Sejarah Perjalanan 20 Tahun Toyota Yaris

21/09/2018
Siapa sangka si mungil Toyota Yaris telah berusia 20 tahun. Mari kita simak perjalanan hatchback populer ini sejak tampil perdana di Paris Motor Show 1998 silam.

Tepat 20 tahun silam, tepatnya di Paris Motor Show 1998 Toyota Yaris hadir untuk pertama kalinya di hadapan publik. Dimana, sebagai cara untuk merayakannya Toyota merilis edisi spesial Toyota Yaris Y20 dan akan tampil di Paris Motor Show tahun ini. Secara fisik, Toyota Yaris Y20 dapat dibedakan melalui kehadiran nuansa abu-abu pada sejumlah ornamen. Mulai dari pelek 16-inci 10-jari, gril, spion, hingga area sekeliling lampu kabut. Juga dilengkapi antena sirip hiu dan emblem khusus Y20 di belakang. Untuk interior, juga diberi nuansa abu-abu pada konsol tengah, kemudi dan lapisan jok. Juga ada kisi AC, speaker, panel instrumen serta tuas persneling krom. 

Toyota Yaris Y20 di Paris Motor Show 2018

Penampilan spesial edisi khusus anniversary bernama Toyota Yaris Y20

Tentu, tak banyak pihak menyangka bahwa 20 tahun kemudian Toyota Yaris akan menjelma menjadi salah satu model terpopuler di dunia. Bahkan kini, memiliki tiga versi berbeda disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing region. Nama Yaris sendiri diambil dari Charis, salah satu dewi dalam mitologi Yunani. Seperti apa kisah perjalanan 20 tahun Toyota Yaris? Simak selengkapnya di uraian Cintamobil.com berikut.

>>> Toyota umbar Toyota Yaris GR sebelum debut perdana di Paris Motor Show 2018

1. Yaris Generasi I (1999 – 2005)

Sebelum tampil dengan nama Toyota Yaris, cikal bakal hatchback kompak hadir di Frankfurt Motor Show 1997 dan Tokyo Motor Show 1997 dengan nama Toyota Funtime Concept. Model ini kemudian menjelma menjadi Toyota Yaris generasi I, menggantikan Toyota Starlet sebagai model hatchback andalan Toyota.

foto produk Toyota funtime concept

Toyota Funtime Concept menjadi cikal bakal kelahiran Toyota Yaris

Dengan menggunakan platform P terbaru (XP10), Toyota Yaris generasi I hadir dalam bentuk Hatchback 3 dan 5 pintu dengan wheelbase yang lebih panjang tetapi panjang total lebih pendek dari pada Starlet P90 yang masih diproduksi pada waktu itu. Ikut hadir dalam generasi pertama, versi utilitas dinamai Toyota Yaris Verso alias Fun Cargo. Merupakan penjelamaan dari konsep Funcargo yang juga tampil di TMS 1997 bersama dengan Funtime.

>>> Dapatkan berita informatif pasar mobil dunia hanya di Cintamobil

foto produk Toyota Yaris XP10 berwarna kuning

Inilah wajah Toyota Yaris generasi I yang meluncur pada 1998

foto produk Toyota Yaris verso berwarna silver

Versi MPV dinamai Toyota Yaris Verso berkode XP20

foto Toyota Yaris Cabriolet berwarna golden

Sempat melakukan studi versi atap terbuka melalui versi Toyota Yaris Cabriolet

Di Australia, beberapa negara Asia, dan Canada, Yaris disebut Echo Hatchback yang dijual bersama-sama Echo Sedan berbasis Platz. Selain digunakan oleh Vitz / Yaris, Platz / Echo, dan Fun Cargo / Yaris Verso, platform P baru generasi pertama ini juga dipakai oleh WiLL Vi, bB / Scion xB, Vios, Probox / Succeed, ist, WiLL Cypha, dan Sienta. Sempat muncul studi beratap terbuka yang sayangnya tidak jadi diproduksi.

>>> Baca review Toyota Yaris di sini untuk mengenalnya lebih lanjut

2. Toyota Yaris Generasi II (2005 – 2013)

Bentuknya yang bulat membuat Toyota Yaris generasi II berkode XP90 akrab dijuluki sebagai “Yaris Bakpau”. Pada generasi ini, nama Echo tidak lagi digunakan dengan versi Jepang tetap dinamai Toyota Vitz.

foto Toyota Yaris sedan dan hatchback

Toyota Yaris 5-pintu, 3-pintu dan sedan yang dijual di Amerika Serikat

Generasi II menjadi model pertama Toyota Yaris dijual di Indonesia pada 2006, delapan tahun setelah Starlet dihentikan produksinya. Di Indonesia dipasarkan dengan model grade E, S, dan S Limited, semuanya hadir dengan mesin 1NZ-FE yang terkenal irit dan bandel.

Selain versi 5-pintu, Yaris generasi II juga hadir dalam versi 3-pintu. Serta Yaris Sedan yang kita kenal dengan nama Toyota Vios, juga dipanggil Toyota Belta di Jepang.

>>> Dapatkan Toyota Yaris dihargai menarik menarik hanya di Cintamobil.com

3. Toyota Yaris Generasi III (2011 – Sekarang)

Pada generasi ini evolusi Toyota Yaris dipecah menjadi dua cabang. Cabang pertama adalah model dijual di Eropa dan Amerika dan duduk di atas platform XP130. Sementara model kedua, Toyota Yaris versi Asia ber-platform XP150. XP130 diperkenalkan pada Desember 2010 di Jepang, masih dipanggil Toyota Vitz di sana. Sementara Eropa baru mendapatkannya setahun kemudian. Adalah XP130 menjadi basis model Toyota Yaris Y20

Toyota Yaris XP150 menyusul belakangan pada akhir 2013. Penampilannya berbeda total dengan Toyota Yaris versi Eropa. Terlihat lebih gagah dengan moncong lebih panjang. Sempat muncul versi crossover dikenal di Indonesia dengan nama Toyota Yaris Heykers pada 2016. XP150 juga memiliki beberapa model turunan seperti Toyota Vios dan Yaris Attiv.

foto Toyota Yaris XP130 sedang bergerak berwarna merah

foto Toyota Yaris Indonesia berwarna merah

Pada generasi III Toyota Yaris dibedakan menjadi XP130 (atas) dan XP150 (bawah)

Oh ya, masih ada Toyota Yaris Sedan berbasis Mazda2 yang dijual di wilayah Amerika Utara dan Meksiko. Lucunya di Amerika, Toyota Yaris Sedan ini malah lebih laris dibandingkan versi hatchback.

Pada generasi III ini, khususnya model Eropa Toyota melakukan sejumlah studi terhadap Toyota Yaris. Paling ekstrem, tentu sosok bernama Toyota Yaris Hybrid-R yang diberi sistem hybrid milik mobil balap Le Mans Toyota TS040 Hybrid. Dipadu mesin 1.600 cc turbo, Yaris Hybrid-R pantas disebut monster lantaran mampu menelurkan tak kurang dari 414 dk! 

foto Toyota Hybrid R berwarna putih

Toyota Yaris Hybrid-R bermesin 1.600 cc turbo dan sistem hybrid milik mobil balap Le Mans Prototype

Bahkan di tahun 2015, PT Toyota-Astra Motor juga melakukan studi terhadap Toyota Yaris XP150 dengan menampilkan Yaris Legian. Merupakan satu-satunya Yaris generasi III dengan atap terbuka. 

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Aditya Siregar

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain