Review Hyundai i20 2016: Coba Dobrak Tren Hatchback Dengan Desain Jerman

19/12/2018

Share this post:

Hyundai I20 2016

Editor rate:

Lihat promo

Masih ingat di benak kami, ketika Hyundai i20 2016 diluncurkan sebagai model Line-Up Hatchback terbaru di pasar Indonesia. Memang, jika dilihat dari dimensi dan rangka bodinya, i20 dipersiapkan untuk menantang Honda Jazz, Toyota Yaris maupun Mazda2. Apakah keunggulan dari model ini? Mari kita simak review Hyundai i20 2016.

Review Hyundai i20 2016: Coba Dobrak Tren Hatchback Dengan Desain Jerman
Review Hyundai i20 2016: Coba Dobrak Tren Hatchback Dengan Desain Jerman
0 Gambar

Pengantar Hyundai I20 2016

Mari kita simak spesifikasi Hyundai I20 2016 di bawah ini.

Kelebihan

Mesinnya sangat mengasyikkan untuk diajak berjalan-jalan melintasi perkotaan

Ruang interior dirancang sangat elegan khas Jerman

Audio sudah didukung teknologi Touchscreen dan format modern

Harganya relatif terjangkau

Kekurangan

Sayangnya, kursi masih dibalut jok berbahan kain

Eksterior tidak seagresif kompetitornya, lebih menekankan esensi minimalis dan stylish

Kapasitas silinder mesinnya masih mengusung 1.4 Liter, berbeda dengan kompetitornya yang sudah menggunakan 1.5 Liter

 

Review Hyundai i20 2016 - Sebelum dirilis di Indonesia, Hyundai melakukan debut pertamanya di acara Paris Motor Show 2008. Kala itu, model satu ini ditargetkan untuk masyarakat Eropa. Sehingga tak salah apabila bahasa desainnya terlihat lebih minimalis dan Simple bergaya perkotaan.

Hyundai i20 Paris Motor Show 2008 menjadi momentum peluncuran pertamanya yang menyasar segmen Hatchback di pasar Eropa

Hyundai i20 lebih dulu dirilis di Paris Motor Show 2008

Setelah cukup sukses di Eropa, berselang 8 tahun akhirnya i20 juga dirilis di Indonesia tepat di acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Sayangnya, varian mesin diesel tak ditawarkan untuk pasar Indonesia. Mungkin saja, Hyundai sudah berhasil menangkap pasar Indonesia yang mana Hatchback bermesin diesel masih dianggap tabu oleh masyarakat.

Hyundai i20 GIIAS 2016 menjadi momentum tepat untuk perilisannya di negara Indonesia

Di Indonesia perlisiannya dilakukan di GIIAS 2016

Dibanding kompetitor lainnya, Hyundai i20 2016 memiliki siluet bodi yang lebih sederhana namun masih dengan tatanan mewah. Setidaknya, sosok eksterior-nya menjadi pilihan baru masyarakat yang menginginkan sebuah mobil Hatchback. Meski tak begitu laris manis seperti kompetitornya, kami mempercayai bahwa pasar gagal memahami keunggulan dari  i20. Lantas, apakah mobil ini layak untuk Anda miliki? Simak pendapat kami dalam review Hyundai i20 2016.

Eksterior Hyundai I20 2016

Dibanding pesaing di kelasnya, baik Honda Jazz ataupun Toyota Yaris, desain eksterior Hyundai i20 2016 jauh dari kata agresif. Tidak kami temui aksen tajam pada bodinya, semuanya tertata lebih polos dengan segala pernak-pernik minimalis khas Jerman. Meski Hyundai adalah pionir otomotif Korea Selatan namun desain bodi i20 dirancang langsung di pabrikan Russelsheim, Jerman.

Eksterior Hyundai i20 2016 mengalir unsur estetika Jerman karena memang awalnya kendaraan ini ditargetkan untuk memenangkan pasar Jerman

Khusus untuk i20, Hyundai merancangnya langsung di pabrikan Jerman yang tentu saja memiliki desain unik

Review Hyundai i20 2016: Eksterior Depan

Berbenah dari generasi sebelumnya, Hyundai i20 2016 dirancang dengan dimensi bodi lebih panjang dan lebih lebar. Tampilan wajah depannya kini juga sudah dipermak dengan desain Grille Trapezoidal Chrome Surrounded Honeycomb Hexagonal. Jujur saja, racikan ini menjadi sebuah pembeda di antara lautan Hatchback lainnya. Terkesan lebih minimalis namun masih di tataran mewah.

