Review Ford Fiesta 2019

28/11/2018
editor rate: 4,5 user rate: 4,0
Baru-baru ini Sebastian Ogier dan Julien Ingrassia minggu lalu membuat harum nama Ford. Karena diakhir kerjasamanya, Ogier menjadi juara dunia event World Rally Championship 2018. Hal tersebut menjadi benang merah kami dalam mereview Ford Fiesta 2019. Sensasi tunggangan juara dunia World Rally Championship.

PENGANTAR Ford Fiesta 2019

Tampak Sebastian Ogier sedang memacu Ford Fiesta WRC 2018

Sebastian Ogier bersama Julien Ingrassia berhasil menjadi juara dunia WRC 2018 berkat performa Ford Fiesta WRC

Review Ford Fiesta 2019Well, memang dengan mengendarai Ford Fiesta 2019 terbaru enggak akan serta merta membuat Anda jago mengemudi bak jagoan tim M-Sport World Rally Team yang mengandalkan basis mobil yang sama yaitu Ford Fiesta. Namun, setidaknya dengan mengendarai Ford Fiesta 2019 akan membuat Anda merasakan sensasi ala tunggangan pereli berkebangsaan Perancis tersebut. Ford Fiesta adalah salah satu supermini (kalau di Eropa menyebut kelas hatchback sekelas Jazz, dan Yaris dengan sebutan Supermini) terlaris di Eropa. Ada banyak varian dan tipe yang dijual baik dalam format 3 pintu, 5 pintu, mesin diesel, petrol N/A, atau bahkan Turbo.

Tampak sebuah Ford Fiesta ST 2019 5 pintu berwarna magnetic silver

Ford Fiesta ST 5 pintu merupakan varian terlaris dalam varian ST di Eropa

Agar lebih fokus, kami akan memfokuskan pembahasan ke varian paling atas alias paling hot, yakni varian top of the line Ford Fiesta ST 2019. Bahkan, Ford Fiesta tipe ST yang menggendong mesin Turbo generasi terbaru ini pun ada varian 3 pintu dan 5 pintu. Kami mendapatkan informasi dari seorang kolega yang sedang studi di Eropa, bahwa ada 2 ceruk pasar yang ditargetkan Ford Eropa terhadap dua model yang beda jumlah pintu ini. Untuk Ford Fiesta 3 pintu lebih ditawarkan ke konsumen muda atau yang berjiwa muda, sementara untuk Fiesta 5 pintu difokuskan ke eksekutif muda yang cinta terhadap keluarga. Jadi bagaimana pendapat kami mengenai Ford Fiesta 2019 ini? Mari ikuti review kami sampai tuntas. 

EKSTERIOR Ford Fiesta 2019

Seperti halnya review khas Cintamobil.com, kami akan mengajak Anda mengitari secara 360 derajat mobil yang sedang kami review. Hal ini bertujuan agar Anda semakin jelas mendapatkan gambaran mengenai mobil yang sedang kami bahas. Dan inilah review eksterior Ford Fiesta 2019 tipe ST.

Review Ford Fiesta 2019 : Tampilan Depan

Tampak depan sebuah Ford Fiesta ST 2019 berwarna blue performance

Bahkan dari berhenti saja, mobil ini sudah terlihat kencang

Karena ini varian ST yang didaulat sebagai varian tertinggi dari jajaran produk Fiesta, maka tidak heran jika mobil ini memiliki tampang yang agresif dan seakan menantang siapapun yang melihatnya. Bahkan dari posisi berhenti saja, mobil ini sudah terlihat kencang dan siap melaju kencang. Pelek besarnya membuat tampilannya semakin sangar, apalagi aerokitnya juga dinamis dan terasa tidak terlalu ramai. Grill sarang lebahnya juga berukuran raksasa menambah rasa resing (racing, red) dan sporty dari mobil berkelir performance blue ini. 

Review Ford Fiesta : Tampilan Samping

Tampak tampilan samping Ford Fiesta ST 2018 berwarna biru

Dilihat dari samping hanya sedikit yang 'tersisa' dari Ford Fiesta lawas

Berlanjut ke bagian samping, tampilan ala mobil kencang terus berlanjut, side skirt tebal menunjukkan mobil ini memang ditujukkan untuk pribadi yang senang dengan tampilan ala mobil balap. Dan jujur saja, bila Anda perhatikan secara seksama. Dilihat dari samping hanya sedikit tampilan yang 'tersisa' dari Ford Fiesta lawas. Semuanya nampak tersamarkan oleh tampilan barunya. Namun, bila Anda jeli hanya kaca kecil pada samping kanan dan kiri yang bertujuan untuk meminimalisir blind spot yang mirip dengan Ford Fiesta lawas. Sisanya, tersamarkan dan terlihat fresh

Review Ford Fiesta 2019 : Tampilan Belakang

Tampak tampilan belakang Ford Fiesta ST 2019 berwarna Performance Blue

Tampilan belakangnya total baru, berkat lampu belakangnya yang memanjang horizintal dan desain bumper belakang anyar

Terakhir kita sampai pada bagian buritan mobil yang menurut kami inilah ubahan terbesar yang dilakukan oleh Ford untuk Fiesta ST yang digambar kami ambil model 3 pintu ini. Kami sengaja mengambil model 3 pintu karena kami menilai inilah mobil yang 'cukup' mirip dengan tunggangan Sebastian Ogier saat melibas dengan dominan reli beberapa minggu lalu. Secara umum, tampilan belakang mobil ini total baru, itu tercapai berkat penggunaan lampu belakangnya yang kini memanjang secara horizontal dan penggunaan bumper belakang dengan desain anyar.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Ford Fiesta 2019

Setelah puas 'memerawani' bagian eksteriornya yang memang sungguh seksi untuk dilihat sebagai supermini. Kini saatnya kita menjamah bagian interiornya yang juga enggak kalah heboh dan banyak nuansa barunya. Apalagi di varian yang jadi top of the line mobil ini, inilah review interior Ford Fiesta ST 2019.

Review Ford Fiesta 2019 : Layout Interior

Tampak Layout Interior Ford Fiesta ST 2019

Layout interiornya kini total baru dan enggak didominasi barisan tombol seperti pada Fiesta lawas

Jika Anda kurang sreg dengan tampilan dan layout tombol pada Ford Fiesta lawas yang berderet dan memusingkan, maka ucapkanlah syukur Alhamdulilah untuk Ford Fiesta 2019 ini. Karena kini layout interiornya kini total baru, dan enggak didominasi oleh barisan tombol seperti pada Fiesta lawas yang lebih mengingatkan Cintamobil.com akan kopkit pesawat terbang latih. Bahannya juga kini lebih berkualitas dan nyaman untuk disentuh karena didominasi oleh panel empuk. Secara umum kami menyukai tampilan interiornya yang kini lebih keren dan tata letak tombolnya yang kini lebih proporsional serta enak dilihat.

Review Ford Fiesta 2019 : Kursi Yang Suportif

Tampak sepasang kursi depan Ford Fiesta ST 2019

Khusus untuk varian ST yang tanpa 12 ini, Ford Fiesta ini menggunakan jok suportif yang menyangga badan dengan baik

Berbahagialah Anda yang memiliki badan besar dan tinggi badan diatas rata-rata, karena jok depan mobil ini semakin suportif dan menyangga badan lebih baik. Lumbar support yang dapat diatur, serta pengaturan reclining, ketinggian dan maju mundur yang leluasa diatur menambah unsur egronomika Ford Fiesta 2019 ini. Dan, khusus untuk varian ST yang tanpa embel-embel 12 ini (kalau ST12 band Indonesia dong, hehe), Ford Fiesta ini menggunakan jok supportif yang sporty dan mampu menyangga badan dengan sangat baik.

Review Ford Fiesta 2019 : Kapasitas Bagasi

Tampak bagasi belakang Ford Fiesta ST 2019

Bagasi untuk Ford Fiesta ST 5 pintu memadai untuk sebuah supermini berperforma tinggi

Khusus untuk Ford Fiesta ST dengan 5 pintu cukup memadai bagasinya untuk sebuah supermini berperforma tinggi. Meski lantai bagasinya tidak tinggi dan bibir pintu bagasinya tinggi sehingga agak membutuhkan effort lebih jika harus mengangkat barang bawaan yang berat. Namun, bangku yang dapat dilipat 60-40 memudahkan dan menambah unsur kepraktisan dari Ford Fiesta ST 5 pintu ini. Lalu bagaimana untuk yang 3 pintu? Tetap praktis dan kursinya juga dapat dilipat 60-40, namun memang volume bagasinya tidak akan seluas Fiesta ST berpintu lima.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

FITUR Ford Fiesta 2019

Mobil baru, identik dengan fitur baru pula, apa saja fitur baru yang jadi unggulan di Ford Fiesta 2019 ini? Yuk, Cintamobil.com pandu untuk ulik lebih dalam apa saja kelengkapan yang baru pada mobil ini.

Review Ford Fiesta 2019 : Tombol Setir

Tampak setir dan tombol-tombolnya di Ford Fiesta ST 2019

Tombol pengaturan pada setir sangat memudahkan pengemudi dalam mengakses fitur yang ada di mobil

Tombol pengaturan pada setir ini sangat memudahkan pengemudi dalam mengakses fitur yang ada di mobil. Baik itu fitur navigasi, audio control, hingga memilih setup mobil. Setir Ford Fiesta ST 2019 ini juga tampil tebal dan nyaman serta mantab untuk digenggam oleh tangan. Tombol di kanan setir adalah untuk mengatur yang ada di bagian canter console, yaitu navigasi, audio hiburan, bahkan AC. Sedangkan untuk tombol di bagan kiri setir memiliki kegunaan untuk mengatur setup kendaraan, dan juga mengatur panel informasi yang ada di dalam spidometer, tapi penempatan ini tergantung mobil ini masuk dalam format setir kanan atau setir kiri.. Setir ini juga makin sporti dengan imbuhan logo ST di bagian bawah spoke setir. 

Review Ford Fiesta 2019 : Panoramic Roof

Gambar menunjukkan fitur panoramic roof pada Ford Fiesta ST 2019 5 doors

Fitur panoramic roof sangat berguna jika Anda tinggal di Eropa, namun jika Anda tinggal di Indonesia rasanya fitur ini tidak terlalu terpakai

Khusus untuk Ford Fiesta tipe ST berpintu lima, Anda akan mendapatkan fitur panoramic roof yang sangat berguna jika Anda tinggal di daratan Eropa, namun jika Anda tinggal di Indonesia rasanya fitur ini tidak akan terlalu terpakai. Maklum saja, iklim di Eropa itu rata-rata mendapatkan empat musim. Beda sekali dengan Indonesia yang hanya memiliki dua musim yakni hujan dan panas. Fitur panoramic roof hanya menambah suhu dalam kabin mobil saja, akibatnya AC dipaksa bekerja lebih keras, dan hal tersebut tidak bagus untuk performa AC bahkan performa mobil secara keseluruhan.

Review Ford Fiesta 2019 : Pilihan Mode Berkendara

Gambar menunjukkan ilustrasi pilihan mode berkendara Ford Fiesta ST 2019

Ada tiga pilihan mode berkendara yang tersemat dalam Ford Fiesta ST 2019

Secara total ada tiga mode berkendara yang disuguhkan oleh Ford Fiesta ST 2019, yakni normal (comfort), sport, dan racing (circuit mode). Pada mode normal Anda akan mendapati laju mobil yang jinak, dan setup suspensi dipilih oleh komputer berada pada kenyamanan yang maksimum. Pada mode sport, ECU akan memerintahkan untuk sedikit memperderas aliran bensin via throttle body dari injektor, dan sedikit memperkeras suspensi dan memperberat setir agar pengendaraan lebih sporti. Terakhir di mode sport, suspensi akan diset paling keras untuk menambah kemampuan pengendalian, setir diperberat, dan manajemen mesin akan memperganas respon mesin.

>>> Pembaruan Fitur Summon Autopilot Tesla Ubah Mobil Jadi Remote Control

OPERASI Ford Fiesta 2019

Ini adalah bagian yang jadi favorit Cintamobil.com dalam me-review mobil baru, yaitu sektor performa dan operasinya. Apalagi mobil yang sedang Cintamobil.com review ini adalah mobil yang benar-benar spesial, karena mampu menjadi basis mobil yang jadi juara dunia reli dunia tahun ini 2018.

Review Ford Fiesta 2019 : Handling Tak Terbantahkan

Gambar mobil Ford Fiesta ST 2019 berwarna biru in Action

Handling Ford Fiesta tipe ST tahun 2019 ini sangat superior

Kami tim tester dari Cintamobil.com memang belum mendapatkan kesempatan langsung untuk mencoba mobil ini di jalanan Indonesia. Semua karena banyak faktor, pertama agen pemegang merek Ford yang kabur entah kemana, kedua belum ada pihak importir umum yang dengan gagah berani memasukkan mobil istimewa ini sebagai barang jualan. Tapi, kami yakin jika handling Ford Fiesta tipe ST 2019 ini sangatlah superior. Salah satu tester Cintamobil.com ada yang memiliki pengalaman mencoba kakaknya yaitu Ford Focus RS tahun 2006 dan mobil dengan teknologi revo knuckle pada suspensi depannya itu sangat luar biasa. Dan kami yakin, rasa luar biasa kakaknya itu tercermin pada Ford Fiesta ST 2019 ini.

Gambar mobil Ford Fiesta Sebastian Ogier 2018

Basis mobil yang sudah hebat, enggak heran mobil ini sangat handal dijadikan basis mobil reli dunia macam Ford Fiesta WRC 

Review Ford Fiesta 2019 : Performa 

Gambar bagian mesin berkapasitas 1500 cc dengan teknologi EcoBoost andalan Ford

Klaimnya, untuk melakukan sprint dari posisi diam ke 100 km/jam (62 Mph) hanya butuh waktu 6,5 detik

Mesin 1500 cc turbocharger dengan teknologi EcoBoost ini sangat bertenaga, karena dari mesin yang jumlah silindernya hanya 3 buah ini mampu didapat tenaga hingga 200 Ps (sekitar 197 dk) pada putaran mesin 6000 rpm, dan torsi sebesar 290 Nm yang sudah mulai dirasakan mulai dari putaran mesin dengan rentang antara 1600 hingga 4000 rpm. Sangat panjang rentang torsi yang didapat, bahkan klaimnya, untuk melakukan sprint dari posisi diam ke 100 km/jam atau sekitar 62 mph, mobil ini hanya butuh waktu sekitar 6,5 detik atau malah dibawahnya.

>>> Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Melakukan Engine Swap?

spesifikasi Ford Fiesta 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Ford Fiesta ST 2019

 

Mesin Ford Fiesta ST 2019

Seri mesin

EcoBoost 3 Silinder, Turbocharger

Bahan Bakar

Bensin

Tenaga Maksimum

200 PS (197 Hp) @ 6,000 rpm

Torsi Maksimum

290 Nm @ 1,600~4,000 rpm

Bore X Stroke

N/A

Kubikasi

1500 cc

Transmisi Tipe

6 Percepatan Manual

Suspensi/Kaki-Kaki Ford Fiesta ST 2019

Suspensi Depan

McPherson Strut, Coil Spring, with Revo Knuckle

Suspensi Belakang

Coil Spring, Independent Suspension

Ukuran Pelek

18 Inci

kelebihan & kekurangan Ford Fiesta 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Fiesta. Sebagai merek baru, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta ST 2019 ini.

 

Kelebihan

Kekurangan

Desain lebih fresh

Konsumsi BBM harusnya bisa lebih irit lagi

Fitur terlengkap dikelasnya

Jaringan servis belum memadai dan mumpuni h

Harga jual masuk akal

Belum akan masuk Indonesia

daftar harga Ford Fiesta 2019

Ford Fiesta ST 2019 belum dijual di Indonesia, dan baru akan dijual resmi di pasar Eropa awal tahun 2019, sehingga belum ada harga yang dapat Cintamobil.com tampilkan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak harga dan promo mobil lainnya

Video Ford Fiesta 2019

KESIMPULAN Ford Fiesta 2019

Gambar emblem ST pada Ford Fiesta ST 2019

Mobil ini layak dimiliki bagi Anda yang berjiwa muda dan suka dengan handling memukau

So, this is car for you? Well... Kami tahu mobil ini belum dijual di Indonesia dan tidak ada kejelasan apakah agen pemegang mereknya akan datang kembali kesini atau tidak. Yang jelas, mobil ini layak dimiliki bagi Anda yang berjiwa muda dan suka dengan mobil dengan handling yang memukau serta performa brutal. Kalau Cintamobil.com memiliki kesempatan, kami ingin memiliki mobil ini satu buah saja terparkir di garasi rumah saya.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

  • Review Ford Fiesta 2017 Indonesia

    Geliat mobil asal Jepang, Korea dan Eropa di pasar otomotif tanah air seakan tak terbendung lagi. Namun, hal tersebut tak ...

    Hatchback User rate: 4,3 Editor rate: 4,6
  • Review Ford Fiesta EcoBoost 2014

    Meski Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ford tak lagi beroperasi di Indonesia namun kami tak pernah lupa akan sosok Fiesta. ...

    Hatchback User rate: 4,0 Editor rate: 4,0
  • Review Ford Fiesta WRC 2018

    Di tangan yang tepat, mobil apapun bisa kencang, sama seperti Ford Fiesta WRC 2018 ini, di tangan seorang Sebastian Ogier, ...

    Hatchback User rate: 4,5 Editor rate: 4,5

Cari review mobil