Review Hyundai Tucson 2019

23/11/2018
editor rate: 4,4 user rate: 4,5
Perusahaan berdarah Korea Selatan yakni Hyundai, baru-baru ini meluncurkan Tucson 2019. Beberapa pembaruan dalam mode Facelift dilakukan dalam rangka menyegarkan eksistensinya di pasar internasional. Beberapa teknologi serta fitur keselamatan terbaru telah disiapkan. Kira-kira apa saja pembaruannya? Mari kita intip bersama dalam review Hyundai Tucson 2019.

PENGANTAR Hyundai Tucson 2019

Review Hyundai Tucson 2019 – Meski di Indonesia nama Hyundai tidak setenar pabrikan Jepang lainnya namun kami cukup mengapresiasi kegigihan serta komitmennya untuk mewarnai pasar otomotif Indonesia. Bahkan, baru-baru ini Hyundai All New Santa Fe telah hadir yang setidaknya telah memberi angin segar bagi pabrikan asal Korea Selatan untuk terus berkiprah di Indonesia.

Hyundai Tucson Indonesia juga menghadirkan sosok serupa yang tampil maskulin bergaya Crossover

Melihat kembali sosok Hyundai Tucson yang dipasarkan di Indonesia

Adapun kabar menarik datang dari Hyundai internasional yang menghadirkan penyegaran untuk Tucson di tahun 2019 mendatang. Rasanya hal ini cukup tepat dilakukan apalagi jika diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat. Pasalnya, total penjualan Hyundai Tucson CRDi di Indonesia dari Januari hingga September 2018 hanya terjual sebanyak 132 unit saja. Setidaknya, mode Facelift terbarunya ini bisa memberi penyegaran bagi konsumen setianya.

Hyundai Tucson 2019 diperkenalkan kepada publik di acara New York Auto Show 2018

Perkenalan Hyundai Tucson Facelift terbaru di acara New York Auto Show 2018

Supaya semakin terlihat menggiurkan, Tucson 2019 mengadopsi beberapa hal dari saudaranya yakni Kona. Seperti halnya pada sisi eksterior yang kini mengalami sedikit perubahan baik dari sisi pelek hingga fitur eksterior. Di sisi lain, kabin interior juga menyajikan fitur-fitur mewah khas dari Hyundai Kona. Namun, ada beberapa hal yang Cintamobil.com sayangkan dari pembaruan satu ini. Menjawab hal tersebut, mari kita simak bersama dalam review Hyundai Tucson 2019.

EKSTERIOR Hyundai Tucson 2019

Tak ingin menyebutnya operasi plastik khas Korea tapi kami lebih memaknainya sebagai kosmetik baru pada eksterior Hyundai Tucson 2019. Beberapa pembaruan minor nampak terlihat jelas di beberapa sisinya dibanding model sebelumnya. Hyundai sendiri menyebutnya sebagai Crossover Utility Vehicle (CUV) karena desainnya yang memadukan kapabilitas CUV dengan desain agresif khas Crossover.

Review Hyundai Tucson 2019: Eksterior Depan

Wajah depannya masih menerapkan desain Grille serupa lewat formasi tiga palang sejajar berlapis krom yang menyatu apik dengan dua buah lampu utama LED-nya. Pembaruan hanya didapati pada sisi lampu yang kini sudah dilengkapi fitur Daytime Running Lights (DRL). Bukan saja memberi kesan lebih agresif namun juga mampu menyajikan kualitas pencahayaan lebih mumpuni.

Eksterior depan Hyundai Tucson 2019 menggunakan desain Grille baru yang lebih tebal dan dibalut warna hitam khusus varian tertingginya

Eksterior depan Hyundai Tucson 2019 kini sudah dilengkapi lampu DRL

Review Hyundai Tucson 2019: Eksterior Samping

Melihat bodi sampingnya, nampak Tucson masih menerapkan dimensi panjang bodi 4.475 mm dengan tinggi 1650 mm. Hal serupa juga diamati pada fitur Roof Rail di atapnya yang semakin memperkaya fungsinya sebagai mobil CUV keluarga. Menariknya lagi, kini tersedia tiga ukuran pelek berdesain serupa meliputi 18 inci untuk varian SEL, 17 dan 19 inci untuk trim lainnya.

Eksterior samping Hyundai Tucson 2019 juga masih menerapkan fitur Roof Rail

Eksterior samping Hyundai Tucson 2019 kini menawarkan tiga ukuran pelek

Review Hyundai Tucson 2019: Eksterior Belakang

Bodi belakangnya kini dibuat lebih Fresh dengan menyajikan desain baru pada Rear Taillight-nya. Adapun fitur Shark Fin Antenna pada bagian atapnya sudah dapat dinikmati pada semua variannya. Pembaruan pada sisi belakang terbilang minor, sekilas tidak terlihat perubahan apapun.

Eksterior belakang Hyundai Tucson 2019 sudah dilengkapi dengan Rear Taillight yang memberi kesan modern

Eksterior belakang Hyundai Tucson 2019 kini menggunakan desain Taillight baru

>>> Baca juga:

INTERIOR Hyundai Tucson 2019

Sejatinya, tak ada perubahan sama sekali pada interior khususnya dari segi dimensi dan kelegaan. Namun perubahan bisa diamati pada aspek fitur. Supaya semakin menyamankan pengendara dan seluruh penumpang, ruang interior Hyundai Tucson 2019 kini mengadopsi beberapa komponen dari saudaranya baik pada Santa Fe maupun Kona.

Review Hyundai Tucson 2019: Dashboard

Beberapa orang mungkin cukup menyukai tatanan panel Head Unit yang disematkan di bagian atas dashboard. Terkesan lebih mudah untuk dijangkau serta memberi kesan visual lebih minimalis bagi keseluruhan dashboard.

Dashboard Hyundai Tucson 2019 menerapkan desain yang elegan dan modern

Dashboard Hyundai Tucson 2019 kini dilengkapi panel Head Unit yang disematkan di posisi atas

Hal tersebut nyatanya terjawab pada Hyundai Tucson 2019. Menerapkan dua pilihan panel Head Unit berdesain Tablet yakni berukuran 7 inci untuk varian standar-nya serta 8 inci pada varian tertingginya. Keduanya hanya berbeda dalam hal dimensi saja. Sedangkan untuk formatnya, semua variannya sudah didukung Apple CarPlay serta Android Auto. Terkesan makin praktis untuk mengoperasikan musik favorit secara langsung dari Gadget Anda.

Review Hyundai Tucson 2019: Setir

Desain setir sendiri terlihat masih sama dengan generasi terbaru Tucson. Genggaman pada setirnya dirancang lebih nyaman berkat balutan bahan kulit berkualitas. Adapun tombol multifungsi sudah disematkan di kedua sisi setirnya seperti pengaturan audio, konektivitas serta teknologi Cruise Control.

Setir Hyundai Tucson 2019 menggunakan desain tiga palang

Setir Hyundai Tucson 2019 sudah didukung berbagai tombol multifungsi

Untuk sebuah CUV kelas menengah, Cintamobil.com cukup menyukai panel Multi Information Display (MID) yang tersemat di balik kemudi setirnya. Semua informasi tertata cukup rapi dan sudah bermode Digital. Bahkan untuk pengendara pemula sekalipun, fitur tersebut terbilang cukup mudah untuk dipahami dan dioperasikan.

Review Hyundai Tucson 2019: Kursi

Kursi pada kabinnya terasa cukup nyaman meski dipenuhi oleh lima orang sekaligus. Hal tersebut dapat dirasakan pada kelegaan ruang kaki serta bahan kulit yang digunakan. Selain itu, unsur praktis juga terjawab dari hadirnya fitur wadah di berbagai sisinya seperti di masing-masing pintu serta semua bangkunya. Lebih daripada itu, pada varian tertingginya sudah dilengkapi Wireless Phone Charger untuk mengisi daya Gadget Anda.

Kursi Hyundai Tucson 2019 dihias apik dengan warna putih dan dibalut bahan kulit berkualitas

Kursi Hyundai Tucson 2019 cukup akomodatif untuk menampung lima orang sekaligus

Review Hyundai Tucson 2019: Kapasitas Bagasi

Merambah ke ruang bagasi, Hyundai Tucson 2019 menyajikan kapasitas 488 Liter hingga 1.478 Liter (ketika bangku belakang dilipat penuh). Jika dibandingkan dengan Nissan X-Trail maupun Honda CR-V, kapasitas bagasi Tucson masih terbilang kalah. Namun jangan salah, jika diadu dengan Mazda CX-5, ruang bagasi Tucson tampil lebih lega.

