Rumor Penggabungan Ford dan Volkswagen, Terbesar Sepanjang Sejarah Otomotif

19/10/2018

Pasar mobil
Beberapa sumber menyebutkan penggabungan Ford dan Volkswagen sedang dalam proses pengerjaan. Jika hal ini benar terjadi, kerjasama ini bisa menjadi penggabungan terbesar dalam sejarah industri otomotif.

Memorandum of Understanding oleh Ford dan Volkswagen (VW) pada bulan Juni tahun ini menjadi dasar kemitraan strategis antara dua pembuat mobil terbesar dunia yang menguasai dua benua, Eropa dan Amerika. Awalnya, kedua perusahaan tersebut diharapkan hanya fokus pada pengembangan bersama untuk kendaraan komersial, tetapi akhirnya bekerja untuk “lebih baik melayani kebutuhan pelanggan yang terus berubah.”

Menurut beberapa spesialis industri otomotif, sebagaimana dijelaskan oleh Motor1, nota kesepakatan ini bisa berarti bahwa Ford dan Volkswagen sedang mempertimbangkan penggabungan penuh atau pertukaran ekuitas, yang dapat membentuk perusahaan tunggal terbesar di industri.

>>> Sambut SEMA 2018, Ford Kenalkan 5 Model Mustang Modifikasi

Gambar yang menunjukan mobil Ford dan Volkswagen berwarna biru

Penggabungan Ford dan Volkswagen dirumorkan sedang dalam proses

Sebuah analisis oleh The Detroit Bureau menunjukan bahwa kemitraan yang melampaui pasar kendaraan komersial bisa sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak. Perusahaan Jerman bisa memanfaatkan posisi Ford yang kuat di pasar Amerika, terutama di segmen pikap dan SUV, sedangkan Ford bisa menggunakan bantuan VW di Eropa, Amerika Latin, serta Cina.

Saat ini, kedua pabrikan dapat berbagi platform yang sukses dan saling membantu dalam mengembangkan model line up. Misalnya, Ford pernah menjadi merek perintis dalam teknologi EV (mobil listrik), tetapi sekarang tertinggal di belakang Volkswagen yang memiliki rencana elektrifikasi yang agresif. Sebagai imbalannya, Ford dapat membantu VW dalam memulihkan citranya di Amerika Serikat setelah Dieselgate.

Menurut sumber Motor1, saat ini merupakan kesepakatan sempurna untuk penggabungan kekuatan. Ford menghadapi sejumlah tantangan besar dan Jim Hackett, CEO Ford yang ditunjuk tahun lalu, sedang mengerjakan transformasi ‘radikal’ perusahaan. Perubahan ini termasuk meninggalkan sedan dan coupé tradisional di Amerika serta dorongan untuk masuk ke dalam kendaraan listrik dan swakemudi.

>>> Dapatkan berita pasar mobil dalam dan luar negeri terkini hanya di sini

Gambar yang menunjukan mobil listrik Ford

Ford sedang didesak mengeluarkan mobil listrik

Orang-orang yang ‘dekat’ dengan masalah ini, yang digambarkan oleh The Detroit Bureau sebagai “pengamat”, mengatakan pembicaraan kedua perusahaan sudah terjadi. Apakah mereka akan produktif dan akan menghasilkan kemitraan terbesar dari industri otomotif sepanjang masa, hanya waktu yang bisa mengungkapkan.

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top