Review Suzuki SX4 X-Over 2007

10/05/2019

Share this post:

Suzuki SX4 2007

Editor rate:

100.000.000

Lihat promo

Menjadi crossover pertama di Indonesia, Suzuki SX4 X-Over 2007 masih terlihat ganteng meski telah memiliki generasi penerusnya pada 2012. Kali ini, Cintamobil.com kembali mengajak Anda untuk nostalgia dengan produk yang hadir di Tanah Air dengan metode CBU dan CKD ini.

Review Suzuki SX4 X-Over 2007
Review Suzuki SX4 X-Over 2007
0 Gambar

Pengantar Suzuki SX4 2007

Mari kita simak spesifikasi Suzuki SX4 2007 di bawah ini.

Kelebihan

Pelopor SUV berbodi kompak di Indonesia, cocok untuk wilayah perkotaan dan pinggiran

Interior lega ditambah dasbor minimalis

Kekurangan

Setir berat dan kurang responsif

Minus fitur USB pada head unit

Gambar menunjukkan Suzuki SX4 X-Over 2007 spek Afrika Selatan

Beda negara, beda (sedikit) tampilannya, seperti SX4 X-Over Afrika Selatan

Review Suzuki SX4 X-Over 2007 - Pertama kali masuk ke Indonesia pada 2007, crossover Suzuki tersebut menjadi yang pertama di Tanah Air dengan cara diimpor utuh dari Jepang, atau biasa disebut dengan Completely Built Up (CBU). Setahun kemudian, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memutuskan untuk merakitnya di dalam negeri (Completely Knocked Down, atau CKD).

Ada perbedaan spek dari Suzuki SX4 X-Over yang dibawa ke Indonesia. Secara garis besar, Suzuki SX4 X-Over 2007 CKD punya lebih banyak fitur dibanding versi impor langsung dari Jepang. Adapun detail mengenai perbedaannya akan kami jelaskan lebih detail di tulisan ini nanti.

Pastinya, peningkatan kualitas ini jelas menjadi nilai tambah bagi para pelaku industri otomotif. Mereka mampu menyesuaikan dengan kondisi geografis Indonesia tanpa mengurangi standar dari pabrikan. Hal tersebut juga menepis anggapan umum bahwa mobil CBU lebih baik dibanding CKD, dengan beberapa alasan seperti kontrol kualitas dijaga langsung oleh markas pusatnya.

Gambar menunjukkan Suzuki SX4 X-Over modifikasi hillclimb oleh Nobuhiro Tajima

Mobil ini  juga pernah dipakai ngebut setidaknya di dua ajang resmi

Suzuki SX4 X-Over 2007 juga dipercaya oleh tim Suzuki World Rally Team untuk berlaga di World Rally Championship (WRC), menemani Swift dan Ignis di ajang Junior WRC. Sayang penampilan pabrikan Hamamatsu di Reli Dunia hanya berlangsung dua musim, tepatnya 2007-2008 akibat krisis keuangan waktu itu yang berimbas pada penjualan mobil. Selain WRC, SX4 X-Over juga pernah dipakai ‘naik gunung’ oleh Nobuhiro ‘Monster’ Tajima di ajang Pikes Peak Hillclimb.

Seperti apa tampilan dan spesifikasi lengkap Suzuki SX4 X-Over 2007? Mari kita mulai review ini dari bagian eksteriornya. 

Eksterior Suzuki SX4 2007

Sekilas mobil ini nampak gagah meski merupakan mini SUV. Seperti apa detail eksterior dari Suzuki SX4 X-Over 2007?

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Bagian Depan

Gambar menunjukkan bagian depan Suzuki SX4 X-Over 2007 berwarna merah

Tetap maskulin meski berbodi kompak (foto ini bukan versi Indonesia)

Sesuai dengan embel-embel crossover, Suzuki SX4 X-Over 2007 merupakan hasil kawin silang dari Grand Vitara generasi ketiga dan Swift generasi kedua. Hal ini terlihat dari tampilan lampu depan dan gril-nya yang mirip Vitara, namun dengan bodi lebih kompak. Bentuk headlight halogennya melengkung di bagian luar, serta cukup tajam di dekat lampu sein. Gril utama berbentuk trapesium dengan lubang-lubang kecil untuk jalur masuk angin, sedangkan di bumper terdiri dari palang vertikal lima garis yang ditambah garis horizontal. Ada sentuhan aksen hitam pada ruang lampu kabutnya, sehingga memunculkan sedikit kesan sporty.

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Bagian Samping

Gambar menunjukkan bagian samping  Suzuki SX4 X-Over 2007 berwarna merah

Skirt hitam melintang di sepanjang sisi samping (foto ini bukan versi Indonesia)

Meski merupakan mini SUV, Suzuki tetap memunculkan kesan petualangan pada Suzuki SX4 X-Over 2007 lewat hadirnya roof rail. Fitur ini tentu sangat menguntungkan, apalagi pada musim-musim liburan maupun jelang Idul Fitri sebagai tempat menampung barang-barang bila bagasi belakang sudah tidak muat.

Nuansa sporty kembali terasa dengan hadirnya aksen hitam di sepanjang side skirt dan fender ban, serta pada keempat pintunya. Terdapat lampu sinyal yang sejajar dengan gagang pintu, serta garis tipis mendatar di atasnya. Untuk memberikan jarak pandang maksimal, sudut pilar A dibuat tinggi, ditambah kaca depan lebar. Ground clearance mobil ini terbilang tinggi, terbilang aman untuk dibawa ke berbagai medan.

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Bagian Belakang

Gambar menunjukkan bagian belakang Suzuki SX4 X-Over 2007 berwarna silver

Tetap sporty hingga bagian belakang

Emblem X-Over, Suzuki, dan SX4 menjadi salah satu pusat perhatian bagian belakang Suzuki SX4 X-Over 2007. Tepat di bawah pintu belakang, tersemat sepasang lampu hazard yang menemani tugas komponen yang sama di bagian atas. Kesan gagah mobil ini semakin lengkap dengan hadirnya diffuser belakang. Hanya saja crossover ini tidak punya spoiler, jadi kesan sportynya agak berkurang karena hal ini. 

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Suzuki SX4 2007

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Setir dan Dasbor

Gambar menunjukkan tampilan setir dan dasbor Suzuki SX4 X-Over 2007

Tampilan dasbor dan setirnya terbilang minimalis (foto layout dasbor ini bukan versi Indonesia)

Begitu membuka kabin Suzuki SX4 X-Over 2007, kita akan mendapati ruangan cukup lega di kelasnya. Urusan aksen, bagian jok, setir, dan dasbornya memadukan warna hitam dan silver. Tidak ada sentuhan apapun pada dasbor penumpang selain lubang ac berbentuk lingkaran. Terkesan rapi dan minimalis.

Untuk mempermudah jangkauan, beberapa tombol seperti volume musik dapat diakses dari palang kiri setir. Kami rasa ini akan memanjakan penikmat radio atau lagu di sepanjang perjalanan. Sayangnya, belum ada port USB maupun layar LED untuk mendengarkan karya-karya musisi dari ponsel pintar. Namun Anda bisa mengakalinya dengan memanfaatkan modul pemantik api di bawah pengontrol AC.

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Jok

Gambar menunjukkan jok depan dan belakang Suzuki SX4 X-Over 2007

Sudut jok belakang terlalu tegak untuk versi CBU-nya

Kursi Suzuki SX4 X-Over 2007 menggunakan bahan kain sintetis dengan sentuhan gundukan-gundukan kecil silver supaya tubuh tidak melorot karena licin. Ruang kaki terbilang lega, baik di depan maupun belakang. Sayangnya, sudut kursi belakang terlalu tegak untuk versi CBU-nya. Kemungkinan ini dikarenakan perbedaan postur tubuh orang Indonesia dengan Jepang. 

Review Suzuki SX4 X-Over 2007: Bagasi

Gambar menunjukkan bagasi Suzuki SX4 X-Over 2007

Masih kurang luas? Lipat saja kursi belakangnya!

Mobil dengan kapasitas lima penumpang ini bisa dikurangi jumlahnya untuk ruang bagasi lebih lebar. Anda cukup melipat kursi belakang, maka lebih banyak barang bisa masuk di dalam kabin. Bicara soal melipat, model jok penumpang belakang ini terpisah dengan skema 40-60, sehingga kita bebas untuk menegakkan keduanya atau salah satu saja. Kami rasa beberapa dari Anda tidak ingin terlalu mengorbankan kapasitas penumpang untuk menampung bawaan ekstra. 

>>> Baca juga:

Fitur Suzuki SX4 2007

Ada beberapa perbedaan fitur Suzuki SX4 X-Over 2007 versi CBU dan CKD, salah satunya pada jenis remnya. Rem cakram baru disematkan pada keempat bagian roda SX4 X-Over CKD, sementara pada mobil impor utuhnya baru ada di bagian depan. Tingkat kebisingan versi rakitan dalam negeri juga lebih senyap, plus ada head unit dari clarion. Seperti yang telah disebutkan di pengantar, PT SIS menyesuaikan kondisi geografis Indonesia yang bervariasi.

Membuka pintu SX4 X-Over 2007 tidak perlu dengan memasukkan kunci, karena sudah ada sistem keyless entry. Pun demikian halnya saat mengatur kaca spion, bisa dilakukan lewat tombol dari kokpit. Seperti yang disebutkan sebelumnya, satu-satunya hiburan pada head unit bawaan adalah tape CD minus colokan USB.

Soal keselamatan, hatchback Suzuki ini telah dilengkapi Dual SRS (Suplement Restraint System) Airbag. Sistem secara otomatis akan menyebarkan energi ke seluruh bodi mobil, meminimalisir kerusakan parah di satu sisi. 

>>> Komparasi Tiga Jenis Transmisi Hatchback LCGC

Operasi Suzuki SX4 2007

Gambar menunjukkan tampilan mesin Suzuki SX4 X-Over 2007

Mesin 1.500 cc dengan tenaga maksimal 100 PS? Lumayan...

Jantung Suzuki SX4 X-Over 2007 adalah mesin 1,5 Liter M15A 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VVT dengan tenaga puncak 100 ps pada 6,000 rpm, serta torsi 133 Nm pada 4,000 rpm. Mobil berpenggerak roda depan (FWD) ini punya dua jenis transmisi, yakni otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan. Kekurangan mobil ini adalah kemudinya berat serta mesin kurang responsif pada putaran rendah. Anda baru menemukan kenyamanan saat membawanya pada putaran menengah hingga tinggi. Geser ke bawah untuk spek lengkap SX4 X-Over 2007! 

>>> Atau Anda ingin model Suzuki lainnya? Cintamobil.com punya penawaran terbaik!

Spesifikasi Suzuki SX4 2007

Berikut spesifikasi dari Suzuki SX4 X-Over 2007.

Spesifikasi Bodi Suzuki SX4 X-Over 2007

Panjang

4,135 mm

Lebar

1,755 mm

Tinggi

1,650 mm

Wheelbase

2,500 mm

Bobot

1,210 kg

Ground Clearance

175 mm

Spesifikasi Mesin Suzuki SX4 X-Over 2007

Tipe

1,5 Liter M15A 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VVT

Kapasitas

1,500 cc

Tenaga puncak

100 PS/ 6,000 rpm

Torsi maksimal

133 Nm/ 4,000 rpm

Transmisi

Manual 5 percepatan/ otomatis 4 percepatan

Rasio kompresi

9,5:1

Posisi mesin

Depan, penggerak roda depan (FWD)

Spesifikasi Kaki-Kaki Suzuki SX4 X-Over 2007

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem

Ventilated disc (depan belakang untuk CKD, depan saja untuk CBU)

Ukuran Ban

204/60 R16

Pelek

Alloy 5 spoke

Daftar Harga Suzuki SX4 2007

Meski telah berusia satu dekade lebih, harga Suzuki SX4 X-Over 2007 masih terbilang tinggi, yakni ada di angka Rp 85-100 jutaan. Kami rasa harga tersebut masih pantas, mengingat performanya juga terbilang mumpuni. Jika tertarik, Anda bisa mendapatkan berbagai penawaran terbaik di Cintamobil.com!

Kesimpulan Suzuki SX4 2007

Gambar menunjukkan Suzuki SX4 X-Over warna biru difoto dari sudut rendah

Tertarik untuk memiliki crossover pertama di Indonesia?

Dibalik beberapa kekurangan seperti setir berat, mesin kurang responsif pada putaran rendah, serta minim hiburan, Suzuki SX4 X-Over tetap layak dimiliki. Karena sudah tidak lagi diproduksi, kualitas mobil bisa bervariasi, tergantung perawatan si empunya awal. Selain itu, relatif sulit memastikan versi CKD dan CBU nya bila tidak tanya langsung dengan penjual. Pastikan Anda mendapatkan sesuai keinginan dan kebutuhan supaya tidak menemui masalah saat mengendarainya. 

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Wisnu Setioko
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

Review Suzuki Ignis 2019: India Sudah Facelift, Kapan Indonesia?

08/03/2019

Editor rate:

Pada Februari 2019, Suzuki Maruti India memberikan penyegaran pada Ignis. Berbagai hal menarik ditambahkan menjadi fitur standar. Tak menutup kemungkinan, Indonesia juga akan mendapatkan Facelift pada Ignis, mengingat model ini baru saja dirilis pada tahun 2017 silam. Supaya tak penasaran berikut kita simak review Suzuki Ignis 2019.

Lihat juga

Review Toyota Yaris 2020: Inikah Wajah Generasi Terbaru Yaris?

26/04/2019

Editor rate:

Tentu kita semua sudah paham betul akan sosok Hatchback Toyota yang dinamai Yaris. Baru-baru, Toyota Global merilis Yaris terbaru di ajang New York International Auto Show 2019. Bahkan, kini tampilannya benar-benar berbeda dengan Toyota Yaris yang sering kita amati di jalanan kota. Apa saja hal menarik di dalamnya? Mari kita intip bersama dalam review Toyota Yaris 2020.

Lihat juga

Review All New Honda Brio Satya S M/T 2019, Mobil Baru Honda Termurah Di Indonesia, Rp 140 Juta Dapat Apa?

18/04/2019

Editor rate:

Inilah mobil baru termurah merek Honda yang dapat Anda tebus dalam keadaan anyar di diler Honda mobil di Indonesia. Apakah banderolnya yang 'hanya' Rp 140 juta ini layak Anda andalkan sebagai 'kuda harian'?

Lihat juga

Review Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

15/04/2019

Editor rate:

Inilah Honda Jazz yang menjadi andalan tim Honda Racing Indonesia. Tim balap Honda yang dimotori oleh pebalap kawakan Alvin Bahar ini siap meramaikan dan mendominasi kejuaraan balap turing di Indonesia. Inilah review kami mengenai mobil Honda Jazz yang dipakai oleh ia di tahun 2019 ini.

Lihat juga

Review Hyundai Grand Avega 2011: Mobil Harga Rp. 100 Jutaan Dengan Fitur Lengkap

25/03/2019

Editor rate:

Hyundai selaku perusahaan otomotif asal Korea Selatan memiliki produk-produk berkualitas yang salah satunya adalah Grand Avega. Dari rangka bodi, Hyundai Grand Avega adalah mobil pertama dari keluarga Accent yang menganut konsep Fluidic Sculpture. Untuk informasi selengkapnya, mari kita simak review Hyundai Grand Avega 2011.

Lihat juga
back to top