Review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015: Edisi Khusus Seharga Low MPV

16/06/2020

Share this post:

Hyundai Santa Fe 2015

Editor rate:

Rp 250.000.000

Daftar harga Hyundai Santa Fe Lihat promo

Ingin mendapatkan mobil edisi khusus berkualitas? Ada Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 dengan mesin yang bertenaga dan fitur canggih dengan harga terjangkau.

Review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015: Edisi Khusus Seharga Low MPV
Review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015: Edisi Khusus Seharga Low MPV
0 Gambar

Pengantar Hyundai Santa Fe 2015

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Santa Fe 2015 di bawah ini.

Kelebihan

Desain maskulin dan sporty
Rasa berkendara yang menyenangkan
Suspensi empuk
Fitur tak kalah dengan mobil baru
 

Kekurangan

Konsumsi bahan bakar cukup boros
Populasinya sedikit
Belum menggunakan kontrol traksi
 

Review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 - Santa Fe merupakan salah satu SUV dengan citra tangguh serta mesin yang bandel di pasar otomotif Tanah Air. Tepat pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) memperkenalkan edisi khusus dari Santa Fe dengan nama Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015.

Sebagai mobil edisi khusus, Hyundai menawarkan beberapa perubahan yang membuat mobil terkesan lebih canggih dibandingkan SUV standar pada masanya. Selain badge D-Spec Limited pada bagian belakang, Santa Fe D-Spec ini dilengkapi 4 buah surround camera untuk menghasilkan kamera 360 yang bisa dilihat pada head unit.

Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 berwarna putih
Mobil edisi khusus Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015

Tersedia dengan pilihan mesin bensin dan diesel, Cintamobil.com akan mengupas versi bensinnya. Berikut review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 bagi Anda yang ingin mendapatkan mobil edisi khusus dengan harga yang terjangkau.

Eksterior Hyundai Santa Fe 2015

Dilihat dari luar, Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 memiliki tampilan yang hampir sama dengan versi standar Santa Fe generasi ketiga yang dipasarkan sejak 2012 silam. Tapi ada sedikit penambahan untuk kesan eksklusif dari model edisi khusus ini.

Review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015: Eksterior Depan

Menilik eksterior mobil edisi khusus ini, tak ada banyak perubahan pada tampilan eksteriornya. Contohnya saja terlihat pada tampilan tiga bilah grille chrome yang cukup besar. Masih sama dengan generasi ketiga yang diperkenalkan tahun 2012 lalu. Lampu utama sudah mendapatkan teknologi proyektor LED.

tampilan depan Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 berwarna putih
Eksterior depan Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015

Beralih ke bawah, ada lampu DRL berteknologi LED. Streamline panel bodi berwarna hitam mengelilingi tampilan depan hingga ke belakang. Melengkapi tampilan depannya ada skid plate berwarna perak yang menawarkan kesan sporty khas SUV untuk membantu Anda berkendara di medan kasar.

Review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015: Eksterior Samping

bagian samping Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 berwarna putih
Eksterior samping Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015

Tampilan sampingnya memang tak banyak perubahan dibandingkan versi standar. Namun pilar samping pada kaca sudah mendapatkan warna gloss black. Begitu pula dengan spion samping yang sudah dilengkapi lampu sein dengan warna gloss black pada bagian bawah. Menyajikan kesan eksklusif pada mobil ini. Sisi sampingnya juga dilengkapi list chrome yang mengelilingi jendela samping serta pada gagang pintu.

Review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015: Eksterior Belakang

tampilan belakang Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 berwarna putih
Eksterior belakang Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015

Beralih ke belakang, memang tak banyak perbedaan yang ditemukan pada D-Spec Limited dibandingkan Santa Fe standar. Lampu belakang LED serta dilengkapi roof spoiler masih sama. Namun ada logo Santa Fe Limited D-Spec pada sisi kiri. Pada bagian bawah, terdapat skid plate berwarna silver dipadukan dengan knalpot twin tailpipe, atau knalpot dua lupang yang memberikan kesan bertenaga pada mobil ini.


