Masa Depan Kian Dekat, Hyundai Siapkan Teknologi Membuka Mobil Tanpa Kunci

08/03/2019
Semakin banyaknya pencurian mobil yang menggunakan kunci fob membuat Hyundai memikirkan cara baru yang mungkin bisa dibilang radikal, yaitu menghilangkan kunci mobil. Lalu, bagaimana cara membuka mobil tanpa kunci?

Hyundai pada Senin (4/3) lalu mengumumkan bahwa mereka memperkenalkan “Digital Key” yang “memungkinkan pengguna untuk membuka kunci dan memulai kendaraan Hyundai melalui smartphone mereka. Dan tanpa kunci manual maupun kunci fob, Hyundai membuka lembaran baru dengan teknologi yang bisa membuka mobil tanpa kunci.

kunci Hyundia dan smartphone dengan latar putih

Anda bisa mengganti kunci mobil dengan smartphone Anda

Sistem ini dapat diprogram untuk bekerja hingga dengan empat ponsel. Jadi Anda bisa menggunakan teknologi ini pada smartphone Anda, istri, dan anak-anak. Hyundai juga menyebutkan bahwa sistem ini menggunakan teknologi komunikasi jarak dekat (Near-Field Communication) atau NFC untuk mendeteksi apakah ponsel yang sudah terintegrasi dekat dengan pintu kendaraan.

>>> Gunakan Barang-Barang di Rumah untuk Mencegah Smart Key Diretas

"Setelah membuka kunci kendaraan, pengguna dapat menghidupkan mesin dengan menempatkan smartphone pada pad pengisian nirkabel di konsol tengah dan menekan tombol Start / Stop mesin di dashboard," kata Hyundai dalam pernyataan resminya.

Meskipun begitu, Hyundai bukanlah pembuat mobil pertama yang menggunakan smartphone sebagai kuncinya. Tesla Model 3 juga sudah menggunakan telepon, melalui Bluetooth, untuk membuka mobil dan mempersiapkan kendaraan untuk digunakan saat pengemudi berada dalam jarak sekitar 30 kaki (10 meter).

>>> Temukan informasi seputar teknologi otomotif terlengkap disini

teknologi Hyundai dengan smartphone menempel di pintu mobil

Teknologi Hyundai menjadikan smartphone sebagai pengganti kunci mobil

Tetapi kali ini, Hyundai membuat sistem yang menjadikan smartphone sebagai kunci mobil Anda. Sistem NFC akan menggunakan kunci telepon Hyundai mengharuskan Anda berada dalam jarak 4 sentimeter dari pintu mobil, seperti yang bisa kita lihat pada gambar di atas.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

"Digital Key akan menguntungkan banyak pelanggan Hyundai di masa depan, serta memungkinkan skema baru yang inovatif untuk berbagi kendaraan," kata Ho Yoo, pemimpin kelompok Grup Pengembangan Elektronik Grup Hyundai Motor, dalam sebuah pernyataan. “Kami sedang mempelajari cara-cara lain untuk memanfaatkan jenis teknologi mobil yang terhubung ini untuk sangat meningkatkan pengalaman berkendara dan kepemilikan.”

Hyundai Sonata 2020 berwarna merah

Hyundai akan memamerkan teknologi ini pada Hyundai Sonata 2020

Tidak hanya membuka mobil tanpa kunci, sistem Hyundai juga memungkinkan kendaraan untuk menyetel pengaturan pribadi secara otomatis, seperti posisi kursi, cermin, hingga kontrol audio untuk pengemudi tertentu. Hyundai akan melakukan debut teknologi ini pada Hyundai Sonata 2020 yang akan dibawa menuju New York Auto Show pada bulan April nanti.

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Padli Nurdin

Ulasan anda

berita lain