Review Toyota Yaris G 2018

13/04/2018
editor rate: 4,3 user rate: 4,0
Di awal tahun 2018 ini, tepatnya di bulan Februari. PT. Toyota Astra Motor merilis Toyota Yaris dengan wajah baru yang lebih sangar. Dimana khusus varian G 2018, adalah sebagai varian yang paling basic.

PENGANTAR Toyota Yaris 2018

foto produk toyota yaris g 2018

Tampilan baru Toyota Yaris G 2018

Review Toyota Yaris G 2018 - Setelah mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia, kali ini Toyota memperkenalkan versi facelift dari Yaris generasi ketiga (XP150) yang telah wara-wiri sejak 2013 silam. Kali ini, memofokuskan ubahan pada unsur penampilan dengan secara teknis tidak banyak yang berubah. Model akan Cintamobil.com review pada kesempatan ini adalah varian teratas Toyota Yaris G 2018, akan dijabarkan di bawah ini.

EKSTERIOR Toyota Yaris 2018

Desain eksterior Toyota Yaris G 2018 mendapatkan beberapa penambahan yang membuat bagian luar mobil ini terlihat lebih sporty. Tampak lebih modern jika dibandingkan dengan model sebelumnya yang telah meluncur sejak 2014 silam. Tampilannya kini semakin agresif namun juga dewasa. Meski tidak se-agresif tampilan tipe TRD Sportivo yang merupakan top of line-nya Yaris. Adapun ubahan pada desain membuat New Yaris kini lebih panjang dan lebar 30 mm, serta lebih tinggi 25 mm dibandingkan sebelumnya.

Review Toyota Yaris G 2018: Desain Bagian Depan

foto lampu toyota yaris g 2018

Lampu depan belum dilengkapi DRL

Bagian depan Toyota Yaris G 2018 menggunakan lampu depan Dynamic Headlamps yang dilengkapi dengan proyektor namun tidak dilengkapi dengan lampu daytime running light seperti pada varian teratasnya. Namun menurut kami, bila dibandingkan model sebelumnya, kini lampu depan yang menyatu dalam satu tarikan garis hingga ke gril secara simetris membuatnya tampil lebih keren dan kekinian. Gril bagian depan memang ukurannya kecil, namun di bagian bumper depan diberikan lubang udara yang cukup besar. Secara umum, tampila Toyota Yaris G 2018 terbaru ini lebih menarik juga dewasa dibandingkan dengan pendahulunya.

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018: Desain Bagian Samping

pelek toyota yaris g 2018

Mengenakan desain pelek nan sporty

Bagian samping Toyota Yaris G 2018 terlihat cukup sederhana dan terlihat minimalis berkat gagang pintu yang dicat sewarna dengan bodi. Tampilannya terlihat lebih kalem apabila dibandingkan dengan varian diatasnya. Namun tetap terlihat stylish dengan penggunaan pelek berdesain machining two tone polish. Penggunan talang air pada keempat pintu sudah menjadi standar hingga varian terendah. Oh ya, sein tambahan khusus varian G dan E ditampatkan di fender tepatnya di bawah logo dual VVT-i. Berbeda dengan varian tertinggi yang menempatkan lampu sein tambahan di spion.

Review Toyota Yaris G 2018: Desain Bagian Belakang

Bagian belakang Toyota Yaris G 2018 tampilannya lebih kalem bila dibandingkan dengan varian termahal yaitu TRD Sportivo. Pada varian menengah ini, tidak dilengkapi dengan add on body kit. Namun jangan khawatir, mobil ini masih mengadopsi lampu rem serta lampu senja dengan teknologi light emmiting diode yang hemat daya listrik dan juga lebih eye catching bila dibandingkan dengan lampu bohlam pijar biasa.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota Yaris 2018

Desain interior Toyota Yaris G 2018 didesain begitu elegan dan sporty serta dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang yang akan memberikan kenyamanan dalam ruang kabin mobil. Meski sepintas sama, suasana kabinnya berubah secara signifikan. Desain dasbor berubah total, mengedepankan kesan minimalisme.

Review Toyota Yaris G 2018: Kursi

gambar bagian kursi mobil Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 dengan jok berwarna abu-abu

Bagian kursi Toyota Yaris G 2018

Kursi Toyota Yaris G 2018 didesain 2 baris dan mampu menampung hingga 5 orang penumpang. Kursi pada mobil ini menggunakan bahan kain berkualitas dan menggunakan warna hitam sehingga mampu memberikan kesan sporty dan elegan serta memberikan kenyamanan yang cukup baik ketika menduduki kursi ini. Khusus kursi pengemudi diberikan fitur 6-way Adjustable yang memudahkan pengemudi untuk mengatur posisi kursi sesuai keinginan pengendara.

Review Toyota Yaris G 2018: Bagasi

gambar ruang bagasi mobil Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 dengan beberapa koper di dalamnya

Bagian bagasi Toyota Yaris G 2018

Bagasi Toyota Yaris G 2018 berukuran cukup luas dengan kapasitas 441 liter yang mampu menampung beberapa koper berukuran besar. Jika kursi baris kedua dilipat, maka ruang bagasi akan jauh lebih luas.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Toyota Yaris 2018

Fitur airbag di bagian depan dan sisi samping mobil Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Fitur airbag pada Toyota Yaris G 2018

Untuk fitur keselamatan pada Toyota Yaris G 2018 tidak ada pengurangan sama sekali, dimana sistem pengereman pada mobil ini dilengkapi dengan sistem ABS, EBD, BA, dan Smart Stop Technology (SST) yang akan memberikan performa pengereman secara maksimal.dibekali dengan fitur-fitur yang mumpuni. Tidak lupa ada fitur yang akan menjaga mobil dalam kondisi stabil seperti Vehicle Stability Control dan Traction Control. Selain itu ada 7 airbag dan 3 Point Seatbelts yang akan menjaga pengemudi dan penumpang terhindar dari resiko cedera serius ketika terjadi benturan. Fitur keamanan yang disematkan pada mobil ini berupa Immobilizer yang terintegrasi dengan Anti Theft System agar mobil anda terhindar dari tindak pencurian.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang spesifikasi mobil Toyota lainnya, silahkan klik sini

OPERASI Toyota Yaris 2018

gambar bagian mesin mobil Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Bagian mesin Toyota Yaris G 2018

Mesin yang digunakan Toyota Yaris G 2018 masih menggunakan basis dari Yaris sebelumnya, yang menggunakan mesin 2NR-FE 4 silinder segaris 16 katup DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 107 Ps pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal sebesar 140 Nm pada putaran 4.200 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini akan disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dan tranmisi otomatis CVT 7 percepatan.

Review Toyota Yaris G 2018: First Drive

Cintamobil.com menguji-coba Toyota Yaris G 2018 di arena test drive. Kalau boleh jujur mesin 2NR-FE agak kurang tenaga untuk Toyota Yaris terbaru ini, akselerasinya mengalun walau kombinasi transmisi CVT-nya akan membuat konsumsi bahan bakarnya irit sekaligus melajukan mobil dengan halus. Namun sayangnya, komposisi dari mesin 2NR-FE dengan transmisi berbasis sabuk baja ini memang irit untuk konsumsi bahan bakar, namun respon akselerasinya menjadi mengalun. Beda sekali apabila dibandingkan dengan rival lainnya. Karena keterbatasan ruang pengetesan, kami tidak bisa menghitung secara riil berapa konsumsi bahan bakarnya. Untuk keasyikan mengemudinya juga masih jauh apabila dibandingkan dengan rival-rivalnya seperti Honda Jazz maupun Mazda2. 

foto test drive toyota yaris 2018

Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 di arena test drive GIIAS 2018

>>> Klik sini untuk lihat semua mobil Toyota dijual di Indonesia dengan harga terbaik 

spesifikasi Toyota Yaris 2018

Spesifikasi Toyota Yaris 2018 TRD Sportivo bisa dilihat di bawah ini.

Mesin Toyota Yaris G 2018

Tipe Mesin

2NR-FE 4 silinder segaris 16 katup DOHC, Dual VVT-i

Kapasitas

1.496 cc

Diameter x Langkah

72.5 x 90.6 mm

Tenaga Maksimum

107 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

140 Nm / 4.200 rpm

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Dimensi Toyota Yaris G 2018

Panjang

4.145 mm

Lebar

1.730 mm

Tinggi

1.500 mm

Jarak Poros Roda

2.550 mm

Suspensi dan Kaki-Kaki Dimensi Toyota Yaris G 2018

Power Steering

Rack and Pinion, Electric Power Steering With Tilt

Transmisi

5-Speed M/T dan 7-Speed CVT

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Disc Ventilated 

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

195/50 R16

>>> Untuk survei harga semua tipe mobil di Indonesia, silahkan klik sini

kelebihan & kekurangan Toyota Yaris 2018

Kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris G 2018 bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior jauh lebih sporty dan dewasa

Hanya facelift, belum full model change sejak 2013

Fitur penunjang lebih lengkap

Radius putar besar dan mereportkan ketika harus putar balik

Bisa mengatur sensasi berkendara yang berbeda

Masih belum dilengkapi dengan pengaturan setir teleskopik

Jaringan purnajual Toyota

Akselerasi harusnya bisa lebih baik lagi

>>> Mari cek promosi mobil-mobil lainnya di sini

daftar harga Toyota Yaris 2018

Daftar harga Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Tipe mobil

Harga Toyota Yaris G

Toyota Yaris G M/T

Rp 243.700.000

Toyota Yaris G CVT

Rp 254.700.000

Video Toyota Yaris 2018

Sebagai penutup ulasan, kami sertakan video tentang Toyota Yaris 2018 dibawah ini.

KESIMPULAN Toyota Yaris 2018

Jika ingin membeli hatchback Toyota yang lebih kaya fitur, maka varian G menjadi pilihannya. Dari segi spesifikasi, sebenarnya tidak banyak berubah apalagi bagian mesin yang masih menggunakan mesin lama. Performa mesinnya cukup mumpuni walaupun masih dibawah pesaingnya. Berkat perombakan desain yang dilakukan Toyota, desain luar dan dalam juga terlihat lebih elegan dan sporty.

Toyota Yaris G 2018 oranye

Foto Toyota Yaris G 2018

Handy Goeyana
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil