Sejarah Mobil SUV, Angkutan Perang yang Laris Manis di Pasaran

04/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sejarah Mobil SUV, Angkutan Perang yang Laris Manis di Pasaran
Dikenal sebagai angkutan perang pada awal kemunculannya, sejarah mobil SUV berkembang menjadi kendaraan yang bisa digunakan di semua medan hingga menghadirkan interior yang mewah untuk jalanan perkotaan.

Mobil SUV adalah singkatan dari Sport Utility Vehicle. Penamaan ini dimaksudkan untuk menunjukkan kendaraan yang lebih bertenaga dibandingkan sedan dan berguna dalam berbagai situasi. Sejarah mobil SUV sebagai kendaraan utilitas diawali karena menghadirkan ground clearance yang lebih tinggi, ruang kabin yang lebih besar, tempat duduk tambahan, serta ruang kargo yang lebih luas.

Meskipun perkembangan SUV tak bisa dilepaskan dari kendaraan militer, namun SUV pertama kali sebenarnya bisa terlihat dari kehadiran Chevrolet Suburban yang diperkenalkan pada 1930-an. Tetapi konsep ini tidak benar-benar digunakan hingga 1980-an. Saat itulah ada pergeseran dari stasiun wagon ke minivan, lalu akhirnya menjadi SUV.

mobil lawas Chevrolet Surbuban 1935 berwarna hitam
Sejarah mobil SUV pertama kali dibawa oleh Chevrolet Suburban tahun 1935

Nama kendaraan utilitas nan sporty bukan berarti memiliki kecepatan yang kencang, tetapi digunakan karena SUV bisa digunakan dalam kegiatan petualangan di luar kota. Pengertian utilitas mobil SUV adalah dikarenakan mampu menghadapi beragam situasi dibandingkan mobil sedan maupun city car yang hanya terbatas pada jalanan perkotaan.

>>> Dimulai Dari Tahun 1935, Mengenal Sejarah Tes Mengemudi Kendaraan Yuk!

SUV sebelum Perang Dunia

Berbagai sumber saling bertentangan mengenai SUV yang pertama kali dipasarkan. Beberapa menyebutkan convertible Crosley 1948, sebagian yang lain meyakini Ford Bronco keluaran 1966 sebagai SUV pertama. Namun tak ada yang dalam menyangkal bahwa Jeep menggunakan istilah ‘Sport Utility Vehicle’ dalam brosur Jeep Cherokee ketika dirilis pada tahun 1974.

kendaraan tempur yang digunakan tentara di medan perang 
Sejarah SUV dimulai bahkan sebelum Perang Dunia II

Sementara istilah SUV tidak digunakan secara harfiah sampai tahun 1980-an, namun banyak kendaraan pada masa sebelum Perang Dunia II yang memenuhi kriteria SUV. Sebagian besar dipasarkan sebagai station wagon atau 4-wheel drive. Kendaraan yang bisa disebut sebagai SUV pertama kali dibangun untuk menjadi transportasi militer atau kendaraan komersial ringan.

SUV mulai berkembang sebagai kendaraan utilitas dengan kemampuan untuk melewati jalanan yang lebih bergelombang dan off-road. Jepang menciptakan Kurogane Type 95 pada tahun 1936, Rusia mengembangkan GAZ-61 pada tahun 1938, dan Volkswagen Type 97 mulai diproduksi sejak tahun 1941.

mobil lawas Humber Heavy Utility 1940 berwarna cokelat 
Humber Heavy Utility 1940 jadi salah satu SUV pra-Perang Dunia

Ada pula Humber Heavy Utility keluaran 1940 yang menjadi salah satu contoh SUV pra-Perang Dunia. Popularitasnya pun tak terlalu besar, mengingat biaya penambahan penggerak empat roda ke mobil penumpang. Sebelum perang, hanya ada beberapa perusahaan yang mengembangkan kendaraan utilitas. Tapi ketika perang mulai berkobar, Chevrolet, Dodge, bahkan Ford mulai ikut serta.

>>> Ingin membeli mobil tangguh di segala medan? Dapatkan daftarnya di sini

Membludaknya SUV paska perang

Angkatan Darat Amerika meminta produsen mobil untuk menciptakan kendaraan prototipe 4 roda nan tangguh, tahan lama, dan mampu membawa tentara melewati medan kasar. Mereka mengajukan permintaan ke lebih dari 130 perusahaan, namun hanya Willy’s Overland yang membuat prototipe Jeep dipilih sebagai pemasok kendaraan untuk militer.

