Mobil Listrik Hyundai dan Grab Indonesia Bawa Nilai Investasi Triliunan

05/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Mobil Listrik Hyundai dan Grab Indonesia Bawa Nilai Investasi Triliunan
Kehadiran mobil listrik Hyundai sebagai armada taksi online Grab di Indonesia membawa angin segar bagi iklim investasi otomotif dalam negeri. Seperti apa detailnya?

Pada 19 Februari lalu, perwakilan Grab Indonesia telah mengadakan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan untuk membahas kemajuan program percobaan mobil listrik Hyundai di Singapura.

“Kami ingin bekerja sama dengan para pemangku kepentingan di berbagai negara dengan harapan agar program dan kebijakan yang dibuat dapat mendukung masuknya teknologi mobil listrik sebagai salah satu pilihan transportasi masyarakat,” papar Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kamadibrata, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Gambar banyak orang sedang berfoto di depan banner di konference

Kehadiran mobil listrik Hyundai di pasar Indonesia

Di Negeri Singa sendiri, mobil listrik Hyundai yang dioperasikan oleh Grab adalah Kona, sebuah SUV dengan Head Up Display futuristik serta dilengkapi fitur wireless charging. Per 11 Januari lalu, sebanyak 200 unit telah mengaspal, dan diprediksi akan terus bertambah.

>>> Hyundai Investasikan 13 Triliun untuk Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Untuk memulai langkah kendaraan listrik di Tanah Air, Hyundai akan membangun pabrik di Indonesia. Dalam kesempatan terpisah, Kamis (20/12/2018), Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate) Kementerian Perindustrian Harjanto mengungkapkan nilai investasi yang bakal masuk di Indonesia mencapai angka Rp 12 triliun, dilansir dari Reuters.

Gambar menunjukkan mobil Hyundai berwarna hijau telah menjadi mobil Grab car di Indonesia

Grab car Hyundai di pasar Indonesia

Bila terealisasi, mobil listrik Hyundai dan Grab Indonesia akan mendukung Program Percepatan dan Pengembangan Kendaraan Listrik yang dicanangkan oleh pemerintah sejak keluarnya Perpres No 22/2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). Sebelumnya telah ada berbagai rencana antara lain pembangunan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik.

Selain menginisasi taksi online berbasis mobil listrik Hyundai, Grab juga menandatangani memorandum of understanding (MOU) dengan Sinar Mas Land pada Senin (4/3/2019). Upaya tersebut dilakukan untuk menjadikan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan sebagai kawasan dengan sistem transportasi cerdas dan tertata, memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.

>>> Updatelah informasi terbaru tentang pasar otomotif Indonesia di sini

Share this post:
 
back to top