Review Ford Fiesta 2017 Indonesia

15/01/2018

Share this post:

Ford Fiesta 2017

Editor rate:

Lihat promo

Geliat mobil asal Jepang, Korea dan Eropa di pasar otomotif tanah air seakan tak terbendung lagi. Namun, hal tersebut tak membuat produsen di luar negara-negara itu berkecil hati. Pabrikan asal Amerika Serikat adalah contohnya. Melalui Chevrolet, Amerika Serikat coba unjuk gigi untuk meramaikan pasar industri otomotif nasional. Tak hanya Chevy, salah satu merek lawas, Ford juga coba peruntungannya di Indonesia. Baru-baru ini, mereka mengeluarkan seri hatchback yaitu Ford Fiesta 2017 Indonesia.

Review Ford Fiesta 2017 Indonesia
Review Ford Fiesta 2017 Indonesia
0 Gambar

Pengantar Ford Fiesta 2017

Mari kita simak spesifikasi Ford Fiesta 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Konsumsi BBM irit

Eksterior cukup sporty dan dinamis

Handling sempurna

Bantingan cukup ringan

Kekurangan

Minim jaringan service

Harga jual kembali cukup dratis

Sparepart agak sulit dicari

Gamabr mobil Ford Fiesta 2017 berwarna biru tua sedang parkir di piggir jalan

Tampilan baru Ford Fiesta 2017

Review Ford Fiesta 2017 Indonesia - Ford merupakan nama lama di Industri otomotif. Sebagai pemain lama, sudah barang tentu Ford mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumennya. Dan untuk menterjemahkan kebutuhan pasar, Fiesta sendiri dihadirkan guna melepas dahaga. Mobil yang diklaim sebagai mobil yang “anak muda banget” ini memiliki desain yang cukup menggoda dari sisi eksterior dan terlihat begitu fresh. Dibandingkan dengan seri terdahulu, Ford Fiesta 2017 nampak mengalami sedikit pembaharuan dari sektor eksterior dan merombak total mesin yang disematkan sebagai pemompa tenaga. Sekedar catatan, Ford Fiesta 2017 Indonesia memiliki dua jenis mesin yang berbeda. Lantas, hal lain apalagi yang ditawarkan oleh mobil ini? Untuk mengetahuinya, cintamobil.com telah merangkumnya untuk anda. Selamat membaca.

Eksterior Ford Fiesta 2017

Melalui bagian terluarnya, Ford Fiesta 2017 Indonesia hadir dengan gaya yang begitu maskulin dan dinamis berkat keberadaan berbagai lekuk di sekujur body. Tak hanya itu, identitas Ford sebagai mobil Amerika juga tersaji dengan sempurna pada bagian samping hingga belakang. Sehingga, bisa dipastikan, perbedaan desain yang dibuat Ford bisa menjadi value added tersendiri bagi konsumen yang mungkin bosan dengan desain ala mobil Jepang maupun Eropa.

  • Desain Sisi Depan

Bagian Grill Fiesta Cukup Menawan

Bagian Grill Fiesta Cukup Menawan

Di bagian depan, Ford Fiesta 2017 Indonesia memiliki desain yang begitu garang namun tetap mempertahankan kesan elegan lewat kap mesin yang dilengkapi dengan empat guratan tipis di setiap sisinya. Dari hal yang paling sederhana saja, Ford sudah memperhitungkan secara terperinci apa yang membuat mobil ini menjadi nilai jual tersendiri. Selain itu, grill yang tersemat pada bagian depa juga cukup menarik untuk disimak karena menyematkan desain layaknya trapesium yang diputar 180 derajat. Untuk berikan kesan mewah, Ford juga memberikan aksen chrome pada line grill yang tersedia. Sementara di bagian samping, tersemat headlamp yang berdesain layaknya mata yang menyorot tajam. Fungsi headlamp ini juga tetap terjaga berkat kehadiran teknologi multireflektor demi suguhkan penerangan maksimal.

Bergeser ke bagian bawah, mobil ini menjaga kesan sporty berkat kehadiran bumper berukuran sedang lengkap dengan aksen spoiler tambahan berwarna hitam dope guna pancarkan kesan two tone colour. Kehadiran bumper berukuran sedang ini juga dirasa cukup match dengan lekukan alur body. Sementara itu, demi mempercantik bagian depan, hadir pula fog lamp yang bertugas untuk memberikan pencahayaan tambahan.