Salah satu kendaraan paling ikonik dalam sejarah otomotif bisa dibilang adalah Willys Civilian Jeep (atau CJ). Jeep memainkan peranan penting dalam peperangan, membantu pasukan Amerika, Inggris, dan Australia mengangkut tentara dan peralatan melewati lingkungan yang berbahaya, tapi di satu sisi tetap menjaga pasukan tetap aman selama di jalanan.

mobil lawas Willys Jeep berwarna cokelat 
Willy Civilian Jeep (CJ) menjadi angkutan darat tentara Amerika

Dipasarkan pertama kali 1944, versi retailnya digunakan pada Perang Dunia II. Sampai Jeep Wrangler menggantikannya pada 1987.Setelah perang, Jeep model CJ-5 mulai dijual ke publik dan menjadi mobil yang sangat populer, terutama di Negeri Paman Sam.

>>> Sejarah Jeep: ‘Sports Car Amerika Sebenarnya’

mobil lawas Land Rover Series I berwarna hijau 
Land Rover Series I mengawali sejarah mobil SUV pertama di Inggris

Tak mau kalah dengan sekutu Amerika-nya, dua bersaudara Maurice Wilks dan Spencer Wilks membuat desain untuk kendaraan 4x4 yang disebut ‘Land Rover’. Menggunakan spesifikasi mirip dengan Jeep, Land Rover debut pada April 1948 awalnya dirancang untuk digunakan oleh petani. Penggantinya, Land Rover Defender, yang tetap diproduksi hingga 68 tahun mampu terjual hingga 2 juta unit.

mobil lawas Toyota Land Cruiser berwarna cokelat
Toyota Land Cruiser mengawali sejarah mobil SUV pertama milikToyota

Pada 1950, ketika Perang Korea pecah, militer Amerika yang memiliki pangkalan di Jepang meminta pabrikan mobil Jepang mengembangkan kendaraan militer. Pada tahun 1951, Toyota merancang sebuah prototipe, namun ditolak Jeep Amerika. Kemudian pada 1953, Toyota datang dengan Land Cruiser, SUV 4x4 yang kuat dan tahan lama. Nantinya, Land Cruiser digunakan oleh Badan Kepolisian Nasional Jepang.

>>> Sejarah Toyota Land Cruiser, Berawal Dari Mobil Militer Hingga Menjadi Mobil Legendaris

Lahirnya SUV modern

Jeep Cherokee (XJ) berukuran kompak yang dipasarkan mulai 1984 sering dianggap awal mula sejarah mobil SUV modern pertama. Penggunaan konstruksi unibody dengan sistem penggerak empat roda mengurangi bobot Cherokee. Model ini juga menarik keluarga perkotaan karena memiliki ukuran yang lebih kompak serta interior yang lebih mewah.

mobil lawas Jeep Cherokee 1984 berwarna cokelat 
Sejarah mobil SUV modern terlahir dari Jeep Cherokee tahun 1984

Ketika Cherokee sukses di pasaran kala itu, istilah ‘sport vehicle’ akhirnya digunakan oleh pers di Amerika untuk pertama kalinya. Dalam keterangannya, mereka menyebutkan “Muncul dan keberhasilan langsung dari model kompak empat pintu Cherokee dari AMC/Jeep membuat industri truk kelimbungan.”

Sejarah mobil SUV mengalami popularitasnya sepanjang tahun 1990-an hingga saat ini. Tak hanya di Amerika, bahkan seluruh dunia. Sama seperti di Indonesia, pembeli akhirnya menyukai kendaraan dengan kabin yang lebih besar, peningkatan fitur keselamatan, serta ground clearance yang lebih tinggi dibandingkan model lainnya.

>>> Mobil Crossover Adalah SUV yang Lebih Mungil, Benarkah Demikian?

Jenis mobil SUV

Tak sedikit yang mengklasifikasikan jenis mobil SUV menjadi lebih dari enam tipe. Dimana dengan tambahan crossover serta premium SUV. Tapi sejatinya crossover masuk dalam kategori tersendiri yang berbeda dengan SUV karena menggunakan rangka unibody. Oleh karena itu, Cintamobil.com membagi jenis mobil SUV yang bisa Anda temukan di Indonesia menjadi tiga bagian.

1. Small SUV

 mobil baru Kia Seltos 2020 berwarna merah
Kia Seltos merupakan salah satu small SUV di Indonesia

Atau disebut juga dengan SUV kompak. Sesuai dengan namanya, SUV jenis ini memiliki desain yang lebih kecil dibandingkan SUV lainnya. Kebanyakan juga digunakan untuk jalanan perkotaan. SUV kompak dirancang untuk menampung lebih sedikit kargo dan penumpang. Mesin yang lebih kecil memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Contoh SUV kompak di Indonesia seperti Kia Seltos dan Honda CR-V.

>>> Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: Compact SUV Turbo dengan Transmisi Kopling Ganda Termurah di Indonesia

2. Medium SUV

mobil baru poster Mitsubishi Pajero Sport berwarna putih
Anda bisa mendapatkan kapasitas penumpang yang besar dari Mitsubishi Pajero Sport

SUV bertipe sedang memang mendapatkan ukuran kargo serta kapasitas penumpang yang baik dari SUV kompak. Selain dimensi, perbedaan medium SUV dengan yang lebih kecil terlihat dari kapasitas silinder 2.4L hingga 3.0L. Medium SUV yang bisa Anda dapatkan di Indonesia seperti Toyota Fortuner hingga Mitsubishi Pajero Sport.

3. Big SUV

mobil baru Mazda CX-9 2020 berwarna merah 
Mazda CX-9 bisa disebut sebagai SUV besar premium di Indonesia

>>> Dapatkan ribuan informasi tentang pasar mobil di Indonesia dan dunia dengan klik sini

Toyota Land Cruiser dan Mazda CX-9 adalah contoh SUV berukuran besar. SUV berukuran ini cenderung memiliki ukuran interior dan dimensi yang lebih besar, luas, dan lebar, serta dengan muatan yang lebih banyak. Jenis mobil SUV besar juga memiliki torsi yang lebih besar serta kapasitas mesin 3.0L untuk mengangkut beban yang lebih berat. Sayangnya, hal ini berdampak pada efisiensi bahan bakar yang lebih boros.

SUV dan MPV memang menjadi beberapa segmen yang berkembang pesat dalam tahun-tahun terakhir. Pemilihan mobil SUV dan MPV bisa didasarkan kebutuhan Anda; mobil MPV bagi Anda yang lebih banyak berkendara di jalanan yang mulus, contohnya di perkotaan, dan mobil SUV bagi Anda yang sering melewati jalanan yang bergelombang serta membutuhkan tenaga yang lebih besar. 

>>> Kumpulan artikel tips dan trik lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

7 Beda SUV dan MPV, Mulai dari Sejarah Hingga Profil Ban

03/03/2020

Jual beli

3 menit

Masih bingung akan membeli SUV atau MPV? Bagi Anda yang masih penasaran dengan beda SUV dan MPV, berikut Cintamobil.com menjelaskan beberapa perbedaan untuk memudahkan Anda memilih mobil pilihan Anda.

Lihat juga

Sejarah dan Arti dari Lambang Lamborghini, Bantengnya Mobil Sport

03/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Siapa sangka lambang Lamborghini tercipta dari zodiak sang pendiri? Bahkan persaingan Ferruccio Lamborghini dan Enzo Ferrari memberikan nada tersendiri dalam perkembangan logo Lamborghini.

Lihat juga

Ini Kisah Sukses Sejarah 50 Tahun Perjalanan Mercedes-Benz di Indonesia

11/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Mercedes-Benz memiliki sejarah yang panjang di Indonesia. Lalu bagaimana kisah produsen mobil mewah asal Jerman ini di Indonesia? Simak kisahnya di bawah ini.

Lihat juga

Mengenal Sejarah dan Jenis Sabuk Pengaman Mobil

08/01/2020

Pengemudian

5 menit

Sabuk pengaman yang saat ini digunakan, ternyata sudah dipakai sejak puluhan tahun lalu. Terus menerus berinovasi, ada berbagai jenis sabuk pengaman mobil yang dulu sempat dipakai oleh para produsen mobil.

Lihat juga

Sejarah Toyota Land Cruiser, Berawal Dari Mobil Militer Hingga Menjadi Mobil Legendaris

15/02/2019

Pasar mobil

Di zaman modern ini, apakah Anda masih mengenal Toyota Land Cruiser? Memang tak dipungkiri, mobil satu ini sangat jarang dilihat berkeliaran di lalu lintas kota, mengingat harganya yang cukup mahal. Namun tahukah Anda, sejarah Toyota Land Cruiser terbilang paling menarik di antara model Toyota lainnya.

Lihat juga