Eksterior depan Hyundai i20 2016 terlihat minimalis tanpa unsur agresif sama sekali

Eksterior depan Hyundai i20 2016 sudah dilengkapi dengan lampu Halogen dan DRL

Nuansa sporty juga tak lupa disematkan terutama ketika mengamati kedua buah lampunya yang tersambung minimalis dengan satu sapuan garis berlatar hitam. Kami juga mengapresiasi fitur pencahayaannya yang memadukan fungsi dari LED Daytime Running Light (DRL), Halogen dan Fog Lights.

Review Hyundai i20 2016: Eksterior Samping

Hatchback bergaya agresif yang menjadi tren minat masyarakat Indonesia serasa ingin diubah oleh i20. Pada sisi samping misalnya, Hyundai i20 menghadirkan pemanis Waist Line Molding sehingga nuansa ikonik-nya makin terasa.

Eksterior samping Hyundai i20 2016 dihias apik dengan Waist Line Molding

Eksterior samping Hyundai i20 2016 terlihat unggul dalam hal Wheelbase di angka 2.570 mm

Keindahannya juga ditunjang dengan dimensi Wheelbase 2.570 mm, lebih panjang di kisaran  40 mm daripada Honda Jazz. Tentu saja, perbedaan tersebut berdampak pada kelegaan kabin khususnya pada ruang kaki i20 yang tampil lebih lapang. Hal menarik lainnya juga ditemui pada desain pelek Twin Spoke Diamond Cut berukuran 16 inci.

Velg Hyundai i20 2016 nampak serasi dengan ukuran 16 inci, cocok dengan bodinya yang Compact

Bisa diamati bahwa sisi sampingnya menampilkan kesan sporty lewat pelek berdesain Twin Spoke Diamond Cut

Review Hyundai i20 2016: Eksterior Belakang

Sesuai tema desainnya, Fluidic Sculpture, i20 juga menampilkan ciri khas Jerman pada bodi belakangnya. Simak saja, panel Semi Floating Roof pada Spoiler-nya yang terlihat anggun ketika dipadukan dengan Stop Lamp Clear Strip Lights. Secara keseluruhan, kami menangkap wajah depannya minimalis dan mewah namun terkesan agresif ketika mengamati bodi belakangnya.

Eksterior belakang Hyundai i20 2016 sudah dilengkapi dengan lampu Stop Clear Strip Lights

Eksterior belakang Hyundai i20 2016 dihias menarik dengan Semi Floating Roof Spoiler

>>> Baca juga:


Interior Hyundai I20 2016

Merambah ke interior Hyundai i20 2016, ruang kabinnya terlihat cukup lapang. Adapun aroma elegan khas Jerman makin terasa dengan balutan hitam minimalis. Meski malam hari, semua tombolnya masih dapat terlihat jelas karena sudah dibekali lampu berwarna putih. Hal detail seperti ini yang umumnya kami sukai. Tak jarang banyak perusahaan otomotif tidak memperhatikan hal tersebut.

Review Hyundai i20 2016: Dashboard

Dari ujung kiri hingga kanan, dashboard-nya dibekali warna hitam. Menariknya, ketika menyentuhnya bahan pada dashboard-nya terlihat sangat berkualitas, terasa lembut serta nyaman. Itulah mengapa kami menyebut esensi elegan khas Jerman sangat terasa pada interior-nya.

​Dashboard Hyundai i20 2016 sudah dilengkapi dengan fitur hiburan atraktif

Dashboard Hyundai i20 2016 dikemas minimalis dengan balutan warna hitam

Pada sisi tengah juga didapati panel Head Unit yang sudah mendukung format modern seperti USB, AUX, iPod, CD, DVD, MP3 dan fungsi navigasi. Dengan adanya format tersebut, tentu Anda menjadi lebih praktis dalam mengoperasikan musik favorit. Hal menarik lain juga ditemui pada fitur penyejuk yang tersemat pada dashboard-nya. Pasalnya, fitur pendinginnya sudah didukung Climate Control yang bisa mengatur tingkat kesejukan secara otomatis.

Review Hyundai i20 2016: Setir

Dari lini kemudi setir, polanya menggunakan tiga palang yang dibalut apik dengan bahan kulit. Lagi-lagi Hyundai cukup sukses menyematkan unsur elegan dan nyaman pada kabinnya. Selain itu, kami juga menemukan adanya tombol pengaturan audio yang memberi esensi praktis tersendiri bagi pengendara.

​Setir Hyundai i20 2016 menggunakan model tiga palang dan dibalut bahan kulit

Setir Hyundai i20 2016 juga sudah dilengkapi dengan tombol pengaturan audio

Review Hyundai i20 2016: Kursi

Dimensi Wheelbase-nya yang cukup panjang, berhasil memberi ruang kaki lebih lapang khususnya pada bangku belakang. Menariknya lagi, kursinya yang mampu menampung lima orang ditunjang kuat dengan fitur Semi Bucket Seat. Sudah dipastikan seluruh penumpang akan merasakan kenyamanan luar biasa ketika menduduki kursinya yang empuk.

Kursi Hyundai i20 2016 mampu menampung hingga lima orang sekaligus

Meski kursi Hyundai i20 2016 hanya dibalut bahan kain namun kami mengapresiasi fitur Semi Bucket Seat-nya

Review Hyundai i20 2016: Kapasitas Bagasi

Jika dengan mode normal, kapasitas bagasinya mampu mencapai 285 Liter. Namun jangan khawatir, apabila Anda ingin ruang penyimpanan lebih, Anda bisa melipat bangku belakangnya. Diprediksi kapasitasnya bisa menampung hingga lima tas berukuran besar. Dari sisi ini juga, Hyundai i20 2016 terbilang cukup mapan untuk berdiri di lini City Car.

Ruang bagasi Hyundai i20 2016 memiliki kapasitas 285 Liter jika dalam mode Normal

Ruang bagasi Hyundai i20 2016 mampu menampung berbagai barang kebutuhan Anda

>>> Artikel terkait:

Fitur Hyundai I20 2016

Dari segi keselamatan, fitur Hyundai i20 2016 juga dilengkapi hal-hal mumpuni khususnya dalam aspek manuver. Mengingat bodinya yang Compact, tentu saja suspensi dan pengereman harus dioptimalkan supaya kendaraan tak limbung dan tampil nyaman di area jalanan buruk sekalipun.

Review Hyundai i20 2016: Fitur Keselamatan

Benar saja, dari data yang berhasil kami himpun, Hyundai i20 sudah dilengkapi rem hidrolik yang ditunjang dengan Anti-lock Braking System (ABS). Proses pengereman pun menjadi lebih presisi dan empuk daripada rem konvensional.

​Fitur keselamatan Hyundai i20 2016 dilengkapi ABS sehingga performa manuver dan handling-nya terbilang mumpuni

Fitur keselamatan Hyundai i20 2016 sudah dilengkapi teknologi pengereman ABS

Ketika diajak melaju di jalan buruk, permainan suspensinya terbilang sangat lihai karena sudah didukung McPherson Strut dengan Stabilzer pada sisi depan dan Coupled Torsion Beam Axle sebagai suspensi belakangnya. Sesuai prediksi kami, Hyundai nyatanya telah menyadari bahwa bodi i20 yang mungil dibekali kenyamanan lebih dari sektor suspensi.

Review Hyundai i20 2016: Fitur Hiburan

Seperti yang dijelaskan di segmen dashboard, fitur hiburan Hyundai i20 2016 mengandalkan layar Multimedia Touchscreen berukuran 8 inci. Selain sudah didukung format modern, panel audionya juga sudah dilengkapi 4 buah speaker sehingga kualitas suaranya terbilang jernih. Kemudahan lain juga ditemui pada kemudi setirnya yang sudah dibekali tombol pengaturan audio. Sehingga, mudah saja bagi Anda untuk mengatur volume ataupun memindah judul musik.

