Review Mazda CX-3 2020: Pengganti Trim GT dan Touring

31/08/2020

Share this post:

Mazda CX-3 2020

Editor rate:

Rp 399.000.000

Harga mobil Mazda CX-3 Terbaru di Indonesia Lihat promo

Di tengah maraknya persaingan SUV beberapa tahun belakangan, Mazda CX-3 2020 mendapatkan penyegaran dengan kehadiran varian baru di pasar otomotif Tanah Air.

Review Mazda CX-3 2020: Pengganti Trim GT dan Touring
Review Mazda CX-3 2020: Pengganti Trim GT dan Touring
0 Gambar

Pengantar Mazda CX-3 2020

Mari kita simak spesifikasi Mazda CX-3 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Tampil lebih fresh

Posisi berkendara lebih praktis

Kenyamanan berkendara khas Mazda

Kekurangan

Mesin masih sama

Ubahan tidak terlalu signifikan

Nama Mazda tak begitu kuat di Indonesia

Pandemik COVID-19 tak menjadi halangan bagi Mazda Indonesia untuk membawa model barunya di Indonesia. New Mazda CX-3 2020 diperkenalkan bersamaan dengan kehadiran model baru Mazda CX-9 secara virtual. Ubahan di tahun ini memberikan rasa baru yang lebih segar di tengah persaingan SUV kompak yang semakin masif di Tanah Air.

Mazda CX-3 pertama kali masih ke Indonesia pada tahun 2016 ketika dipamerkan pertama kali pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.  Di luar negeri, Mazda mendapatkan mesin 1.5L, 2.0L, dan mesin diesel 1.5L SkyActiv-D. Sedangkan model yang dipasarkan di Indonesia menggunakan mesin 2.0L SkyActiv-G.

mobil baru Mazda CX-3 2020 berwarna merah
Tampilan terbaru dari facelift Mazda CX-3 2020 di Indonesia

Kali ini, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku distributor resmi merek Mazda di Indonesia membawa sedikit penyegaran di dalam mobil dengan beberapa penambahan fitur. Diantaranya penambahan kulit Nappa serta fitur auto dimming pada spion samping yang memberikan kenyamanan ketika berkendara di malam hari.

Lalu apa saja yang berubah dari model SUV paling mungil milik Mazda saat ini? Simak review Mazda CX-3 2020 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Mazda CX-3 2020

Beberapa ubahan tampilan untuk memberikan penyegaran pada CX-3 setelah 4 tahun melaju di Indonesia. Meskipun tak terlalu signifikan, tapi perubahan yang ditampilan memberikan kesna baru di tengah maraknya model SUV kompak yang bersaing di pasar otomotif Tanah Air.

Review Mazda CX-3 2020: Eksterior Depan

Tampilan depannya yang unik dengan grille besar dilengkapi aksen chrome khas Mazda masih menghiasi fasia depan Mazda CX-3. Lampu depan menyipit berteknologi LED sudah dilengkapi dengan fitur automatic levelling dan fungsi on-off otomatis. CX-3 juga mendapatkan lampu DRL untuk mempermudah pengendaraan di siang hari.

tampilan depan Mazda CX-3 2020 berwarna merah
Tampilan depan Mazda CX-3 2020

Lekukan pada fasia depan tak terlalu tajam, menghadirkan kesan sensual milik Mazda mulai dari sisi depan. Tak ada perubahan, bagian bawah juga mendapatkan ruang untuk asupan udara ke ruang mesin, tepat di bawah grille depan. Sedikit aksen silver pada bagian bumper di bawah lampu kabut dengan teknologi LED.

Review Mazda CX-3 2020: Eksterior Samping

Peningkatan paling besar terlihat pada sisi samping. Mengingat New Mazda CX-3 menggunakan warna mengkilat pada keempat velg 18 inci bergaya 10-spoke, memberikan kesan mewah dari tampilan samping mobil dan dibuat senada dengan aksen silver yang menghiasi side-skirt. Ada guratan melengkung dari fender depan ke belakang yang memberikan gaya unik pada CX-3.

tampilan samping Mazda CX-3 2020 berwarna merah
Tampilan samping Mazda CX-3 2020

Sedikit peningkatan berupa tambahan fitur Auto Dimming yang diberikan pada spion samping untuk memberikan rasa aman ketika berkendara di malam hari. Ada pula aksen Piano Black pada pilar C yang menambah kesan premium pada CX-3.

Review Mazda CX-3 2020: Eksterior Belakang

tampilan belakang Mazda CX-3 2020 berwarna merah
Tampilan belakang Mazda CX-3 2020

Tanpa banyak ubahan, bagian belakang masih tetap sama sensualnya dengan keseluruhan desain eksterior. Kombinasi lampu LED juga menghiasi tampilan belakang CX-3, dilengkapi shark fin antenna pada sisi atas. Bukaan pintu bagasi cukup tinggi, cukup mengurangi kepraktisan ketika harus memasukkan barang berukuran berat ke ruang belakang.


Interior Mazda CX-3 2020

Mazda juga menghadirkan rasa premium yang lebih memikat pada interior CX-3. SUV kompak ini sudah mendapatkan lapisan kulit Nappa berwarna Deep Red. Selebihnya, posisi berkendara yang ergonomis serta kenyamanan di bangku penumpang ditambah kekedapan kabin dari material interior yang berkualitas masih menjadi daya tarik CX-3 di Indonesia.

Review Mazda CX-3 2020: Dashboard

Dashboard juga sudah mendapatkan interior berlapis kulit dan material soft touch serta beberapa aksen chrome. Semua sistem hiburan tertanam pada layar sentuh 7-inci bergaya floating sudah mendapatkan teknologi Mazda Connect. Memang terbilang kecil jika dibandingkan model SUV yang lebih baru, tapi tak meninggalkan kesan elegan pada kabin.

dashboard Mazda CX-3 2020 berwarna hitam
Dashboard Mazda CX-3 2020

Meskipun belum mendapatkan pengaturan digital, kesan mewah tetap terasa hingga kenop pengaturan AC yang dikelilingi aksen chrome. Dari dua varian yang ditawarkan, CX-3 hanya mendapatkan transmisi otomatis. Disandingkan dengan Commander Control yang akan mempermudah pengaturan berbagai teknologi di dalam mobil.

Review Mazda CX-3 2020: Setir

setir Mazda CX-3 2020 berwarna hitam
Setir Mazda CX-3 2020

Setir berlapis kulit bersama beberapa tombol pengaturan masih menemani Anda di belakang kemudi. Ada beberapa tombol yang ditanamkan, termasuk pengaturan Audio, Cruise Control, dan Bluetooth. Dengan hanya menawarkan transmisi otomatis, CX-3 juga dilengkapi dengan tuas paddle shift yang memberikan rasa berkendara yang sporty sepanjang perjalanan.

Review Mazda CX-3 2020: Kursi

Bisa dibilang ubahan yang paling terasa pada interior yaitu dengan penambahan baru pada fitur kursi Mazda CX-3. Kali ini, CX-3 sudah mendapatkan pengaturan tempat duduk secara elektrik yang memudahkan Anda menemukan posisi berkendara paling nyaman sepanjang perjalanan. Menegaskan filosofi Jinba Ittai milik Mazda yang menyatukan pengemudi dengan kendaraannya.

kursi Mazda CX-3 2020 berwarna hitam
Kursi Mazda CX-3 2020

Di belakang, tak ada ubahan yang bisa dirasakan. Mengingat ruang kaki dan kepala cukup untuk penumpang dewasa, meski secara dimensi CX-3 merupakan SUV paling mungil dari keluarga SUV Mazda. Kenyamanan masih terasa dengan  headrest dan armrest yang bisa dibuka pada bagian tengah kursi baris kedua.

Review Mazda CX-3 2020: Bagasi

bagasi Mazda CX-3 2020 berwarna hitam
Bagasi Mazda CX-3 2020

Dimensinya yang kompak memang berpengaruh pada ruang penyimpanan belakang yang tak terlalu lapang. Belum lagi kursi baris belakang cukup rebah guna menambah penumpang dalam perjalanan jauh. Ruang bagasi belakang bisa ditambah dengan merebahkan kursi baris kedua yang terbagi dalam konfigurasi 60:40.

Fitur Mazda CX-3 2020

Semua kelengkapan Mazda bertumpu pada rasa berkendara yang menyenangkan serta berbagai fitur yang ditawarkan. Ada Mazda Connect yang sudah mendapatkan kompatibilitas Apple CarPlay yang mempermudah akses beberapa fitur di dalam mobil. Audio system 6 speaker tersebar di dalam mobil yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik atau sekadar membuka radio AM/FM ketika terjebak kemacetan.

Mazda CX-3 2020 berwarna merah
Fitur Mazda CX-3 2020

Review Mazda CX-3 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Kemudahannya mengendarai CX-3 terasa dengan berbagai fitur bantuan berkendara dan sistem keselamatan yang digunakan. Termasuk fitur pencahayaan otomatis serta wiper yang langsung menyala ketika sensor mendeteksi hujan. Sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA) sangat membantu ketika berkendara di jalanan licin setelah hujan.

CX-3 juga mendapatkan pengendaraan yang stabil bersama teknologi Dynamic Stability Control (DSC) dan Traction Control (TRAC). Ditambah G-Vectoring Control yang menawarkan handling yang lebih baik ketika berbelok. Ada pula Hill Launch Assist (HLA) yang mempermudah ketika berada di jalan mendaki. Fitur keselamatan lainnya termasuk Blind Spot Monitoring System dan Rear Cross Traffic Alert.

>>> [Infografik] Mengenal Keluarga SUV Mazda CX di Indonesia

Operasi Mazda CX-3 2020

Sebagaimana fitur dan sistem berkendara, tak ada perubahan mendasar pada mesin yang digunakan. CX-3 masih setia dengan mesin SkyActiv-G 2.0L 4-silinder DOHC yang sama dengan edisi sebelumnya. Anda bisa mendapatkan mesin yang bertenaga dengan 149 PS pada 6.000 rpm serta torsi maksimal 195 Nm pada 2.800 rpm.

mesin Mazda CX-3 2020 berwarna hitam
Mesin Mazda CX-3 2020

Layaknya model Mazda lainnya, CX-3 masih menghadirkan rasa berkendara yang menyenangkan dan mesin yang responsif. Dimensinya yang kompak membuatnya gesit bermanuver di jalanan perkotaan yang dinamis. Apalagi konsumsi bahan bakarnya terbilang cukup baik untuk sekelas SUV kompak dengan penggunaan sistem i-Stop idling. Tenaga disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi SkyActiv-Drive 6-percepatan.

