 2 Elite 2020

Tampilannya secara umum tak ubahnya dengan tipe di bawahnya

Secara tampilan Mazda 2 Elite 2020 ini tak ubahnya dengan Mazda 2 tipe GT, ia masih menggunakan desain grille yang sama begitu pula dengan aksen chrome yang seakan membentuk wing secara cantik di bawah lampu utama. O ya, karena headlamp yang diusung Mazda 2 ini sudah canggih sebab pakai teknologi Auto Adaptive LED Headlight System bersinergi dengan High/Low Beam, maka ia tak lagi perlu foglamp.

Foto headlamp Mazda 2 Elite 2020

Lampu canggih ini mampu beradaptasi dengan kondisi sekitar dan jalan

Review Mazda 2 Elite 2020: Tampilan Samping

Foto tampilan samping Mazda 2 Elite 2020

Terlihat pendek dan rendah? Yes dimensi panjangnya hanya 4.060 mm dan ground clearance 152 mm

Pada bagian samping juga tak ada ubahan dibandingkan dengan tipe di bawahnya yaitu GT. Desainnya menjadi salah satu yang tercantik di kelas compact hatchback. Ia juga masih menggunkan desainvelg 8 multi spoke dengan kelir gunmetal yang sporti. Ukuran PCD pun tetap di angka 4 X 100 yang mana hal tersebut akan memudahkan Anda jika ingin melakukan penggantian velg aftermarket yang lebih keren dan tentunya sesuai dengan selera Anda.

Foto spion Mazda 2 Elite 2020

Rumah spion ini juga dirancang agar efisien membelah angin

Review Mazda 2 Elite 2020: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Mazda 2 Elite 2020

Tampilannya sporty tanpa tinggalkan kesan elegan

Desainer Mazda tampaknya agak kesulitan menyegarkan tampilan Mazda 2 generasi keempat ini yang memang sudah keren dari awalnya. Makanya Mazda hanya melakukan ubahan ringan pada bentuk bumper belakangnya yang kini lebih elegan. Serta stoplamp dengan kombinasi lampu bohlam jenis LED (Light Emitting Diode) yang punya respon cepat dan hemat energi. Tak lupa kamera parkir plus empat buah sensor jarak disematkan untuk membantu Anda parkir.

Foto stoplamp Mazda 2 Elite 2020

Lampu ini terlihat cantik ketika menyala

>>> Baca juga review mobil Mazda lainnya di sini:


Interior Mazda 2 2020

Review Mazda 2 Elite 2020: Layout Dashboard

Foto layout dashboard Mazda 2 Elite 2020

Visibilitas tergolong baik

Masuk ke bagian kabinnya, meski tak ada ubahan dari trim di bawahnya, tapi kami jamin Anda akan lupa jika sedang mengemudikan atau menaiki Mazda 2 Elite 2020. Hal tersebut lantaran nyaris tak ada ubahan apapun di layout dasbor mobil ini yang sudah futuristis dari awal kelahirannya bahkan jauh mengungguli rival-rival senegara mobil ini dilahirkan. Bahkan kami yakni, jika logo di setir tersebut ditutup, Anda mungkin akan mengira mobil ini adalah buatan Eropa.

Review Mazda 2 Elite 2020: Kursi

Foto kursi depan Mazda 2 Elite 2020

Posisi duduk ergonomis membuat perjalanan tak melelahkan, sayang kursi belakang sempit

Satu hal yang tidak akan Anda temui pada rival-rival Mazda 2 Elite 2020 ini, adalah posisi duduk pengemudinya yang sangat egronomis. Bahkan sejak Mazda 2 generasi keempat ini diluncurkan, posisi duduk hatchback kecil Mazda ini bikin ketagihan kami nyetir. Kami merasa rileks, dapat bereaksi dengan cepat dan cekatan, serta tidak mudah merasa lelah ketika mengemudikan mobil Mazda 2 generasi keempat. Dan di tipe termahal ini tentu bukan suatu pengecualian.

Review Mazda 2 Elite 2020: Setir

Foto setir Mazda 2 Elite 2020

Setirnya mantab digenggam dan sudah ada tilt serta telescopic

Mazda 2 Elite 2020 ini tidak mengalami perubahan signifikan pada setirnya. Baik bentuk dan feel setirnya saat digenggam masih tetap sama seperti versi pra-facelift. dengan balutan leather, serta memiliki tombol multifungsi untuk audio di spoke bagian kiri, serta cruise control di palang bagian kanan, dan tidak lupa tetap disematkan paddle shift di balik kemudi untuk berpindah gigi sesuai kebutuhan Anda. 

