Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

07/10/2019

Share this post:

Toyota Yaris 2018

Editor rate:

Lihat promo

Menjadi model tertinggi di keluarga Toyota Yaris, apakah Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 masih layar dimiliki para generasi muda berjiwa urban yang mencari hatchback untuk aktifitas sehari-hari? Simak bahasannya dalam Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 berikut ini.

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018
Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018
0 Gambar

Pengantar Toyota Yaris 2018

Mari kita simak spesifikasi Toyota Yaris 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Desain eksterior jauh lebih sporty

Fitur di dalam interior semakin modern dan mewah

Bisa mengatur karakter berkendara yang berbeda

Jaringan purnajual Toyota

Kekurangan

Hanya bersifat facelift

Radius putar masih sulit untuk putar balik

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 - Nama Toyota Yaris dalam industri otomotif Indonesia cukup memberikan warna menarik. Berada di segmen hatchback yang cukup "segmented", nama Toyota Yaris sangat melekat dengan karakter anak muda yang aktif, enerjik, dan sangat memperhatikan aspek gaya hidup dalam kegiatan keseharian.

Gambar sebuah mobil Toyota Yaris TRD Sportivo berwarna merah generasi awal

Toyota Yaris XP90

Menilik sejarah Toyota Yaris, maka model pertama yang masuk ke Indonesia adalah Toyota Yaris "Bakpao" atau berkode bodi XP90. Debut di tahun 2006, Toyota Yaris hadir dalam trim E, S, dan S Limited. Sampai tahun 2012 dengan facelift paling terakhir, Toyota Yaris "Bakpao" hadir membawa tipe E, S, dan TRD Sportivo. 

gambar 2 mobil Toyota Yaris satu berwarna kuning dan satu lagi berwarna merah

Toyota Yaris XP150 facelfit (2018, kiri) dan Toyota Yaris XP150 pre-facelift (2013, kanan)

Baru di tahun 2013 Toyota Yaris hadir dalam generasi kedua, yang mengusung kode bodi XP150. Dikenal sebagai Toyota Yaris "Lele", Toyota Yaris saat itu tersedia dengan tipe E, G dan TRD Sportivo. Menariknya, Toyota Yaris yang sudah diproduksi di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat, ini sempat mengalami dua tingkatan pergantian. Pertama ganti mesin menggunakan mesin Toyota Sienta berkode 2NR-FE di tahun 2016, sedangkan untuk facelift dilakukan di tahun 2018.

Membawa wajah baru, serta tetap menggunakan mesin Toyota Sienta yang efisien, apakah Toyota Yaris TRD Sportivo ini masih relevan dimiliki konsumen di tahun 2019? Simak bahasan Cintamobil.com dalam review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 berikut ini

Eksterior Toyota Yaris 2018

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018: Eksterior Depan

Gambar sebuah mobil Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 berwarna kuning dilihat dari sisi depan

Bagian depan Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Bagian depan Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 menggunakan lampu depan yang mengadopsi proyektor beraksen TRD Red Ring Accent sebagai pemanis. Perpaduan headlight berdesain pipih ini dirancang menyatu dengan upper grille berdesain minimalis yang menjadi tempat bersemayam logo Toyota. Untuk lower grille berdesain sangat masif dan mendominasi area bumper, dengan detil honeycomb berkelir hitam dan LED Daytime Running Light yang menambah citra sporty. Aksen aksesoris TRD Sportivo juga terlihat dari sisi lip spoiler depan sampai ke sisi fog lamp yang menghadirkan lekuk lebih agresif.

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018: Eksterior Samping

Gambar sebuah mobil Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 berwarna kuning dilihat dari sisi samping

Bagian samping Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Eksterior samping Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 sekilas tetap membawa ciri khas Toyota Yaris XP150 yang pre-facelift. Hanya saja ada sentuhan berbeda dari sisi pelek yang menggunakan alloy 16 inci. Pada kaca spion terdapat lampu sein tambahan beserta detil aksen kelir warna merah. Jika diperhatikan, antara pilar C dan D diberi aksen kelir hitam, sehingga memberikan efek floating roof pada area atap. 

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018: Eksterior Belakang

Gambar sebuah mobil Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 berwarna kuning dilihat dari sisi belakang

Bagian belakang Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Eksterior belakang Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 membawa karakter sporty secara kentara. Dari sisi paling atas terdapat rear roof spoiler, dan di sisi bawah terdapat rear bumper berpadukan aksen khas diffuser. Untuk taillight mengusung detil frame horizontal dan sudah mengadopsi teknologi LED, serta diberikan aksen garnish berkelir hitam sebagai salah satu penghubung antara sisi taillight. 

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Yaris 2018

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018: Dashboard dan Setir

Gambar menunjukkan desain bagian interior dari mobil Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Bagian dashboard dan setir Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 yang terlihat minimalis

Bagian dashboard Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 Indonesia mengusung perpaduan citra sporty dengan sentuhan modern. Hadir membawa detil dashboard berkelir hitam dan silver, pada sisi tengah dashboard menjadi tempat bersematnya fitur head unit 7 inci, serta kontrol Auto AC with Digital Display yang tersedia khusus pada tipe ini saja. Untuk sisi pengemudi dimanjakan fitur setir berlapis leather dengan kontrol multifungsi untuk MID dan Audio, serta paddle shift di belakang setir. Instrument Cluster memadukan detil analog Optritron dan TFT MID. Menariknya mobil ini sudah menggunakan engine start/stop button, sehingga proses nyala-mati mesin bisa dilakukan lebih mudah.

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018: Jok

gambar bagian kursi mobil Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 dengan jok berwarna merah

Bagian kursi Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Jok Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 didesain 2 baris dan mampu menampung hingga 5 orang penumpang. Mengadopsi material fabric yang lembut, jok pada sisi pengemudi dan penumpang dirancang dengan bentuk yang bisa menopang tubuh dengan baik saat mobil manuver. Pada sisi pengemudi dan penumpang depan semuanya masih diatur melalui tuas manual di sisi jok. 

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018: Bagasi

gambar ruang bagasi mobil Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 dengan beberapa koper di dalamnya

Bagian bagasi Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Bagasi Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 berukuran cukup luas dengan kapasitas 441 liter yang mampu menampung beberapa koper berukuran besar. Jika kursi baris kedua dilipat, maka ruang bagasi akan jauh lebih luas.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Toyota Yaris 2018

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018: Fitur Hiburan & Kenyamanan

gambar head unit mobil Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Head Unit Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 menggunakan Head Unit berlayar sentuh berukuran 7 inci. Head unit ini memiliki fitur hiburan seperti CD/DVD Player, Radio AM/FM, USB Port 2.0, iPod ready, Miracast, Weblink, Internet Connectivity, serta Multitasking Window dan Remote Apps melalui smartphone. 

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018: Fitur Berkendara & Keselamatan

gambar mode berkendara di mobil Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Mode berkendara Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Untuk ukuran hatchback seperti Toyota Yaris TRD Sportivo 2018, fitur berkendara yang tersedia sudah tergolong lengkap. Mulai dari Sport/ECO Mode yang bertugas membuat mobil lebih efisien maupun lebih agresif saat dibutuhkan, sampai sistem ABS, EBD dan BA yang sudah menjadi standar. Selain itu hadir pula fitur seperti Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist, yang membuat mobil bisa dikendarai secara stabil di jalanan licin maupun saat posisi start dalam kondisi tanjakan. 

Fitur airbag di bagian depan dan sisi samping mobil Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Fitur airbag pada Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Untuk fitur keselamatan pada Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 memiliki 7 airbag dan 3 Point Seatbelts yang akan menjaga pengemudi dan penumpang terhindar dari resiko cedera serius ketika terjadi benturan. Fitur keamanan yang disematkan pada mobil ini berupa Immobilizer yang terintegrasi dengan Anti Theft System agar mobil anda terhindar dari tindak pencurian.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang spesifikasi mobil Toyota lainnya, silahkan klik sini

Operasi Toyota Yaris 2018

Gambar menunjukkan desain bagian mesin Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Bagian mesin Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Mesin yang digunakan Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 masih menggunakan 1.496 cc 2NR-FE 4 silinder segaris 16 katup DOHC Dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 107 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal sebesar 140 Nm pada putaran 4.200 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini akan disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dan tranmisi otomatis CVT 7 percepatan.

Berdasarkan hasil ujicoba Cintamobil.com Toyota Yaris TRD Sportivo 2018, terasa bahwa karakter mesin 2NR-FE terasa cukup adaptif untuk digunakan di dalam kota. Berkat dukungan mode berkendara, mobil ini bisa di-set untuk menjaga efisiensi BBM dengan baik, atau dibawa agresif dengan memainkan SPORT mode dan mengatur tingkat gigi transmisi "virtual" lewat paddle shift. 

Hal yang menarik justru dari sisi handling. Cukup terasa bahwa Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 lebih fun to drive. Setir terasa lebih komunikatif dan meningkatkan kepercayaan diri saat bermanuver. Hal ini salah satunya disebabkan revisi pada suspensi yang memiliki posisi sedikit lebih rebah. Hanya saja tetap untuk urusan mengatur setir saat manuver putar balik, masih terasa bahwa tidak ada perubahan radius putar jika dibandingkan versi pre-facelift. 

>>> Sejarah 20 Tahun Toyota Yaris

Gambar menunjukkan team Cintamobil sedang lakukan test drive pada mobil Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 di arena test drive GIIAS 2018

>>> Klik sini untuk lihat semua mobil Toyota dijual di Indonesia dengan harga terbaik 

Spesifikasi Toyota Yaris 2018

Spesifikasi Toyota Yaris 2018 TRD Sportivo bisa dilihat di bawah ini.

Mesin Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Tipe Mesin

2NR-FE 4 silinder segaris 16 katup DOHC, Dual VVT-i

Kapasitas

1.496 cc

Diameter x Langkah

72.5 x 90.6 mm

Tenaga Maksimum

107 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

140 Nm / 4.200 rpm

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Dimensi Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Panjang

4.145 mm

Lebar

1.730 mm

Tinggi

1.500 mm

Jarak Poros Roda

2.550 mm

Suspensi dan Kaki-Kaki Dimensi Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Power Steering

Rack and Pinion, Electric Power Steering With Tilt

Transmisi

5-Speed M/T dan 7-Speed CVT

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

15″ Ventilated – TRD

Rem Belakang

15″ Solid Disc – TRD

Ukuran Ban

195/50 R16

>>> Untuk survei harga semua tipe mobil di Indonesia, silahkan klik sini

Daftar Harga Toyota Yaris 2018

Daftar harga Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Tipe mobil

Harga Toyota Yaris TRD Sportivo

Toyota Yaris TRD Sportivo M/T

Rp 267.050.000

Toyota Yaris TRD Sportivo CVT

Rp 278.850.000

>>> Simak harga terkini dan penawaran Toyota Yaris 2018 di sini

Kesimpulan Toyota Yaris 2018

Apakah Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 masih layak menjadi hatchback pilihan Anda di tahun ini? Jika melihat dalam "paket" fitur dan tampilan yang diusung mobil ini, bisa dikatakan Toyota Yaris TRD Sportivo masih dianggap relevan untuk memiliki hatchback ini sebagai kendaraan sehari-hari. Ia hadir sebagai penyempurnaan dari model Toyota Yaris XP150 setelah berganti mesin di tahun 2016. Penambahan mode berkendara serta dukungan fitur-fitur penting disematkan engineer Toyota agar mobil ini tidak hanya sekedar menjadi teman menyenangkan saat digunakan di perkotaan, tapi juga tetap asyik saat digunakan bermanuver di jalanan.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

 

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Mamoz Autoz

DKI Jakarta

Alwin Motor

DI Yogyakarta

Trio Motor

Banten

Review lain

Review Toyota Yaris 2020: Inikah Wajah Generasi Terbaru Yaris?

26/04/2019

Editor rate:

Tentu kita semua sudah paham betul akan sosok Hatchback Toyota yang dinamai Yaris. Baru-baru, Toyota Global merilis Yaris terbaru di ajang New York International Auto Show 2019. Bahkan, kini tampilannya benar-benar berbeda dengan Toyota Yaris yang sering kita amati di jalanan kota. Apa saja hal menarik di dalamnya? Mari kita intip bersama dalam review Toyota Yaris 2020.

Lihat juga

Profil Toyota Yaris WRC 2018

17/08/2018

Editor rate:

Setelah absen lebih dari 18 tahun, Toyota kembali ke arena World Rally Championship dengan mengandalkan Toyota Yaris 2017 sebagai basisnya. Apa saja kesaktian Toyota Yaris WRC 2018 yang telah menyumbangkan 4 kemenangan bagi Toyota?

Lihat juga

Review Suzuki S-Presso 2019: Mini SUV Suzuki Untuk Anak Muda

04/10/2019

Editor rate:

Akhirnya Renault Kwid mendapatkan lawan yang sepadan, inilah Suzuki S-Presso mobil yang didaulat sebagai SUV mini dari Suzuki yang siap melawan digdaya Renault Kwid di kelasnya.

Lihat juga

Review Nissan Note E-Power 2019: Senjata Pamungkas Nissan Untuk Era Mobil Hybrid & Elektrik Di Indonesia

20/09/2019

Editor rate:

Dengan teknologi hybrid yang canggih, membuat Nissan Note e-Power diramalkan akan menjadi baru di segment mobil hybrid kompak di Indonesia. Simak alasannya lewat review berikut ini

Lihat juga

Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019: Kasta Tertinggi City Car Hyundai

30/08/2019

Editor rate:

Hyundai Motor Company sangat serius menggarap pasar mobil mereka di India. Buktinya mereka setidaknya memiliki 3 line up di kelas city car. Setelah puas membedah Hyundai Santro, kini kami akan mengulas secara lengkap dan tuntas Hyundai Grand i10 NIOS 2019 yang merupakan kasta tertinggi dari City Car Hyundai.

Lihat juga