Review dan Test Drive Mazda 3 Sedan 2019: Desain KODO yang Fun to Drive

15/07/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Setelah memamerkan model terbarunya pada Los Angeles Auto Show 2018 lalu, Mazda 3 Sedan 2019 generasi keempat akhirnya diimpor ke Indonesia dan memberikan peningkatan pada generasi ketiga yang sudah lebih dulu dijual di Tanah Air.

PENGANTAR Mazda 3 2019

Review dan Test Drive Mazda 3 Sedan 2019 - Mazda 3 dikenal juga sebagai Mazda Axela di Jepang dan Cina adalah mobil kompak yang diproduksi di Jepang oleh mazda. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2003 sebagai model 2004 menggantikan model Familia, Mazda 3 Speed yang dipasarkan di Amerika Utara juga sudah bisa Anda nikmati di Indonesia.

generasi pertama Mazda 3 sedan berwarna kuning 
Generasi pertama Mazda 3 keluaran tahun 2004

Generasi kedua diluncurkan pada akhir 2008 di Los Angeles Auto Show dan varian hatchback di Bologna Motor Show. Untuk model tahun 2012, Mazda mulai menawarkan Mazda 3 dengan teknologi Skyactiv yang baru dikembangkan, termasuk bodi yang lebih kaku, mesin injeksi langsung, serta transmisi 6 percepatan baru. Sedangkan generasi ketiga diperkenalkan pada pertengahan 2013.

Mazda 3 yang datang dengan versi sedan dan hatchback menjadi pesaing yang kuat untuk Honda Civic, yang juga memiliki dua versi yang sama. Meskipun Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Roy Arman Arfandy memprediksi versi hatchback akan lebih mendominasi dibandingkan versi sedan. Namun dengan desain yang lebih sporty dan teknologi canggih, ada banyak kelebihan yang terdapat Mazda 3 sedan, salah satunya tampilan yang lebih memukau.

Mazda 3 Sedan dan Hatchback berwarna au-abu dan merah di Indonesia 
Mazda 3 Sedan 2019 dan versi hatchback yang baru diperkenalkan di Indonesia

Meskipun Mazda belum mengungkapkan harga mobil ini, tinggal menunggu waktu hingga Mazda 3 dijual di Tanah Air. Dengan model baru yang siap dipasarkan di Indonesia, mari kita simak lagi review Mazda 3 Sedan 2019 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Mazda 3 2019

Sama seperti model luar negeri, tidak ada perbedaan yang ditemukan pada bagian luar mobil ini. Sebagaimana dijelaskan oleh Direktur Desain Mazda, Kevin Rice sebelumnya, desain Kai Concept yang ditunjukan pada versi konsep akhirnya dipakai pada eksterior Mazda 3 Sedan 2019.

Review dan Test Drive Mazda 3 Sedan 2019: Eksterior Depan

Mazda 3 generasi sebelumnya adalah mobil yang tampak tajam. Tapi model baru terlihat lebih bersih dan elegan. Tampilan depan dibuat semakin segar dengan berbagai perubahan menarik. Aksen krom pada sisi lampu kabut dan lekukan di garis bawah gril pada eksterior depan Mazda 3 Sedan 2019 memberikan tampilan menawan, mirip dengan Mazda 3 Speed yang sudah lebih dulu dirilis di Indonesia.

tampilan depan Mazda 3 Sedan 2019 berwarna merah 
Eksterior depan Mazda 3 Sedan 2019

Ada pahatan halus, bersama dengan gril besar dan lampu depan yang dibuat lebih kurus membuat sedan ini sangat menarik dilihat dari depan. Splitter yang membelah bagian depan juga menambah tampilan agresif mobil ini. Mazda juga masih memberikan fitur LED Auto-Leveling Headlamps untuk membantu Anda selama berkendara di malam hari.