>>> Cek juga berita terbaru seputar mobil Mazda:

Fitur Mazda 2 2020

Review Mazda 2 Elite 2020: Mazda MZD Connect & MID

Foto layar infotaiment Mazda 2 Elite 2020

Layar ini mampu menunjukkan banyak informasi penting

Mazda 2 Elite 2020 ini telah memiliki sistem infotainment tersendiri bernama MZD Connect. Sistem ini juga dapat berfungsi menampilkan segala informasi yang dibutuhkan oleh pengemudi. Informasi yang disajikan bisa dilihat dengan menggerakkan kenop controller yang terletak di belakang tuas transmisi. Sistem MZD Connect juga memiliki fitur navigasi, FM/AM Radio, DVD, pengaturan setting mobil, service reminder dan apps, serta dan bisa terkoneksi dengan smartphone.

Foto tombol pengatur fitur Mazda 2 Elite 2020

MZD Connect bisa diatur dari kenop ini

Review Mazda 2 Elite 2020: Driving Mode

Foto tuas transmisi Mazda 2 Elite 2020

Hanya ada dua pilihan mode berkendara

Terdapat dua mode pengendaraan yang ditawarkan oleh Mazda 2 Elite 2020 ini. Yakni NORMAL dan SPORT. Mode NORMAL akan membuat pengendaraan lebih tenang dan hemat dalam penggunaan BBM, sementara ketika mode SPORT diaktifkan respon mesin jadi lebih galak, begitu juga dengan transmisi yang berpindah gigi lebih sigap. Bobot setir juga agak dibuat berat demi menambah rasa mantab saat berkendara.

Review Mazda 2 Elite 2020: i-Eloop

Gambar i-Eloop Mazda

Fitur pintar ini mampu menangkap energi terbuang untuk disimpan mendukung fitur i-STOP

Mazda 2 tipe ELITE ini juga dilengkapi fitur mutakhir seperti i-STOP yang memungkinan mesin mati saat kondisi kemacetan atau posisi diam dalam waktu beberapa detik. Dan saat terjadi pengereman, energi yang terbuang akan diregenerasi menjadi asupan baterai oleh sistem i-ELOOP, dan energi yang tersimpan akan digunakan untuk menghidupkan sistem elektrik saat mobil berhenti.

Review Mazda 2 Elite 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Ada tujuh buah fitur utama yang akan menjaga Anda dari petaka selama dijalan dengan mobil ini. Fitur pertama adalah Adaptive LED Headlamps (ALH) ALH menawarkan bantuan terbaik bagi pengemudi untuk mengenali potensi bahaya saat berkendara di malam hari. Sistem ini meningkatkan jarak pandang malam dan membantu pengemudi menghindari situasi berbahaya dengan menggabungkan fungsi lampu jauh bebas silau dan lampu dekat dengan jangkauan yang luas. Fitur kedua adalah Lane-keep Assist System (LAS) yang berupa sebuah kamera menghadap ke arah depan yang dapat mendeteksi tanda jalur dan membantu kemudi anda agar tetap berada di jalur yang aman. Sisitem canggih ini juga akan memberi tahu anda saat terjadi perpindahan jalur yang tidak disengaja dengan menggetarkan roda kemudi atau dengan alarm.

Foto ringkasan Fitur Keselamatan Mazda 2 Elite 2020

Ia juga dilengkapi dengan fitur i-STOP untuk menghemat bahan bakar

Fitur ketiga adalah Blind Spot Monitoring alias BSM yang menggunakan sensor radar quasi-milliwave 24GHz untuk mendeteksi kendaraan pada blind spot di posisi belakang dan samping mobil. Peringatan audio serta visual akan aktif saat lampu sen dinyalakan dan sistem ini mendeteksi kendaraan pada blind-spot. Fitur keempat adalah Lane Departure Warning System (LDWS) LDWS mengenali tanda jalur pada permukaan jalan. Ketika perpindahan jalur terprediksi, sistem ini akan mengeluarkan suara peringatan yang terdengar mirip suara yang dibuat mobil saat berjalan ke jalur bergemuruh, sehingga pengemudi dapat segera melakukan koreksi kemudi. Lalu ada lagi fitur kelima Rear Cross Traffic Alert (RCTA) RCTA menggunakan sensor yang sama dengan BSM untuk mengingatkan pengemudi saat mendeteksi kendaraan yang mendekati dari kedua sisi selama mobil dalam kondisi mundur. Peringatan diberikan dengan indikator berkedip pada spion dan melalui bunyi.

Foto sensor Mazda 2 Elite 2020

'Mata' ini bisa memandu Anda agar lebih aman di jalan

Selanjutnya ada fitur Smart City Brake Support [Forward] Dengan menggunakan sensor kamera depan, SCBS F mengukur jarak dengan kendaraan di depan dan akan secara otomatis mengaktifkan rem untuk membantu mengurangi kemungkinan tabrakan. Sistem akan aktif bekerja ketika sedang berjalan antara 4 dan 30km/jam. Terakhir adalah fitur Smart City Brake Support [Reverse] Yang berupa Sensor ultrasonic yang terpasang pada bagian bumper belakang kendaraan memungkinkan SCBS R untuk mendeteksi kendaraan dan objek pada belakang kendaraan ketika memundurkan kendaraan pada kecepatan antara 2 dan 8 km/jam. Jika ada objek yang terdeteksi, maka SCBS R akan mengaktfikan rem untuk membantu mengurangi kemungkinan tabrakan.

>>> Mazda SKYACTIV-X Pemecah Logika Mekanik

Operasi Mazda 2 2020

Foto mesin SKYACTIV-G 1.5L Mazda

Meski kompresinya tembus 13,0 : 1 tetapi ia masih sanggup diisi BBM dengan RON 90

Mazda 2 Elite 2020 disusupi jantung mekanis berkode SKYACTIV-G 4-silinder dengan kapasitas bersih 1.496 cc. Mesin ini punya output tenaga 110 PS atau sekitar 108,5 HP pada putaran mesin 6.000 rpm serta torsi 141 NM di putaran mesin 4.000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut tersalur ke dua roda depan malalui transmisi SKYACTIV-DRIVE 6-percepatan otomatis.

Foto tuas transmisi Mazda 2 Elite 2020

Transmisi SKYACTIV-DRIVE efisien mentransfer tenaga dan torsi

Sekadar informasi mesin bensin ini punya karakter overstroke (di mana ukuran langkah piston lebih besar dari diameter piston) yang mana cocok sekali dengan mobil hatchback mini andalan Mazda ini guna pemakaian dalam kota yang lalu lintasnya lebih sering stop and go. Mazda turut menyematkan teknologi G-Vectoring Control (GVC) sebagai bagian dari SKYACTIV-VEHICLE DYNAMICS, yang membuat handing Mazda 2 Elite 2020 ini jauh lebih presisi.

Foto ban dan velg Mazda 2 Elite 2020

Tenaga dan mesin tersalur ke dua roda depan

>>> Mana yang terbaik Mazda CX-30 atau Toyota Corolla Cross?

Spesifikasi Mazda 2 2020

Spesifikasi Teknis Mazda 2 Elite 2020 Anda bisa langsung lihat dilihat di tabel berikut :

Mesin Mazda 2 Elite 2020

Seri mesin

 SKYACTIV-G 1.5L 4-silinder, DOHC Dual S-VT, ETC

Pasokan Bahan Bakar

 Electronically Controlled Direct Injection

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Rasio Kompresi

 13,0 : 1

Tenaga Maksimum

 108,5 Hp (110 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 141 Nm @ 4.000 rpm

Kapasitas Silinder

 1.496 cc

Bore X Stroke

 74,5 mm x 85,8 mm

Tipe Transmisi

 SKYACTIV-DRIVE 6 speed A/T, Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka Mazda 2 Elite 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.060 mm x 1.695 mm x 1.495 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.570 mm

Jumlah Tempat Duduk

 5 Penumpang

Jarak Pijak Depan & Belakang

 1.495 mm & 1.485 mm

Ground Clearance

 152 mm

Radius Putar

 4,7 Meter

Kapasitas Tangki

 44 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Mazda 2 Elite 2020

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: SKYACTIV-CHASSIS Independent MacPherson strut

 Belakang: SKYACTIV-CHASSIS Torsion beam

Sistem Kemudi

 Rack & Pinion with Electric Power Assist Steering (EPAS)

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Solid Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, Brake Mitigation System

Teknologi Safety Sasis

 SKYACTIV, Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, Hatchback B-Segment

Pelek

 16 x 5-1/2 J Aluminium Alloys

Jenis Ban

 Dunlop ENASAVE, 185/60 R16

Daftar Harga Mazda 2 2020

Foto ilustrasi harga Mazda 2 Elite 2020

Sayang harganya tidak murah

Bicara soal harga jual, memang Mazda 2 ELITE 2020 ini dibanderol jauh lebih tinggi dibanding para rivalnya. Sebab Anda harus merogoh kantong untuk mengeluarkan kocek sebesar Rp 382.000.000 jika ingin meminang mobil ini. Maklum saja, statusnya sebagai produk CBU (Completely Built Up) dari Jepang membuat harganya tidak ramah kantong. Tapi jangan khawatir, jika ingin Mazda 2 dengan harga lebih murah, tebus saja tipe R dan GT di harga Rp 287,3 juta dan Rp 303,8 juta.

Kesimpulan Mazda 2 2020

Foto kesimpulan review Mazda 2 Elite 2020

Mazda 2 tipe Elite tahun 2020 ini layak dimiliki

Jika Anda mencari mobil kompak yang kaya fitur dengan performa baik serta konsumsi BBM irit, maka mobil Mazda 2 Elite 2020 ini adalah mobil yang pas untuk Anda. Handlingnya juga merupakan yang terbaik bila dibandingkan dengan para rivalnya. Meski berbagai kesenangan berkendara itu Anda harus rela tebus dengan uang yang tidak sedikit.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top