Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016: Si Pendiam Bertorsi Besar

25/06/2020

Share this post:

Hyundai Santa Fe 2016

Editor rate:

Rp. 280.000.000

Harga Hyundai Santa Fe Terbaru Lihat promo

Mobil ini mengusung mesin diesel yang membuatnya menjadi jagoan di kelasnya, lebih lengkapnya simak secara tuntas Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016 ini...

Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016: Si Pendiam Bertorsi Besar
Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016: Si Pendiam Bertorsi Besar
0 Gambar

Pengantar Hyundai Santa Fe 2016

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Santa Fe 2016 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin diesel efisien dan bertenaga

Resale value baik (depresiasi terjaga)

Fitur cukup lengkap

Kekurangan

Belum dilengkapi dengan vehicle stability control

Harus menggunakan BBM dengan sulfur rendah

Perawatan mahal

Gambar menunjukkan Hyundai Santa Fe generasi pertama

Santa Fe merupakan produk best seller di Amerika

Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016 - Hyundai hampir selalu memberi nama produk di jajaran SUV (Sport Utility Vehicle)-nya dengan nama-nama tempat atau kota di Amerika Serikat (AS). Ambil contoh Hyundai Tucson yang merupakan nama kota di negara bagian Arizona, atau Hyundai Palisade yang merupakan nama kota hukum di bagian Colorado AS. Termasuk Hyundai Santa Fe yang jadi nama Ibu kota di negara bagian New Mexico. Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah Hyundai Santa Fe yang juga menjadi salah satu SUV best seller di Amerika.

Gambar menunjukkan Hyundai Santa Fe generasi kedua

Santa Fe masuk dan bersaing dengan Soerento sekaligus menjadi alternatif Honda CR-V

Hyundai Santa Fe pertama kali muncul di dunia tahun 2000 dan masuk ke Indonesia melalui PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) setahun kemudian. Saat itu yang dijual adalah Santa Fe dengan dua pilihan mesin bensin yakni 4-silinder 2.400 cc dan V6 2.700 cc. Bentuknya yang unik saat itu malah kurang diterima pasar mobil Tanah Air. Santa Fe bisa dibilang kalah pamor dari rivalnya seperti Honda CR-V. Padahal CR-V pakai mesin lebih kecil dan dimensi bodinya lebih kompak dari Santa Fe.

Gambar menunjukkan Hyundai Santa Fe generasi ketiga pre-facelift

Santa Fe generasi ketiga menggebrak pasar Indonesia tahun 2013

Tahun 2007 Hyundai Santa Fe generasi kedua lahir, dan cukup menyita perhatian dunia karena bentuknya sudah lebih proporsional. Santa Fe kini dipersenjatai dengan mesin baru, untuk unit bensin disusupkan unit 4-silinder 2.400 cc berkode Theta II. Sedangkan mesin V6 disiapkan untuk spot order saja (dimasukkan jika ada pesanan). Pada tahun tersebut PT HMI malah sedang ancang-ancang memasukkan varian diesel terbaru di line-up Santa Fe. Akhirnya mesin R2.2 diesel masuk tahun 2009 dan langsung mencuri perhatian.

Foto Hyundai Santa Fe diesel facelift 2016

Mari kita bahas si pendiam bertorsi besar ini

Pasalnya mesin diesel pada Hyundai Santa Fe ini modern, tidak berisik (senyap) dan punya output tenaga dan torsi yang besar. Saking istimewanya, mesin diesel 4-silinder 2.200 cc  ini tetap dipertahankan hingga Hyundai Santa Fe lahir generasi ketiganya pada tahun 2013. Di tahun tersebut tampilan Santa Fe diubah secara revolusioner, jauh lebih ganteng dan berkarakter. Namun, yang akan kita bahas kali ini adalah Santa Fe generasi ketiga yang telah mendapatkan facelift. Seperti apa impresinya? Simak review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016 hingga tuntas.

Eksterior Hyundai Santa Fe 2016

Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Hyundai Santa Fe XG 2.2 Diesel 2016

Santa Fe model facelift 2016 tampil lebih dewasa

Dibandingkan dengan model sebelumnya, tampilan depan Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016 ini lebih dewasa. Grille depan mendapat sentuhan utama dengan mempertipis bilah krom yang malah membuatnya terlihat lebih mewah. Lantas, headlamp juga sedikit diubah namun tetap mempertahankan model projectornya. Bumper depan, DRL (Daytime Running Light) dan housing foglamp juga mendapat ubahan yang di model facelift ini jadi lebih simpel tanpa mengurangi kesan elegan.

Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016: Tampilan Samping

Foto tampilan samping Hyundai Santa Fe XG 2.2 Diesel 2016

Pelek jadi salah satu highlight facelift di Santa Fe 2016 ini

Lanjut ke bagian samping Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016 ini, Anda akan langsung melihat ubahan pada desain pelek 19 inci-nya. Jika pada model sebelumnya desain pelek multi spoke yang diusung lebih tebal, kini pada versi facelift lebih tipis dan diberi kelir mengkilat. Ini membuat tampilan samping Hyundai Santa Fe ini makin berisi dan segar. Sementara bagian lainnya tidak mendapatkan ubahan apapun, termasuk gagang pintu dan lis chrome yang mengelilingi jendelanya.

Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Hyundai Santa Fe XG 2.2 Diesel 2016

Bumper belakang sedikit dapat ubahan

Pada tampilan eksterior buritan Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016 ini hanya mendapatkan sedikit sentuhan di bumper belakangnya. Desain dan ukuran mata kucing di belakang lebih besar dari versi sebelum facelift. Begitu juga bumpernya yang lekukannya lebih dewasa dengan penambahan aksen silver pada bagian bawahnya. O ya, ujung knalpot ganda seakan menandakan bahwa performa yang disajikan Santa Fe ini tidak main-main.

>>> Bertabur Fitur, Yuk Intip Harga Hyundai Santa Fe Diesel Bekas 2016


Interior Hyundai Santa Fe 2016

Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016: Layout Dashboard

Foto layout dashboard Hyundai Santa Fe Diesel 2016

Bahan dasbornya baik namun juga ada beberapa plastik keras

Masuk ke bagian interior Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016 ini, Anda akan disajikan dengan desain dashboard yang tinggi. Untunglah ini tidak jadi masalah karena posisi kursi dapat diatur secara manual ke delapan arah, begitu pula dengan setirnya yang dapat diatur secara tilt and telescopic. Padu padan warna dashboardnya sendiri terlihat elegan, sayangnya masih banyak terdapat slot kosong pada Santa Fe ini yang membuat kesan fiturnya banyak terpangkas.

Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016: Sunroof

Foto sunroof Hyundai Santa Fe Diesel 2016

Sunroof besar membuat kesan mahal sekaligus lega

Bagi Anda yang mempunyai anak kecil, pasti cukup menggemari fitur ini. Apalagi Hyundai Santa Fe yang saat baru dijual dengan harga Rp 539 juta ini dilengkapi panoramic sunroof yang membentang dari depan hingga belakang. Selain memberikan kesan luas dan lega, fitur ini cukup berguna apalagi kalau Anda sering bepergian ke pegunungan yang mana kualitas udara di sana lebih baik dari kota besar, dan memungkinkan sunroof ini dibuka secara elektris dari tombol di belakang spion tengah.

Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016: Bagasi

Foto bagasi Hyundai Tucson Santa Fe Diesel 2016

Bagasi memadai dan layak dijadikan partner untuk perjalanan jauh

Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016 ini juga ideal untuk perjalanan luar kota. Sebab selain ia dilengkapi dengan 7 tempat duduk, ia juga memiliki kapasitas bagasi yang memadai. Apalagi jika kursi paling belakang dilipat, ia mampu menyajikan bagasi seluas 1.000 liter. Membuat tas jenis apapun dapat masuk dengan mudah, masing kurang luas? Anda bisa melipat kursi baris kedua dan mendapatkan space hingga lebih dari 2.000 liter. Tapi bagasi ini bukannya tanpa kekurangan, lantai bagasi tinggi membuat Anda perlu effort ekstra saat memasukkan barang ke bagasinya.

>>> Mobil SUV Korea Rasa Amerika, Inilah 3 Kelebihan Hyundai Santa Fe 2019

Fitur Hyundai Santa Fe 2016

Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016: In-Car Entertaiment System

Foto in-car entertaiment system Hyundai Santa Fe Diesel 2016

Sayang tatanan audionya terbatas

Sistem audio adalah salah satu kekurangan Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016 ini, karena selain ia tidak dilengkapi dengan head unit layar sentuh, jumlah speakernya pun sedikit. Tercatat hanya ada 4 speaker dan 2 buah tweeter di mobil dengan dimensi sebesar ini. Jelas suaranya tidak bisa diharapkan, Cintamobil.com pun sudah mencoba sendiri dan kami menyarankan Anda jika membeli mobil ini agar melakukan upgrade sistem tatanan suaranya. Konektivitasnya juga buruk, sebab smartphone Anda tidak akan dapat terkoneksi ke sistem audio big SUV ini.

Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016: AC Climate Control

Foto pengaturan AC climate control Hyundai Santa Fe Diesel 2016

AC sudah climate control dan dual zone

Meski kualitas audionya mengecewakan, namun pengaturan AC di mobil ini patut dibanggakan. Sebab, Hyundai Santa Fe 2..2L CRDi 2016 ini sudah dilengkapi dengan pengaturan AC climate control dual zone, jadi pada kabin bagian depan suhu AC dapat diatur terpisah. Makin menyenangkan karena untuk mengalirkan udara dingin ke kabin belakang sudah terdapat kisi AC di masing-masing row tempat duduk.

Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016: Cruise Control

Foto cruise control Hyundai Santa Fe Diesel 2016

Cruise control membuatnya menyenangkan diajak jalan jauh dengan kecepatan konstan

Mobil ini telah dilengkapi dengan cruise control. Menjadikan mobil ini melaju pada jalan bebas hambatan lebih nyaman dengan adanya fitur ini. Dengan mengaktifkan fitur cruise control ini, ECU alias Electronic Control Unit akan memerintahkan TPS (Throttle Position Sensor) untuk menahan bukaan throttle pada derajat tertentu guna menahan laju mobil pada kecepatan yang sudah ditentukan. Tentu di perjalanan panjang fitur ini akan sangat berguna dan menyenangkan pengemudi. Dan lebih hemat BBM di tol dengan elevasi datar.

Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016: Multi Information Display

Foto multi information display Santa Fe Diesel 2016

Sayang font MID-nya kuno, seperti kalkulator jaman dulu

Layar multi information display pada Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016 ini juga menyajikan informasi yang cukup lengkap. Mulai dari informasi konsumsi bahan bakar real time, konsumsi bahan bakar rata-rata, kecepatan rata-rata, speedometer digital, informasi waktu berkendara, suhu luar kendaraan, dan tentu saja tripmeter A, B dan odometer. Sayangnya, meski informasinya lengkap tapi font-nya agak kuno, seperti kalkulator jaman dulu.

>>> Review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015: Edisi Khusus Seharga Low MPV

Operasi Hyundai Santa Fe 2016

Foto mesin R2.2 Hyundai Santa Fe Diesel 2016

Dibalik suaranya yang senyap, tersimpan torsi luar biasa

Mesin menjadi nilai jual utama di mobil Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016 ini. Seperti yang kami sudah sebut pada pengantar, mesin tanpa busi (baca: diesel) ini pendiam (suaranya tidak berisik) namun tenaga dan torsinya memukau. Pertama kita bahas spek mesinnya dulu, mesin 4 silinder ini punya kapasitas silinder bersih 2,199 cc dan dilengkapi dengan variable geometry turbo. Makin istimewa karena mesin ini sudah mengusung Common Rail Direct Injection (CRDi)

Foto driving mode Hyundai Santa Fe Diesel 2016

Tersedia tiga pilihan mode berkendara

Mesin berkode R2.2 ini mampu menghasilkan tenaga 197 ps atau sekitar 195,5 Hp di putaran mesin 3.900 rpm dan torsi sebesar 445 Nm yang sudah mulai terasa sejak rotasi mesin 1.800 hingga 2.500 rpm. Tenaga dan torsi tersebut tersalur ke dua roda depan melalui transmisi  6-percepatan otomatis yang dapat dipindah secara sekuensial dengan menggeser tuas transmisi ke mode manual. Santa Fe diesel ini juga dilengkapi tiga pilihan mode berkendara, yakni eco, normal dan sport.

Foto emblem CRDi dan VGT di Hyundai Santa Fe Diesel 2016

VGT membuat SUV besar ini mudah menyentuh kecepatan 200 km/jam

Melaju di jalan bebas hambatan bukan masalah baginya. Sesekali speedometer menunjuk angka 200 km/jam. Tak heran, karena untuk berakselerasi dari diam ke 100 km/jam ia hanya butuh 9,6 detik saja. Angka sebaik itu tidak lekas mencederai konsumsi BBM-nya, di rute dalam kota sanggup mencatat 11,1 kilometer per liter sedangkan di rute tol ia dengan mudah menyentuh angka 16,5 kilometer per liter. Satu yang pasti, torsi 445 Nm membuat mobil ini terasa beringas di mode apapun. Tapi Anda harus hati-hati, sebab ia tidak dilengkapi kontrol kestabilan apapun.  

>>> Teknologi Pemindai Sidik Jari Hyundai Akan Dipasangkan pada Santa Fe 2019

Spesifikasi Hyundai Santa Fe 2016

Berikut ini adalah spesifikasi Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016.

Mesin Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016

 Seri mesin

 R2.2 4 Silinder, Diesel, CRDi

 Pasokan Bahan Bakar

 Common Rail Direct Injection (CRDi)

 Jumlah Katup

 4 Katup Per Silinder (2 Inlet & 2 Outlet)

 Tenaga Maksimum

 195,5 Hp (197 Ps) @ 3.900 rpm

 Torsi Maksimum

 445 Nm @ 1.800 - 2.500 rpm

 Kapasitas Silinder

 2,199 cc

 Bore X Stroke

 85.4 mm X 96.0 mm

 Tipe Transmisi

 6 Percepatan Otomatis, Skuensial, FWD

  Rangka Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016

  Panjang X Lebar X Tinggi

 4.700 mm x 1.880 mm x 1.690 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.700 mm

 Jarak Terendah Ke Tanah

 185 mm

 Jumlah Tempat Duduk

 7-Seats

 Kapasitas Tangki

 64 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Multi Link 

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Motor Driven Power Steering (MDPS)

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

 Advanced High Strength Steel (AHSS)

Struktur Sasis

 Monokok, SUV C-Segment

 Pelek

 Alloy, 19 inch

Jenis Ban

 Kumho Crugen, 235/55 R19

Daftar Harga Hyundai Santa Fe 2016

Foto harga Hyundai Santa Fe Diesel 2016

Harga bekas Santa Fe diesel termasuk bertahan di pasar mobkas

Saat baru, Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016 ini dijual dengan banderol di atas Rp 500 juta, tapi untuk versi bekas Anda bisa peroleh dengan kisaran harga antara Rp 300 hingga Rp 380 jutaan. Namun perlu diingat, harga tersebut tidak mengikat dan sangat tergantung dari kondisi aktual kendaraan. Dan Anda harus pastikan mobil yang Anda incar memiliki riwayat catatan servis yang lengkap.

>>> Dapatkan harga Hyundai Santa Fe terlengkap di sini

Kesimpulan Hyundai Santa Fe 2016

Foto kesimpulan review Hyundai Santa Fe Diesel 2016

Ingin incar mobil ini? Pastikan pemilik sebelumnya salalu isi solar sesuai rekomendasi pabrikan

Apabila Anda mencari mobil SUV dengan sasis monokok yang hemat bahan bakar dan juga kencang, maka mobil Hyundai Santa Fe Diesel 2016 ini sangat cocok untuk Anda. Tapi perlu diingat, perawatan mobil ini tidak simpel sebab teknologi mesin diesel yang diusung sudah sedemikian maju dan usahakan membeli dari tangan pertama dengan riwayat perawatan berkala di bengkel resmi. Pantas rasanya jika ia disebut sebagai SUV pendiam namun bertorsi besar.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang berguna lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Palbapang Motor Yk

DIY Yogyakarta

Review lain

Review Hyundai i20 R5 2019

12/03/2019

Editor rate:

Jika reli kelas World Rally Championship atau WRC terasa terlalu tinggi serta tidak semua pereli dapat berlaga di kelas tersebut, dan juga kelas R2 terlalu nanggung, Anda dapat mencoba kelas ini, R5 yang memang didedikasikan untuk 'customer racing' atawa kaum privateer. Ini pendapat kami mengenai salah satu mobil yang berlaga di kelas R5 atau WRC2, sebuah Hyundai i20 R5 spek 2019.

Lihat juga

Review Hyundai Tucson GLS 2005: SUV Enak Dengan Harga Bekas Kini Rp 60 Jutaan

05/10/2019

Editor rate:

Inilah SUV yang cukup diperhitungkan merek lain asal Jepang. Kehadirannya mampu mencuri perhatian dengan bentuk tak lazim plus transmisi otomatis shifttronic. Lantas, dengan harga bekasnya yang kini hanya Rp 60 jutaan, layakkah ia untuk dimiliki?

Lihat juga

Review Hyundai Tucson 2020: Medium SUV Hyundai Bertambah Tampan

30/01/2020

Editor rate:

Setelah empat tahun tanpa perubahan, Hyundai Tucson 2020 diperkenalkan dengan membawa berbagai fitur baru dan penyegaran tampilan untuk pasar Tanah Air.

Lihat juga

Review Hyundai H-100 2016: Andalan Kendaraan Niaga Hyundai

Rp 100.000.000

15/05/2020

Editor rate:

Jika Anda mencari pengganti Mitsubishi L300, Anda bisa beralih ke Hyundai H-100 2016dengan kelengkapan fitur kenyamanan dan keselamatan sepanjang berkendara.

Lihat juga

Review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015: Edisi Khusus Seharga Low MPV

Rp 250.000.000

16/06/2020

Editor rate:

Ingin mendapatkan mobil edisi khusus berkualitas? Ada Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 dengan mesin yang bertenaga dan fitur canggih dengan harga terjangkau.

Lihat juga