Kapasitas bagasi Hyundai Tucson 2019 bisa diperluas hingga 1.754 Liter

Kapasitas bagasi Hyundai Tucson 2019 sebesar 488 Liter (kiri) dan bisa bertambah hingga 1.754 Liter jika bangku belakang dilipat (kanan)

>>> Artikel terkait:

FITUR Hyundai Tucson 2019

Selain kapabilitasnya yang unggul sebagai CUV keluarga, fitur Hyundai Tucson 2019 juga menunjang untuk kualitas berkendara yang nyaman di perkotaan. Supaya menjadi lebih terkonsep, Cintamobil.com menyajikan dua aspek baik keselamatan dan hiburan.

Review Hyundai Tucson 2019: Fitur Keselamatan

Teknologi yang kian hari kian berkembang, membuat Tucson juga dibekali fitur keselamatan mumpuni. Varian tertinggi misalnya, sudah dilengkapi fungsi memantau titik buta berkendara (Blind Spot Monitor), menjaga lajur kendaraan supaya tetap di marka jalan (Active Lane Keep Assist), melajukan kendaraan tanpa menginjak pedal gas (Adaptive Cruise Control) dan pengereman mendadak ketika sistem mendeteksi objek di bagian depan (Auto Emergency Braking). Sedangkan fitur yang menunjang performanya di medan tanjakan, terjawab dari hadirnya teknologi Hill Start Assist (HSA) maupun Hill Descent Control (HDC).

Fitur keselamatan Hyundai Tucson 2019 menghadirkan teknologi terbaru yang siap menjamin keselamatan Anda

Fitur keselamatan Hyundai Tucson 2019 tampil mumpuni di berbagai aspeknya

Review Hyundai Tucson 2019: Fitur Hiburan

Fitur paling spesial dari Hyundai Tucson adalah Panoramic Sunroof.  Ya, fitur satu ini juga sudah dihadirkan dari generasi terbarunya yang sudah dijual di Indonesia. Mengapa spesial? Panoramic Sunroof mampu memberikan visibilitas bagi penumpang untuk menikmati pemandangan alam dari atapnya.

Fitur hiburan Hyundai Tucson 2019 menawarkan panel Head Unit canggih yang sudah didukung format Apple CarPlay maupun Android Auto

Fitur hiburan Hyundai Tucson 2019 menyajikan dua pilihan panel Head Unit berukuran 7 inci atau 8 inci

Di sisi lain, ruang kabinnya juga menyajikan dua pilihan panel Head Unit berukuran 7 inci dan 8 inci (khusus pada varian tertinggi). Semua variannya juga sudah menghadirkan format Apple CarPlay serta Android Auto pada Head Unit-nya. Fitur-fitur yang disebutkan sebenarnya sudah terbilang mumpuni untuk mendukung kenyamanan berkendara seluruh penumpang.

>>> Bandingkan juga dengan model berbodi SUV menarik lainnya dengan klik link ini

OPERASI Hyundai Tucson 2019

Perkenalannya di acara New York Auto Show 2018, memberi sedikit kabar buruk bagi penggemar setia Tucson. Ingatkah Anda dengan pernyataan kami akan kekurangan pada pembaruan di mode Facelift-nya di segmen awal?

Ya, hal tersebut terjawab pada operasi mesin Hyundai Tucson 2019. Pasalnya, mode Facelift terbarunya ini sudah melepas pilihan mesin Turbo dan tak ada lagi tenaga diesel. Diumumkan bahwa tersedia dua piliihan mesin untuk Tucson yakni 2.0 Liter dan 2.4 Liter yang keduanya menggunakan bahan bakar bensin dan turun pangkat menjadi Non-Turbo.

Operasi mesin Hyundai Tucson 2019 menawarkan dua pilihan tenaga yakni 2.0 Liter dan 2.4 Liter

Operasi mesin Hyundai Tucson 2019 tak lagi menawarkan Turbo dan pilihan diesel

Bayangkan saja, All New Tucson yang kini beredar di Indonesia masih mengaplikasikan Turbo sedangkan model Facelift-nya di Amerika kini sudah tak lagi ber-Turbo. Mengapa? Seakan unsur teknologi keselamatan dan kenyamanan berkendara lebih penting sehingga harus memangkas performa mesinnya.

Rencananya, Hyundai Tucson 2019 akan menerapkan mesin 2.0 Liter dengan daya Output sebesar 164 HP dengan torsi maksimum 151 Lb.ft. Pilihan kedua, tersedia mesin 2.4 Liter 4 silinder segaris yang mampu memacu daya maksimum hingga meraih 181 HP dan torsi 175 Lb.ft. Kedua pilihan mesinnya akan dioperasikan menggunakan transmisi 6 tingkat percepatan SHIFTRONIC dengan mode Manual Shifting.

>>> Simak review menarik lainnya tentang mobil terbaru besutan Hyundai

spesifikasi Hyundai Tucson 2019

Supaya Anda semakin mengetahui segala hal detail tentangnya, berikut Cintamobil.com melampirkan spesifikasi Hyundai Tucson 2019.

SPESIFIKASI HYUNDAI TUCSON 2019

Model

2.0 Liter

2.4 Liter

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.475 mm x 1.850 mm x 1.650 mm

Wheelbase

2670 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.0 Liter 4 Silinder Segaris

2.4 Liter 4 Silinder Segaris

Daya Maksimum

164 HP

181 HP

Torsi Maksimum

151 Lb.ft

175 Lb.ft

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan SHIFTRONIC dengan Manual Shifting

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Gasoline Direct Injection

kelebihan & kekurangan Hyundai Tucson 2019

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan Hyundai Tucson 2019? Untuk meringkas pendapat kami di segmen-segmen sebelumnya, berikut kami lampirkan dalam mode tabel.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Ruang interior dikemas lebih nyaman dan sudah dilengkapi fitur-fitur menghibur

Semua fitur-fitur menarik masih bersifat opsional yang membutuhkan biaya tambahan apabila diaplikasikan

Fitur keselamatan kini sudah dibekali teknologi canggih yang lebih menjaga keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara

Sayangnya, varian standar tidak begitu dibekali banyak perubahan menarik dari versi pembaruannya kali ini

Perubahan minor pada eksterior lebih ditekankan akan aspek fitur dan desain

Ruang bagasi terbilang sempit dibanding kompetitor sekelas Honda CR-V maupun Nissan X-Trail

Masih dilengkapi Panoramic Sunroof sebagai fitur Premium

Performa mesin tak lagi menawarkan konfigurasi Turbo maupun tenaga diesel

daftar harga Hyundai Tucson 2019

Sayangnya, Cintamobil.com belum mendapatkan informasi tentang daftar harga Hyundai Tucson 2019. Rencananya di tahun mendatang, Hyundai akan diperkenalkan di berbagai negara dan akan mulai dipasarkan di tahun 2020. Namun tak perlu khawatir, umumnya perkenalan mobil baru semacam ini  akan diiringi dengan pengumuman harga jualnya. Apabila informasi tersebut sudah dihadirkan, Cintamobil.com akan mengabarinya di artikel ini.

>>> Simaklah harga dan promo mobil Hyundai lainnya di sini

Video Hyundai Tucson 2019

KESIMPULAN Hyundai Tucson 2019

Terkesan menggiurkan ketika menilik dari sisi eksterior, interior hingga teknologi yang dihadirkan pada Hyundai Tucson 2019. Namun sayangnya, setelah mengetahui aspek mesin yang sudah tak lagi menerapkan konfigurasi Turbo dan tak ada pilihan diesel, tiba-tiba rasa terpukau tadi hilang. Seakan bukan lagi Tucson apalagi sudah tak dibekali tenaga Turbo. Meski begitu, kami cukup mengapresiasi segala ubahan pada sisi interior yang dibuat lebih nyaman dan menghibur.

Namun apakah perubahan tersebut cukup terbayar dengan tiadanya pilihan tenaga Turbo? Bagaimana pendapat Anda apabilan Hyundai Tucson 2019 Indonesia hadir? Sampaikan segala pendapat menarik Anda di kolom komentar.

>>> Butuh informasi terlengkap tentang desain eksterior, interior serta kelebihan dan kekurangan mobil yang Anda ingin membeli? Jangan lupa klik sini untuk simak review terlengkap dan menarik dari tim Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil