Komparasi Toyota Corolla Cross vs Mitsubishi Eclipse Cross vs Mazda CX-30 : Pertarungan Tersengit SUV Medium 5-Seater

08/08/2020

Mobil baru

10 menit

Inilah pertarungan tersengit SUV medium 5 penumpang tahun 2020 ini, simak komparasi Toyota Corolla Cross vs Mitsubishi Eclipse Cross vs Mazda CX-30 berikut ini

Yes! Toyota Corolla Cross akhirnya meluncur di Tanah Air. Ia mengaspal lebih cepat dari perkiraan kami dan punya beberapa 'senjata' yang berpotensi mengacak-acak peta persaingan kompetitor di kelasnya yakni SUV / Crossover C-Segment. So, berikut Cintamobil,com persembahkan pertarungan tersengit SUV medium 5 penumpang tahun 2020 ini, simak hingga tuntas komparasi Toyota Corolla Cross vs Mitsubishi Eclipse Cross vs Mazda CX-30 berikut ini.

Foto Emblem Toyota Corolla Cross

Mana yang terbaik di komparasi Toyota Corolla Cross vs rival ini?

Sebelum memulai pertempuran, tentunya ada beberapa parameter yang kami gunakan untuk menguji dan memberikan penilaian terhadap ketiga mobil ini. Pertama pasti menyoal harga, bagaimanapun harga adalah parameter utama dan dapat menjadi indikator layak atau tidaknya sebuah mobil berbanding dengan harga yang dibayarkan (value for money). Kedua adalah soal desain, maklum pembeli di kelas ini pasti mempertimbangkan seberapa keren mobil yang mereka inginkan.

Foto Mitsubishi Outlander Sport GLS AT 2012

Faktor usia membuat Outlander Sport harus digantikan Eclipse Cross dalam komparasi ini

Poin ketiga yang menjadi penilaian adalah poin utilitas, yang mencakup interior, fitur, dan juga akomodasi pada mobil ini. Terakhir adalah sektor performa, yang membahas mengenai seberapa besar tenaga maupun torsi pada mobil ini dan terakhir adalah kesimpulan yang membahas mengapa mobil tersebut layak menjadi pemenang. O ya sebenarnya ada kontesan SUV 5-seater C segment lain yakni Mitsubishi Outlander Sport, tetapi ia sudah terlalu uzur, maka kami putuskan untuk memasukkan Eclipse Cross sebagai penggantinya. Lantas mana SUV 5 penumpang dengan segmentasi C yang terbaik?

HARGA

 Mobil  Harga
 Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT  Rp 497.800.000
 Mitsubishi Eclipse Cross Ultimate Amethyst Black  Rp 474.650.000
 Mazda CX-30 Grand Touring  Rp 519.900.000

Masuk ke paramter pertama dalam komparasi Toyota Corolla Cross vs rival ini. Jika melihat tabel di atas yang kami sajikan, sepintas Mitsubishi Eclipse Cross langsung unggul jauh dibandingkan para pesaingnya. Tapi tunggu dulu, harga yang lebih murah Rp 23,1 juta dibandingkan dengan Corolla Cross dan lebih murah Rp 45,2 juta dari Mazda CX-30 Grand Touring (GT) ini jika Anda memilih warna Amethyst Black seperti mobil contoh yang kami gunakan.

Foto tampilan samping Mitsubishi Eclipse Cross Amethyst Black

Mitsubishi Eclipse Cross unggul di parameter pertama Komparasi Toyota Corolla Cross vs rival kali ini

Sementara jika Anda menginginkan warna merah Anda harus membayar lebih Rp 5 juta dan Rp 3 juta untuk warna putih. Tapi itu juga menjadi kelemahan Mitsubishi Eclipse Cross, sebab hanya memiliki 3 pilihan warna saja, bandingkan dengan sang pendatang baru yang menyediakan 7 pilihan warna bagi Toyota Corolla Cross, dan 4 pilihan kelir bagi Mazda CX-30 GT. Tapi tetap saja, harga termurah dimiliki oleh Mitsubishi Eclipse Cross sekalipun Anda memilih warna merahnya.

DESAIN

Lanjut ke parameter desain dari komparasi Toyota Corolla Cross vs rival. Pada poin penilaian kali ini tentunya lebih subjektif sebab pendapat dari masing-masing orang akan sebuah desain suatu mobil akan berbeda. Tapi, oleh karena Toyota Corolla Cross ini muncul paling akhir dibandingkan dengan kontestan lainnya dalam komparasi ini, pasti ia mengusung desain yang lebih segar dibandingkan Mitsubishi Eclipse Cross dan Mazda CX-30 GT.

Gambar tampilan depan Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Desain yang fresh ditunjukkan Corolla Cross

Tampilan depan dari Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT ini begitu tampan dengan kombinasi bentuk membulat dan garis-garis tajam. Headlampnya menyipit dan sudah dilengkapi dengan bohlam LED (Light Emitting Diode) sebagai sumber penerangan utamanya. Bentuk grille besarnya tampak sporty dan sesuai dengan nafas TNGA (Toyota New Global Architecture) yang membuat desain bodi mobil Toyota lebih berani dan membanggakan pemiliknya.

Gambar tampilan depan Mitsubishi Eclipse Cross Ultimate 2020

Bahasa desain dynamic shield tetap digunakan Eclipse Cross

Tampilan depan Mitsubishi Eclipse Cross ini didominasi dengan ujung meruncing yang juga menyiratkan karakter sporty SUV kompak ini. Crossover Mitsubishi yang didatangkan bulat-bulat dari Jepang ini mengadopsi bahasa desain dynamic shield khas mobil-mobil Mitsubishi modern. Headlampnya juga sudah LED dengan projector namun sudah mengusung fitur AHB (Automatic High Beam) serta terdapat sensor Ultrasonic Mitigation System di bumper depannya.

Foto tampilan depan Mazda CX-30 GT 2020

Tampilan paling garang ada di Mazda CX-30

Seakan tidak ingin kalah dari kedua lawannya, tatapan lampu depan yang tajam seolah menjadi ciri khas tersendiri di Mazda CX-30 ini. SUV C Segment yang berbasis dari Mazda 3 ini juga telah mengadopsi LED headlight seperti kedua rival lainnya dan sudah punya fitur Adaptive front-lighting system yang mampu mengatur sudut belok lampu dan tidak menyilaukan pengendara dari arah berlawanan. Nafas KODO design sangat terpancar di facia Mazda CX-30 trim GT ini.

Foto tampilan belakang Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Pintu bagasi elektris hanya ada di Corolla Cross

Lanjut ke bagian samping dan buritan, pada Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT ini tampil modis. Hal itu terlihat dengan penggunaan roof rail yang sewarna bodi serta tardapat ornamen chrome dengan emboss tulisan Corolla Cross yang menambah personalisasi mobil ini. Velg 18 incinya juga sudah menggunakan finishing machining alloy yang menambah keren crossover Toyota ini. O ya pintu bagasi mobil ini juga sudah elektrik yang tak akan Anda temui di kedua rivalnya.

Foto tampilan belakang Mitsubishi Eclipse Cross Ultimate AT 2020

Ultrasonic Mitigation System sensor hanya ada di Eclipse Cross

Tampak buritan Mitsubishi Eclipse Cross Ultimate AT ini tampil lebih progresif dibanding Corolla Cross yang rapi dan kalem. Memang desain seperti ini layaknya buah durian yang dapat membuat perasaan hate or love. Meski demikian, lampu belakang yang memanjang tersebut menjadi ciri khas tersendiri Eclipse Cross. Kaca kecil di antara stoplamp dan bodi membuat visibilitas ke belakang tetap baik. Juga sudah tersedia 4 sensor parkir dan sebuah sensor Ultrasonic Mitigation System.

Foto tampilan belakang Mazda CX-30 GT 2020

Tampilan tercantik ada di buritan Mazda CX-30

Bagian buritan dari Mazda CX-30 trim GT ini juga tak kalah cantik dari para rivalnya, bahkan layak disebut yang tercantik di antara kontestan lain di sini. Desain stoplamp yang tajam dan sudah mengsung bohlam LED seakan berpadu sempurna dengan lekuk bagian belakang yang membulat. Meski belum dilengkapi dengan bukaan pintu bagasi elektrik seperti Toyota Corolla Cross namun sepasang knalpot ganda di CX-30 seakan menyiratkan performa galak mobil ini.

UTILITAS (INTERIOR, FITUR, AKOMODASI)

Memasuki parameter utilitas di komparasi Toyota Corolla Cross vs Mitsubishi Eclipse Cross vs Mazda CX-30 yang terdiri dari pembahasan mengenai interior, fitur, dan akomodasi kali ini, tampak semua peserta semakin bernafsu untuk menjadi yang terbaik. Namun, pada kenyataannya setiap mobil memiliki keunggulanya masing-masing, mana yang terbaik di sini?

Interior

Foto layout dashboard Toyota Corolla Cross Hybrid AT 2020

Layout dashboard Corolla Cross terasa modern

Sayang sekali, saat Anda masuk ke bagian interior Toyota Corolla Cross, Anda tidak akan disambut dengan kombinasi tiga warna layaknya Corolla Cross versi Thailand. Sebab hanya satu warna saja yang mendominasi yakni hitam dan beberapa aksen silver yang terlihat di kisi AC. Sebagai layaknya mobil dengan kelas menengah (C-segment) maka jangan heran jika bahan yang digunakan cukup banyak material empuknya. Secara umum tampilannya modern dan kekinian.

Gambar Layout dashboard Mitsubishi Eclipse Cross Ultimate AT

Dashboard Mitsubishi Eclispe Cross bertabur fitur

Pada layout dashboard SUV jagoan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ini mempunyai banyak hal menarik. Seperti layar head unit tepat di tengah dasbor dengan ukuran yang cukup besar menjadi inti dari sistem hiburan. Namun hal paling menarik perhatian kami adalah hadirnya Touchpad Controller yang umumnya ada di mobil-mobil mewah kini hadir di Mitsubishi Eclipse Cross ini, fitur itu juga hanya Anda temukan di jagoan Mitsubishi ini.

Foto layout dashboard Mazda CX-30 GT 2020

Aura mewah terasa di dashboard Mazda CX-30

Berbeda dengan kedua rivalnya sesama Jepang tersebut, pada Mazda CX-30 Anda akan menemukan padu padan 3 warna yakni merah maroon, hitam dikombinasi dengan aksen silver yang membuah kesan mewah. Bisa dibilang, layout dashboard Mazda CX-30 GT adalah yang terbaik di komparasi Toyota Corolla Cross vs rival kalli ini. Sebab materialnya berkualitas dan desainnya sangat menggugah. Bahkan, jika logo Mazda itu diganti emblem mobil Eropa kami nilai masih pantas.

Fitur Unik

Foto fitur NFC pada Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Fitur NFC hanya ada di Corolla Cross

Toyota Corolla Cross hadir dengan fitur unik tapi penting serta hanya ada di jagoan Sunter ini, yakni kemampuan head unit yang dilengkapi dengan NFC (Near Field Communication) yang mampu membaca sisa kartu e-Toll Anda. Ia juga hadir dengan pengaturan jok elektrik (hanya di Corolla Cross varian hybrid), pengaturan mode berkendara serta sunroof dengan kemampuan tilt and sliding seperti kedua rival lainnya. 

Foto Touchpad Mitsubishi Eclipse Cross Ultimate AT 2020

Touchpad ala mobil mewah hanya Anda bisa temukan di Mitsubishi Eclipse Cross

Tidak kalah unik dengan Toyota Corolla Cross, Mitsubishi Eclipse Cross juga hadir dengan fitur yang jadi unggulan dan tidak akan Anda dapatkan di kedua crossover C-Segment ini. Misalnya fitur Adaptive Cruise Control, Heated Seat, Dual Panoramic Sunroof, dan Forward Mitigation System. Sementara fitur Head Up Display seperti di Mazda CX-30 juga tetap hadir di sini. Bisa dibilang Mitsubishi Eclipse Cross unggul cukup jauh dari kedua rival-rivalnya di komparasi fitur ini. 

Gambar Sunroof Mazda CX-30 GT AT 2020

Sunroof juga bisa Anda temukan di Mazda CX-30 GT

Mazda CX-30 juga dilengkapi dengan fitur seperti sunroof, Electronic Pakring Brake (EPB) serta rangkaian fitur i-ACTIVESENSE andalan Mazda yang mencakup Hill Launch Assist (HLA), Dynamic Stability Control (DSC) dan kontrol traksi, Lane Keep Assist System (LAS) dan Lane Departure Warning System (LDWS), Driver Attention Alert (DAA), Blind Spot Monitoring (BSM), hingga Rear Cross-Traffic Alert (RCTA). Tapi tak ada cruise control otomatis seperti Mitsubishi Eclipse Cross.

Akomodasi

Foto bagasi Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Sayang tidak ada tirai pemisah bagasi di Corolla Cross

Meski di brosur maupun materi promosi Toyota Corolla Cross ini tidak disebutkan berapa liter kapasitas bagasi dari mobil ini, namun berdasarkan spec sheet Corolla Cross di Thailand menunjukkan angka 487 liter. Pun begitu dengan pelipatan bagasi Corolla Cross yang mampu terlipat dengan konvigurasi 60:40. Sayangnya, tidak tersedia tirai pemisah di bagasi mobil ini seperti di kedua rival lainnya.

Foto bagasi Mitsubishi Eclipse Cross Ultimate AT 2020

Lantai bagasi Eclipse Cross paling rata

Begitu pula dengan Mitsubishi Eclipse Cross, tidak ada keterangan berapa liter kapasitas bagasi belakang mobil ini. Namun, tidak seperti rivalnya yang berasal dari geng Sunter itu, jagoan Pulomas (kantor pusat Mitsubishi Indonesia di Pulomas) ini sudah dilengkapi dengan tirai pemisah bagasi belakang yang dapat menjaga privasi Anda terhadap barang bawaan. Asyiknya, lantai bagasi Eclipse Cross ini nyaris rata dari bibir bagasi, sehingga memudahkan proses loading dan unloading barang. 

Gambar Bagasi Mazda CX-30 GT 2020

Bagasi Mazda CX-30 cukup luas

Senada dengan kedua rivalnya tersebut, pada Mazda CX-30 GT ini juga tak dicantumkan berapa kapasitas bagasi pasti dari mobil ini. Sama seperti Mitsubishi Eclipse Cross, crossover C-Segment rakitan Jepang ini juga dilengkapi dengan pembatas bagasi yang dapat menjaga privasi Anda terhadap barang bawaan. Namun tidak seperti Eclipse Cross yang pakai sistem sliding, pada Mazda CX-30 GT ini penutup bagasinnya tergantung dekat jendela.

Kepraktisan

Foto kursi Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Kursi pengemudi Corolla Cross dapat diatur secara elektrik ke delapan arah

Duduk di dalam kabin Toyota Corolla Cross Anda tidak akan merasa kesempitan, sebab ruang kepala dan ruang kaki bisa dibilang cukup luas. Hal tersebut dapat dirasakan pada bagian depan maupun bagian belakang. Busa joknya juga terasa empuk seperti khasnya mobil dengan platform TNGA lainnya, sehingga akan nyaman untuk perjalanan jauh, apalagi ia sudah dilengkapi dengan kisi AC belakang yang mempercepat aliran udara dingin ke kabin belakang.

Foto kursi belakang Mitsubishi Eclipse Cross Ultimate AT 2020

Sayangnya, sandaran kursi belakang Eclipse Cross terasa kurang rebah

Berlanjut ke kabin belakang Mitsubishi Eclipse Cross, jok yang empuk dan tebal mampu menyangga tubuh dengan baik. Sama seperti Toyota Corolla Cross kursi pengemudinya juga sudah dapat diatur secara elektrik namun hanya ke enam arah saja. Sayangnya tidak terdapat kisi AC belakang seperti Corolla Cross dan kursi belakang sudut sandarannya terlalu tegak, tak seperti Corolla Cross yang lebih rileks. 

Gambar kursi depan Mazda CX-30 GT AT 2020

Posisi mengemudi terbaik ada di Mazda CX-30

Posisi duduk pengemudi di Mazda MX-30 GT adalah yang terbaik pada komparasi kali ini. Meskipun Anda baru duduk di kursi driver untuk pertama kali, namun Anda akan langsung terbiasa, seolah Anda sudah lama memiliki mobil ini. Hal tersebut lantaran posisi duduk yang dapat diatur sangat rendah pun begitu dengan pengaturan setir dengan telescopic yang dapat diatur jauh. Sayangnya, kabin belakangnya terasa agak sempit, tak seperti kedua rivalnya. 

PERFORMA

Foto Mesin 2ZR-FXE Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Torsi Corolla Cross paling besar karena dibantu motor listrik

Berlanjut ke sektor dapur pacu, Toyota yang sudah sangat berpengalaman di dapur pacu hybrid lantas menyematkan juga mesin hybrid andalannya di produk terbarunya ini. Untuk angka pasti mengenai tenaga dan torsi dapat Anda lihat langsung di boks spesifikasi. Meski figurnya merupakan yang terkecil di komparasi kali ini, namun transmisi CVT yang diusung sangat canggih. Sebab, E-CVT tidak pakai belt maupun puli rasio, tapi pakai motor listrik yang bekerja layaknya CVT.

Foto mesin 4B40 di Mitsubishi Eclipse Cross AT 2020

Mesin 4B40 Mitsubishi Eclipse Cross terasa kuat di putaran menengah

Mitsubishi Eclipse Cross juga seakan tidak mau kalah dengan Toyota Corolla Cross. Sebab ia satu-satunya kontestan dalam komparasi Toyota Corolla Cross vs rival ini yang menggunakan dapur pacu dengan turbo. Apalagi dikombinasi dengan pengatur katup variabel MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system) mengatur lift camshaft di rocker arm, hal ini membuat teknologi MIVEC Mitsubishi ini punya jarak main katup hingga 10 mm di atas putaran mesin 3.500 rpm.

Foto mesin SKYACTIV-G 2.0 Mazda CX-30 GT 2020

Tenaga linear dapat Anda rasakan di Mazda CX-30

Mazda CX-30 GT adalah kontestan yang paling bertenaga di komparasi Toyota Corolla Cross vs rival kali ini. Meski kapasitas mesinnya besar tetapi penerapan teknologi SKYACTIV yang diusung mampu mengurangi gesekan di mesin dan berujung pada efisiensi BBM yang baik. Apalagi dengan mesin normally aspirated membuat tenaga mesin terasa linear di setiap putaran mesin dan juga tetap terasa fun to drive.

Agar Anda lebih jelas, kami sajikan spesifikasi teknis dari masing-masing mobil yang kami komparasi untuk mencari SUV Medium 5-Seater terbaik kai ini.

    Mesin

 Tipe mobil

 Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid 2020 Mitsubishi Eclipse Cross Ultimate 2020  Mazda CX-30 Grand Touring 2020
Seri mesin    

 2ZR-FXE, 4-silinder, Hybrid, Atkinson Cycle, Dual VVT-i

 4B40, 4-silinder DOHC MIIVEC Turbo Charger  SKYACTIV-G 2.0 In-line 4 cylinder DOHC 16 valve
Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)  16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)
Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection

 Direct Injection  Direct Injection
Tenaga Maksimum

 120,5 Hp = Total 122 Ps (98 Ps engine + 24 Ps electric motor)

 148,5 Hp (150 Ps) @ 5.500 rpm  153,5 Hp (155 Ps) @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum

 Total 305 Nm (142 Nm engine + 163 Nm electric motor)

 250 Nm @ 2.000-3.500 rpm  200 Nm @ 4.000 rpm
Kapasitas Silinder

 1,798 cc

 1,499 cc  1,998 cc
Bore X Stroke

 80.5 mm X 88.3 mm

 75,0 mm X 84,8 mm  83.5 mm x 91.2 mm
Tipe Transmisi

 E-CVT with Shift Lock (FWD)

 CVT with manual 8-Speed (FWD)  6 Speed Automatic (FWD)

Rangka 

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.460 mm X 1.825 mm X 1.620 mm

 4.405 mm x 1.805 mm x 1.674 mm  4.395 mm x 1.795 mm x 1.540 mm
Jarak Sumbu Roda

 2.640 mm

 2.670 mm  2.655 mm
Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk  5 Tempat Duduk
Radius Putar

 5,2 Meter

 5,3 Meter  5,3 Meter
Ground Clearance

 161 mm

 183 mm  180 mm
Kapasitas Tangki BBM

 36 Liter

 63 Liter  51 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki 

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Macpherson Strut with Stabilizer

 Belakang: Torsion Beam with Stabilizer

 Depan: Macpherson Strut, Coil Spring, Twin Tube Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer

 Belakang: Multi-link, Coil Spring, Twin Tube Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Torsion beam axle

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering  Rack and Pinion with Electronic Power Steering
Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Disc

 Ventilated Disc Brake & Solid Disc  Ventilated Disc Brake & Solid Disc
Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, HSA, & BA

 ABS, EBD, BA, Mitsubishi Mitigation System  ABS, EBD, BA, i-ACTIVSENSE
Teknologi Safety Sasis

 Toyota New Global Architecture

 Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) Body  SKYACTIV-BODY
Struktur Sasis

 Monokok TNGA-C, SUV C-Segment

 Monokok, SUV C-Segment  Monokok, SUV C-Segment
Pelek

 Alloy, 18 Inci

 Alloy, 18 Inci  Alloy, 18 Inci
Jenis Ban

 Michelin Pilot Primacy, 225/50R18

 Toyo Proxes, 225/55R18  Toyo Proxes, 215/55R18

KESIMPULAN

Foto pemenang komparasi

Mitsubishi Eclipse Cross adalah jawara pada komparasi kali ini...

Mitsubishi Eclipse Cross adalah pemenang pada komparasi Toyota Corolla Cross vs rival kali ini. Jelas saja Cintamobil.com memilihnya sebagai pemenang, karena ia memiliki banderol paling murah, mesin turbo, serta fitur paling lengkap. Fitur Adaptive Cruise Controlnya sangat membantu kenyamanan saat hendak mengemudi jarak jauh di luar kota. Di peringkat kedua ada Toyota Corolla Cross bermesin hybrid, kombinasi fitur unik dengan mesin hybrid membawanya di posisi kedua.

>>> Inilah rival lainnya dari Toyota Corolla Cross di Indonesia

Padahal jika fitur keselamatan Toyota Corolla Cross lebih lengkap namun dengan banderol yang sama, bukan tidak mungkin ia memenangkan komparasi kali ini. Mazda CX-30 GT harus puas di tempat ketiga di komparasi Toyota Corolla Cross vs rival ini, meski ia jadi yang paling fun to drive, dan kualitas buatan tinggi khas Mazda, tetapi absennya cruise control adaptive, sunroof yang hanya satu buah dan tentunya harga yang mahal mengganjalnya menjadi jawara. 

 Peringkat Akhir
 1. Mitsubishi Eclipse Cross Ultimate
 2. Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT
 3. Mazda CX-30 Grand Touring

>>> Lihat komparasi mobil yang komperhensif lainnya di sini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top