Review dan Test Drive Mazda 3 Sedan 2019: Eksterior Samping

tampilan samping Mazda 3 Sedan 2019 berwarna merah
Tampilan samping Mazda 3 Sedan 2019

Tidak ada banyak perubahan yang terlihat dari generasi ketiga hingga generasi keempat kali ini. Pelek 18 inci yang sama serta pahatan yang minimalis dan elegan dengan desain Kai Concept yang elegan. Tambahan desain krom pada jendela menjadi pembeda yang cukup menarik pada eksterior samping Mazda 3 Sedan 2019.

Review dan Test Drive Mazda 3 Sedan 2019: Eksterior Belakang

 tampilan belakang Mazda 3 Sedan 2019 berwarna merah
Tampilan belakang Mazda 3 Sedan 2019

Sama seperti versi hatchbacknya, lampu belakang LED mendapatkan ‘rumah’ yang lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya, Perbedaan yang cukup signifikan mengubah tampilan belakang menjadi lebih elegan. Tidak ada lipatan berlebih yang terlihat pada ‘lidah’ bagasi di pintu belakang. Desain eksterior belakang Mazda 3 Sedan 2019 yang lebih minimalis serta tampilan reflector baru yang lebih mulus.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Mazda 3 2019

Perubahan paling besar mungkin terletak pada kepraktisan dan ruang penyimpanan di belakang. Dimana versi hatchback mendapatkan lebih banyak ruang dibandingkan tampilan sedan. Selain itu, tidak ada perbedaan yang signifikan pada kabin kedua versi ini. Sama seperti versi hatchback, interior Mazda 3 Sedan 2019, Anda bisa memilih berbagai warna, mulai dari Red Maroon, Black, hingga White.

Review dan Test Drive Mazda 3 Sedan 2019: Dasbor

dasbor Mazda 3 Sedan 2019 berwarna merah dan hitam 
Dasbor Mazda 3 Sedan 2019

Melambangkan elegansi dan kemewahan berkendara, dasbor Mazda 3 Sedan 2019 mendapatkan dua panel yang terbagi dalam bahan kulit pada bagian atas dan selebihnya menggunakan material plastik berkualitas tinggi. Belum sepenuhnya layar sentuh, masih ada tombol pengaturan dan knop untuk AC terlihat pada dasbor. Walaupun ada beberapa tombol yang mungkin kosong karena penyesuaian fitur yang digunakan untuk pasar Indonesia.

Review dan Test Drive Mazda 3 Sedan 2019: Setir

kemudi Mazda 3 Sedan 2019 berwarna hitam dan aksen krom
Setir Mazda 3 Sedan 2019

Genggaman yang pas bisa dirasakan ketika memegang kemudi berlapis kulit yang nyaman digunakan. Kemudi Mazda 3 Sedan 2019 juga mendapatkan berbagai tombol fungsi yang akan memudahkan Anda untuk mengakses berbagai fitur pada mobil ini, seperti fungsi audio dan tombol hands free untuk panggilan telepon.

Review dan Test Drive Mazda 3 Sedan 2019: Kursi

kursi Mazda 3 Sedan 2019 berwarna merah
Kursi belakang Mazda 3 Sedan 2019

Kursi berbalut bahan kulit berkualitas tinggi menjadi keunggulan Mazda 3 yang menjadikan mobil ini nyaman untuk ditempati. Dan tentu saja, dibandingkan dengan versi hatchback dengan bagian belakang yang lebih tinggi, ruang kepala pada kursi Mazda 3 Sedan 2019 baris kedua sedikit berkurang. Meskipun hal tersebut tidak terlalu mengurangi kenyamanan selama di bangku belakang mobil ini.

>>> Baca juga:

FITUR Mazda 3 2019

Kontrol HVAC yang dipinjam dari Audi bersanding dengan layar 8.8 inci yang dijadikan standar pada setiap model pada dasbor. Pada generasi sebelumnya, layar infotainment dapat dioperasikan pada layar sentuh atau oleh sistem kontrol tengah. Kali ini, Anda bisa mengatur beberapa fitur pada kemudi multi fungsi, diantaranya radio, musik, hingga fitur hands free untuk Anda menjawab telepon yang masuk.

Seperti yang dijelaskan tadi, fitur Mazda 3 Sedan 2019 sudah bisa diajak bekerja sama dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Ada monitor 360 dan ditambah dengan radio AM/FM dan navigasi satelit. 8 speaker Bose digabungkan dengan USB audio input port dan sistem Bluetooth bagi Anda yang ingin menyambungkan smartphone Anda ke dalam mobil.

 fitur baru dalam Mazda 3 Sedan 2019 pada bagian atas kabin
Beberapa fitur dalam Mazda 3 Sedan 2019

Review dan Test Drive Mazda 3 Sedan 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Dibandingkan generasi terdahulu, Mazda memperkenalkan beberapa fitur baru untuk Mazda 3 di Indonesia. Salah satu fitur keselamatan aktif Mazda 3 Sedan 2019 yang baru yaitu adaptive cruise control yang mampu menjaga jarak dengan kendaraan di depan secara otomatis. Fitur yang memiliki sensor pada logo depan Mazda bisa mengatur jarak dengan radius 25-30 meter. Dengan teknologi ini, bisa dibilang jika Mazda 3 adalah salah satu mobil semi otomatis yang dipasarkan di Indonesia.

>>> Mengenal Lebih Dalam Teknologi Canggih Mazda GVC

OPERASI Mazda 3 2019

Menggunakan mesin yang sama, namun keluaran tenaga dan torsi lebih kecil dibandingkan generasi ketiga. Jika sebelumnya Anda mendapatkan 165 daya kuda dan torsi maksimal 210 Nm, kali ini, sistem operasi Mazda 3 Sedan 2019 ‘hanya’ dibekali keluaran 153 daya kuda pada putaran 6.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 4.000 rpm.

mesin Mazda 3 Sedan 2019 berwarna hitam
Mesin Mazda 3 Sedan 2019

Meskipun begitu, Mazda meningkatkan efisiensi bahan bakar berkat teknologi Skyactiv yang menggunakan tenaga rem untuk menyimpan daya dalam baterai kecil yang digunakan untuk menjalankan sistem listrik on-board. Setelah percobaan, efisiensi bahan bakar, Mazda 3 yang masih menggunakan transmisi 6 percepatan manual memperoleh kisaran 13 km/l untuk pengendaraan di dalam kota serta 20 km/l di jalan tol.

Impresi mengemudi

Menggunakan mesin yang sama dengan teknologi sebelumnya namun mendapatkan pengurangan tenaga dan torsi, tidak terlalu terlihat perbedaan yang signifikan terhadap pengendaraan di jalan. Jika dibandingkan pendahulunya, respons mesin terlihat lebih halus namun tetap memberikan fun to drive yang menyenangkan.

 Mazda 3 Sedan 2019 berwarna merah di jalanan
Mazda 3 Sedan 2019 yang menawan ketika dibawa berkendara

Respons setir sangat terasa, sehingga memberikan feedback yang cukup baik ketika Anda bermanuver di kecepatan tinggi. Sebuah pengalaman mengemudi khas Mazda. Mazda Handling Mazda 3 terbaru juga lebih stabil karena wheelbase yang lebih panjang 25 mm dibandingkan generasi sebelumnya. Wheel thread atau jarak roda kanan dan kiri yang lebih lebar juga berpengaruh pada pengendalian yang lebih baik.

Kenyamanan di belakang setir juga lebih baik karena bantingan yang lebih empuk. Bandingkan dengan generasi sebelumnya yang terasa lebih kaku, versi sedan kami rasakan lebih nyaman dikendarai. Sistem suspensi juga sudah diperbarui. Sedangkan road noise terdengar tipis didukung oleh sistem insulasi atau peredam suara kabin yang lebih optimal.

