Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018: Vakansi Menembus Jawa Barat Bermodalkan Satu Tangki Bahan Bakar

01/10/2018

Mobil baru
Bersama Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 yang baru saja diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018, saya mencoba melakukan perjalanan vakansi menembus beberapa kota di Jawa Barat, hanya bermodalkan satu tangki bahan bakar full.

Hyundai All New Santa Fe 2018 berwarna silver dari depannya - Cintamobil (1)

Cintamobil.com berkesempatan membawa Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 vakansi ke Jawa Barat

Entah sebuah kebetulan atau tidak, lagu Holiday yang dinyanyikan oleh Suzy dalam album Faces of Love sering menjadi lagu yang diputar di playlist Spotify saya. Mungkin hal ini menjadi sebuah pengingat, sudah waktunya saya memikirkan waktu ‘me time’ dan mengambil waktu sejenak untuk sweet escape menghindari hiruk pikuk kesibukan di ibukota.

Momen tersebut nampaknya datang jauh lebih cepat dari yang saya inginkan. Secara kebetulan saya sedang menggunakan Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 , salah satu Big SUV yang baru saja diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018. Kesempatan ini jelas tidak saya sia-siakan untuk mengisi akhir pekan saya dengan suatu hal yang menarik.

Bisa dikatakan kodrat Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 adalah Big SUV bercitarasa urban, dan kebanyakan pengguna SUV asal negeri Korea Selatan yang memiliki spirit #LifestyleSUV dan #FamilySUV ini lebih banyak dipergunakan di jalanan perkotaan. Namun bagaimana jadinya jika saya ajak generasi keempat dari keluarga Santa Fe ini melintasi provinsi tempat lahir saya, Jawa Barat? Hmmm..

>>> Baca review terkini mengenai Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 di Cintamobil.com

Persiapan sebelum perjalanan Hyundai All New Santa Fe 2018 dari kantor pusat Cintamobil.com

Kondisi awal Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 saat perjalanan awal dari kantor pusat Cintamobil.com 

Sebelum perjalanan dimulai dari kantor pusat Cintamobil.com di Sovereign Plaza, TB Simatupang, Jakarta Selatan, saya mendapati fakta bahwa Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 yang saya gunakan merupakan tipe tertinggi, XG CRDi, dan dalam kondisi bahan bakar penuh. Bahkan berdasarkan MID yang tersemat di instrument cluster, mobil yang akan saya gunakan diprediksi bisa digunakan hingga jarak 623 km. Wah, bisa jadi ‘challenge’ tersendiri bagi saya. Kira-kira kota mana saja di Jawa Barat yang bisa saya kunjungi dengan kondisi bahan bakar full?

Tanpa pikir panjang, saya langsung menekan tombol Engine Start/Stop yang berada di dashboard Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 dan langsung bergegas menuju destinasi pertama saya, yakni kota Cirebon. Melalui akses jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dilanjutkan jalan tol Jakarta – Cikampek dan Tol Cikopo–Palimanan, saya memilih berkendara di malam hari mulai pukul 22.30 demi mengindari kemacetan. Faktanya, prediksi saya salah total.

Kondisi kemacetan Tol Jakarta - Cikampek dari sudut pandang kabin Hyundai All New Santa Fe 2018

Kondisi macet bisa membuat saya memperhatikan fitur-fitur di kabin Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018

Waktu perjalanan saya jadi tertahan selama 2 jam karena kemacetan tol Jakarta – Cikampek, yang kini sedang mengalami pembangunan untuk Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) sepanjang 36,40 km. Momen menunggu kemacetan berakhir setidaknya bisa saya gunakan untuk mengenal fitur-fitur yang ada di area dashboard dan setir Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018.

Hal pertama yang jelas menjadi area paling sering saya mainkan ialah fitur audio yang tersedia di sistem head unit. Dibekali fitur koneksi berupa Aux, USB, iPod, Bluetooth, Clock Mode, dan Screen Off Function, fitur head unit Hyundai All New Santa Fe sejatinya sudah sudah cukup mumpuni untuk menjadi penghibur di kala kebosanan melanda.

>>> Tips efisien dan aman berkendara saat macet bisa Anda baca di sini

Sistem Head Unit Hyundai All New Santa Fe XG CRDi

Sistem head unit ini tersedia di semua tipe Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018

Hanya saja memang dengan layar display 5 inci TFT LCD yang digunakan, rasanya membuat user experiece sistem hiburan ini tidak seintuitif dibandingkan beberapa rival-nya yang sudah menggunakan layar sentuh dan pemutar video.

Area Setir, Dashboard & Jok Depan Hyundai All New Santa Fe 2018

Desain Instrument Cluster, Jok, Setir, dan Dashboard Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018

Namun hal ini masih bisa ditolerir karena mobil ini banyak menyediakan pengaturan mobil yang bisa diatur secara lebih mudah dan cepat. Contohnya mengatur kursi untuk area pengemudi sudah menggunakan Driver Power Seat, dan setir pengemudi sudah bisa diatur ketinggian maupun maju-mundur berkat fungsi Tilt dan Telescopic dan tersedia pengaturan tombol di setir untuk audio, MID, serta cruise control.

Demi memastikan kondisi fisik tetap fit untuk perjalanan jarak jauh, saya pun memutuskan untuk melakukan pemberhentian di Rest Area yang disediakan di tol Jakarta – Cikampek, lebih tepatnya di Rest Area KM 57. Setelah mengambil rehat sejenak, saya pun kembali melanjutkan perjalanan menuju kota Cirebon ditemani cahaya matahari yang perlahan mulai menunjukkan sinarnya di pagi hari.

Tak ayal, momen ini saya gunakan untuk mengabadikan sosok Big SUV dengan lansekap alam dan suasana jalanan tol Cikopo – Palimanan. Hasil fotonya bisa Anda nikmati di bawah ini.

Hyundai All New Santa Fe 2018 berwarna silver dari belakangnya- Cintamobil (2)

Desain belakang Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018

Tampak Depan Hyundai All New Santa Fe 2018 - Cintamobil (3)

Tampak Depan Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018

Sebelum saya sampai di kota Cirebon, saya sempat 'galau' apakah perlu untuk saya langsung tancap gas menuju Cirebon, atau melipir sejenak melihat salah satu fasilitas bandara terbaru di provinsi Jawa Barat, yakni Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Tepat di exit di Kertajati di KM 159, saya pun akhirnya memutar kemudi sang Big SUV untuk mengarah ke bandara Internasional terbesar kedua di Indonesia yang terletak di Kabupaten Majalengka.

>>> Tertarik dengan mobil Hyundai Santa Fe bekas keluaran 2017? Cek segera di sini informasinya 

Persimpangan Exit Tol Cipali Menuju Bandara International Kertajati

Perjalanan saya menuju Cirebon sedikit bergeser untuk mengunjungi Bandara International Jawa Barat Kertajati di Kabupaten Majalengka

Dari exit tol Kertajati menuju ke BIJB Kertajati berjarak sejauh 13 km dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 15 menit. Keterkejutan saya pun langsung bangkit saat mengunjungi dan mengagumi megahnya BIJB Kertajati yang berdiri persis di atas lahan seluas 1.8 hektar dan memiliki luas area bagunan 96 ribu meter persegi dan area runway untuk pesawat sejauh 2.5 km. 

Bangunan utama bandara ini mengadopsi kearifan budaya lokal Jawa Barat, yakni Tari Merak. Tarian tari merak sendiri merupakan tarian selamat datang yang biasanya dipergunakan untuk menyambut tamu agung yang berkunjung ke wilayah Jawa Barat, dimana kali ini ‘tamu agung’ tersebut ialah mobil SUV terbaik yang menjadi 1st Favorite Passenger Car di GIIAS 2018. 

>>> Satu-Satunya di Dunia, Desain Tanpa Atap Hyundai Santa Fe Cabriolet

gambar menunjukan full body mobil Hyundai All New Santa Fe 2018 - Cintamobil (5)

Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 'Selfie' di depan BIJB Kertajati

Perpaduan cita rasa desain modern dan sophisticated yang dimiliki BIJB Kertajati seolah menyatu dengan konsep desain Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 yang mengusung pendekatan ‘Strong, Bold & Charistmatic’.

Memadukan bahasa desain Hyundai baru yang tercermin lewat bentuk Cascading Grille, bodi samping yang terasa berotot karena garis desain fluid line dari LED DRL hingga ke taillight belakang, serta bentuk 3D LED Combination Lamp yang elegan menjadi tema besar dari desain Hyundai Santa Fe generasi keempat. 

>>> GIIAS 2018: Santa Fe dan Jimny Terpilih Menjadi Mobil Terbaik Pilihan Pengunjung

gambar menunjukan Hyundai All New Santa Fe 2018 di stadium - Cintamobil (4)

Baik Daytime Running Light maupun Projector Head Lamp Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 menggunakan teknologi LED

gambar menunjukan belakang Hyundai All New Santa Fe 2018 di jalan sepi- Cintamobil (5)

Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 yang digunakan Cintamobil.com memiliki bentuk lampu belakang 3D LED Combination Lamp

Puas mengabadikan Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 dari segi eksterior dan interior menggunakan background Bandara BIJB yang kebetulan dalam kondisi sepi, saya pun langsung bergegas menuju kota Cirebon dengan melewati jalan non tol hingga akhirnya menyentuh kota Cirebon yang kebetulan menjadi kota tinggal dari salah satu keluarga saya. 

Tidak pas rasanya jika berkunjung ke Cirebon tanpa mencicipi kuliner khas dari kota ini. Saya pun akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Empal Gentong H Apud yang sudah terkenal sejak 1994 sebagai salah satu restoran penyaji Empal Gentong paling enak se-Cirebon menurut lidah saya.

>>> Dapatkan semua berita mobil baru internasional hanya di sini

Santapan kuliner Cirebon Empal Gentong

Empal Gentong ditemani Sate Kambing Muda menjadi santapan khas Cirebon (Courtesy: Indonesiasand)

FYI, empal gentong sendiri adalah olahan daging sapi menyerupai gulai, yang siap memanjakan indera pengecap Anda lewat racikan bumbu yang khusus dan turun temurun, sekaligus daging sapi yang teksturnya super lembut.

Bicara soal memanjakan, Hyundai pun memanjakan penumpang tengah dengan desain jok yang sangat nyaman dan bisa diatur baik maju-mundur maupun kemiringan. Terbukti saat saya mengajak kedua bibi saya (Bi Ade dan Bi Hesti) bersama saudara sepupu saya (Gavin) berkeliling sejenak di Cirebon mencari kudapan malam, ketiganya mengagumi kenyamanan kabin mobil ini. 

>>> Ingin membeli mobil Hyundai, cek daftar harganya ditawarkan di sini

Perjalanan saya bersama keluarga menggunakan Hyundai All New Santa Fe 2018

Keluarga saya menikmati perjalanan melintasi padatnya kota Cirebon bersama Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018

Bahkan saudara sepupu saya, Gavin, sangat penasaran dengan atap Wide Panoramic Sunroof yang bisa dibuka atapnya untuk area depan, sehingga ia bisa melihat kehidupan malam Cirebon dari posisi atap mobil terbuka. “Rasanya kepala teh kena angin yang hangat, tapi badan kena angin AC dingin,” jelas Gavin.

Waktu menjelang tengah malam, saya pun kembali melanjutkan vakansi singkat saya menuju kota kelahiran saya, Bandung. Memilih waktu berkendara jam 1 dini hari menjadi waktu yang cukup tepat untuk saya berkendara menuju Bandung, karena jalanan tol Cipali maupun Cipularang dipastikan lebih lenggang ketimbang waktu siang.

>>> Klik link ini untuk mengetahui harga mobil Hyundai di tahun 2018

Di momen inilah, saya mencoba memaksimalkan performa powertrain R 2.2 CRDi E-VGT (Variable Geometry Turbocharger) yang tersemat dibalik kap mesin mobil ini. Mesin diesel yang diklaim oleh Hyundai sanggup menghasilkan performa 193 ps (190 dk) / 3800 rpm dengan torsi 44.5 kg.m (436 Nm) / 1750 Nm - 2750 Nm ini menyalurkan seluruh tenaga ke roda depan melalui transmisi 8-percepatan Automatic Shiftronic.

Mesin Hyundai All New Santa Fe 2018

Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 menggunakan jantung mekanis R 2.2 CRDi E-VGT (Variable Geometry Turbocharger)

Melaju bersama Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 terasa sangat effortless. Tanpa perlu menginjak pedal gas hingga rata lantai, saya bisa secara mudah mencapai kecepatan yang saya inginkan. Mengatur gigi transmisi pun saya lakukan melalui paddle shift di balik kemudi, serta Drive Mode saya atur di mode ‘Sport’ sehingga memudahkan saya saat ingin melakukan manuver overtake terhadap mobil lambat di depan, maupun saat saya harus melewati tanjakan dan turunan yang mulai terasa saat memasuki kawasan tol Cipularang menuju kota Bandung. Tak lupa saya pun menggunakan fitur cruise control di kecepatan 90 km/jam untuk menjaga konsumsi BBM tetap optimal, khususnya saat saya sudah mulai memasuki area Tol Cipularang arah Bandung yang lebih banyak jalur menurun.

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com​

Tepat saat saya berhenti di Jembatan Pasupati, saya mengecek MID dan menemukan fakta bahwa selama perjalanan saya dari Cirebon ke Bandung berhasil mencatatkan angka rata-rata konsumsi BBM 18.3 km/liter untuk jarak perjalanan 207 km dan waktu perjalanan selama 3 jam. Secara total perjalanan saya dari Jakarta – Cirebon – Bandung sudah menghabiskan jarak perjalanan sejauh 477,9 km dengan rata-rata konsumsi BBM 16 km/liter dan waktu perjalanan selama 12.24 jam.

Konsumsi BBM menurut data MID di Hyundai All New Santa Fe 2018

Informasi MID untuk perjalanan Cirebon - Bandung (Atas) dan Jakarta - Cirebon - Bandung

Dengan informasi di MID menyatakan bahwa mobil ini masih memiliki range 232 km lagi untuk dipergunakan, saya memilih untuk berkeliling sembari mengelilingi kota Kembang yang selalu dibalut nuansa keramahan dan kesejukan, meskipun langit sedang dirundung rembulan. 

Hyundai All New Santa Fe 2018 melakukan sesi foto di Bandung

Menunggu pagi di Bandung sembari mengabadikan Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018

Melewati kawasan Dago mencari santapan dini hari, menembus kawasan Cihampelas dan Braga, sampai akhirnya berhenti di Alun-Alun Bandung saya lakukan bersama Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 yang secara mengejutkan terus mencuri perhatian pengguna jalan kala berada di traffic light. Bahkan saya pun menyempatkan diri berhenti dan mengabadikan mobil ini di depan salah satu quote tentang Bandung yang ‘kekinian’, terletak di area bawah JPO di jl. Asia Afrika, Bandung.

Hyundai All New Santa Fe 2018 di depan quote Pidi Baiq di Bandung

Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 bersanding dengan salah satu quote kekinian tentang Bandung

Langit pun menunjukkan sinar cerah di Bumi Pasundan, saatnya saya menunaikan tugas yang kebetulan diminta oleh paman saya (Mang Doni) untuk mengantarkan putri-nya (Aretha) bersama teman-teman kuliahnya untuk melakukan studi tugas di Ciwidey, Kabupaten Bandung. Dengan kondisi semua kursi dibuka, total 7 penumpang langsung duduk manis di tiga baris kursi Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018. 

Memulai start perjalanan dari kawasan Buah Batu, saya pun bergerak sekitar 40 km menuju kawasan Kawah Rengganis, di perkebunan teh Rancabali. Ciwidey, Kabupaten Bandung. Perjalanan bisa dibilang sedikit menantang dibandingkan biasanya, karena saya harus memacu mobil melewati dataran tinggi Kabupaten Bandung. 

>>> Berminat mobil berbodi SUV, jangan abaikan review terlengkap dan terbaru di sini

Saya atur Drive Mode di ‘Smart’, nyalakan mode Auto Hold di bawah tuas Electronic Parking Brake, dan membiarkan mobil menikmati kemacetan akibat banyaknya pengguna jalan yang ingin menuju Ciwidey. Berkat teknologi Hill-Start Assist Control, Downhill Brake Control, ABS&EBD, serta Electronic Stability Control, membuat saya lebih yakin berkendara melewati tanjakan dan turunan curam baik saat menuju maupun di area perkebunan Rancabali.

Hyundai All New Santa Fe XG CRDi saat kami coba melewati jalanan bebatuan

Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 bisa diajak melewati jalanan semi off-road seperti melintasi medan bebatuan

Harus saya akui, saya sejujurnya agak skeptis dengan performa Hyundai Santa Fe generasi keempat ini karena harus melewati jalanan bebatuan yang kebetulan menjadi akses mobil satu-satunya di menuju Kawah Rengganis. Mobil SUV monokok bukan ditakdirkan untuk melibas jalanan semi-off road selayaknya mobil SUV berbasis ladder frame. Tapi bukan berarti mobil ini tidak bisa untuk diajak melewati jalanan bebatuan kecil, karena secara mengejutkan Hyundai Santa Fe 2018 bisa melewati jalanan bebatuan, selama jalan tersebut masih dalam batas aman dan yakin bisa melewatinya.

Di saat saudara sepupu saya bersama teman-temannya menunaikan tugas, saya bersama paman saya memilih menikmati lansekap Kawah Rengganis, yang menjadi tempat bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin menikmati terapi mandi lumpur untuk kulit halus.

Suasana Kawah Rengganis

Suasana Kawah Rengganis di kawasan Rancabali, Ciwidey

Di samping terapi mandi air lumpur, terdapat pula kolam air hangat yang menampilkan view pegunungan dan kota Bandung dari ketinggian. Hanya saja untuk mengakses Kawah Rengganis membutuhkan perjalanan kaki sekitar 1 km dengan kontur jalanan licin dan bebatuan. Adapun cara lain mengakses kawasan wisata tersebut menggunakan ojek motor yang sudah standby di lokasi dengan harga sekali perjalanan sekitar Rp15 ribu.

Perjalanan dari Kawah Rengganis menuju kota Bandung membuat saya melakukan pergantian posisi pengemudi, dimana paman saya yang mencoba mengemudikan mobil. Kekaguman pun ia ungkapkan terhadap keasyikan berkendara yang disajikan mobil ini, sembari bercerita terhadap pengalaman ia menggunakan SUV ladder frame yang dirasa membuat ia kurang nyaman berkendara jarak jauh.

Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 saat melewati jalanan Ciwidey

Kondisi jalanan berliku di Ciwidey membuat pengalaman berkendara Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 makin asyik

Setelah kembali lagi ke kota Bandung, akhirnya kondisi tangki bahan bakar sudah menunjukkan saatnya melakukan refuel. Namun saya masih memilih menggunakan mobil ini berkeliling di Bandung, mencari spot foto tambahan, sampai akhirnya ketika range di MID sudah menunjukkan tersisa 28 km lagi.

Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 saat pengisian bahan bakar Pertamina Dex

Akhirnya Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 mengisi bahan bakar Pertamina Dex setelah melalui perjalanan sejauh 669 km

Saya pun akhirnya memutuskan untuk segera melakukan pengisian bahan bakar mobil ini, yang secara khusus hanya bisa mengkonsumsi Pertamina Dex sesuai anjuran pabrikan, demi memastikan mesin mobil dalam kondisi optimal dan tidak mengalami kerusakan sama sekali. Kalau dihitung-hitung, total perjalanan saya dengan satu tangki bahan bakar diesel full tank yang disediakan di Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 mulai dari titik office Cintamobil.com di Jakarta, sampai menuju Cirebon dan berakhir di kota Bandung, menghabiskan jarak tempuh 669 km, dengan waktu perjalanan selama 21 jam 22 menit, dan konsumsi rata-rata berada di 14 km/liter. 

>>> Baca juga: Rencana Hyundai Untuk Ekspor Ke Negara ASEAN Karena Anjloknya Penjualan di China

Soal irit dan atau tidak bukanlah menjadi poin penting bagi saya, namun bagaimana mobil ini bisa mengikuti semua ‘challenge’ yang ada buat saya menjadikan mobil ini salah satu Big SUV yang spesial bagi saya. Mau diajak naik turun pegunungan, bisa. Mau diajak berkendara cepat dengan handling yang presisi, gampang. Apalagi memastikan tujuh penumpang tetap merasa nyaman selama perjalanan jauh, sangat bisa diandalkan.

Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 suara ban mobil masuk saat melewati jalanan beton

Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 menggunakan ban berprofil 235/55 R19 

Tapi, tetap saja ada tidak ada namanya sebuah kesempurnaan dalam sebuah produk. Ada sedikit poin yang agak mengganjal bagi saya saat mengendarai mobil ini. Di samping beberapa penyesuaian fitur (termasuk penggunaan head unit standar), ada satu hal yang cukup mengganggu yaitu suara ban yang masuk ke dalam kabin. 

Sekalipun Hyundai melakukan perbaikan dalam hal Noise, Vibration, and Harshness (NVH) dengan struktur rangka Advanced High Strength Steel-nya, terasa saat melewati jalanan tol dengan kontur jalan beton suara ban terasa masuk ke kabin. Tapi saat melewati jalanan aspal, langsung hilang tak terdengar lagi suara desingan ban masuk ke dalam mobil. Ada baiknya jika Anda merasa hal ini mengganggu, saat membeli mobil baru Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 bisa melakukan pergantian ban yang anti-bising.

>>> Ini dia caranya menjaga kebersihan interior mobil selama perjalanan jauh 

Di luar semua kelebihan dan kekurangan Hyundai All New Santa Fe XG CRDi, saya merasa inilah salah satu Big SUV terbaru di tahun 2018 yang sangat menjanjikan untuk Anda yang menginginkan mobil SUV dengan handling terbaik, kenyamanan tingkat tinggi, serta tampilan yang sangat urban. Jangan lupa, mobil yang dibanderol dengan harga Rp574 juta on-the-road DKI Jakarta ini sudah mendapatkan warranty selama 5 tahun tanpa batasan kilometer dan gratis jasa servis perawatan berkala sebanyak 11 kali (atau sampai 100 ribu km), menjadikan ia sebagai mobil yang tergolong value for money.

Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 SUV yang bisa diandalkan

Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 sangat kapabel digunakan untuk penggunaan urban maupun off road ringan

Oke, setelah mobil mendapatkan ‘reward’ berupa pengisian bahan bakar sesuai dianjurkan pabrikan, saya pun kembali menuju Ibukota, sekaligus mengingatkan bahwa perjalanan vakansi saya menembus Jawa Barat sudah berakhir. Kini saatnya kembali menuju ibukota, menghadapi realita dan semua kesibukan yang kembali hadir, dan memastikan mobil tetap aman sampai ke Jakarta.

Ah, sebuah perjalanan vakansi yang sesuai dengan imaji saya terhadap lirik lagu Suzy – Holiday.

오늘은 Holiday (Today is a holiday) 

니 품에 안겨 있을래 (I wanna be in your arms)

온몸에 힘이 빠지네 (All strength is leaving me)

넌 나의 유일한 쉼터가 돼 (You’re my only resting place)

오늘은 All day (Today, all day)

너에게 딱 붙어 있을래 이리와(I wanna stick close to you, come here)

for my sweetest holiday

Spesifikasi Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018

Harga: Rp 574 juta on-the-road

Mesin: R 2.2 CRDi E-VGT (Variable Geometry Turbocharger)

Tenaga: 193 ps (190 dk) / 3800 rpm

Torsi: 44.5 kg.m (436 Nm) / 1750 Nm - 2750 Nm

Transmisi: 8-percepatan Automatic Shiftronic Transmission, FWD

Dimensi : 2765 mm

Video Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018

>>> Mau beli mobil lebih aman dan cepat? Jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

 
back to top