Fitur hiburan Hyundai i20 2016 menyediakan Head Unit Touchscreen yang sudah didukung berbagai format modern

Fitur hiburan Hyundai i20 2016 mengandalkan panel Head Unit Touchscreen 8"

>>> Klik di sini untuk membandingkan dengan model Hatchback terbaru lainnya

Operasi Hyundai I20 2016

Bodi-nya yang Compact terasa cukup serasi dengan mesin berkapasitas 1.4 Liter. Selain ditunjang dengan suspensi handal, operasi mesin Hyundai i20 2016 juga terbilang mumpuni dengan dua pilihan transmisi yakni 6 tingkat percepatan manual serta 4 mode otomatis. Racikan tersebut berhasil membuat mesinnya menembus daya hingga 100 PS setara 6.000 Rpm dengan torsi puncak 133 Nm di angka 4.000 Rpm.

Operasi mesin Hyundai i20 2016 mampu memberi daya maksimum hingga 100 PS

Operasi mesin Hyundai i20 2016 menggunakan kapasitas 1.4 Liter

Untuk area perkotaan, mobil Hatchback besutan Hyundai ini terasa sangat lihai. Bodinya yang mungil sudah dirancang dengan Ground Clearance 150 mm. Sehingga, Anda tak perlu khawatir ketika melewati ‘polisi tidur’ di area komplek.  Di sisi lain, kami juga menyukai mode penggerak Front Wheel Drive (FWD) yang diusungnya sehingga memberi kapabilitas lebih baik ketika menanjak di wisata pegunungan misalnya.

>>> Jika Anda menyukai model Hyundai, coba simak segala model lengkapnya di sini

Spesifikasi Hyundai I20 2016

Supaya Anda semakin mengenal sosoknya lebih detail, berikut terlampir spesifikasi Hyundai i20 2016.

SPESIFIKASI HYUNDAI i20 2016

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.985 mm x 1.734 mm x 1.485 mm

Jarak Pijak Terendah

150 mm

Jarak Poros Roda

2.570 mm

Radius Putar Minimum

5,23 m

MESIN

Tipe Mesin

1.4 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC

Kapasitas Silinder

1.368 cc

Daya Maksimum

100 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

133 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Manual / 4 Tingkat Percepatan Otomatis Shiftronic

Mode Penggerak

FWD

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson Strut dengan Stabilizer

Suspensi Belakang

Coupled Torsion Beam Axle

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drums

Ukuran Ban

195/55 R16 Alloy

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Multi Point Fuel Injection (MPFI)

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

45 Liter

Daftar Harga Hyundai I20 2016

Sayangnya, mode manual kini sudah tak lagi ditawarkan oleh Hyundai Indonesia. Meski begitu, kami cukup mengapresiasi kelihaian dari mode transmisi otomatisnya yang sudah didukung Shifttronic. Berikut daftar harga Hyundai i20 2016.

TIPE MOBIL

HARGA HYUNDAI i20 BARU

Hyundai All New i20 S A/T

IDR. 270.000.000

Kesimpulan Hyundai I20 2016

Dibanding kompetitornya, kami menyadari bahwa Hyundai i20 2016 Indonesia lebih menonjolkan desain ala Jerman. Hal tersebut nampak jelas dari sisi eksterior maupun interior yang mengaplikasikan arsitektur minimalis namun masih dengan tataran mewah. Tentu sangat berbeda dengan pesaingnya seperti Honda Jazz maupun Toyota Yaris yang mulai menerapkan desain agresif. Meski ada beberapa kekurangan di setiap aspeknya namun Hyundai i20 bisa menjadi alternatif lain bagi Anda yang sudah bosan dengan tampilan Hatchback itu-itu saja.

Desain Hyundai i20 2016 terlihat dipenuhi unsur elegan dan stylish

Hyundai i20 memang terlihat sangat elegan khas mobil Eropa

Apakah Anda cukup tertarik dengan desainnya? Kira-kira setelah mengetahui kelebihannya, apa tanggapan Anda sobat? Jangan lupa sampaikan di kolom komentar. 

>>> Klik sini untuk simak artikel review mobil yang menraik lainnya

Franky Pratama
Share this post:
back to top