Mazda MX-30 Range Extender Bermesin Rotary Akan Masuk Amerika

07/01/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Mazda MX-30 Range Extender Bermesin Rotary Akan Masuk Amerika
Setelah mengonfirmasi kembali memakai mesin rotary sebagai powertrain MX-30 Range Extender, Mazda mengatakan model tersebut juga akan hadir di Amerika Serikat.

Oktober lalu, Mazda mengonfirmasi bahwa mesin rotary yang legendaris akan kembali di line-up brand Zoom-zoom itu. Pertanda sebuah Sportscar baru suksesor RX-8? Hmm, sepertinya tidak.

Konsep powertrain Range Extender Mazda dengan mesin Rotary

Bukan sportscar baru, mesin rotary Mazda kembali untuk mobil EV MX-30

Mazda mesin rotary wankel sebagai bagian dari powertrain EV Range Extender untuk mobil listrik pertama mereka, MX-30. Saat ini, prototype Mazda MX-30 Range Extender bermesin rotary wankel sedang dalam fase tes sebelum debut di pasar Eropa pada awal 2022.

>>> Mazda Kembali Produksi Spare Part Mazda RX-7, Siapkan Dua Generasi

Pasar Amerika masuk daftar

Selain Eropa, Mazda MX-30 Range Extender juga akan dipasarkan di Amerika. Hal ini diungkapkan oleh President Mazda North American Operation, Jeff Guyton.

“Kami telah meluncurkan MX-30 di Eropa, yang merupakan mobil BEV (Battery Electrified Vehicle) pertama kami, dan kami akan menyediakan varian Range Extender dengan mesin Rotary di masa depan. Apakah mobil itu akan hadir di Amerika? Ya, namun kami belum berbicara soal tanggal peluncurannya,” ujar Guyton dalam wawancara ke The Detroit Bureau.

“Dan mobil tersebut akan menggunakan konsep range extender dengan mesin rotary wankel seperti di Eropa, itu rencana kami. Untuk pasar Amerika, opsi range-extender tampaknya lebih sesuai.”

>>> Pabrik Mazda Kembali Beroperasi, MX-30 Mulai Diproduksi

Detail Mazda MX-30 Range Extender

Konsepnya, mesin rotary yang ada di balik kap mesin MX-30 Range Extender bertugas sebagai generator yang mengalirkan tenaga menuju baterai yang menyimpan daya untuk motor listrik Mazda e-SkyActiv dengan tenaga 141 HP dan torsi 264 Nm yang menyalurkan tenaga ke dua roda depan.

Mazda sendiri sudah menjajal konsep range extender dengan mesin tahun 2012 dengan mobil tes Mazda 2 yang dilengkapi mesin rotary 330cc dan motor listrik serta baterai. Dalam tes tersebut, mobil dapat melaju 380 km dalam sekali pengisian bahan bakar.

Prototype Mazda 2 Range Extender dengan mesin rotary

Konsep Range Extender Mazda dengan mesin rotary sempat dites di Mazda2 pada tahun 2012

Lalu, bagaimana dengan jarak tempuh MX-30 Range Extender? Seperti dilansir Nikkei Asia, Mazda menargetkan varian range extender punya jarak tempuh dua kali lipat dibandingkan varian BEV.

Sebagai acuan, dalam tes berstandar WLTP, Mazda MX-30 varian baterai bisa berjalan sampai 200 km dengan baterai sebesar 35,5 kWh. Yang berarti, varian Range Extender ditargetkan dapat menempuh jarak sampai 400 km.

>>> Jangan lewatkan berita terbaru otomotif yang tak kalah menariknya di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Ini Jadinya Kalau Mazda RX-7 Veilside Tokyo Drift Bergaya Slamed

05/01/2021

Perawatan dan service

5 menit

Inspirasinya dari Mazda RX-7 Veilside di film Fast and Furious: Tokyo Drift, namun modifikasinya sedikit diubah bukan bertema racing namun slamed dan lebih ceper.

Lihat juga

Penjualan Global Mazda Bulan November 2020 Naik Tipis

29/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Penjualan global Mazda bulan November 2020 lebih baik dibanding penjualan bulan sebelumnya. Meski demikian kenaikannya sangat tipis hanya sebesar 0,33 persen.

Lihat juga

Mazda MX-5 Miata Dikonversi Jadi Mobil Balap Legendaris Alfa Romeo

25/12/2020

Perawatan dan service

4 menit

Punya Mazda MX-5 Miata dan bingung cari konsep modifikasi? Well, ubah saja jadi mobil Grand Prix legendaris Alfa Romeo 158 dengan kit konversi berikut ini.

Lihat juga

20 Merek Terlaris Bulan November 2020, Mazda Masuk 10 Besar

21/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Data penjualan mobil bulan November 2020 menunjukkan Mazda berhasil masuk 10 besar merek terlaris di Indonesia. Penjualan Mazda meningkat lebih dari 250 persen!

Lihat juga

Mazda MX-5 Miata 2021 Ditambah Banyak Fitur Baru

14/12/2020

Mobil baru

5 menit

Mazda MX-5 Miata 2021 akan ditambah dengan banyak fitur baru, mulai dari sistem entertainment, varian warna eksterior dan interior baru, sampai aksesoris lain seperti velg dan jok sport.

Lihat juga
 
back to top