Review Mazda 3 Hatchback 2019: Evolusi Signifikan Sang Generasi Ketujuh

27/12/2019
editor rate: 4,2 user rate: 4,5
Mazda 3 Hatchback 2019 menjadi bukti Mazda semakin mantap memasuki segmen mobil premium di Indonesia. Apa saja “evolusi” yang ditawarkan medium hatchback ini?

PENGANTAR Mazda 3 2019

Review Mazda 3 Hatchback 2019 - Kalau mengikuti runut historikal Mazda, bisa dikatakan Mazda 3 Hatchback 2019 merupakan generasi ketujuh Mazda yang hadir di muka bumi.

Cikal bakal keluarga Mazda 3 Hatchback lahir dari Mazda GLC (Great Little Car) yang debut di 1977, kemudian diteruskan oleh keluarga Mazda 323 selama era 80-90an akhir. Di Indonesia sendiri versi leluhur Mazda 3 Hatchback 2019 bisa ditarik mundur mulai dari Mazda 323 Hatchback (debut 1977), Mazda MR90 (debut 1990), dan Mazda Baby Boomers (debut 1993).

Gambar menunjukkan beberapa generasi Mazda 3 2017

Mazda GLC (atas, kanan) & Mazda 3 Hatchback 2019 (Bawah)

Akhirnya nama Mazda 3 atau Mazda Alexa tercetus di era millenium, tepatnya secara global di Oktober 2003 di Jepang. Sejak saat itu total 4 generasi Mazda 3 lahir ke dunia, yang mana Mazda 3 Hatchback 2019 melakukan debutnya di Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. 

Menjadi model Mazda paling sukses di kancah global dengan total penjualan di atas 6 juta unit sampai Januari 2019, akankah membuat Mazda 3 Hatchback 2019 ini akan turut merasakan kesuksesan yang sama di Indonesia?

EKSTERIOR Mazda 3 2019

Review Mazda 3 Hatchback 2019: Eksterior Depan

Foto Mazda 3 Hatchback 2019 dari sisi depan

Tampilan eksterior depan Mazda 3 Hatchback 2019

Sebuah pendekatan desain yang agresif diberikan Mazda kepada Mazda 3 Hatchback 2019. Terlihat konsep “less is more” terpancar dari headlight LED berdesain pipih nan mutakhir. Headlight ini dibekali teknologi  Adaptive Front-Lighting system (AFS), High-beam control (HBC), Auto Levelling & Auto On/Off, serta dikemas dengan daytime running light.

Karena desain headlight LED lebih terkesan pipih, berimbas pada bentuk grille yang kini mendominasi fascia depan. Grille Mazda 3 Hatchback 2019 memiliki bentuk panel grille honeycomb dan sisi panel dibalut aksen black gloss, serta lekuk kap mesin turut mengikuti lekuk grille dari sisi teratas. Sedangkan di bagian bumper bawah kini hadir panel plastik doff yang sukses mengangkat aura sporty mobil ini.

Review Mazda 3 Hatchback 2019: Eksterior Samping

Foto Mazda 3 Hatchback 2019 dari sisi samping

Tampilan eksterior samping Mazda 3 Hatchback 2019

Tema desain Kodo Soul of Motion generasi terbaru yang mengedepankan prinsip “Beauty Through Subtraction” menjadi dasar utama konsep desain Mazda 3 Hatchback 2019. Mazda merancang bentuk desain samping mobil berdimensi 4.460mm x 1.765mm x 1.435mm (P x L x T) ini dengan lekukan yang cukup sensual dengan profil fender belakang yang lebih kekar.

Efek dari bentuk profil fender belakang yang lebih kekar terasa pada bentuk pilar C yang juga membesar, dengan kaca samping pintu belakang yang lebih menyipit. Tapi yang lebih menarik adalah perpaduan profil ini seakan memberikan siluet yang cukup dramatis dan sensual di sisi pintu. Dan untuk memperkuat visual di sisi samping mobil ini, Mazda menggunakan velg gray metallic aluminium wheels 18 inci berpadukan ban 215/45 R18.

