Ragam Wajah Toyota Yaris Di Seluruh Dunia

06/09/2018
Saat ini Toyota Yaris menjadi salah satu model terpopuler di dunia, bahkan hadir dengan sejumlah wajah beragam. Apa saja model-model Toyota Yaris di seluruh dunia?

foto Toyota Yaris sedan 2018 berwarna putih di pameran

Toyota Yaris Sedan di Seremoni 30 Tahun Toyota Tembus 1 Juta Unit (Foto: Hafizh Fauzan)

Sesosok sedan berwarna putih terlihat di sela-sela Seremoni 30 Tahun Ekspor Toyota Tembus Satu Juat Unit (5/9). Melihat emblemnya, mobil ini memiliki nama Toyota Yaris. Namun, sosoknya terlihat berbeda dengan model kita kenal. Karena kita di Indonesia hanya mengenal Toyota Yaris dalam wujud hatchback.

Jika dulu Toyota punya Corolla, maka belakangan ini Yaris menjadi nama terpopuler untuk dijual di seluruh dunia. Toyota Yaris diperkenalkan pada 1999 sebagai model pengganti Toyota Starlet yang tidak dilanjutkan produksinya. Di Indonesia, Yaris baru dijual sejak 2006.

foto Toyota Yaris 1999 berwarna silver

Toyota Yaris generasi I, pengganti Toyota Starlet (Foto: Toyota)

Sesuai strategi produk Toyota yang selalu merangkul kebutuhan pasar setempat, nama Yaris pun pada akhirnya berevolusi menjadi tiga produk terpisah. Salah satunya, ya sosok terlihat di seremoni tersebut. Apa saja model Toyota Yaris dijual di dunia saat ini?

>>> Baca juga: Tiga jurus jitu ekspor Toyota tembus satu juta unit

Toyota Yaris Versi Eropa

Inilah model menjadi basis dari Toyota Yaris WRC, andalan Toyota Gazoo Racing di arena reli dunia. Pada tahun 2011, Toyota meluncurkan Yaris generasi III berkode XP130 di pasar Eropa, menyusul Amerika Serikat dan Australia, sebagai pengganti model XP90 yang akrab dipanggil “Yaris Bakpau” di Indonesia.

foto Toyota Yaris GRMN berwarna putih tahun 2018

Toyota Yaris versi Eropa, memiliki desain lebih membulat dan kompak (Foto: Toyota)

Filosofi desainnya serupa Yaris generasi II, dengan bodi membulat dan ringkas. Secara dimensi, ia lebih pendek 23 cm dibandingkan model dijual di Indonesia (XP150). Di Jepang, Yaris model ini dikenal dengan nama Toyota Vitz dan dijual pada 2010.

Yaris XP130 mengalami facelift tahun 2014 silam. Varian tersangar adalah Toyota Yaris GRMN bermesin 1.800cc Dual VVT-I dengan daya 212 dk. Keluarga Yaris XP130 hadir dalam versi tiga dan lima pintu.

>>> Dapatkan berita informatif pasar mobil dunia hanya di Cintamobil

Versi Amerika Utara

Tahun 2015, muncul satu lagi nama Yaris di belahan utara Amerika. Toyota Kanada menjual model dinamai Yaris Sedan. Uniknya, model ini tidak memiliki hubungan teknis apa pun dengan XP130 dan XP150. Karena Yaris Sedan merupakan buah dari kesepakatan bisnis antara Toyota dan Mazda. Yaris Sedan adalah Mazda2 Sedan (DJ) diberi logo Toyota.

foto Toyota Yaris sedan amerika 2018 berwarna putih sedang diparkir di jalan

Toyota Yaris Sedan versi Amerika menggunakan Mazda2 sebagai basisnya (Foto: Toyota)

Setelah sebelumnya mengusung nama Scion iA, dibubarkannya brand Scion dan masuknya seluruh lini produk merek gaul Toyota membuat model ini dinamai Toyota Yaris iA sejak 2016. Belakangan, diubah menjadi Toyota Yaris Sedan saja.

Toyota Yaris Versi Indonesia - Asia

Per generasi III, Toyota menempuh strategi berbeda bagi Yaris untuk pasar Asia. Alih-alih menggunakan model Eropa XP130, melainkan menghadirkan Yaris baru berbasis sedan Toyota Vios XP150 meluncur terlebih dahulu. Penampilannya lebih gagah dengan hidung panjang. Di Indonesia Toyota Yaris generasi III diluncurkan akhir 2013. Disusul versi facelift pada Februari 2018. Uniknya, di Meksiko Toyota Yaris XP150 hadir menggantikan XP130 dijual sebelumnya. 

>>> Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 bisa dilihat selengkapnya di sini.

foto produk Toyota Yaris TRD 2018 berwarna kuning

Wajah baru Toyota Yaris XP150 dijual di Indonesia (Foto: Toyota)

foto Toyota Yaris sedan Thailand berwarna biru

Toyota Yaris Attiv yang banyak dijadikan basis versi sedan di beberapa negara.

Selain wajah dijual di Indonesia, Yaris versi Asia memiliki beberapa turunan. Mulai dari Yaris L dijual di China. Serta Yaris Attiv diluncurka di Thailand pada 15 Agustus 2017. Pada prinsipnya Yaris Attiv adalah Toyota Vios dengan desain berbeda. Pada prinsipnya adalah Vios diberi kulit dan wajah berbeda serta dibenamkan mesin lebih kecil, 3NR-FE 1,2 liter agar sesuai regulasi Eco Car.

Di beberapa negara, Yaris Attiv hadir dengan nama Toyota Yaris Sedan. Model inilah yang ditampilkan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dalam Seremoni 30 Tahun Ekspor Toyota Tembus 1 Juta Unit.

>>> Beragam berita otomotif paling lengkap bisa Anda dapatkan di Cintamobil

Aditya Siregar

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0