Bisa Gantikan Spion, Kia dan Hyundai Patenkan Pilar A Transparan

21/10/2018
Blind-spot seakan menjadi musuh pengemudi. Namun tak lama lagi, Anda bisa berkendara dengan tenang tanpa blind-spot dengan pengembangan pilar A transparan yang sudah dipatenkan Kia dan Hyundai.

Beberapa dekade lalu, kecelakaan seringkali membuat bodi mobil langsung ringsek. Pilar A (pilar di kedua sisi kaca depan) yang tipis dan tipis menjadi salah satu penyebab ringkihnya kendaraan saat terjadi tabrakan. Namun saat ini, Kia dan Hyundai sedang mengembangkan pilar A transparan untuk membuat mobil semakin aman ketika terjadi kecelakaan.

>>> Harus Siap Move On, 5 Perubahan Teknologi Mobil Ini Buktikan Mobil Berevolusi

Gambar yang menunjukan paten pilar A Hyundai dan Kia

Pilar A transparan yang dipatenkan Hyundai dan Kia

Hyundai dan ia memiliki aplikasi paten untuk “sistem tampilan pilar untuk blind spot kendaraan,” yang diterbitkan sebelumnya pada bulan Oktober. Singkatnya, pabrikan asal Korea Selatan ini menggunakan sistem kamera dan proyektor untuk mengambil gambar dari luar dan menerapkannya ke pilar A, menawarkan representasi dari sisi lain. Dalam aplikasi patennya, pejalan kaki digunakan untuk mengisyaratkan aplikasi keamanan dari teknologi ini.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas, jangan abaikan daftar mobil dijual di sini

Aplikasi ini akan menentukan apakah spion bisa menunjukan bagian belakang dengan cukup baik. Meskipun cermin tambahan merusak estetika kendaraan. Menggunakan fisika optik memang selalu rumit, namun kamera dan proyektor dapat mengatasi keterbatasan ini. Catatan aplikasi yang menempatkan perkiraan blind spot di lokasi yang sama dengan spion lebih intuitif ​untuk pengemudi sehingga bisa meningkatkan keselamatan lebih lanjut.

Secara teoritis, teknologi ini dapat diterapkan pada setiap pilar kendaraan. Banyak diantaranya berurusan dengan estetika serta mekanisme kendaraan yang terus berkembang. Apakah teknologi ini akan menggantikan spion di masa depan, hanya waktu yang bisa menjawab.

>>> Temukan teknologi terbaru seputar otomotif lainnya disini

Penjelasan pilar transparan Jaguar Land Rover

Hyundai dan Kia bukanlah pembuat mobil pertama yang menghasilkan solusi serupa untuk pilar A. Pada tahun 2017, aplikasi paten yang diterbitkan Toyota terjun jauh dalam komponen kendaraan untuk menciptakan “perangkat cloaking” pada pilar A. Sedangkan pada 2014, Jaguar Land Rover meluncurkan ide sendiri untuk pilar A transparan, yang bergantung pada kamera dan layar, sepert aplikasi paten ini.

>>> Perhatikan rangkuman tips dan trik otomotif lainnya hanya di Cintamobil

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0