Review Mazda 3 Hatchback 2019: Eksterior Belakang

Foto Mazda 3 Hatchback 2019 dari sisi belakang

Tampilan eksterior belakang Mazda 3 Hatchback 2019

Lekuk buritan Mazda 3 Hatchback 2019 seakan mengikuti alur desain pada pilar C, sehingga secara tidak langsung membuat bentuk pintu bagasi memiliki lekukan nan dinamis. Titik lekukan paling menonjol pada pintu bagasi Mazda 3 hatchback terbaru ini dirancang persis sejajar mengikuti area taillight LED, serta logo Mazda yang menjadi tempat bersembunyi tombol elektrik untuk membuka pintu bagasi. Untuk kaca belakang dibuat melandai dan tampil serasi dengan roof spoiler berkelir gloss black. Adapun sisi bawah bumper menggunakan panel gloss black dengan perpaduan dual tailpipe.

>>> Baca juga:

INTERIOR Mazda 3 2019

Review Mazda 3 Hatchback 2019: Dashboard & Setir

Foto Mazda 3 Hatchback 2019 dari sisi dashboard dan setir

Tampilan area dashboard dan setir Mazda 3 Hatchback 2019

Konsep “Less is More” juga terasa hadir di dalam interior Mazda 3 Hatchback 2019. Desainer Mazda sukses merancang bentuk kabin yang minimalis, tapi terasa sangat premium karena menggunakan aksen kulit. Hal ini terlihat dari format penempatan tombol di central console yang hanya menyisakan tombol untuk Dual Zone Front Auto Climatic Control dan layar MZD connect.

Sedangkan pada sisi pengemudi, selain kisi-kisi AC yang lebih besar, Mazda juga menampilkan instrument cluster dengan layar 7-inci TFT dan informasi mobil ditampilkan pula di Active Driving Display yang berfungsi layaknya Head-Up Display. Setir mobil ini pun dirancang ergonomis dan memiliki ragam tombol multifungsi untuk sistem audio dan telepon, Cruise Control, serta paddle shift. Terkait posisi setir pun bisa diatur secara tilt & telescopic.

Area central console juga mendapatkan desain baru dari Mazda. Cover console box dibuat berfungsi layaknya armrest dengan bantalan empuk dan berlapis material kulit, serta mengikuti prinsip mekanisme Karakumi. Selain itu posisi Command Controller dibuat persis di belakang tuas transmisi yang kini posisinya selaras dengan armrest, serta sepasang cup holder tengah ditempatkan di sisi depan tuas transmisi

Review Mazda 3 Hatchback 2019: Jok

Foto Mazda 3 Hatchback 2019 dari sisi jok

Tampilan jok depan Mazda 3 Hatchback 2019

Mazda menghadirkan bentuk jok mobil yang dirancang untuk mempertahankan bentuk alami dari tulang belakang manusia. Hal ini mengakibatkan pergerakan badan pengemudi untuk menstabilkan posisi kepala lebih alami dan tanpa perlu upaya besar.

Kendati demikian, Mazda tetap menyediakan settingan jok elektrik dengan penyimpanan memori untuk sisi pengemudi, sedangkan penumpang depan menggunakan pengaturan manual. Untuk jok belakang tersedia armrest di tengah jok yang bisa digunakan sebagai kursi ketiga. Dan semua jok Mazda 3 Hatchback 2019 sudah dibalut material kulit berkualitas.

>>> Artikel terkait:

FITUR Mazda 3 2019

Review Mazda 3 Hatchback 2019: Fitur Hiburan

 

Foto Mazda 3 Hatchback 2019 dari sisi jok

Sistem MZD Connect terbaru di Mazda 3 Hatchback 2019

Sistem infotainment MZD Connect khas Mazda kini hadir dengan interface baru. Tampil di layar lebar 8,8 inci TFT color display, interface MZD Connect tampil lebih elegan dengan pengaturan yang lebih sederhana. Secara default, MZD Connect pada mobil ini memiliki kemampuan navigasi, terkoneksi dengan smartphone lewat USB/Bluetooth, serta mampu mengatur ragam setting mobil melalui Commander Control.

Foto Mazda 3 Hatchback 2019 saat menggunakan Apple CarPlay

Interface Apple CarPlay yang bisa dijalankan MZD Connect generasi terbaru

Loncatan terbaik pada MZD Connect generasi terbaru ini hadir melalui adanya Smartphone Integration. Ya, untuk MZD Connect pada Mazda 3 Hatchback sudah mendukung operasi Android Auto dan Apple CarPlay. Pengguna mobil cukup mengkoneksikan smartphone melalui USB Port dan sistem ini akan langsung tampil dan berjalan bersamaan dengan MZD Connect.

Terkait output suara pada mobil ini, Mazda secara khusus menciptakan sistem speaker dengan total 8 speaker 3-way serta woofer sebagai standar. Jika bosan dengan fitur hiburan yang disajikan, Mazda juga menyematkan fitur sunroof yang memungkinkan udara segar masuk ke dalam mobil, sekaligus menambah kesan lapang di dalam kabin.

Review Mazda 3 Hatchback 2019: Fitur Berkendara & Keselamatan

Foto sistem GVC Plus di mobil Mazda

Ilustrasi penggunaan teknologi GVC Plus di mobil Mazda

Mengutamakan keasyikan berkendara kepada pengemudi, Mazda melakukan beragam rombakan agar kemampuan berkendara Mazda 3 Hatchback 2019 menjadi lebih optimal. Selain menghadirkan fitur Sport mode, Mazda juga menyematkan teknologi G-Vectoring Control Plus (GVC Plus) yang bertugas meningkatkan stabilitas dan pengendalian saat mobil bermanuver di tikungan.

Foto Mazda 3 Hatchback 2019 Tombol MRCC

Tombol pengaturan Mazda Radar Cruise Control di Mazda 3 Hatchback 2019

Selain mengandalkan teknologi tersebut, Mazda juga menyematkan teknologi Mazda Radar Cruise Control. Mazda Radar Cruise Control sebagai bagian I-ACTIVSENSE akan menggunakan radar gelombang milimeter untuk menilai kecepatan dan jarak relatif ke mobil di depan. Hasilnya selain kita bisa atur kisaran kecepatan yang diinginkan, fitur ini juga secara otomatis menyesuaikan dan menjaga jarak aman dengan mobil di depan.

Foto pengaturan i-ACTIVSENSE di Mazda 3 Hatchback 2019

Sistem i-ACTIVSENSE pada Mazda 3 Hatchback 2019

Di luar Mazda Radar Cruise Control, sistem keselamatan aktif I-ACTIVSENSE memiliki teknologi cerdas lainnya seperti Smart city brake support [Forward] (SCBS-F), Smart brake support (SBS) & Forward obstruction warning (FOW), Blind Spot Monitoring (BSM) and Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane Keep Assist System (LAS), dan Driver Attention Alert (DAA). Mazda juga menghadirkan fitur seperti Antilock Brake System (ABS) with Electronic Brakeforce Distribution (EBD) and Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control (DSC) and Traction Control System (TCS), serta Hill Launch Assist (HLA).

Foto airbag Mazda 3 Hatchback 2019

Sistem airbag tertanam di Mazda 3 Hatchback 2019

Sedangkan bicara soal fitur keselamatan pasif, Mazda 3 Hatchback 2019 sudah dibekali airbag yang terletak di sisi 7 titik, jok belakang yang dilengkapi ISOFIX, seatbelt 3 titik yang dibekali seatbelt reminder untuk semua jok, serta sistem auto door lock.

>>> Klik di sini untuk mengetahui review menarik dari mobil Hatchback lainnya

OPERASI Mazda 3 2019

Foto Mazda 3 Hatchback dari sisi mesin

Tampilan mesin Mazda 3 Hatchback 2019

Mazda mempertahankan mesin Mazda 3 generasi keenam pada Mazda 3 Hatchback 2019. Ya, mesin 4-silinder 2.0 liter SKYACTIV-G tetap hadir dengan sejumlah pengembangan. Mesin ini mengalami optimalisasi pada intake port dan bentuk piston, split fuel injection, serta katup pendingin untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih baik, serta performa yang tetap dinamis.

Agak disayangkan secara figur performa mesin ini mengalami penurunan tenaga menjadi 153 hp @ 6.000 rpm dan torsi 200 Nm @ 4.000 rpm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi SKYACTIV-DRIVE 6-percepatan.

Ubahan yang cukup berbeda juga datang dari sisi konstruksi suspensi, dimana untuk suspensi belakang dari Multi-Link menjadi Torsion Beam. Penggantian konstruksi suspensi yang lebih ringkas ini memungkinkan space ruang jok belakang diperbesar, mengurangi noise, vibration and harshness (NVH), sekaligus lebih mudah di-tuning oleh para engineering Mazda agar mencapai tingkat kenyamanan yang lebih baik daripada generasi sebelumnya.

>>> Jika Anda pecinta Mazda, simak juga model-model terbarunya dengan klik tautan ini

 

spesifikasi Mazda 3 2019

Informasi spesifikasi Mazda 3 Hatchback 2019 bisa di simak dalam tabel berikut ini

Spesifikasi

Mazda 3 Hatchback 2019

Sekilas Pandang

Dimensi

4.460mm x 1.765mm x 1.435mm

Wheelbase

2,725mm

Performa

Mesin

SKYACTIV-G 2.0 In-line 4 cylinder DOHC 16 valve

Transmisi

SKYACTIV-DRIVE 6-percepatan otomatis

Tenaga

153 hp @ 6.000 rpm

Torsi

200 Nm @ 4.000 rpm

Suspensi & Kaki-Kaki

Velg

18 inch gray metallic aluminium wheels  

Ban

215/45 R18

Rem

Ventilated Disc / Solid Disc

Rem Parkir

Electric Parking Brake (EPB) with auto hold

Suspensi

MacPherson Strut/Torsion beam axle

kelebihan & kekurangan Mazda 3 2019

Apa saja kelebihan dan kekurangan Mazda 3 Hatchback 2019 menurut Cintamobil.com?

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior dan interior Mazda 3 Hatchback premium untuk mobil produksi brand Jepang

Performa mesin mengalami penurunan dibandingkan generasi sebelumnya

Handling menjadi lebih nyaman dan karakter fun to drive tetap terjaga

 

Efek noise, vibration and harshness (NVH) bisa diminimalisir secara signifikan

 

Fitur mutakhir i-ACTIVSENSE tetap hadir sebagai standar

 

daftar harga Mazda 3 2019

Mazda 3 Hatchback 2019 tersedia di diler resmi Mazda dengan harga on-the-road Rp497,8 juta. Harga tersebut belum ditambah Rp4 juta jika Anda memilih opsi warna Machine Grey Metallic dan Soul Red Crystal.

Setiap pembelian mobil baru Mazda 3 Hatchback 2019 sudah termasuk garansi 3 tahun / 100 ribu km, MYMAZDA SERVICE 3 tahun/60 ribu km untuk free service termasuk jasa dan spare part, Advance ERA (Emergency Road Assistance), serta MOC Exclusive Access.

Video Mazda 3 2019

KESIMPULAN Mazda 3 2019

Foto Mazda 3 Hatchback 2019 berwarna Soul Red Metallic

Evolusi Mazda 3 Hatchback 2019 sukses membawa brand Mazda ke level premium

Evolusi Mazda 3 Hatchback 2019 membawa sosok medium hatchback asal Jepang ini menjadi terasa semakin premium, bahkan bisa dikatakan satu level dengan mobil-mobil hatchback keluaran Eropa. Para engineer Mazda sukses merancang generasi terbaru Mazda 3 Hatchback dengan visual hatchback berdaya tarik tinggi, kemewahan yang kenyamanan yang mumpuni, serta karakter berkendara yang dinamis.

Pendekatan khas mobil Eropa ini juga membawa Mazda 3 Hatchback terbaru menjadi lebih value for money. Karena dengan harga di bawah Rp500 jutaan, pemilik mobil Mazda 3 Hatchback 2019 bisa merasakan kenikmatan dan kualitas mobil Eropa dengan harga lebih terjangkau dibandingkan naik kelas ke brand mobil Eropa.

>>> Klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil