Review Hyundai Getz 2007: Hatchback 5-Doors Yang Sempat Tenar Di Masanya

14/06/2019
editor rate: 3,8 user rate: 4,5
Tak sedikit orang masih mencari mobil Hatchback lawas bernama Hyundai Getz. Desain bodinya yang kental akan nuansa Eropa justru menjadi unsur pemikat tersendiri. Memang, jika dibandingkan dengan Hatchback di masanya, Getz adalah model paling murah namun tidak murahan. Tertarik? Simak kelebihannya dalam review Hyundai Getz 2007.

PENGANTAR Hyundai Getz 2007

Review Hyundai Getz 2007 - Selaku perusahaan otomotif Korea Selatan, Hyundai cukup cerdik memasuki pasar otomotif Indonesia. Salah cerita paling menarik adalah jika menyinggung sejarah Hyundai Getz. Ya, jika kita mau melihat tahun 2003 dimana pasar mobil Hatchback Indonesia masih didominasi dengan mesin 1.500 cc, Hyundai menemukan celah pasar di titik itu. Tak perlu pikir panjang, pada bulan Juli 2003 Hyundai meluncurkan Getz di Tanah Air dengan bermodalkan mesin 1.300 cc. Bahkan, mobil tersebut langsung didatangkan langsung dari Korea dalam versi Completely Built Up (CBU).

Hyundai Getz 2003 masih hadir dalam bentuk CBU yang diimpor langsung dari Korea Selatan

Sosok Hyundai Getz yang diluncurkan pertama kali di tahun 2003

Pemilihan mesin 1.300 cc dirasa sangat sukses memangkas harga jualnya sehingga Hyundai Getz menjadi mobil Hatchback paling murah di masanya. Tak heran, masyarakat Tanah Air menyambutnya positif, setidaknya para konsumen masih bisa memiliki Hatchback mengingat harganya lebih terjangkau di antara kompetitor lainnya.
Melihat respon tersebut, Hyundai akhirnya memutuskan agar Getz dirakit dalam negeri di tahun 2004. Tidak begitu ada ubahan signifikan, selain penambahan speaker yang sebelumnya hanya 2 unit saja menjadi 4 unit speaker. Adapun Dd tahun 2006, Hyundai Getz mendapatkan ubahan dalam bentuk Facelift. Pembaruan menyasar pada panel audio yang menjadi Double DIN, pelek berubah dari 16 inci menjadi 15 inci Alloy serta penggunaan Body Kit baru.
Perubahan paling akhir terjadi pada tahun 2007, sebelum akhirnya tutup produksi di tahun 2009. Cukup disayangkan, melihat fenomena ini. Padahal, Hyundai dengan berani memberi Facelift pada Getz dengan menawarkan varian 2 pintu dan 4 pintu. Bahkan, fitur mewah seperti Sunroof sudah dihadirkan pada model ini, yang notabene hanya baru ditemukan pada mobil-mobil mewah seharga Rp. 400 jutaan ke atas.

Hyundai Getz 2007 adalah versi terakhir sebelum akhirnya stop produksi di tahun 2009

Hyundai Getz edisi terakhir yang dijual di Indonesia

Dengan alasan tersebut, Cintamobil.com hendak memberi ulasan lengkap dalam review Hyundai Getz 2007 khususnya pada varian 5 pintu. Setidaknya, model satu ini bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik khusus bagi Anda yang sedang mencari mobil Hatchback berharga terjangkau.

EKSTERIOR Hyundai Getz 2007

Secara garis desain, eksterior Hyundai Getz 2007 hadir dengan tampilan bak mobil Eropa. Selain minimalis, unsur sporty juga tak ditinggalkan dengan memberikan pernak-pernik minimalis dan Skirt berwarna hitam di beberapa sisinya.

Review Hyundai Getz 2007: Eksterior Depan


Mungkin bagi Anda yang sudah terbiasa dengan mobil Jepang, akan terasa sedikit kurang Familiar jika mengamati wajah depan Hyundai Getz. Ya, terkesan terlalu sederhana dan juga kurang aksen-aksen sporty. Namun jangan salah menilai, pasalnya mobil ini ditekankan agar tampil seringkas mungkin dan tetap stylish ketika dikendarai di area perkotaan.

Eksterior Depan Hyundai Getz 2007 kaya akan nuansa elegan khas Eropa

Wajah depannya kental akan nuansa Eropa, bukan?

Hal paling menarik juga terletak pada segi fitur. Meski harganya dibanderol terjangkau namun Hyundai tak melepaskan fitur-fitur standar. Bayangkan saja, lampu depan sudah didukung Multi Reflector serta lampu kabut. Tentu, masalah pencahayaan sudah bisa teratasi dengan baik lewat dua fitur tersebut.

Review Hyundai Getz 2007: Eksterior Samping

Jika ditilik dari segi dimensi, mobil ini tergolong sebagai mobil Hatchback ringkas. Dimensi bodi 3.810 mm x 1.665 mm x 1.495 mm, menjadikannya terlihat dinamis. Sehingga, dapat meliuk-liuk di kemacetan kota dengan mudah maupun melakukan proses parkir lebih praktis.

Eksterior Samping Hyundai Getz 2007 hadir dengan dimensi ringkas serta menggunakan pelek berukuran 15 inci

Skema desain ringkas ditonjolkan lebih kuat pada sisi sampingnya

Di sisi lain, pembaruannya terletak pada aspek pelek. Pada versi sebelumnya menerapkan dimensi pelek 16 inci dan akhirnya sejak tahun 2007 menggunakan ukuran lebih kecil di angka 15 inci.

Review Hyundai Getz 2007: Eksterior Belakang

Ada hal menarik sebenarnya yang harus dilihat lebih detail. Bisa Anda amati bahwa bodi belakang Getz memiliki dimensi yang cukup tinggi, namun menariknya Hyundai mengakalinya dengan panel Skirt tebal berwarna hitam. Belum lagi, Stop Lamp berdesain minimalis yang dikemas mungil dan menggemaskan, sukses membuat tampilannya terlihat proporsional.

Eksterior Belakang Hyundai Getz 2007 dihias menarik dengan Stop Lamp berukuran minimalis

Bodi belakang Getz sebenarnya tampil terlalu tinggi namun sukses diakali dengan penambahan Skirt tebal berwarna hitam

Fitur yang menarik selain Stop Lamp adalah pada sensor parkir dua titik serta Rear Wiper. Hal tersebut tergolong cukup menarik, memberi esensi lebih praktis bagi Hyundai Getz. Ya, meski terkesan sangat standar namun cukup membantu dalam proses berkendara Anda.

>>> Informasi menarik lainnya:

INTERIOR Hyundai Getz 2007

Ada dua perspektif yang bisa disampaikan jika mengamati sektor interior Hyundai Getz 2007. Pertama, kabinnya tergolong sangat lega meski dari bodi luarnya terasa terlalu ringkas. Hal ini disinyalir berkat desain bodi yang agak mengotak. Sedangkan hal kedua adalah material yang digunakan sedikit kurang berkualitas, sekaligus menjadi kekurangan utamanya.

Review Hyundai Getz 2007: Dashboard

Sisi dashboard sendiri tak begitu sporty, tampilannya terkesan biasa-biasa saja. Dominasi warna hitam pada dashboard membuat kesan yang begitu monoton, kurang segar dipandang. Untungnya, warna Silver pada fitur AC dan panel audio-nya, sukses memberi kesan sedikit lebih mewah.

Dashboard Hyundai Getz 2007 menggunakan bahan yang kurang berkualitas

Inilah suasana kabin dari Hyundai Getz, kualitas dashboard-nya terasa kurang baik rentan akan umur panjang

Meski kurang oke dalam segi desain kabin, namun kami cukup mengapresiasi fitur yang dihadirkan. Tersedia panel AC sebagai penunjang kesejukan dengan model Blower bertingkat dan bisa diatur menggunakan Roller. Hal yang disayangkan adalah panel audio, yang hanya bisa mengoperasikan radio dan musik dengan format terbatas.

Penyejuk AC Hyundai Getz 2007 terbilang unik, mengingat pengaturannya menerapkan basis Roller

Fitur Blower menerapkan sistem Roller

Review Hyundai Getz 2007: Setir

Beralih ke kemudi setirnya, fitur Tilt Steering sudah dihadirkan. Dalam hal ini, pengemudi dapat dengan mudah mengatur posisi setir sesuai keinginan. Di sisi lainnya, panel informasi sudah tertera cukup jelas mulai dari informasi konsumsi bahan bakar, Speedometer hingga Trip Meter. Sayangnya, tombol pengaturan audio belum hadir, tak seperti versi Eropa-nya.

Setir Hyundai Getz 2007 masih dikemas sangat standar

Setirnya masih tampil standar tanpa tombol pengaturan audio

Review Hyundai Getz 2007: Kursi

Kursinya sendiri dikemas dengan bahan kain, terasa cukup nyaman meski tidak begitu mewah jika ditilik dari segi desain. Memang tak dipungkiri, desainnya juga cenderung Flat kurang mengikuti lekuk punggung penumpang. Namun, masih tergolong nyaman dan dapat dimaklumi mengingat harganya yang dibanderol terjangkau.

>>> Baca juga:

FITUR Hyundai Getz 2007

Membeli mobil tentu harus mempertimbangkan esensi fitur, apalagi perkara keselamatan. Dalam hal ini, fitur Hyundai Getz 2007 menerapkan aspek keselamatan serba standar, tidak kurang dan tidak lebih. Masih cukup nyaman untuk dikendarai sebagai mobil sehari-hari di area perkotaan.

Review Hyundai Getz 2007: Fitur Keselamatan

Hal paling menarik dari kami adalah perihal pengereman. Ya, Hyundai Getz mendapatkan teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) di setiap rodanya. Hal ini tentu menjadi mengesankan, performa pengereman menjadi lebih responsif dan cekatan.

Fitur Keselamatan Hyundai Getz 2007 tergolong standar seperti menghadirkan Head Rest, Dual SRS Airbags dan ABS

Setiap kursinya juga dibekali Head Rest sehingga dapat meminimalisir cedera

Di sisi lainnya, fitur masih terkesan standar seperti Dual Airbags serta sabuk pengaman. Sementara itu, pada aspek parkir, Hyundai Getz sudah dilengkapi sensor parkir dua titik sehingga pengendara dapat memarkirkan kendaraan lebih aman.

Review Hyundai Getz 2007: Fitur Hiburan

Fitur paling spesial dari model ini adalah hadirnya Sunroof. Namun perlu menjadi catatan, Hyundai Getz versi terakhir inilah yang menyediakan fitur tersebut. Seperti yang diketahui, Sunroof dapat memberikan keleluasaan bagi penumpang menikmati pemandangan alam dari atap kabinnya.

Fitur Hiburan Sunroof Hyundai Getz 2007 tergolong sangat spesial, mengingat fitur ini adalah Premium dan hanya didapati pada mobil mahal saja

Panel Sunroof menjadi fitur spesial dari Hatchback mungil ini

>>> Tertarik dengan mobil besutan Hyundai? Simak di sini yuk ulasan model lengkapnya

OPERASI Hyundai Getz 2007

Untuk urusan jantung pacu, operasi mesin Hyundai Getz 2007 menyediakan dua pilihan yakni 1.3 Liter dan 1.4 Liter. Adapun transmisi juga ditawarkan dalam dua jenis meliputi transmisi 4 tingkat otomatis dan 5 tingkat manual. Performa mesin 1.3 Liter misalnya, tergolong cukup lumayan dengan daya maksimum sebesar 82 HP setara 5.500 Rpm dipadu torsi puncak 117 Nm pada putaran 3.200 Rpm. Jenis satu ini lebih nyaman untuk dikendarai di area perkotaan dengan tingkat kecepatan di bawah 100 Km/Jam. Pasalnya, akselerasi terasa kurang menggigit pada putaran tinggi.

Terhitung sejak tahun 2007 lalu, Hyundai menghadirkan varian mesin baru yakni 1.4 Liter. Performanya tergolong lebih menggigit dari tipe 1.3 Liter. Hal ini bisa dibuktikan lewat daya maksimumnya yang mencapai 95 HP setara 6.000 Rpm dan torsi hingga 125 Nm pada putaran 3.200 Rpm. Di sisi lain, konsumsi bahan bakarnya terbilang irit dengan perolehan konsumsi rata-rata 10,4 Km/Liter.

