Cara Aman Meningkatkan Keselamatan Anak-Anak di Dalam Mobil

01/12/2018
Bulan ini menandai Hari Anak Sedunia yang diperingati pada 20 November lalu dan inilah saat yang tepat untuk memikirkan tentang meningkatkan keselamatan anak-anak di dalam mobil.

Anak-anak adalah masa depan dan merupakan aset yang paling berharga. Karena itu, keselamatan anak-anak harus menjadi prioritas ketika berada di jalan. Dan untuk mengemudi, banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keselamatan anak-anak di dalam mobil. Seperti yang dilakukan oleh pemerintah Uni Emirat Arab (UEA).

Langkah terbaru dari pemerintah UEA adalah memperkenalkan undang-undang sabuk pengaman baru yang mengharuskan semua penumpang untuk mengenakan sabuk pengaman. Tak terkecuali anak-anak berusia hingga empat tahun yang mendapatkan kursi mobil mereka sendiri. Hal ini akan sangat membantu meminimalisir cedera pada anak-anak ketika terjadi kecelakaan.

1. Gunakan kursi anak sesuai usia dan ukuran anak

Sabuk pengaman dengan tali yang sesuai dengan usia dan ukuran mereka harus digunakan di dalam mobil ketika membawa anak-anak bepergian dengan kendaraan. Ketika kursi mobil dan sabuk pengaman digunakan dengan benar, akan sangat efektif dalam menyelamatkan kehidupan anak-anak.

Gambar anak sedang duduk di kursi anak

Gunakan kursi anak yang sesuai dengan ukuran mereka

Ketika menggunakan kursi anak pada mobil, apakah itu menghadap ke depan atau menghadap ke belakang, pastikan untuk memasang kursi dengan pas dan tidak longgar. Ketegangan tali harness harus benar dan sabuk pengaman harus pas terpasang menopang anak Anda.

Jika Anda sudah cukup besar untuk menggunakan kursi, bagian selempang sabuk pengaman harus diposisikan di bahu anak. Selain itu, sabuk pengaman harus disesuaikan dengan benar sehingga anak mendapatkan perlindungan maksimal. Bagian bawah sabuk pengaman harus melewati paha atas dan bagian pinggul, bukan daerah perut.

>>> Hindari 9 Kesalahan Umum Ketika Memasang Kursi Anak Pada Mobil

2. Hindari menempatkan anak-anak di kursi depan

Tidak pernah disarankan bagi anak-anak di bawah usia sepuluh tahun untuk melakukan perjalanan di kursi depan. Anak-anak memiliki rentang perhatian yang pendek dan dapat terganggu saat bepergian, terutama pada perjalanan panjang. Memiliki buku atau permainan yang dapat dimainkan selama berkendara jarak jauh dengan anak-anak diperlukan untuk membuat mereka tenang selama Anda mengemudi.

Gambar anak-anak di kursi baris kedua

Lebih baik tempatkan anak-anak di kursi baris kedua

Pasalnya, ketika anak-anak sudah mulai terusik dan merasa bosan, perhatian Anda bisa langsung terbagi dari jalan dan akan membahayakan Anda beserta penumpang. Cobalah untuk membuat anak Anda memperhatikan pemandangan di sepanjang jalan atau membuat mereka tetap merasa nyaman selama perjalanan.

Aspek terpenting dalam perjalanan jauh adalah beristirahat secara teratur. Terlebih bagi anak-anak yang belum terbiasa menghadapi perjalanan jauh. Kebosanan akan membuat anak-anak menjadi lebih agresif. Dan yang dibutuhkan adalah mengamankan benda-benda atau mainan di dalam mobil yang bisa mengganggu pengemudian. Hindari mainan yang bisa dilemparkan oleh anak-anak dan dapat melukai penumpang ketika pengereman.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips mengemudi lainnya ada di sini

3. Jangan tinggalkan anak-anak di dalam mobil

Selain itu, meskipun Indonesia saat ini mulai masuk ke dalam musim hujan yang dingin, meninggalkan anak-anak di dalam mobil yang tertutup bisa sangat berbahaya. Tidak hanya suhu panas yang akan membuat anak-anak menderita di dalam mobil, ternyata suhu dingin juga menjadi salah satu masalah bagi anak-anak.

Gambar anak-anak ketinggalan di dalam mobil

Kematian akibat anak terperangkap di dalam mobil bukanlah hal baru

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah ada orang tua yang tega meninggalkan anaknya sendirian di dalam mobil? Jangan salah, kasus anak-anak yang meninggal karena ditinggal di dalam mobil seringkali terjadi, khususnya di Amerika dan Eropa. Hal yang paling sering terjadi yaitu bagaimana orang tua meninggalkan anak-anak di dalam mobil mereka ketika akan berbelanja di supermarket.

Bagi orang tua, meningkatkan keselamatan anak-anak di dalam mobil merupakan sebuah keharusan dan tidak bisa ditawar lagi. Untuk mendapatkan tips berkendara bersama anak-anak di dalam mobil lainnya bisa Anda cek di Cintamobil.com.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Padli Nurdin

Ulasan anda

berita lain