>>> Mengaku pecinta Mazda? Simak juga model-model terbarunya dengan klik tautan ini

spesifikasi Mazda 3 2019

Di Indonesia, ada beberapa perubahan yang diberikan untuk spesifikasi Mazda 3 Sedan 2019 dibandingkan versi global yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Lalu, bagaimana spek mobil ini di Indonesia?

Dimensi Mazda 3 Sedan 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.662 mm x 2.028 mm x 1.445 mm

Jarak Poros Roda

2.726 mm

Kapasitas Bagasi

374 L (940 L ketika kursi belakang dilipat

Berat Kotor

1.317 kg

Kapasitas Tangki

51 L

Mesin Mazda 3 Sedan 2019

Tipe Mesin

2.0 L 4 silinder segaris 16 katup DOHC S-VT

Tenaga Maksimal

153 dk @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

200 Nm @ 4.000 rpm

Rasio Kompresi

13:1

Transmisi

6 Percepatan Manual dan Otomatis SkyActiv-G

Efisiensi Bahan Bakar

14 km/l (dalam kota) dan 20 km/l (jalan tol)

Kaki-Kaki Mazda 3 Sedan 2019

Suspensi Depan

MacPherson strut

Suspensi Belakang

Multi-link

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc

Pelek

18 inci

kelebihan & kekurangan Mazda 3 2019

Ada banyak perubahan yang membuat mobil ini dianggap lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Mazda 3 Sedan 2019 yang dibawa ke Indonesia.

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan depan yang lebih segar

Tenaga dan torsi yang lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya

Penambahan fitur infotainment serta fitur keselamatan aktif sebagai standar

Ruang kepala belakang sedikit lebih kecil dibandingkan versi hatchback

Pengendalian yang tetap responsif dengan efisiensi bahan bakar yang sudah ditingkatkan

 

daftar harga Mazda 3 2019

Sudah dibawa ke berbagai belahan dunia, Mazda akhirnya membawa Mazda 3 edisi terbaru ke Indonesia. Sayangnya, pabrikan yang akan memperingati 100 tahun berdirinya pada Januari tahun depan belum mengumumkan harga Mazda 3 Sedan 2019. Meskipun di Indonesia sendiri, versi hatchback generasi ketiga dijual dengan harga mulai dari Rp436 jutaan.

Video Mazda 3 2019

Belum secara resmi dipasarkan di Indonesia, namun Mazda telah mengundang tim Cintamobil.com dan beberapa media lainnya untuk mencoba bagaimana kemampuan mobil ini di jalan. Berikut hasil video Mazda 3 Sedan 2019 dari tim Cintamobil.com.

KESIMPULAN Mazda 3 2019

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, patut diperhatikan bagaimana Mazda memberikan perubahan yang mempercantik tampilan luar Mazda 3 Sedan 2019. Bagian interior juga mendapatkan perubahan signifikan, dimana Mazda memberikan berbagai fitur dan teknologi canggih untuk mobil ini. Salah satunya dengan layar infotainment 8.8 inci dengan kompatibilitas Android Auto dan Apple CarPlay.

tampilan Mazda 3 Sedan 2019 berwarna merah di Indonesia
Mazda 3 Sedan 2019 dicoba pertama kali di Indonesia

Beralih ke pengendaraan, meskipun secara kasat mata tenaga serta torsi mobil dikurangi dibandingkan pendahulunya, Mazda 3 Sedan 2019 tetap memberikan pengendaraan yang menyenangkan dan nyaman selama di jalan. Peningkatan pada suspensi serta kabin yang lebih kaku meningkatkan kenyamanan di dalam mobil. Sedangkan wheelbase yang lebih panjang serta jarak roda yang lebih lebar meningkatkan pengendalian dibandingkan generasi sebelumnya.

>>> Klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil