Review KIA All New Rio EX AT 2019: Sang Kuda Hitam Siap Tantang Jagoan Jepang

27/12/2019

Share this post:

Kia Rio 2019

Editor rate:

Lihat promo

Hatchback asal Negeri Ginseng ini siap menantang hatchback lain asal Jepang. Bagaimana impresi kami mengenai mobil ini? Inilah review KIA All New Rio EX AT 2019

Review KIA All New Rio EX AT 2019: Sang Kuda Hitam Siap Tantang Jagoan Jepang
Review KIA All New Rio EX AT 2019: Sang Kuda Hitam Siap Tantang Jagoan Jepang
0 Gambar

Pengantar Kia Rio 2019

Mari kita simak spesifikasi Kia Rio 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Fitur lebih lengkap

Sunroof satu-satunya di kelasnya

Transmisi otomatis 6 percepatan

Harga lebih terjangkau dari pesaingnya

Kekurangan

Akselerasi biasa saja

Konsumsi BBM tidak lebih irit dari rival

Airbag hanya 2 buah

Belum dilengkapi traction control dan VSC

Gambar menunjukkan logo KIA di KIA All New Rio EX AT 2019

KIA RIO kini hadir dengan fitur yang lebih lengkap

Review KIA All New Rio EX AT 2019 - KIA Rio memang sudah cukup lama berada di pasar Indonesia. Bahkan kami sebenarnya sudah pernah mencoba mobil tersebut secara langsung ketika masih dipegang oleh agen pemegang merek (APM) KIA yang sebelumnya. Dari hasil tes, kami menyayangkan minimnya fitur di mobil tersebut. Tapi kini beda cerita, KIA kini dipegang oleh PT Kreta Indo Artha sebagai APM yang merupakan anak perusahaan Indomobil Group. Mereka kembali menggertak pasar Indonesia dengan KIA Rio 2019.

Gambar menunjukkan mobil KIA All New Rio EX AT 2019

KIA All New Rio hadir ke pasar compact hatchback Tanah Air dan siap menggertak kembali

KIA All New Rio kini hanya tersedia satu varian yakni EX yang merupakan varian termewah dengan dua pilihan transmisi yakni manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan. Berkat penambahan fitur yang signifikan, KIA All New Rio EX AT 2019 ini siap jadi kuda hitam yang siap menantang jagoan lainnya asal Jepang. Lantas, bagaimana impresi dan pendapat kami menangani KIA All New Rio EX AT 2019 ini? Mari simak ulasan berikut ini.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Kia Rio 2019

Review KIA All New Rio EX AT 2019: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan KIA All New Rio EX AT 2019

Tampilan depan menyiratkan kesan moden dan cantik

Saat Anda melihat tampilan depan mobil KIA Rio 2019 ini Anda akan langsung menganggap bahwa desain mobil ini begitu kalem, tapi tak mengesampingkan kesan modern dan cantik. Hal itu terpancar dari penggunaan lampu depan model projector dengan teknologi LED (Light Emitting Diode) yang punya kemampuan Bi-Beam. Belum lagi, grille berkelir piano black diapit garis krom yang membuat kesan cantik kian mencuat.

Gambar menunjukkan headlamp KIA All New Rio EX AT 2019

Tak hanya foglampnya, headlampnya juga sudah menganut LED projector

Satu hal lagi yang patut diapresiasi adalah penggunaan foglamp yang sama-sama menggunakan projector dan bohlam berjenis LED. Pancaran cahaya dari foglamp ini juga sama baiknya dengan headlamp berjenis LED yang ada di lampu utamanya. Secara umum, dari tampilan depan KIA Rio 2019 ini kami cukup menyukai desainnya yang simpel namun tak menghilangkan kesan cantik nan menggoda.

Review KIA All New Rio EX AT 2019: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping KIA All New Rio EX AT 2019

Selain ubahan velg, di tampak samping tak terlalu beda dengan pendahulunya

Berlanjut ke bagian sampingnya, tampilannya menjadi terlihat proporsional karena ia merupakan satu-satunya model di kelasnya yang menggunakan velg berdiameter 17 inci. Sedangkan rival lainnya asal Jepang masih mengandalkan velg dengan diameter maksimum 15 inci. Selain itu, tampilan sampingnya pun makin manis berkat window lining dengan aksen chrome. Kesan canggih ditampilkan dengan penggunaan tombol keyless entry pada gagang pintu.

Gambar menunjukkan smart entry KIA All New Rio EX AT 2019

Sudah mengusung keyless entry

Review KIA All New Rio EX AT 2019: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang KIA All New Rio EX AT 2019

Tampak buritan tetap terlihat cantik nan menggoda

Aura modern sekali lagi dipancarkan pada tampak belakang mobil KIA All New Rio EX AT 2019 ini dari penggunaan rear combination lamp dengan bohlam LED. Selain itu desain bumper belakangnya juga berkesan elegan dengan tarikan garis yang kalem. O ya, yang tak kalah menyenangkan adalah penggunaan gagang pintu elektrik di bagasi. Hal ini membuat Anda hanya perlu sentuhan ringan saja untuk membuka pintu bagasinya. Sayang, Anda juga masih harus pakai otot untuk membuka, karena bobot pintu ini tidak ringan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Kia Rio 2019

Review KIA All New Rio EX AT 2019: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor KIA All New Rio EX AT 2019

Kelir dasbor dominan hitam menambah kesan elegan

Layout dashboard juga berkesan mewah pada mobil KIA Rio 2019 ini. Meski Anda tak akan menemukan material empuk dan jahitan-jahitan penambah unsur kemewahan pada mobil ini, tapi Anda akan terkesan dengan padu padan kelir piano black pada masing-masing kisi AC dan warna abu-abu muda. Pengatur AC juga sudah menganut sistem digital yang komplit, dan juga tersedia pengaturan fungsi climate control.

Review KIA All New Rio EX AT 2019: Kursi

Gambar menunjukkan kursi depan KIA All New Rio EX AT 2019

Kursi depan nyaman diduduki dan terdapat pengaturan arah yang lengkap

Saat duduk di kursi mobil KIA All New Rio EX AT 2019 ini Anda akan terkesan dengan empuknya jok dan juga pengaturan kursinya yang lengkap, terutama untuk jok pengemudi. Kendati belum berlapis kulit dan tidak dilengkapi dengan pengaturan lumbar support serta jok elektrik, tetapi kursi pengemudi mampu diatur maju mundur dan juga naik turun. Begitu juga dengan penumpang depannya.

Gambar menunjukkan kursi belakang KIA All New Rio EX AT 2019

Kursi belakang sempit dan berpotensi melelahkan saat perjalanan jauh

Sayang sekali, hal yang sama tidak akan Anda temukan pada kursi penumpang belakang. Karena baik untuk ruang kaki, ruang tangan dan kepala kesemuanya terasa agak kurang luas. Masih kalah bila harus dibandingkan dengan rivalnya asal Jepang seperti Honda Jazz maupun Toyota Yaris. Tapi untunglah, kursi belakang ini masih dapat dilipat dengan format 60:40 guna memaksimalkan bagasi, serta semua kursi telah dilengkapi dengan headrest yang proper.

Review KIA All New Rio EX AT 2019: Setir

Gambar menunjukkan layout dasbor KIA All New Rio EX AT 2019

Setir dibungkus kulit dan nyaman digenggam

Posisi duduk pengemudi akan semakin mudah ditemukan posisi ideal berkat penggunaan format tilt dan telescopic pada setir KIA Rio 2019 ini. Tak hanya itu saja, jari Anda juga tidak akan kesepian karena baik di spoke kiri maupun kanan bertabur beragam tombol pengaturan baik untuk mengatur audio maupun memilih setup pada multi information display mobil ini. Apalagi setir sudah dibungkus kulit yang membuatnya nyaman digenggam serta mencuatkan aura mewah.

>>> Baca juga:

Fitur Kia Rio 2019

Review KIA All New Rio EX AT 2019: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan Advance High Strength Steel and Press Hot Sampling di KIA All New Rio EX AT 2019

Rangka sudah digunakan bahan AHSS + HSS yang ringan dan kuat menyerap benturan

Sayangnya, untuk fitur keselamatan sepertinya KIA Rio 2019 ini masih harus banyak belajar dari rival-rivalnya asal Jepang. Karena pada mobil KIA All New Rio EX AT 2019 ini hanya tersedia dual SRS Airbag saja, belum 7 buah seperti pada rivalnya. Belum lagi saat Anda bermanuver akan terasa kurang percaya diri karena ia belum dilengkapi dengan kontrol kestabilan maupun kontrol traksi. Tapi untuk struktur rangka Anda jangan khawatir, sebab mobil ini dilengkapi dengan Advance High Strength Steel and Press Hot Stamping yang mampu menyerap energi tabrakan saat terjadi kecelakaan fatal.

Review KIA All New Rio EX AT 2019: Sunroof

Gambar menunjukkan sunroof di KIA All New Rio EX AT 2019

Meski tak terlalu berguna di negara dengan iklim tropis, namun kehadiran sunroof dapat menambah aura lega

Aura kabin yang lapang sangat terbantu oleh kehadiran fitur ini. Sunroof pada KIA All New Rio EX AT 2019 ini dapat dibuka tutup secara elektrik hanya dengan sentuhan ringan saja. Terlebih, Anda yang memiliki anak kecil akan menyenangi adanya fitur ini. Meskipun, harus diakui fitur ini tidak boleh terlalu sering terpakai di negara Indonesia yang memiliki iklim tropis..

Review KIA All New Rio EX AT 2019: In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan head unit di mobil KIA

Sound quality dan head unit cukup memadai

Sistem audio merupakan salah satu kelebihan KIA Rio 2019 ini. Sebab, ia merupakan satu-satunya di kelasnya yang audionya sudah men-support Apple Car Play dan juga Android Auto. Apalagi kualitas suara yang dihasilkan dari audio mobil KIA Rio terbaru ini juga cukup baik, sebab ia punya 4 speaker dikawal dengan 2 tweeter. Bentuk head unit 7 inci yang digunakannya tampil terintegrasi dan rapi.

>>> Komparasi KIA Picanto GT Line VS Chevrolet Spark Premier 2019

Operasi Kia Rio 2019

Gambar menunjukkan mesin Kappa 1.4L di KIA All New Rio EX AT 2019

Mesin masih mempertahankan yang digunakan di KIA Rio sebelumnya

KIA All New Rio EX AT 2019 ini menggunakan mesin berkode Kappa berkapasitas 1.348 cc. Mesin ini punya output tenaga puncak sebesar 98,5 Hp atau sekitar 100 Ps pada 6.000 rpm, serta torsi sebesar 133,3 Nm yang dapat diraih di 4.000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke kedua roda depan via dua pilihan transmisi baik manual maupun otomatis yang keduanya 6-percepatan.

Gambar menunjukkan tuas transmisi KIA All New Rio EX AT 2019

Transmisi otomatis kini 6 percepatan dari sebelumnya yang hanya 4 percepatan

Dengan jumlah percepatan yang lebih banyak dibandingkan dengan KIA Rio sebelumnya, diharapkan ia dapat menjadi lebih agresif di jalan terutama saat stop and go. Karena berdasarkan hasil uji kami pada KIA Rio sebelumnya, ia agak lemah di putaran bawah. Kami harap, dengan rasio gigi yang lebih rapat akan menjadikan mobil KIA Rio terbaru ini cukup kuat berakselerasi di putaran bawah. Apalagi karakteristik pengguna mobil ini lebih sering di dalam kota, dan sesekali pelisir ke luar kota.

Gambar menunjukkan ban dan pelek KIA All New Rio EX AT 2019

Meski tidak dilengkapi dengan kontrol stabilitas, namun kualitas bannya baik

Meski tidak dilengkapi dengan kontrol kestabilan maupun kontrol traksi. Namun, Anda tak perlu ragu-ragu untuk bermanuver cepat dengan mobil ini. Sebab, ia dilengkapi dengan ban Continental ContiSportContanct berdiameter 17 inci dengan ukuran lebar tapak 205 dan aspect ratio 45. Ban ini punya grip yang baik dan membuat Anda lebih percaya diri ketika menikung di kecepatan tinggi. Apalagi, sistem MDPS khas KIA sudah terpasang di mobil ini dan mampu mendeteksi kecepatan serta memberikan bobot yang pas di setir.

>>> Bisa Gantikan Spion, Kia dan Hyundai Patenkan Pilar A Transparan

Spesifikasi Kia Rio 2019

Berikut ini adalah spesifikasi KIA All New Rio EX AT 2019.

Mesin KIA All New Rio EX AT 2019
 Seri mesin  Kappa, 1.4L Dual CVVT, MPI, DOHC 
 Jumlah Silinder  4 Silinder
 Jumlah Katup  16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)
 Tenaga Maksimum  98,5 Hp (100 Ps) @ 6,000 rpm
 Torsi Maksimum  133,3 Nm @ 4,000 rpm
 Kapasitas Silinder  1,348 cc
 Bore X Stroke  71,0 mm X 84,0 mm
 Tipe Transmisi  Otomatis 6 Percepatan, Penggerak Roda Depan
  Rangka KIA All New Rio EX AT 2019
 Panjang X Lebar X Tinggi  4,065 mm X 1.725 mm X 1,460 mm
 Jarak Sumbu Roda  2,580 mm
 Radius Putar  5,1 meter
 Track Roda Depan & Belakang  1,518 mm & 1,524 mm
 Kapasitas Tangki  45 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki KIA All New Rio EX AT 2019
Suspensi Depan & Belakang  MacPherson Strut Independent & Coupled Torsion Beam Axle
Sistem Kemudi  Rack And Pinion, Motor Driven Power Steering
Rem Depan & Belakang  Disc Brake & Disc Brake
Teknologi Sistem Pengereman  ABS
Teknologi Safety Sasis  Advance High Strength Steel and Press Hot Stamping
Struktur Sasis  Monokok, B-Segment
 Pelek  Alloy, 17 inch
Jenis Ban  Continental ContiSportContanct, 205/45 R17

Daftar Harga Kia Rio 2019

Model yang kami ulas ini adalah tipe EX. KIA All New Rio hanya tersedia dalam satu varian dengan 2 pilihan transmisi, berikut ini kami tampilakan daftar harga KIA Ri:

TIPE MOBIL

HARGA KIA RIO BARU (OTR)

                       All New KIA Rio EX M/T IDR 276.000.000

All New KIA Rio EX A/T

IDR. 286.500.000

Kesimpulan Kia Rio 2019

Gambar menunjukkan sebuah mobil KIA All New Rio EX AT 2019

Apakah mobil ini layak beli?

Jika Anda mencari hatchback yang mampu menarik perhatian di jalan, maka KIA Rio dapat menjadi opsi yang tepat. Desain yang menarik, fitur yang komplit, lengkap dengan tersedianya sunroof yang membedakannya dengan rival-rival asal Jepang dapat memuaskan tak hanya gaya, namun juga fungsi. Penggunaan transmisi 6-speed juga memberikan keunggulan dalam pengendaraan dan efisiensi bahan bakar. Meskipun harga yang ditawarkan lebih mahal hingga Rp 11 dibandingkan rata-rata rivalnya, namun Anda bisa mendapatkan nilai yang berbeda. Meski begitu, perlu dipertimbangkan perihal layanan purna jual yang ditawarkan oleh KIA.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

AUTO 9 MOBIL

DI Yogyakarta

Dwi Jaya Mobil

DI Yogyakarta

Review lain

Review Suzuki New Baleno 2020: Tampil Makin Agresif!

26/12/2019

Editor rate:

Suzuki New Baleno 2020 resmi meluncur. Setelah ramai diperbincangkan dan beredar foto spyshootnya, inilah ulasan lengkap tentang Suzuki New Baleno 2020

Lihat juga

Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019: Menggoda Dengan Fitur Berlimpah

24/12/2019

Editor rate:

KIA All New Picanto GT Line AT 2019 merupakan varian tertinggi dari Picanto. Dengan fitur yang berlimpah, ia berusaha menggoda penikmat mobil kelas city car

Lihat juga

Review Suzuki Baleno Hatchback AT 2018: Wajib Segera Facelift!

22/12/2019

Editor rate:

Suzuki Baleno Hatchback 2018 bisa menjadi pilihan hatchback menarik yang bisa Anda miliki. Berbagai keunggulan yang ditawarkan patut menjadi pertimbangan.

Lihat juga

Review Toyota Yaris 2020: Yaris Kembali Groovy

26/10/2019

Editor rate:

Akhirnya Toyota Yaris terbaru keluar juga versi terbarunya. Bentuknya kini keren dan funky membuatnya seolah kembali ‘groovy’. Meski saat ini belum dijual, akankah mobil Toyota Yaris 2020 yang akan jadi model global ini juga akan masuk Indonesia?

Lihat juga

Review Datsun GO Live 2019: Tampil Lebih Memikat Dan Cerdas Dengan Penambahan Fitur Terkini

30/07/2019

Editor rate:

Hadir dengan tampilan lebih atraktif plus penambahan fitur terkini, membuat Datsun GO Live 2019 dinilai pas bagi calon konsumen yang datang dari kalangan anak muda yang ingin tampil beda dan lebih ekspresif.

Lihat juga