Review Hyundai Sonata 2014: Meredup Tanpa Perlawanan

22/03/2019
editor rate: 4,5 user rate: 3,8
Bisa dibilang, Sonata adalah model paling tua besutan Hyundai. Kehadiran generasi pertamanya sejak tahun 1985, kini telah mencapai generasi ketujuh. Bisa dibayangkan bukan, betapa kokohnya Sonata selama 30 tahunan belakangan ini. Namun jika melirik nasibnya di Indonesia, Sonata hanya hadir hingga generasi keenam saja, mengingat penjualannya tidak segemilang produk lainnya. Meski begitu, kami masih sangat menyukai beberapa hal darinya. Berikut review Hyundai Sonata 2014.

PENGANTAR Hyundai Sonata 2014

Review Hyundai Sonata 2014 - Reputasi Hyundai di mata dunia terangkat berkat salah satu produk unggulannya yakni Sonata. Bayangkan saja, jika ditotal dari segi penjualan global, Hyundai Sonata sudah berhasil terjual sebanyak 7,3 unit. Apalagi, mobil satu ini terus diberikan pembaruan secara signifikan mengikuti perkembangan minat masyarakat hingga telah meraih generasi ketujuh. Sebuah fakta menarik untuk menyebutnya sebagai produk kesayangan Hyundai.

Di Indonesia, Sonata sempat dijual hingga generasi keenam saja. Nasibnya tak begitu baik dikarenakan beberapa faktor seperti halnya pajak sedan yang cukup mahal dan kalah saing dengan merek ternama. Deputy Marketing Director Hyundai Mobil Indonesia (HMI), Hendrik Widjaja, juga menambahkan bahwa berkurangnya permintaan dari perusahaan taksi membuat Sonata tidak berkembang.

“Redup tanpa perlawanan”, itulah kesan pertama kami. Ya, selain karena hambatan-hambatan tadi, kami juga menilai bahwa Hyundai Sonata tak kunjung diberikan penyegaran. Pembaruan terakhir diberikan pada tahun 2014 lalu. Namanya mulai meredup dan sosoknya sangat jarang terlihat di perkotaan. Berdasarkan data Wholesales GAIKINDO, penjualan Sonata sejak tahun 2014 tak pernah menyentuh angka 10 unit. Padahal, mobil sedan satu ini memiliki harga yang kompetitif serta sudah dibekali performa mesin tangguh.

Hyundai Sonata 2014 memiliki tampilan luar yang elegan sekaligus atletis

Bisa Anda amati bahwa Hyundai Sonata sejatinya memiliki tampilan yang sangat menjual

Meski nasibnya kurang beruntung di Indonesia, namun Cintamobil.com masih cukup antusias dengan Sonata. Mengingat, mobil sedan ini sudah masuk ke generasi ketujuh dan dikemas dengan fitur menarik. Untuk menjawabnya, mari kita kupas satu per satu dalam review Hyundai Sonata 2014.

EKSTERIOR Hyundai Sonata 2014

Desain eksterior Hyundai Sonata 2014 dikemas cukup Premium dan ikonik. Memang, kami cukup mengapresiasi cara pabrikan Korea Selatan ini dalam meracik mobil andalannya.

Review Hyundai Sonata 2014: Eksterior Depan

Front Grille Hyundai Sonata 2014 dikemas cukup menawan dengan aksen berlapis krom dan logo Hyundai pada sisi tengahnya. Hal tersebut tampak sesuai dengan lampu utamanya yang tajam dipadu fitur LED Daytime Running Light (DRL).

Eksterior depan Hyundai Sonata 2014 dikemas dengan tampilan menawan

Wajah depannya dikemas apik dengan lampu DRL berdesain agresif

Paling ikonik dari eksterior Hyundai Sonata 2014 adalah desain lampu kabutnya yang terlihat agresif dan tidak pernah kami temui pada model di kelasnya. Hal ini menjadi pembeda paling khas bagi Sonata. Adapun unsur mewah juga terlihat kental dengan sentuhan krom di pelipis atas lampu kabutnya.

Review Hyundai Sonata 2014: Eksterior Samping

Merambah ke bodi samping Huyndai Sonata 2014, Anda akan disuguhkan sebuah kaca spion multifungsi. Pasalnya, terdapat dua hal menarik seperti terintegrasinya lampu sein dan fitur pelipatan otomatis. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa lebih dimudahkan dalam berkendara.

Eksterior Samping Hyundai Sonata 2014 dibekali kaca spion berfitur pelipatan otomatis

Bodi sampingnya dihias menawan dengan guratan atletis

Review Hyundai Sonata 2014: Eksterior Belakang

Bodi belakang Sonata 2014 sendiri terlihat seksi dengan kaca yang melandai diakhiri Spoiler berukuran minimalis. Adapun nuansa tegas juga terpancar kuat dari sisi lampu yang dikemas minimalis nan tajam. Pemanis akhir adalah fitur Shark Fin Antenna pada sisi atapnya.

Eksterior Belakang Hyundai Sonata 2014 menggunakan kaca berlekuk seksi

Bodi belakangnya dibekali nuansa sporty lewat fitur Spoiler

>>> Lihat juga:

INTERIOR Hyundai Sonata 2014

Dimensi Wheelbase di angka 2.570 mm, membuat ruang interior Hyundai Sonata 2014 terasa cukup lega baik dari kursi pengendara maupun kursi penumpang. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan menarik bagi para eksekutif muda.

Review Hyundai Sonata 2014: Dashboard

Untuk sekelas mobil sedan, Hyundai Sonata menghadirkan atmosfer interior yang sangat elegan. Idenya berangkat dari X-Concept, mengkombinasikan Thrilling Sort of Agility dengan Individual Style yang menjadikan kabinnya terasa nyaman untuk semua penumpang.

Dashboard Hyundai Sonata 2014 sudah dibekali berbagai fitur hiburan

Dashboard-nya dikemas cukup elegan menggunakan trim X-Concept

Tak lupa, aspek hiburan Hyundai Sonata 2014 juga dihadirkan lewat fitur LCD dengan format lengkap (MP3, USB dan radio). Meski tidak secanggih mobil-mobil saat ini namun fitur audio Sonata cukup mudah dioperasikan.

Review Hyundai Sonata 2014: Setir

Kemudi setirnya juga dibalut kemewahan bahan kulit. Hal ini tentu membuat Anda merasakan kenyamanan ketika menggenggam setirnya. Di sisi lain, logo khas Hyundai juga disematkan sebagai penunjuk identitasnya.

Setir Hyundai Sonata 2014 sudah dibekali bahan kulit berkualitas

Di balik kemudi setirnya juga sudah dilengkapi Speedometer bergaya Meter Cluster sporty

Review Hyundai Sonata 2014: Kursi

Kursinya sendiri cukup mampu untuk menampung hingga 5 orang termasuk pengendara. Bahkan, kenyamanan saat menduduki kursinya terasa kuat berkat fitur Lumbar Support yang notabene hanya dimiliki oleh mobil-mobil papan atas saja.

Kursi Hyundai Sonata 2014 mampu menampung lima orang sekaligus

Kursinya dikemas dengan desain yang elegan dan sudah didukung Lumbar Support

>>> Informasi menarik lainnya:

FITUR Hyundai Sonata 2014

Pertimbangan dalam membeli mobil juga harus diperhitungkan matang-matang. Sama halnya ketika membahas fitur Hyundai Sonata 2014. Kira-kira fitur apa saja yang disematkan pada mobil sedan satu ini?

Review Hyundai Sonata 2014: Fitur Keselamatan

Dari banyaknya model sedan, kami berani mengatakan bahwa Sonata adalah salah satu mobil terbaik dari segi kenyamanan berkendara. Sebagai informasi saja, Hyundai Sonata memiliki Ground Clearance sebesar 185 mm sehingga dapat melewati jalanan bergeronjal. Bahkan, Hyundai menyematkan Shock Absorber bertipe Amplitudo Selective Damper (ASD) yang berfungsi untuk meredam goncangan ketika melewati jalan berbatu.

Fitur Hyundai Sonata 2014 sudah dilengkapi dengan teknologi pengereman ABS

Mobil satu ini diklaim memiliki sensasi berkendara yang nyaman meski berjalan di medan bergeronjal

Tak luput dari pantauan kami, Hyundai Sonata juga sudah dibekali teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) yang mampu memberi sensasi pengereman lebih responsif. Sayangnya, kami belum menemukan teknologi penunjang pengereman lainnya.

Review Hyundai Sonata 2014: Fitur Hiburan

Dari lini dashboard, Anda akan menemukan panel LCD Touchscreen berukuran 7 inci. Esensi praktis dalam pengoperasian audio-nya terasa sangat responsif. Adapun panel tersebut sudah didukung format USB, MP3 dan radio, sehingga Anda dapat memutar lagu favorit dari Handphone.

>>> Bisa Gantikan Spion, Kia dan Hyundai Patenkan Pilar A Transparan

OPERASI Hyundai Sonata 2014

Bodinya yang ramping dan atletis, mendapat dorongan kuat dari mesin mumpuni. Sebagai penyuplai tenaga, operasi mesin Hyundai Sonata 2014 menggunakan kapasitas 2.359 cc Theta II MPI. Racikan tersebut berhasil mencatatkan daya maksimum di angka 175 HP dengan torsi puncak sebesar 194 Nm setara 4.000 Rpm.

Operasi Mesin Hyundai Sonata 2014 mampu mencapai daya maksimum hingga 175 HP

Performa mesinnya cukup mumpuni karena didukung kapasitas 2.359 cc

Tenaga yang dihasilkan mesinnya akan disalurkan ke roda menggunakan transmisi 6 tingkat percepatan otomatis. Sensasi pergantian gigi terasa cukup responsif di setiap tahapnya. Di sisi lain, hal yang kami sukai adalah kapasitas tangki bahan bakarnya yang mencapai 70 Liter sehingga Anda dapat berpetualang lebih jauh tanpa perlu khawatir kehabisan bensin.

>>> Lihat juga mobil Hyundai yang tak kalah menarik lainnya di sini

spesifikasi Hyundai Sonata 2014

Tak lupa, Cintamobil.com hendak melampirkan spesifikasi Hyundai Sonata 2014 dalam tabel di bawah ini.

SPESIFIKASI HYUNDAI SONATA 2014

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.820 mm x 1.835 mm x 1.470 mm

Wheelbase

2.795 mm

Ground Clearance

135 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.4 Liter Theta II MPI

Kapasitas Silinder

2,359 cc

Daya Maksimum

176 HP

Torsi Maksimum

194 Nm

Sistem Transmisi

6 Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Sistem Pengereman

Ventilated Discs

Ukuran Ban

215/60 R17

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

70 Liter

kelebihan & kekurangan Hyundai Sonata 2014

Kini saatnya bagi Cintamobil.com memberikan opini tentang kelebihan dan kekurangan Hyundai Sonata 2014.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain eksterior sangat elegan dan memiliki ciri khas tersendiri

Populasinya sedikit karena kalah saing dengan merek yang sudah mendominasi lainnya

Tampilan interior terasa sangat elegan berkat X-Concept

Dengan mesin di atas 1.500 cc, mobil sedan ini dikenai pajak 40 persen

Performa mesin cukup tangguh dan sangat nyaman dikendarai di medan-medan bergeronjal

Fitur interior kurang atraktif

daftar harga Hyundai Sonata 2014

Hyundai mengimpor beberapa produknya ke Indonesia seperti halnya Sonata. Berikut daftar harga Hyundai Sonata 2014 baru.

TIPE MOBIL

HARGA HYUNDAI SONATA BARU

Hyundai Sonata 2.4 Liter A/T

IDR. 597.500.000

 

>>> Lanjut update informasi tentang harga dan promo mobil Hyundai lainnya di sini

Video Hyundai Sonata 2014

KESIMPULAN Hyundai Sonata 2014

Kebijakan Pemerintah Indonesia yang dinilai kurang bersahabat dengan mobil sedan, membuat Hyundai Sonata kian meredup. Padahal, mobil satu ini memiliki desain eksterior mengesankan dan sensasi berkendara yang cukup lumayan. Selain itu, berbagai kendala seperti persoalan citra merek Hyundai yang kurang membumi serta minimnya permintaan dari segi Fleet, membuat Hyundai Sonata kurang laris setiap tahunnya. Namun, jika Anda menilai sebuah mobil dari segi fitur dan spesifikasi yang mumpuni, Hyundai Sonata adalah salah satu rekomendasi terbaik dari kami. Pesonanya tak pernah pudar sejak 30 tahunan lalu, terus diperbarui dan dikembangkan sehingga menjadi salah satu produk kesayangan Hyundai.

>>> Ingin tahu mobil-mobil terbaru yang baru dirilis di Indonesia? Ikuti terus review mobil terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil