Review Hyundai All New Santa Fe 2018

02/10/2018

Share this post:

Hyundai Santa Fe 2018

Editor rate:

Lihat promo

Kehadiran Hyundai All New Santa Fe 2018 memang terasa lebih spesial dibanding generasi Santa Fe sebelumnya. Pasalnya generasi keempat dari SUV 7-seater Hyundai yang baru diresmikan di Geneva Motor Show 2018 & Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 memiliki ubahan signifikan dan sudah bisa dimiliki konsumen di Indonesia. Seperti apa impresi selengkapnya?

Review Hyundai All New Santa Fe 2018
Review Hyundai All New Santa Fe 2018
0 Gambar

2.2L CRDi XG

Rp 594 juta

Harga OTR

7 Kursi, 2199 cc, 190 hp, Diesel

Lihat promo

Grand

Rp 643 juta

Harga OTR

7 Kursi, 2199 cc, 190 hp, Diesel

Lihat promo

2.4L MPI GLS

Rp 526 juta

Harga OTR

7 Kursi, 2395 cc, 170 hp, Bensin

Lihat promo

2.4L MPI XG

Rp 547 juta

Harga OTR

7 Kursi, 2395 cc, 170 hp, Bensin

Lihat promo

Pengantar Hyundai Santa Fe 2018

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Santa Fe 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Eksterior Lebih Berotot dan Lebih Elegan

Kabin Lebih Premium dan nyaman untuk 7 penumpang

Handling serasa membawa mobil Eropa

Kualitas Bisa Diadu dengan SUV Ladder Frame

Kekurangan

Penyesuaian Fitur Untuk Pasar Indonesia

Resale Value Hyundai tidak sebagus brand mobil Jepang

Review Hyundai All New Santa Fe 2018 - Nama Santa Fe sangatlah penting dalam sisi historis kendaraan Hyundai modern. Memulai debutnya di tahun 2000 di pasar global, Hyundai Santa Fe menjadi ikon mobil SUV yang  bertransformasi dari SUV tangguh menjadi SUV berkarakter maskulin nan premium layaknya mobil Eropa.

Hyundai Santa Fe Generasi Pertama

Hyundai Santa Fe Generasi Pertama memiliki fisik bak SUV tangguh

Di Indonesia sendiri sejarah Hyundai Santa Fe bisa dibilang sama lengkapnya dengan versi luar negeri. Indonesia sudah mulai menikmati generasi pertama Hyundai Santa Fe di tahun 2001, saat itu hadir dengan penampilan fitur dan performa yang tergolong biasa saja untuk sebuah SUV. Sisi modern mulai terasa saat generasi kedua Santa Fe hadir di tahun 2006 dan generasi ketiga di tahun 2012.

Generasi Ketiga dan Keempat Hyundai Santa Fe

Generasi ketiga Hyundai Santa Fe akan digantikan Hyundai All New Santa Fe 2018

Dan memasuki tahun 2018, Hyundai merilis generasi keempat Hyundai Santa Fe berkode bodi TM. Diperkenalkan di Geneva Motor Show 2018, Hyundai All New Santa Fe membawa nafas perubahan yang signifikan bahkan bisa dibilang mampu menjadi ‘kuda hitam’ paling menakutkan untuk mobil SUV 7 Seater dari negeri Jepang.

Bagusnya lagi, konsumen Indonesia tidak perlu menunggu lama kehadiran Hyundai All New Santa Fe 2018, sebab di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 mobil ini sudah diresmikan oleh PT Hyundai Mobil Indonesia selaku ATPM Hyundai di Indonesia. Untuk mengenal lebih dekat generasi keempat dari SUV asal negeri gingseng ini, yuk kita intip dulu review Hyundai All New Santa Fe 2018 di Cintamobil.com kali ini.

Mobil Baru Populer

Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 135.35 - Rp 161.05 Juta

Eksterior Hyundai Santa Fe 2018

Hyundai All New Santa Fe 2018 - Tampak Depan

Eksterior Hyundai All New Santa Fe 2018 membawa identitas desain baru

Eksterior Hyundai All New Santa Fe 2018 bisa dibilang sangat berubah drastis dibanding generasi sebelumnya yang sudah malang melintang di Jalanan Indonesia sejak generasi ketiga pertama kali diperkenalkan di ajang pameran otomotif Gaikindo di 2012. Tim Cintamobil.com sendiri berkesempatan mencoba Hyundai All New Santa Fe XG CRDi yang menjadi varian flagship dari Hyundai All New Santa Fe 2018. Dan varian inilah yang akan kami ulas berdasarkan aspek ekterior, baik dari tampak depan, samping, dan belakang, yang akan kami jelaskan secara terperinci.

Review Hyundai All New Santa Fe 2018 : Eksterior Depan

Tampak Depan Hyundai All New Santa Fe 2018

Hyundai All New Santa Fe 2018 menggunakan desain Composite Light dan Cascading Grille

Desain eksterior depan Hyundai All New Santa Fe 2018 mengusung dua bahasa desain baru, yakni Composite Light dan Cascading Grille. Composite light sendiri merupakan ciri khas desain Hyundai yang menempatkan LED Daytime Running Lights (DRL) yang ramping berada di atas LED projector head lamp. Di sisi lain desain Cascading Grille yang dibalut aksen garnish pada atas panel grille hingga LED daytime running light memberikan nuansa eksterior depan yang semakin tegas dan dinamis.

Review Hyundai All New Santa Fe 2018 : Eksterior Samping

Tampak Samping Hyundai All New Santa Fe 2018

Hyundai All New Santa Fe 2018 memiliki garis desain mengalir dari LED DRL hingga taillight belakang

Untuk mengejar karakter eksterior depan yang dinamis dan aerodinamis, pada pilar A dirancang lebih mundur dari area bonnet depan serta garis desain atap yang ramping. Aksen lekukan fluid line kental terasa melalui garis bodi mulai dari LED DRL hingga ke area taillight belakang memberikan efek bodi mobil yang lebih lebar dan berotot. Area fender pun dirancang lebih berkarakter dengan lekukan garis yang tegas.

Untuk urusan velg di pasar global Hyundai All New Santa Fe generasi ke-empat ini memiliki empat versi ‘sepatu’ yang tersedia, dengan ukuran mulai dari 17 inci sampai 19 inci. Sedangkan untuk versi Indonesia terdapat versi velg Alloy 18 inci (tipe GLS) dan velg alloy berdesain Dark Metal Diamond Cut berukuran 19 inci (tipe XG)

Review Hyundai All New Santa Fe 2018 : Eksterior Belakang

Tampak Belakang Hyundai All New Santa Fe 2018

Tampak belakang Hyundai All New Santa Fe 2018 memiliki desain lampu yang menarik dan unik

Area eksterior belakang Hyundai All New Santa Fe 2018 terasa modern karena menggunakan 3D-type LED combination lamps yang desainnya sangat futuristik. Masing-masing lampu belakang tersebut dihubungkan oleh aksen garnish dan terus melanjutkan lekuk garis bodi dari sisi samping.

Menariknya adalah untuk area lampu mundur dan lampu fog lamp belakang ditempatkan di area bumper bawah, sejajar dengan panel underguard dan twin muffler (khusus CRDi) di bumper belakang Hyundai All New Santa Fe 2018.

>>> Jangan sampai Anda lewatkan:


Interior Hyundai Santa Fe 2018

Interior Hyundai All New Santa Fe 2018 tak hanya menawarkan kemewahan, namun luas kabin yang lebih lapang dari generasi sebelumnya. Visibilitas pun jauh lebih baik, khususnya untuk penumpang baris kedua dan ketiga.

Desain dashboard dan interior pun dirancang menggunakan warna-warna hangat dan pola yang terinspirasi oleh alam, untuk menyeimbangkan antara kenyamanan dan estetika di dalam kabin SUV dari Korea Selatan ini.

Review Hyundai All New Santa Fe 2018 : Dashboard Mobil

Hyundai All New Santa Fe 2018 Area Pengemudi

Area kokpit pengemudi Hyundai All New Santa Fe 2018 versi Indonesia

Bicara soal dashboard, Hyundai mengusung tampilan dual-cockpit layout yang memaksimalkan fungsi dan estetika. Sisi estetika terlihat dari adanya dua level dashboard, dimana level atas diberikan garis ramping yang menghubungkan dashboard dan panel pintu samping depan.

Sedangkan pada area bawah lebih didominasi tombol pengoperasian fitur dengan penempatan storage terbuka lebih banyak, serta dikemas dengan detil aksen jahitan yang menghubungkan antar kisi-kisi AC berlapis aksen chrome.

Di sisi lain pengemudi bisa mengoperasikan fitur audio, MID, dan cruise control dilakukan melalui Leather wrap steering wheel yang didukung pengaturan tilt & telescopic. Adapun untuk konsol tengah menjadi area penempatan fitur audio, A/C dengan Automatic Temperature Control dan Micro Air filter plus ionizer, serta di area tuas transmisi terdapat tombol electronic parking brake dan fitur berkendara Hyundai All New Santa Fe 2018 lainnya.

Review Hyundai All New Santa Fe 2018 : Jok Mobil 

Jok depan Hyundai All New Santa Fe 2018 berwarna coklat

Jok depan Hyundai All New Santa Fe 2018

Jok Hyundai All New Santa Fe 2018 lebih mengutamakan kenyamanan untuk penggunaan berkendara jarak jauh, serta tetap dikemas premium karena menggunakan material leather dan disertai detil pattern jok yang unik dan menarik.

7 Penumpang dewasa bisa dipastikan bisa duduk dengan nyaman di dalam kabin Hyundai All New Santa Fe 2018. Apalagi untuk urusan akses ke jok baris ketiga pun dipermudah oleh fitur one-touch walk. Bagi pengemudi dan penumpang depan juga akan merasa lebih nyaman karena pengaturan jok diatur secara elektrik.

Review Hyundai All New Santa Fe 2018 : Bagasi Mobil

Ruang bagasi Hyundai All New Santa Fe 2018 dengan sebuah ruang yang cukup luas

Ruang bagasi luas Hyundai All New Santa Fe 2018

Dalam kondisi jok baris ketiga terlipat, Hyundai All New Santa Fe 2018 memiliki ruang bagasi cukup luas sekitar 547 liter. Jika baris kedua dilipat, area kargo SUV ini pun bisa membesar hingga 1.695 liter. Cukup luas bukan?

>>> Mungkin Anda ingin melihat informasi berikut ini:

Fitur Hyundai Santa Fe 2018

Soal fitur yang akan tersedia di Hyundai All New Santa Fe 2018 seringkali mirip kasusnya dengan produk Hyundai lainnya di Indonesia. Ada beberapa penyesuaian yang dilakukan sehingga masih bisa pas dengan penggunaan masyarakat di Indonesia, atau dari segi harga juga bisa ditekan seefisien mungkin sehingga pengguna mobil bisa mendapatkan harga terjangkau dengan kualitas terdepan.

Review Hyundai All New Santa Fe 2018 : Fitur Hiburan

Audio & Dashboard Hyundai All New Santa Fe 2018

Sistem audio Hyundai All New Santa Fe 2018 masih menggunakan versi standar

Satu aspek yang paling mudah terlihat untuk Anda yang penasaran terhadap penyesuaian fitur di mobil Hyundai ialah dari sektor audio. Jika melirik pasar Internasional, Hyundai All New Santa Fe generasi keempat ini sudah didukung sistem infotainment dengan layar sentuh digital dan bisa mengoperasikan baik itu Android Auto maupun Apple CarPlay.

Namun Hyundai All New Santa Fe 2018 yang dipasarkan di Indonesia masih menggunakan Standard Audio system dengan layar monokrom TFT 5 inci berfiturkan radio, Bluetooth connectivity, AUX-in, dan USB connection. Meski begitu hal ini masih bisa ditolerir karena mobil ini punya wide panoramic sunroof, sistem AC dengan Automatic Temperature Control beserta Micro Air Filter dan Ionizer.

Review Hyundai All New Santa Fe 2018: Fitur Keselamatan Berkendara

Sistem Airbag Hyundai All New Santa Fe 2018

Ilustrasi airbag di Hyundai All New Santa Fe 2018

Bicara fitur keselamatan berkendara pada SUV asal Korea Selatan ini juga berlaku ‘mirip’ dengan fitur Audio. Jika berkaca pada spek Internasional, dalam kondisi standar Hyundai All New Santa Fe 2018 dibekali Dual SRS Airbag sebagai fitur keselamatan pasif, serta fitur keselamatan aktif seperti ESC, ABS dan EBD. Selain itu untuk fitur seperti Parking Sensor juga tersedia di Hyundai All New Santa Fe 2018.

Fitur keselamatan berkendara lainnya yang juga hadir di Hyundai All New Santa Fe 2018 ialah Downhill Brake Control dan Hill-Start Assist Control. Kedua fitur ini sangat membantu pengemudi saat berkendara dengan kondisi stop-and-go di kondisi jalanan dengan tingkat kemiringan tanjakan maupun turunan yang tinggi.

>>> Klik sini untuk cek harga mobil Hyundai di tahun 2018

Operasi Hyundai Santa Fe 2018

Mesin bensin Hyundai All New Santa Fe 2018

mesin diesel Hyundai All New Santa Fe 2018 menggunakan R 2.2 Liter

Untuk pasar Indonesia, Hyundai All New Santa Fe 2018 menggunakan dua versi mesin. Mesin pertama ialah mesin bensin Theta II 2.4 liter MPI D-CVVT yang diklaim bisa menghasilkan tenaga 169 dk dan torsi 224 Nm, yang disalurkan ke roda depan dengan transmisi 6-percepatan otomatis Shiftronic. 

Nah, unit tes yang dicoba oleh Cintamobil.com menggunakan mesin diesel R 2.2 CRDi E-VGT (Variable Geometry Turbocharger) yang tersemat dibalik kap mesin mobil ini. Mesin diesel yang diklaim oleh Hyundai sanggup menghasilkan performa 193 ps (190 dk) / 3800 rpm dengan torsi 44.5 kg.m (436 Nm) / 1750 Nm - 2750 Nm ini menyalurkan seluruh tenaga ke roda depan melalui transmisi 8-percepatan Automatic Shiftronic.

 

Dalam hal sensasi berkendara, sangat mudah bagi Hyundai All New Santa Fe 2018 mencapai kecepatan yang optimal. Tanpa perlu 'pedal to metal', mobil ini siap diajak berlari kencang tanpa mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi boros. Buktinya adalah dalam perjalanan yang dilakukan oleh Cintamobil.com, Hyundai All New Santa Fe 2018 di-tes Jakarta - Cirebon - Bandung hanya bermodalkan satu tangki bensin full tank saja.  

Soal kenyamanan mobil ini juga patut diacungi jempol. Mengingat basis mobil ini menggunakan sasis monokok, yang secara tidak langsung membuat kenyamanan berkendara setingkat di atas SUV ladder frame. Apalagi mobil ini sudah menggunakan Drive Mode yang terbagi dalam 4 pilihan mode (Comfort, Eco, Sport, Smart) untuk versi diesel, yang pastinya membuat karakter berkendara semakin beragam mengikuti keinginan sang pengemudi.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang mesin mobil Hyundai lainnya, silakan klik sini

Spesifikasi Hyundai Santa Fe 2018

Ini dia spesifikasi Hyundai All New Santa Fe 2018 yang berhasil di himpun Cintamobil.com

Dimensi/ Ukuran Hyundai All New Santa Fe 2018

P x L x T

4.770 mm x 1.890 mm x 1.680 mm

Jarak poros roda

2.765 mm

Berat

N/A

Mesin Hyundai All New Santa Fe 2018

Jenis

Bensin: Theta II 2.4-litre petrol engine
Diesel: R 2.2 CRDi e-VGT

Isi silinder

Bensin: 2.359 cc
Diesel: 2.199 cc

Daya maksimum

Bensin: 172 PS (196 dk) / 6.000 rpm

Diesel: 193 PS (190 dk) / 3.800 rpm

Torsi maksimum

Bensin: 241 Nm / 4.000 rpm

Diesel: 436 Nm / 1.750 - 2.750 rpm

Transmisi

Bensin: 6-percepatan Automatic Shiftronic

Diesel: 8-percepatan Automatic Shiftronic

Kaki-Kaki Hyundai All New Santa Fe 2018

Suspensi depan

MacPherson strut suspension

Suspensi belakang

Multi-link suspension

Rem depan

Ventilated Disc

Rem belakang

Disc

Velg

Bensin : 18-inch alloy (235 / 60 R18)

Diesel : 19-inch alloy (235 / 55 R19)

Daftar Harga Hyundai Santa Fe 2018

Ini dia harga resmi Hyundai All New Santa Fe 2018 yang diperkenalkan pada GIIAS 2018 lalu. Harga Hyundai All New Santa Fe 2018 sudah termasuk dengan garansi 5 tahun tanpa batasan kilometer (unlimited kilometer) dan gratis jasa servis berawatan berkala sebanyak 11 kali (atau sampai dengan 100 ribu km).

Tipe mobil

Harga Hyundai Santa Fe 2018

Hyundai All New Santa Fe GLS Gasoline

Rp. 504.000.000

Hyundai All New Santa Fe GLS CRDi

Rp. 554.000.000

Hyundai All New Santa Fe XG Gasoline

Rp. 525.000.000

Hyundai All New Santa Fe XG CRDi

Rp. 574.000.000

Kesimpulan Hyundai Santa Fe 2018

Evolusi signifikan yang dilakukan oleh Hyundai untuk lini Hyundai Santa Fe patut diacungi jempol. Beragam aspek mulai dari eksterior, interior, performa, turut dikemas dengan pembaharuan yang lebih baik dan menjanjikan pengalaman berkendara di atas rival-rivalnya dari negeri Jepang.

Lalu apakah Hyundai All New Santa Fe 2018 pas untuk menjadi salah satu opsi mobil SUV 7-seater baru untuk Anda dan keluarga?

Jika melihat dari aspek kenyamanan, kemewahan, serta tampilan menawan, jelas SUV asal Korea Selatan ini bisa berbicara banyak dan bisa menjadi opsi menarik ketimbang SUV 7-penumpang sasis monokok dari Jepang. Apalagi dengan pamor Hyundai baik secara sales dan aftersales yang terus berkembang di Indonesia, tidak ada salahnya mencoba melirik dan memilih Hyundai All New Santa Fe 2018 sebagai salah satu tunggangan baru keluarga Anda di tahun 2018.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Hafizh Fauzan
Share this post:
back to top