  • Desain Sisi Samping

Gamabr mobil Ford Fiesta 2017 berwarna putih dilihat dari sisi samping

Kesan sampingnya begitu dinamis

Lompat ke sisi samping, kesan sporty kembali dihadirkan berkat kehadiran lekuk yang membujur dari sisi depan handle door hingga ke bagian belakang. Selain itu kesan dinamis juga tetap bisa dirasakan melalui list garis tambahan yang hadir di bagian bawah pintu. Untuk mempertebal kesan sporty dan nuansa anak muda, Ford juga menghadirkan empat set velg berdesain racing sebagai penyangga roda.

  • Desain Sisi Belakang

Gambar mobil Ford Fiesta 2017 berwarna coklat tua dilihat dari bagian belakang

Sisi Belakang Mobil ini nampak sederhana

Sementara pada bagian belakang, spoiler black dope kembali dihadirkan untuk mempercantik sisi belakang. Tak lupa pula lampu kombinasi di bagian bumper belakang juga dihadirkan agar membuat sisi ini tak kering. Sementara kehadiran kaca belakang yang lebar dan stop lamp berukuran sedang juga dihadirkan untuk menyempurnakan sisi belakang mobil ini. Secara keseluruhan, eksterior Ford Fiesta 2017 nampak begitu elegan dan kental dengan nuansa hatchback ala Amerika. Sudah barang tentu, mobil ini mungkin bisa menjadi opsi terbaik kaum muda yang “jengah” terhadap desain mobil di pasaran.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Ford Fiesta 2017

Setelah menelisik secara rinci apa-apa saja yang tersemat pada bagian eksterior, kini tibalah waktu untuk menelaah lebih lanjut sisi dalam dari Ford Fiesta 2017 Indonesia. Di bagian interior Ford Fiesta 2017 masih menawarkan aroma kemewahan dan berbagai fitur interior kelas wahid yang memang disediakan untuk menunjang kenyamanan seluruh penggunanya.

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard Mobil Ford Fiesta 2017 ditutupi dengan warna hitam

Tampilan Dashboard Fiesta Dirasa Cukup Rapih

Dari bagian dashboard, materal berkualitas dihadirkan guna membuat kesan premium pada hatchback ini. Tak berhenti sampai disitu, warna hitam dope yang mendominasi bagian ini juga membuat Fiesta terasa begitu ekslusif. Di bagian dashboard, tersemat pula panel multimedia yang siap suguhkan beragam kebutuhan hiburan maupun informasi yang sudah lengkap dengan fitur, CD, USB, AUX Input dan lain sebagainya. Untuk menggemakan ruangan dengan musik maupun media player yang diputar, hadir pula 6 speaker aktif yang siap memanjakan telinga. Tak ketinggalan, hadir pula Auto Ac yang siap menjaga suhu udara kabin untuk tetap sejuk.

  • Steering

Gambar bagian steering mobil Ford Fiesta 2017 dengan warna utama yaitu abu-abu

Sisi Setir Sudah Dilengkapi Steering Switch Control

Bergeser ke lingkar kemudi, kesan minimalis coba dihadirkan Ford untuk setirnya tersebut. Meski terkesan minimalis, penggunanya bisa mendapatkan akses kemudahan berkat hadirnya steering switch button yang siap mengaplikasikan panel di bagian speedometer sesuka hati tanpa harus memindahkan tangan dari lingkar kemudi. Di samping itu, hadir pula panel cluster speedometer dengan desain aktraktif yang siap memberikan informasi akurat seputar kendaraan mulai dari penggunaan bahan bakar, jarak tempuh yang tengah dilalui hingga temperatur dan jam. Cukup lengkap bukan?

  • Kursi

Gambar kursi Belakang mobil Ford Fiesta 2017 dengan jok berwarna abu-abu

Ford Fiesta 2017 sudah dilengkapi dengan kursi layak mobil balap

Lompat ke sisi lainnya, mobil ini sudah dilengkapi dengan kursi layaknya mobil balap. Tak hanya elegan, kenyamanan juga menjadi perhatian Ford dengan memberikan material kulit berkualitas terbaik.  Untuk kursi belakag, material yang disuguhkan juga sama dengan yang tersemat di bagian depan. Sementara untuk sisi ruang kaki dan kepala yang disediakan Fiesta sendiri bisa dibilang cukup mumpuni. Dan untuk memberikan kesan aman, seluruh seat juga sudah disematkan dengan seatbelt yang sudah menjadi bagian wajib untuk setiap kendaraan yang hadir di industri otomotif.

>>> Mungkin Anda tertarik:

Fitur Ford Fiesta 2017

Gamabr menunjukkan fitur Parking Sensor yang Dimiliki Fiesta

Parking Sensor yang Dimiliki Fiesta

Terlepas dari berbagai fitur yang disediakan pada bagian interior, Ford Fiesta 2017 Indonesia juga memiliki berbagai fitur tambahan guna menunjang keamanan dan keselamatan para penggunanya seperti kehadiran Dual airbag di sisi depan, Electronic Brake Assist, Electronic Power Steering hingga Electronic Stability Control. Bahkan untuk membuat mobil tetap stabil saat mengarungi medan curam, Fiesta juga sudah dipersenjatai dengan Hill Lauch Assist. Bisa dipastikan, mobil ini bukanlah mobil yang hanya bisa melahap medan perkotaan dengan kontur stop and go, melainkan juga bisa unjuk gigi di medan-medan terjal. Untuk keamanannya sendiri, mobil ini uga sudah dilengkapi dengan peralatan safety standar masa kini seperti Immobilizer, Keyless Vechile, Manual Parking Breaks dan Child Door Lock.

>>> Untuk cek harga mobil Ford, silahkan klik sini

Operasi Ford Fiesta 2017

Gambar bagian mesin mobil Ford Fiesta 2017

Mesin yang Cukup Mumpuni untuk Melintasi Bebagai Kontur Jalan

Seperti yang sudah cintamobil.com singgung di atas, mobil ini memiliki dua jenis varian mesin. Sehingga hatchback satu ini bisa memiliki opsi kepada penggunanya. Pada mesin pertama, Fiesta sudah dilengkapi dengan mesin Duratec with 4 cylinder DOHC (in-line) dengan kubikasi 1.498 cc. Mesin tersebut hadir dalam berbagai tipr Fiesta seperti Style, Trend dan Sport. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 112 ps pada putaran mesin 6.300 rpm. Sementara torsi yang mampu dikeluarkan sendiri mencapai angka 140 Nm pada putaran 4.400 rpm. Cukup signifikan bukan untuk ukuran mobil hatchback?

Sementara pada mesin kedua, Fiesta menggunakan mesin rakitannya sendiri yakni Ecoboost. Mesin berjeis Duratec with 3 Cylinder DOHC (in-line) tersebut memiliki kubikasi sebesar 998 cc. Meski kubikasinya terlihat minim, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga cukup besar. Hal tersebut dapat dilihat dari besaran tenaga yang dikeluarkan. Melalui mesin Ecoboost tersebut, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 125 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi sebesar 170 Nm pada putaran 4.500 rpm. Kedua mesin tersebut juga sudah dilengkapi dengan teknologi Electronic Injection yang siap membuat pembakaran bahan bakar menjadi lebih ekonomis namun tetap mengeluarkan daya maksimal. Sementara untuk menggerakan kendaraan, ada dua opsi transmisi yang bisa dipilih yakni manual dengan lima percepatan dan otomatis dengan enam percepatan.

Spesifikasi Ford Fiesta 2017

Demi mengetahui secara terperinci, cintamobil.com telah merangkum berbagai spesifikasi mobil ini dalam wujud tabel. Semoga bisa menjadi referensi anda kelak sebelum akhirnya memutuskan untuk membawa pulang mobil ini.

Dimensi Ford Fiesta 2017

Panjang x Lebar x Tinggi

3.696 mm x 1.978 mm x 1.489 mm

Ground Clereance

155 mm

Kapasitas Tangki

50 Liter

Kapasitas Penumpang

5 Orang

Mesin Ford Fiesta 2017

Tipe

Duratec,  4 Cylinder DOHC (in-line)& Duratec 3 Cylinder DOHC (in-line)

Kapasitas Mesin

1. 498 cc & 998 cc

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Transmisi

5 Speed Manual & 6 Speed Automatic

Tenaga Maksimum

112 ps /6.500 rpm &125 ps/6.000 rpm

Torsi Maksimum

140 Nm/4.000 rp & 170 Nm/ 4.500 rpm

Sistem Bahan Bakar

Electric  Injection

Kaki- Kaki Ford Fiesta 2017

Ban

185/55 R15

Suspensi Depan

Srut Type

Suspensi Belakang

Multi Link

Rem depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Daftar Harga Ford Fiesta 2017

Untuk ukuran hatchback, Fiesta memiliki harga yang cukup lumayan. Lantas, berapa budget yang harus dikeluarkan untuk membawa pulang mobil ini? Lihatlah daftat harga Ford Fiesta 2017 ini. 

Tipe mobil

Harga Ford Fiesta

Ford Fiesta 1.5 l Style MT

Rp 200 Jutaan

Ford Fiesta 1.5 l Trend MT

Rp 208 Jutaan

Ford Fiesta 1.5 l Trend AT

Rp 219Jutaan

Ford Fiesta 1.5 l Sport MT

Rp 230 Jutaan

Ford Fiesta 1.0 l Ecoboost MT

Rp 246 Jutaan

Ford Fiesta 1.0 l Ecoboost AT

Rp 256 Jutaan

Kesimpulan Ford Fiesta 2017

Secara keseluruhan Ford Fiesta 2017 Indonesia merupakan mobil bersegmen perkotaan yang sangat cocok bagi anda yang berjiwa muda dan dinamis. Mobil ini memiliki harga yang cukup tinggi. Namun mengingat banyaknya fitur yang disematkan, rasanya mobil ini memang pantas dihargai sedikit tinggi dibandingkan dengan kompetitornya. Bisa dipastikan, Ford Fiesta akan sangat cocok untuk anda yang gemar memacu mobil dalam kecepatan tinggi namun tetap menginginkan efisiensi bahan bakar.

Heri Susanto
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Ford Everest 2019

Rp. 500.000.000

29/11/2018

Editor rate:

Kehadirannya sempat bikin ketar ketir sang raja dari Jepang, yaitu Mitsubishi All New Pajero Sport dan Toyota All New Fortuner. Sayang kini sang penantang kuat asal negeri paman sam ini hanya tinggal kenangan saja. Kemungkinan masuk tanah airnya juga enggak jelas hingga hari ini.

Lihat juga

Review Ford GT 2017

01/03/2019

Editor rate:

Inilah salah satu mahakarya Ford di dunia. Sebuah mobil dengan desain yang abadi, bahkan untuk generasi pertamanya yang lahir pada tahun 2004, masih terasa timeless hingga kini. Kami dari tim Cintamobil.com akan mengulas secara lengkap mengenai Ford GT generasi kedua ini, inilah review Ford FT 2017

Lihat juga

Review Ford Escape XLT 2003: SUV Bekas Asal Amrik Kini Di Bawah Rp100 Jutaan

30/09/2019

Editor rate:

Hadirnya Ford Escape ke dalam pasar otomotif Indonesia membuat konsumen mendapatkan pilihan mobil SUV medium tangguh yang datang bukan dari brand asal Jepang, melainkan brand asal Amerika Serikat. Meskipun model ini mayoritas sudah menjadi mobil bekas berusia remaja, tapi apakah Ford Escape masih layak dimiliki di tahun ini?

Lihat juga

Review Ford Laser Champ 1991: Tertantang Untuk Merawat Mobil Tua? Mulailah Dari Mobil Ini

11/07/2019

Editor rate:

Selain punya nilai eksotis tinggi, memelihara mobil tua juga didasari akan alasan filosofis bagi para pemiliknya. Unsur filosofis? Ya, benar-benar punya makna terselubung, mencerminkan kepribadian dari para pemilik mobil tua. Ford Laser menjadi satu-satunya sosok yang sukses menggambarkan fenomena tersebut. Merasa tertantang untuk memilikinya? Ini dia review Ford Laser Champ 1991.

Lihat juga

Review Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014: SUV Kompak Penuh Fitur Kelahiran ‘Negeri Samba’

20/12/2019

Editor rate:

Mencari mobil SUV keluarga yang tangguh untuk perkotaan dan mampu dibawa berpetualang? Bisa jadi Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 dapat menjadi pilihan Anda.

Lihat juga