Interior Hyundai Santa Fe 2015

Tak banyak perubahan yang terlihat pada interior Santa Fe 2.4 D-Spec Limited dengan model standarnya. Desain dalamnya memancarkan aura elegan dipenuhi dengan panel soft touch yang membuatnya terkesan lebih premium.

Review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015: Dashboard

Tampilan dashboard terkesan premium dengan panel soft touch seperti yang bisa Anda dapatkan di mobil mahal kelas Eropa. Begitu pula dengan door trim dan konsol yang sudah dilengkapi material soft touch. Menariknya pada bagian atas dashboard terdapat tempat penyimpanan tertutup yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan barang kebutuhan sehari-hari.

dashboard Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 berwarna hitam
Dashboard Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015

Head unit layar sentuh yang cukup besar menghiasi bagian depan mobil ini. dipenuhi dengan pengaturan AC digital serta dilengkapi aksen chrome yang membuatnya terasa lebih eksklusif. Pada bagian bawah dashboard terdapat dua colokan 12V yang bisa Anda gunakan untuk mengisi daya smartphone atau menyalakan rokok.

Review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015: Setir

setir Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 berwarna hitam
Setir Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015

Setir berlapis kulit akan menemani Anda sepanjang perjalanan. Layaknya mobil baru saat ini, setir D-Spec Limited sudah mendapatkan berbagai tombol pengaturan yang sudah terintegrasi dengan head unit. Sehingga sangat memudahkan untuk mengatur beberapa fitur dan sistem yang digunakan pada edisi khusus ini.

Review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015: Kursi

Kursi baris pertama sudah dilengkapi dengan pengaturan elektrik sehingga memudahkan Anda mendapatkan posisi mengemudi terbaik untuk Anda. Akomodasi bagi pengemudi baris kedua mendapatkan ruang kaki dan ruang kepala yang cukup lega. Dilengkapi dengan armrest beserta cup holder ditambah dengan kursi yang mampu menopang paha dengan sangat baik.

kursi Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 berwarna hitam
Kursi Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015

Sayangnya, tak begitu dengan kursi baris ketiga. Seperti kelemahan berbagai SUV lainnya, penumpang paling belakang tak terlalu mendapatkan ruang kaki yang nyaman. Bagi penumpang dewasa, ruang kaki yang diberikan masih pas-pasan. Baris ketiga terasa sangat nyaman bagi penumpang anak-anak.

Review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015: Bagasi

bagasi Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 berwarna hitam
Bagasi Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015

Bodinya yang bongsor berimbas pada ruang bagasi yang cukup baik. Bangku baris belakang bisa dilipat rata lantai hanya dengan menarik tuas pada bagian samping bagasi sehingga memberikan tambahan ruang penyimpanan di belakang. Terdapat ruang penyimpanan pada konsol tengah dan cup holder guna dengan akomodasi yang cukup baik bagi seluruh penumpang.

Fitur Hyundai Santa Fe 2015

Selain lampu depan proyektor LED, keunggulan fitur Santa Fe 2.4 D-Spc Limited adalah adanya AC Dual Zone Climate Control. Pengaturan AC mencakup hingga bangku baris ketiga. Dan untuk varian tertinggi Santa Fe generasi ketiga, mobil ini sudah mendapatkan semua keunggulan Santa Fe. Seperti head unit layar sentuh dengan kompatibilitas USB, Bluetooth serta sistem navigasi.

fitur Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 berwarna hitam
Fitur Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015

Salah satu fitur yang paling mencolok adalah adanya panoramic sunroof berukuran besar yang memberikan kesan mewah sama Anda berkendara. Fitur ini bisa dibuka ketika Anda sedang berada dalam perjalanan luar kota dan ingin merasakan angin ketika berkendara. Jangan lupa untuk pastikan semua fitur yang tersedia bisa berjalan dengan baik tanpa tersendat ketika akan membeli mobil bekasnya.

Review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015: Fitur Keselamatan Aktif

Untuk membantu selama berkendara, ada beberapa fitur bantuan mengemudi yang bisa Anda gunakan, seperti cruise control hingga kamera 360 yang akan membantu Anda ketika akan memarkirkan mobil ini. Sayangnya, meskipun Santa Fe memiliki bodi yang cukup besar, mobil ini belum mendapatkan fitur kontrol traksi.

>>> 4 Pilihan All-New Hyundai Terbaik di Daftar Mobil Cintamobil.com

Operasi Hyundai Santa Fe 2015

Pilihan mesin yang bisa Anda dapatkan tak berbeda dengan Santa Fe standar. Varian bensin yang kami review saat ini menggunakan mesin 2.4L 4-silinder MPI C-VVT yang mampu memberikan tenaga maksimal hingga 176 PS pada 6.000 rpm serta torsi maksimal 225 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

mesin Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 berwarna hitam
Mesin Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015

Santa Fe bermesin diesel memang memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar. Sehingga membuat konsumsi bahan bakar lebih irit jika dibandingkan dengan mesin bensin. Tetapi suara dan kekedapan kabin lebih baik bagi Santa Fe bermesin bensin. Ditambah dengan getaran mesin yang tidak terlalu terasa. Meskipun perbedaannya tidak begitu jauh.

Review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015: Rasa berkendara

Salah satu keunggulan mobil ini adalah rasa berkendara yang sangat menyenangkan. Dengan sasis monokok, pengaturan kursi pengemudi bisa dibilang cukup rendah dibandingkan dengan SUV bersasis ladder frame. Posisi mengemudi bisa menjadi lebih ergonomis.

Dan karena Santa Fe menggunakan sistem penggerak roda depan dan sasis monokok dengan suspensi belakang torsion beam menjadikan bantingan suspensi yang lebih empuk dibandingkan SUV bersasis ladder frame. Pasalnya, SUV bersasis ladder frame menggunakan suspensi solid axle yang membuat bantingan suspensi cenderung lebih keras.

Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 berwarna putih di jalan
Santa Fe 2.4 D-Spec enak dibawa berkendara

Ketika diajak berkendara dalam kecepatan tinggi, mobil ini tidak terlalu limbung. Mobil ini sudah memiliki mode berkendara untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Ada mode Active ECO, namun tidak ada mode power bagi Anda yang menginginkan pengendaraan yang lebih bertenaga. Namun cukup efektif untuk menghemat bahan bakar sepanjang perjalanan.

Spesifikasi Hyundai Santa Fe 2015

Dimensi Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015

Panjang x Lebar x Tinggi

4.690 x 1.880 x 1.680 mm

Jarak Poros Roda

2.700 mm

Ground Clearance

185 mm

Mesin Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015

Tipe Mesin

2.4L 4-silinder MPI C-VVT

Kapasitas Silinder

2.400 cc

Tenaga Maksimal

176 PS @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

225 Nm @ 4.000 rpm

Transmisi

Otomatis 6-percepatan

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Kaki-Kaki Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Ban

235/55 R18

Velg

18 inci

Daftar Harga Hyundai Santa Fe 2015

Ketika pertama kali diperkenalkan pada GIIAS 2015 silam, mobil ini sempat dihargai hampir menyentuh Rp 500 juta karena gengsinya sebagai mobil spesial yang dijual terbatas. Kini, saat dijual sebagai mobil bekas, harga Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 dibanderol dalam rentang Rp 250 hingga 295 jutaan. Tak terlalu mahal untuk mobil bertenaga serta fitur yang masih bisa bersaing dengan mobil baru saat ini.

Kesimpulan Hyundai Santa Fe 2015

Santa Fe selalu identik dengan SUV tangguh bermesin bandel dan nyaman untuk dikendarai. Edisi khususnya datang bersama beberapa penambahan dan membuatnya terasa semakin eksklusif. Sayangnya hanya ada sedikit populasi Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 yang tersedia. Namun sebagai mobil edisi khusus, D-Spec adalah salah satu pilihan terbaik dengan harga yang sangat terjangkau di pasar mobil bekas Tanah Air.

>>> Dapatkan berbagai review terbaik lainnya di sini

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
back to top