>>> Cintamobil TV : Komparasi Mazda CX-30 vs Toyota C-HR Hybrid

Spesifikasi Mazda CX-3 2020

Dimensi Mazda CX-3 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.275 x 1.765 x 1.535 mm

Jarak Poros Roda

2.570 mm

Ground Clearance

160 mm

Radius Putar

5.3 m

Mesin Mazda CX-3 2020

Tipe Mesin

SkyActiv-G 2.0L 4-silinder segaris DOHC

Isi Silinder

1.998 cc

Daya Maksimum (PS/rpm)

149 PS @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

195 Nm @ 2.800 rpm

Rasio Kompresi

13.0:1

Diameter x Langkah

83.5 mm x 91.2 mm

Transmisi

SkyActiv-Drive 6-percepatan otomatis

Kaki-Kaki Mazda CX-3 2020

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion beam Axle

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Ukuran Ban

215/50 R18

Tipe Velg

18 inci

Daftar Harga Mazda CX-3 2020

Dua varian baru yang ditawarkan Mazda pada CX-3 awalnya untuk menambah varian GT dan Touring yang lebih dulu diperkenalkan. Tapi saat ini, laman resmi Mazda hanya menampilkan dua model Pro dan Sport terbaru saja. Sedangkan budget yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan dua model sebelumnya. Harga Mazda CX-3 saat ini dimulai dari Rp 399 jutaan untuk varian Sport dan Rp 445 untuk trim Pro.

Kesimpulan Mazda CX-3 2020

Tanpa banyak seremoni, Mazda CX-3 2020 memang hanya mendapatkan sedikit perubahan dibandingkan edisi sebelumnya. Penyegaran yang ditawarkan pada masa pandemic COVID-19 ini memberikan desain baru dari dua model yang dipasarkan saat ini. Namun hal tersebut tidak mengubah kenyamanan dan rasa berkendara fun-to-drive yang ditawarkan CX-3 dibandingkan model lain di segmen yang sama.

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Harga Mazda CX-5 2017: Menguji Efisiensi Teknologi Skyactive

Rp. 526,800,000

18/10/2017

Editor rate:

Mazda CX-5 merupakan sebuah mobil yang dibuat Mazda pasar mobill middle MVP dengan menggununakan teknologi Skyactive yang dikembangkan oleh Mazda. Apa yang membuat mobil ini lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya? Berikut adalah ulasan review Mazda CX-5 2017 terbaru.

Lihat juga

Review Mazda 3 Hatchback 2019: Evolusi Signifikan Sang Generasi Ketujuh

27/12/2019

Editor rate:

Mazda 3 Hatchback 2019 menjadi bukti Mazda semakin mantap memasuki segmen mobil premium di Indonesia. Apa saja “evolusi” yang ditawarkan medium hatchback ini?

Lihat juga

Review Mazda CX-8 Touring 2020: SUV 7-Seater Premium Yang Lebih Terjangkau

Rp 664.800.000

02/12/2019

Editor rate:

Mazda CX-8 yang dipasarkan di Indonesia hadir dalam dua varian, yakni Touring dan Elite. Untuk versi entry level dari Mazda CX-8 diisi oleh Mazda CX-8 Touring. Seperti apa sosok mobil ini, dan apakah ia layak dibeli oleh konsumen Mazda saat ini?

Lihat juga

Spesifikasi Mazda CX-9 2018 Indonesia

28/03/2018

Editor rate:

Tahun 2018 baru masuk dalam hitungan bulan. Namun, Mazda cukup serius menyongsong tahun ini guna memperkuat sales mereka dengan mengeluarkan mobil berkelas premium yakni Mazda CX-9. Mobil yang di import langsung dari Jepang ini menawarkan berbagai spesifikasi menarik mulai dari sisi eksterior, interior, mesin hingga berbagai fitur penunjang keamanan dan keselamatan. Berikut ini adalah spesifikasi Mazda CX-9 2018 Indonesia.

Lihat juga

Review Mazda CX-3 2016: Luxury Club Harus Coba Mobil Ini

05/01/2019

Editor rate:

Mengamati tren otomotif masa kini yang cenderung ke arah Sport Utility Vehicle (SUV) Crossover, membuat kami teringat akan Mazda CX-3. Bahasa desain lugas ala Mazda dipadu fitur paling lengkap dibanding kompetitornya, sengaja dirancang untuk memenangkan pasar SUV Premium. Sudah saatnya, kendaraan produksi Mazda untuk dilirik dan mencoba merasakannya lebih jauh. Untuk itu, marilah kita simak review Mazda CX-3 2016.

Lihat juga
back to top