Ford Focus 2017 Indonesia

15/01/2018

Share this post:

Ford Focus 2017

Editor rate:

Rp. 418.000.000

Daftar harga Ford Focus Terbaru Lihat promo

Segmen hatchback memang memiliki peminat tersendiri di industri otomotif, tak terkecuali pasar otomotif nasional. Mobil yang sangat bernuansa anak muda ini memang menjadi dambaan generasi milenial yang hendak memiliki mobil namun tetap ingin tampil sylish. Setelah melepas Ford Fiesta, pabrikan otomotif asal negeri pemerkasa PBB tersebut juga meluncurkan hatchback lain yaitu Ford Focus. Apa yang ditawarkan Focus kepada calon konsumennya?Berikut ini Ford Focus 2017 Indonesia.

Ford Focus 2017 Indonesia
Ford Focus 2017 Indonesia
0 Gambar

Pengantar Ford Focus 2017

Mari kita simak spesifikasi Ford Focus 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Handling Cukup Ringan

Desain Terbilang Sporty

Fitur Keamanan Cukup Lengkap

Kekurangan

Perawatan Mobil Agak Mahal

Sparepart Cukup Mahal

Harga Jual Kembali Sangat Murah

Gambar mobil Ford Focus  2017 berwarna kuning saat dipacu di jalan raya

Gimana tampilan mobil Ford Focus 2017?

Ford Focus 2017 Indonesia - Ford Motor Indonesia, selaku agen tunggal penjualan Ford di Indonesia menjadikan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 sebagai ajang untuk memamerkan berbagai seri terbaru. Tercatat mobil-mobil seperti ord All New Everest, Ford New Ranger dan tentunya Ford Focus. Terkhusus Focus, mobil ini merupakan perpanjangan tangan dari sedan Focus. Bedanya jika Focus sedan masuk ke kategori mobil premium yang lekat dengan bos-bos koorporasi, maka seri hatchbacknya bermain di ranah anak muda karena keunggulan desainnya yang nampak sporty aerodinamis. Secara tak langsung, kehadiran Focus sendiri merupakan crossover antara kenyamanan sedan dan aroma stylish nan sporty khas generasi milenial. Apa yang membuat mobil ini begitu nampak spesial? Cintamobil.com akan mendedah secara rinci apa-apa saja yang menjadi keunggulan dari mobil ini. Berikutnya Ford Focus 2017 Indonesia. Selamat membaca!

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Ford Focus 2017

Seperti yang sempat cintamobil singgung di atas, Ford Focus 2017 Indonesia memiliki desain yang mirip dengan saudara kandungnya yakni Fiesta. Bisa dibilang mobil ini mengadopsi hampir 70 persen desain yang digunakan oleh Fiesta. Namun tentunya Ford selaku pabrikan membuat berbagai perbedaan agar mobil ini nampak ‘serupa tapi tak sama” di berbagai sisi. 

  • Desain Bagian Depan

Gambar mobil Ford Focus 2017 berwarna biru dilihat dari bagian depan

Dari sisi depan, Focus terlihat begitu premium

Pada sisi depan, Focus tampil stylish berkat kehadiran headlamp dengan desain menyipit dan sedikit melebar ke bagian samping. Entah mengapa, banyak pabrikan menyematkan desain lampu yang demikian. Ford juga melakukannya agar kesan mahal langsung terasa di bagian depan. Lampu utama ini sendiri sudah dilengkapi dengan teknologi halogen guna pancarkan pencahayaan maksimal. Satu perbedaan yang mencolok dari Fiesta, sisi depan mobil dibuat lebih lebar agar ruang-ruang yang disematkan menjadi lebih presisi satu sama lain.

Di samping lampu, tersemat pula grill dengan desain yang lebih sederhana dibandingkan dengan seri sebelumnya. Di seri anyarnya ini Focus tetap mempertahankan  desian grill segienam yang dibuat lebih kecil. Tak hanya itu, rongga udara yang berfungsi memonitorisasi pasukan udara sebagai sarana pendinginan alami ini juga terlihat begitu mewah berkat kehadiran list beraksen chrome yang tersemat di bagian luar.

Bergeser ke bagian bawah, Focus memiliki bumper yang cukup sporty dan dinamis karena kehadiran grill di sisi tengah. Kesan cantik juga ditambahkan melalui kehadiran fog lamp lengkap dengan rumahnya yang beraksen hitam dope di sisi kiri dan kanan bumper.

  • Desain Bagian Samping

Gambar mobil Ford Focus 2017 berwarna biru dilihat dari sisi samping

Bagian samping nampak begitu dinamis berkat guratan tipis yang disematkan

Pindah ke bagian samping, Focus coba memberikan sentuhan di sisi samping agar mobil tak terlihat kering dengan list timbul di bagian handle door dan bagian bawah pintu. Meski terkesan standar, apa yang dilakukan Ford memang patut diapresiasi. Karena list tersebut secara tak langsung juga mampu memancarkan kesan dinamis dari bagian samping. Di luar list tersebut, sisi ini sendiri tak memiliki aspek lain untuk diperbincangkan lebih lanjut.

  • Desain Bagian Belakang

Gambar mobil  Ford Focus 2017 berwarna biru dilihat dari bagian belakang

Meski berada di sisi paling belakang, bagian ini tetap mengusung kesan sporty

Lompat ke belakang, bagian buritan dari Focus dibuat sedikit cembung dan dilengkapi dengan berbagai spoiler yang mengilkuti alur body. Tak hanya itu, kesan sporty kembali dihadirkan melalui stop lamp yang menyerupai headlamp bagian depan, didesain membujur hingga ke sisi samping. Pemilihan desain ini juga cukup elegan karena membuatnya semakin futuristic. Sebagai pelengkap, dihadirkan pula bumper berukuran sedang lengkap dengan dua kombinasi lampu di bagian sampingnya. Secara keseluruhan, eksterior Ford Focus 2017 sangatlah elegan dan dinamis. Bahkan groundclerance yang dihadirkan juga sangat tipis sehingga mobil ini memiliki kesan sporty yang cukup dalam.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Ford Focus 2017

Setelah membedah sisi eksterior, kini tiba waktunya untuk menelisik lebih jauh lagi apa yang tersemat pada bagian interior Ford Focus 2017. Seperti yang kami sebutkan di atas, mobil ini merupakan crossover antara sedan dan hatchback. Sehingga bisa disimpulkan, sisi dalam dari mobil ini sangatlah nyaman, mewah dan tentunya cukup sporty. Tak ketinggalan pula, berbagai fitur mutakhir juga dihadirkan guna membuat nyaman para penggunanya saat berada di dalam mobil.

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Ford Focus 2017 berwarna abu-abu

Panel yang tersusun di bagian dashboard sudah lumayan rapih

Kebanyakan fitur interior yang tersemat pada Ford Focus berada di sisi dashboard. Untuk itu, tak ada salahnya jika kita menelaah lebih dulu bagian ini. Di sisi terdepan bagian dalamnya, Focus melengkapi diri dengan panel multifungsi berukuran sedang yang dibungkus dengan material leather berwarna hitam dope guna timbulkan kesan premium. Meski layar penunjang sarana entertainment dan informasi tersebut berukuran kecil, namun fungsinya sebagai sarana infotaiment tak bisa dipandang sebelah mata. melalui layar tersebut, pengguna bisa mengaktifkan fitur hiburan dan navigasi kapanpun mereka mau. Selain itu, desain yang dibuat begitu tertata rapih. Di samping head unit tersebut, tersemat juga AC dengan desain  horizontal yang siap suguhkan suhu sejuk ke seluruh bagian kabin. Sebagai sarana melepaskan suara dari head unit tersebut, Ford Focus 2017 Indonesia juga sudah dilengkapi dengan fitur audio double DIN dari Sony.

  • Steering

Gambar bagian dashboard mobil Ford Focus 2017 berwarna hitam dengan banyak fitur baru di dalamnya

Sisi steering yang telah tampil elegan

Bergeser ke bagian steering, steering swich control juga sudah disematkan guna mempermudah pengemudi mengakses berbagai informasi dari head unit melalui lingkar kemudi. Di samping itu, tersemat pula speedometer dengan teknologi komputerisasi yang membuat tampilan visualnya menjadi sangat menarik dan aktraktif. Melalui panel tersebut, pengemudi bisa mengetahui informasi teraktual seputar kendaraan.

  • Kursi

Gambar bagian kursi mobil Ford Focus 2017 dengan kursi ditutup dengan kursi berwarna kream

Bagian kursi Focus yang nampak begitu nyaman

Bergeser ke sisi kursi, mobil ini terlihat nyaman berkat keberadaan leather yang membuat jok terliat mewah. Sekedar catatan, Ford mempercayakan leather buatan Recaro untuk memberikan kenyamanan kepada penggunanya. Jok tersebut juga bisa dipilih warnanya sehingga anda yang menginginkan kesan fresh pada bagian kabin bisa memilih warna-warna cerah untuk menghangatkan suasana dalam menempuh perjalanan. Di samping itu, ruang kaki dan kenyamanan dan keamanan penumpang bagian belakang juga cukup terjamin karena foot dan head room yang disediakan cukup mumpuni. Proteksi penumpang juga terjamin berkat keberadaan seatbelt yang siap meminimalisir resiko terjadinya benturan saat mobil dipacu di berbagai medan.

>>> Baca juga: 

Fitur Ford Focus 2017

Gambar menunjukkan fitur Rangka Boron Steel Safety Cage yang siap berikan perlindungan maksimal

Rangka Boron Steel Safety Cage yang siap berikan perlindungan maksimal

Dari sisi fitur keamanan dan keselamatan, Ford Focus 2017 Indonesia membekali diri dengan menyematkan teknologi murakhir seperti Torque Vectoring Control yang siap mengontrol pengereman dan keseimbangan roda mobil. Sebagai pelengkap dna penyempurna pengereman, hadir pula kombinasi pengereman ABS dan EDB. Di sisi lain, rangka mobil ini juga sudah dilengkapi dengan struktur rangka Boron Steel Safety Cage yang siap meredam berbagai benturan hebat dan menahan beban lebih pada mobil.

Untuk sisi kestabilan, Focus juga sudah dilengkapi dengan ESC (Electronic Stability Control) untuk menjaga stabilitas mobil saat melaju dalam kecepatan tinggi. Jadi bisa dipastikan, pengemudi bisa mengendarai mobil dengan kecepatan yang disukai tanpa harus menghawatirkan resiko buruk saat mobil dipacu dalam kecepatan maksimal. Selain itu, hadir pula Cruise Control yang dirancang Ford untuk meminimalisir kecelakaan lewat kontrol otomatis. Dan untuk mempermudah pengemudi dalam memarkirkan kendaraan Rear Parking Sensors Camera sudah dipersiapkan agar jarak aman antara objek di belakang kendaraan tetap terjaga. Untuk keamanan sendiri, Focus sudah dilengkapi dengan Keyless Entry and Push Button Start yang bisa menghindarkan Ford Focus 2017 Indonesia dari tindakan pencurian.

>>> Untuk cek harga mobil semua tipe, silahkan klik sini

Operasi Ford Focus 2017

Gambar bagian mesin mobil Ford Focus 2017 dengan sebuah Mesin yang mampu tampil maksimal dan pastinya, irit bahan bakar

Mesin yang mampu tampil maksimal dan pastinya, irit bahan bakar

Setelah mendedah berbagai sisi eksterior, interior dan fitur, kini tibalah waktunya untuk membedah sistem operasi Ford Focus 2017. Mobil hatchback ini memiliki mesin 2.0L Ti-VCT i-4 Flex Fuel (optional PZEV states) yang sudah dilengkapi dengan teknologi Powertrain Control Module. Mobil dengan kubikasi 2.000 cc ini mampu menyumbangkan tenaga maksimal hingga 180 PS pada 6.000 rpm. sementara untuk torsinya sendiri, Focus mampu melontarkan daya puntir maksimal hingga 240 Nm pada 5.000 rpm. tak hanya bertenaga, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Ecoboost yang telah dikombinasikan dengan fitu turbocharging. Keduanya diklain siap siap menekan efisiensi bahan bakar saat mobil hingga 20 persen saat mobil tengah dipacu dalam kecepatan maksimal. Sebagai penggerak, disematkan pula transimisi otomatis dengan 6 percepatan.

Spesifikasi Ford Focus 2017

Cintamobil.com sudah merangkum berbagai spesifikasi yang tersemat pada mobil ini. semoga informasi ini dapat menjadi bahan tambahan untuk anda sebelum memutuskan untuk membawa pulang mobil ini. Inilah spesifikasi Ford Focus 2017. 

Mesin Ford Focus 2017

Seri mesin

Hatchback Sport 2.0L AT – S/Ti-VCT GDI I-4 2.0L

Kubikasi

2,000 cc

Tenaga Maksimum (ps/rpm)

170 / 6600

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

202 / 4450

Kapasitas Tangki

55 Liter

Dimensi Ford Focus 2017

Panjang x Lebar x Tinggi

4358  mm x 1823  mm  x 1483 mm

Jarak Sumbu Roda

2648 mm

Tempat Duduk

4-5 Seat

Lain-lain Ford Focus 2017

Ban

215/50 R17

Suspensi Depan

Strut MacPherson type with coil spring

Suspensi Belakang

Twist Beam with Coil Spring

Berat

1,337 kg

Daftar Harga Ford Focus 2017

Lantas, berapakah harga yang harus dikeluarkan untuk menebus mobil ini? Simaklah harga Ford Focus 2017 dalam tabel di bawah ini.

Harga Ford Focus

Ford Focus 2017

Rp 418 jutaan

Kesimpulan Ford Focus 2017

Mobil hatchback memang sangat lekat dengan nuansa anak muda. Kecenderungan kaum milenial untuk memiliki mobil ini juga cukup besar dan Ford, menawarkan Focus sebagai opsi lain bagi anda yang ingin tampil beda dengan mobil hatchback. Mobil dengan kesan premium ini sudah dilengkapi dnegna fitur nan lengkap dan kapasitas mesin yang cukup besar. Selain itu, poin penting dari mobil ini adalah keramahannya di lingkungan. Well, tertarikkah anda untuk membawa pulang mobil ini?

Heri Susanto
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Ford Everest 2015

14/01/2018

Editor rate:

Ford Everest merupakan SUV garapan Ford yang sudah lama malang melintang. Mobil yang memulai debutnya pada tahun 2003 di Thailand memang mengecap berbagai kesuksesan. Ketangguhan dan kenyamanan yang ditawarkan mobil ini seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta otomotif dimanapun mereka berada. Dua tahun lalu, tepatnya di tahun 2015, Ford meluncurkan Everest. Apa saja keistimewaan yang ditawarkan oleh mobil yang sanggup melahap berbagai medan ini? Simaklah review Ford Everest 2015.

Lihat juga

Review Mercedes-Benz A 45 AMG 2015: Monster Kompak Affalterbach Paling Affordable

11/01/2020

Editor rate:

Berbasis Mercedes-Banz A-Class, apakah Mercedes-Benz A 45 AMG 2015 tepat jika disebut sebagai menjadi “monster Affalterbach” paling kompak & terjangkau?

Lihat juga

Review Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014: SUV Kompak Penuh Fitur Kelahiran ‘Negeri Samba’

20/12/2019

Editor rate:

Mencari mobil SUV keluarga yang tangguh untuk perkotaan dan mampu dibawa berpetualang? Bisa jadi Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 dapat menjadi pilihan Anda.

Lihat juga

Review Ford Escape 2020

20/04/2019

Editor rate:

Entah mengapa, jika mengamati kabar mengenai Ford, kami selalu rindu. Sama halnya ketika mendengar bahwa Ford Escape 2020 akan hadir dalam waktu dekat. Ford International sudah mengklaim hal ini di halaman resminya. Meski potensinya masuk ke Indonesia cukup kecil, namun sudah kewajiban kami untuk mengulasnya dalam review Ford Escape 2020.

Lihat juga

Review Ford Kuga 2020: Ada Kenyamanan Spesial Di Balik Nama Kontroversialnya

03/06/2019

Editor rate:

Jika berbicara masalah mobil terlaris buatan Ford di Eropa, Kuga menduduki peringkat ketiga setelah Fiesta dan Focus. Pencapaian ini dinilai positif oleh para petinggi Ford dan akhirnya memutuskan untuk memberikan pembaruan dalam versi All-New Kuga di tahun ini. Menariknya, mobil satu ini dirancang dengan performa elektrik, suatu hal yang sedang tren dalam dunia otomotif akhir-akhir ini. Untuk informasi selengkapnya, mari kita simak bersama dalam review Ford Kuga 2020.

Lihat juga