Mesin Hyundai Getz 2007 hadir dengan mesin baru 1.4 Liter berdaya 95 HP

Hyundai Getz punya mesin baru sejak tahun 2007 yakni 1.4 Liter

Sangat penting juga kami ingatkan bahwa mesin Hyundai Getz bukanlah mesin yang rewel, hanya saja sensitif apabila di isi bensin di bawah RON 92. Jika nantinya Anda membeli mobil Hyundai Getz bekas, tugas wajib Anda adalah menguras tangki bensin, Fuel Pump serta Injektor. Mengapa begitu? Ya, dikhawatirkan penggunanya dahulu mengisinya dengan bensin di bawah RON 92.

Performa Mesin Hyundai Getz 2007 harus didukung dengan bahan bakar minimal setingkat RON 92

Performa mesinnya tergolong nyaman untuk aktivitas perkotaan

>>> Jangan lupa untuk membandingkannya dengan mobil Hatchback menarik lainnya

spesifikasi Hyundai Getz 2007

Untuk informasi lebih lengkap, Anda juga bisa mengamati tabel spesifikasi Hyundai Getz 2007 di bawah ini.

SPESIFIKASI HYUNDAI GETZ 2007

MODEL

1.3 LITER

1.4 LITER

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.810 mm x 1.665 mm x 1.490 mm

Wheelbase

2.455 mm

Berat Kosong

1.022 Kg

MESIN

Tipe Mesin

G4EH 1.3 Liter 4 Silinder Segaris SOHC

G4FA 1.4 Liter 4 Silinder Segaris DOHC

Kapasitas Silinder

1.345 cc

1.399 cc

Daya Maksimum

82 HP / 5.500 Rpm

95  HP / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

117 Nm / 3.200 Rpm

125 Nm / 3.200 Rpm

Sistem Transmisi

4 Tingkat Percepatan Otomatis / 5 Tingkat Percepatan Manual

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson Strut Independent

Suspensi Belakang

Poros Kaku dengan Torsion Beam

Ukuran Ban

205/65 R15

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

45 Liter

kelebihan & kekurangan Hyundai Getz 2007

Sebelum meminangnya, perlu juga kami memberikan opini terkait kelebihan dan kekurangan Hyundai Getz 2007. Setidaknya, Anda masih bisa mempertimbangkan lebih detail sebelum mengambil langkah untuk membelinya.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Harga bekasnya terjangkau

Suspensi terasa sedikit keras

Mesin sangat awet dan tarikan terasa mantap khususnya pada versi 1.4 Liter manual

Transmisi otomatis terasa kurang menggigit dikarenakan masih menerapkan konfigurasi konvensional

Perawatan dan pencarian Sparepart sangat mudah

Banyak penggunanya mengeluh kerusakan pada sisi AC maupun Power Window, diutamakan untuk mengamatinya lebih dulu

Desain bodinya kental akan nuansa Eropa

Fitur keselamatan masih sangat standar

daftar harga Hyundai Getz 2007

Memang tak dipungkiri, dari segi harga, mobil Hyundai Getz terbilang unggul. Cukup terjangkau untuk seukuran mobil Hatchback. Perlu juga kami ingatkan, mobil ini tak lagi dijual dalam model baru, hanya dalam versi bekas saja. Berikut daftar harga mobil Hyundai Getz bekas.

TIPE MOBIL

HARGA HYUNDAI GETZ BEKAS

Hyundai Getz (2007)

Kisaran Rp. 60.000.000

>>> Harga mobil Hyundai Getz bekas selengkapnya bisa Anda simak di sini

Video Hyundai Getz 2007

Cuplikan singkat Hyundai Getz versi 3-Door dari BChannel

KESIMPULAN Hyundai Getz 2007

Hyundai Getz adalah sosok Hatchback yang dirancang dinamis serta ringkas, cocok untuk penggunaan area kota. Bodinya yang mungil juga sangat menunjang kemudahan parkir serta memasuki gang sempit sekalipun. Memang jika ditilik dari segi fitur, mobil Hyundai Getz tergolong standar, namun masih sangat aman untuk dikendarai. Di sisi lain, kami merekomendasi Anda memilih tipe 1.4 Liter manual. Selain lebih menggigit dalam hal performa, transmisi manual juga menawarkan tarikan mantap. Lantas, apa pendapat Anda?

>>> Jangan lupa untuk menyimak ulasan mobil terbaru dan terlengkap lainnya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil