Review BMW Seri-6 Gran Turismo 2020: Penyegaran Baru Berteknologi Hybrid

16/07/2020

Share this post:

BMW 6 Series 2020

Editor rate:

Rp 1.000.000.000

Harga BMW 6 Series Terbaru Lihat promo

BMW menampilkan edisi terbaru dari facelift BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 dengan penyegaran bodi, interior yang lebih mewah, serta sistem mild-hybrid bagi setiap pilihan mesin.

Review BMW Seri-6 Gran Turismo 2020: Penyegaran Baru Berteknologi Hybrid
Review BMW Seri-6 Gran Turismo 2020: Penyegaran Baru Berteknologi Hybrid
0 Gambar

Pengantar BMW 6 Series 2020

Mari kita simak spesifikasi BMW 6 Series 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Kesan mewah khas Eropa dari dalam dan luar

Kabin dan bagasi lapang

Ada motor listrik yang membuat mesin lebih efisien

Kekurangan

Harga serta pajak tinggi

Fitur lebih lengkap hanya disediakan sebagai opsi

Kemungkinan besar hadir dalam satu varian saja di Indonesia

Review BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 - Selama bertahun-tahun, desainer BMW memperkenalkan gaya “Bigger is Better” yang akhirnya mengubah wajah Seri-4 terbaru. Tren ini dimulai dari Seri-5 Gran Turismo. Sayangnya Seri-5 GT dirasa terlalu besar, maka BMW mencoba menggantinya dengan kehadiran Seri-6 Gran Turismo. Dan setelah tiga tahun, Seri-6 akhirnya mendapatkan penyegaran dengan desain baru.

generasi pertama BMW Seri-6 berwarna kuning
Generasi pertama Seri-6 dengan gaya coupe dua pintu

Awalnya, generasi pertama BMW Seri-6 tersedia dalam gaya coupe dua pintu dan diproduksi tahun 1976. Mobil ini terus berevolusi dengan generasi keempat G32 baru saja diperkenalkan pada Frankfurt Auto Show September 2017. Dengan desain fastback 5 pintu, Seri-6 Gran Turismo menggantikan Seri-5 Gran Turismo dengan kode bodi F06.

Desain depan terasa lebih tajam dengan bumper yang lebih agresif serta lampu depan dibuat lebih bersudut. Selain peningkatan pada fitur dan teknologi yang dibawa, Seri-6 menepati janji BMW menghadirkan elektrifikasi pada setiap modelnya. Yap, seluruh model tersedia dengan mesin hibrida ringan (mild-hybrid) 48-volt.

BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 berwarna hitam
Tampilan terbaru BMW Seri-6 GT yang lebih segar

Di Indonesia, Seri-6 yang dipasarkan masih mengandalkan versi 630i Gran Turismo M Sport. Apa saja pembaruan yang diberikan pada edisi terbaru ini? Intip review BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior BMW 6 Series 2020

Seperti yang sudah diprediksi beberapa waktu lalu, ubahan paling besar dari eksterior Seri-6 GT adalah kemunculan kidney grille yang lebih besar. Penyegaran juga dilakukan untuk meningkatkan aerodinamika selama berkendara. Namun secara keseluruhan, tampilan luarnya masih menawarkan kesan elegan khas Seri-6.

Review BMW Seri-6 Gran Turismo 2020: Eksterior Depan

Seri-6 turut mengikuti perubahan desain BMW dengan grille yang lebih besar. Inovasi visual terbaru memperlihatkan Seri-6 Gran Turismo dengan kidney grille BMW yang lebih besar serta didampingi lampu depan di sebelahnya. Bagi Anda yang menginginkan desain yang lebih sporty bisa melihat desain baru paket M-Sport pada Seri-6.

tampilan depan BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 berwarna abu-abu
Tampilan depan BMW Seri-6 Gran Turismo 2020

Selain kidney grille yang baru, ubahan paling signifikan terlihat pada penampilan bumper bawah yang dibuat lebih modern. Intake udara yang lebih kecil dibuat minimalis dan menekankan desain lebar dari Seri-6. Desainnya dibuat lebih aerodinamis dengan aliran udara pada sisi samping bumper yang dibuat lebih tipis dibandingkan sebelumnya.

Review BMW Seri-6 Gran Turismo 2020: Eksterior Samping

tampilan samping BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 berwarna abu-abu
Tampilan samping BMW Seri-6 Gran Turismo 2020

Di sisi samping, tampilannya terasa tanpa perubahaan. Meskipun BMW mengklaim bagian samping memiliki ‘lebih sedikit garis’. Namun bagi mata awam, perbedaannya memang tak terlalu signifikan. Dimensinya masih sama, dengan panjang 5,09 meter, ada jendela tanpa bingkai dan spoiler belakang yang memanjang secara otomatis ketika Anda berkendara di atas 120 km/jam. 

Review BMW Seri-6 Gran Turismo 2020: Eksterior Belakang

tampilan belakang BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 berwarna abu-abu
Tampilan belakang BMW Seri-6 Gran Turismo 2020

Di belakang tak banyak perubahan yang bisa terlihat. Lampu belakang LED dengan reflektor terletak di bagian bawahnya. Ada aksen hitam pada bumper belakang. Terlalu besar untuk sekadara aksen dan sedikit mengurangi kesan polos pada bagian belakang. Paket M-Sport mendapatkan trapezoidal tailpipe yang diberikan pada semua model.

>>> Dapatkan berbagai review terbaru BMW hanya di sini


Interior BMW 6 Series 2020

Tampilan dalamnya dibuat lebih mewah dengan kehadiran interior berlapis kulit yang dipasang pada semua variannya. Kenyamanan didukung oleh kontrol iklim otomatis empat zona, panoramic sunroof, dan sistem suara surround dari Bowers & Wilkins. Ada opsi lain seperti trim interior baru serta ambient light dengan dynamic interior light.

Review BMW Seri-6 Gran Turismo 2020: Dashboard

Kesan mewah layaknya mobil BMW lainnya tak dapat dipungkiri menjadi daya tarik Seri-6. Dashboard dual tone dipenuhi dengan berbagai fitur hingga head layar sentuh 12.3 inci ditambah kluster instrument standar 12.3 inci pula. Sesuai dengan teknologi terbaru BMW, semuanya sudah terintegrasi dengan Android Auto serta Apple CarPlay.

dashboard BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 berwarna hitam 
Dashboard BMW Seri-6 Gran Turismo 2020

Meskipun bisa dibilang dashboard memiliki desain yang hampir sama dengan Seri-5 yang turut mendapatkan pembaruan di saat yang sama dengan Seri-6. Konsol tengah dengan warna piano black dilengkapi dengan transmisi gear khas BMW serta beberapa tombol pengaturan konvensional. Ada ruang penyimpanan pada konsol tengah serta armrest berwarna senada dengan interior.

Review BMW Seri-6 Gran Turismo 2020: Setir

setir BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 berwarna hitam
Setir BMW Seri-6 Gran Turismo 2020

Seperti model sebelumnya, facelift Seri-6 yang baru menyediakan setir multifungsi palang tiga berlapis kulit. Namun untuk mempermudah Anda dalam mengakses fitur di dalam mobil, setir bergaya sporty ini mendapatkan revisi pada tombol-tombol yang tersedia. Sedangkan pada paket M-Sport, setirnya dibuat beraksen hitam tanpa kesan silver yang membuatnya lebih maskulin.

Review BMW Seri-6 Gran Turismo 2020: Kursi

kursi BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 berwarna beige
Kursi BMW Seri-6 Gran Turismo 2020

Kursi berlapis kulit akan menemani Anda sepanjang perjalanan. Dimensinya yang besar memberikan rasa lapang bagi pengemudi belakang. Kursi depan dan belakang sudah mendapatkan pengaturan sandaran yang bisa disetel secara elektris tersedia dalam berbagai opsi tambahan. Penumpang di belakang juga bisa menikmati hiburan dari sistem Rear Seat Entertainment Professional yang diberikan sebagai opsi.

Review BMW Seri-6 Gran Turismo 2020: Bagasi

bagasi BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 berwarna abu-abu
Bagasi BMW Seri-6 Gran Turismo 2020

Meskipun memiliki ukuran yang sama dengan edisi sebelumnya, BMW juga memberikan ruang lapang untuk menyimpan barang bawaan di belakang. Volume kompartemen bagasi tersedia dari 600 liter. Bagi Anda yang membutuhkan ruang yang lebih luas bisa melipat kursi belakang untuk menambah ruang penyimpanan hingga menjadi 1.800 liter.

>>> Berita terbaru seputar BMW bisa dipantau di sini

Fitur BMW 6 Series 2020

Seri-6 Gran Turismo yang baru dilengkapi dengan BMW Live Cockpit Professional sebagai standar bagi seluruh model. Dengan panel instrumen dan head unit layar sentuh masing-masing berukuran 12,3 inci yang lapang. Untuk sistem hiburan, ada kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto yan sudah ditingkatkan.

panoramic sunroof BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 dari kaca
Panoramic sunroof BMW Seri-6 Gran Turismo 2020

Di dalam mobil, pengembangan fitur dan peningkatan bisa dilakukan hanya dengan pembaruan perangkat lunak. Seri-6 GT terbaru sudah dibekali dengan BMW Operating System 7. Tidak hanya untuk meningkatkan sistem operasi selama berkendara, tetapi juga memungkinkan layanan sistem navigasi berbasis cloud dari BMW serta pembaruan over-the-air.

Review BMW Seri-6 Gran Turismo 2020: Fitur keselamatan aktif

Sistem bantuan mengemudi dan fitur keselamatan aktif telah meningkat. Sistem Parking Assist akan mengambil alih gerakan kemudi ketika mundur dalam jarak 50 meter. Dengan fungsi Drive Recorder yang baru, rekaman video dari 40 detik dari apa yang terjadi di sekitar mobil bisa ditangkap dan disimpan.

fitur BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 berwarna hitam
Fitur di dalam BMW Seri-6 Gran Turismo 2020

Pembaruannya termasuk fitur Lane Departure Warning yang saat ini dimasukkan ke dalam opsi Driving Assistant. Opsi Driving Assistant Professional termasuk steering guidance assistant dengan jangkauan dan fungsi yang lebih luas disertai panduan navigasi aktif. Ada juga Emergency Lane Assistant yang memandu mobil keluar dari kemacetan lalu lintas.

>>> Tips Beli BMW E36 Bekas yang Kondisinya Masih Sehat

Operasi BMW 6 Series 2020

Berdasarkan pasarnya, BMW membawa beberapa pilihan mesin bagi Seri-6 terbaru. Ada dua pilihan mesin bensin dan tiga pilihan mesin diesel yang ditawarkan. Yang paling kuat adalah mesin 6-silinder segaris 3.0L turbo diesel yang menawarkan tenaga hingga 344 PS dan torsi maksimal 700 Nm yang mengagumkan. Membuatnya berlari 0-100 dalam 5.3 detik dengan kecepatan tertinggi mencapai 250 km/jam.

mesin BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 berwarna hitam
Mesin BMW Seri-6 Gran Turismo 2020

Transmisi otomatis 8-percepatan Steptronic merupakan standar bagi seluruh model dengan paddle shift di roda kemudi. Peningkatan pada versi baru membuat perpindahan transmisi lebih ringan. Ada pula girboks “Steptronic Sport” opsional. Sedangkan sistem penggerak semua roda merupakan standar atau tersedia pada setiap model tergantung pasarnya.

Sasis masih menggunakan suspensi udara gandar belakang (rear axle air suspension) dengan Automatic Level Control sebagai komponen standar. BMW juga menyediakan opsi suspensi udara untuk gandar depan. Opsi sasis lainnya termasuk Rear-Wheel Steering (disebut juga dengan Integral Active Steering) serta rem dengan kaliper berwarna biru atau merah.

Sistem mild-hybrid 48-volt

BMW terus melanjutkan elektrifikasi pada setiap modelnya. Semua varian Seri-6 GT terbaru akan memiliki sistem mild-hybrid 48-volt sebagai perlengkapan standar. Pengaturan hybrid ringan ini termasuk motor listrik yang bergerak sebagai starter dan generator guna meningkatkan efisiensi daya. Sistem ini menambah 11 PS pada tenaga maksimal.

motor listrik BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 berwarna hitam
Motor listrik BMW Seri-6 Gran Turismo 2020

Bagian dari janji efisiensi BMW datang melalui penggunaan sistem start-stop yang dikendalikan oleh motor listrik. Tidak hanya memungkinkan mesin mati pada saat berhenti, tetapi juga mematikan dan terlepas dari girboks pada kecepatan di bawah 15 km/jam. Start-stop bisa dinonaktifkan pada mode berkendara tertentu.

>>> BMW Astra Bagikan Tips Cara Merawat Mobil Selama #DiRumahAja

Spesifikasi BMW 6 Series 2020

Dimensi BMW Seri-6 Gran Turismo 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

5.091 x 1.902 x 1.538 mm

Jarak Poros Roda

3.070 mm

Ground Clearance

138 mm

Mesin BMW Seri-6 Gran Turismo 2020

Tipe Mesin

B57D30 3.0L 6-silinder segaris turbodiesel

Kapasitas Silinder

2.993 cc

Tenaga Maksimal

344 PS @ 4.000 rpm

Torsi Maksimal

680 Nm @ 1.750-2.250 rpm

Percepatan (0-100 km/jam)

5.3 detik

Kecepatan Maksimal

250 km/jam

Transmisi

8-percepatan Steptronic otomatis

Sistem Penggerak

All-wheel drive

Kaki-Kaki BMW Seri-6 Gran Turismo 2020

Suspensi Depan/Belakang

Adaptive air suspension

Rem Depan/Belakang

Ventilated Disc

Velg

20 inci W-Spoke

Daftar Harga BMW 6 Series 2020

Seri-6 GT merupakan satu-satunya keluarga Seri-6 yang dipasarkan oleh BMW. Mobil ini akan diproduksi di Dingolfing, Bavaria. Tempat yang sama dengan BMW Seri-7 dan Seri-8 diproduksi. Dijadwalkan meluncur di pasar Eropa pada Juli 2020, harga BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 dimulai dari € 62.800 (sekitar Rp1 miliar). Bandingkan dengan 630i GT M Sport yang dibanderol mulai dari Rp1.5 miliar di Indonesia.

Kesimpulan BMW 6 Series 2020

Keinginan BMW untuk menghadirkan elektrifikasi pada mobilnya terbukti dengan penyegaran terbaru dari generasi keempat Seri-6. Selain penambahan beberapa sistem dan teknologi baru, BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 dibuat lebih efisien dengan motor listrik bertenaga 48-volt. Dimensinya tak berubah, masih bongsor dan lebar. Tapi Seri-6 GT bisa menjadi pilihan untuk eksekutif yang ingin mencari sedan premium yang mendukung gaya mewah nan elegan.

>>> Simak review mobil lain yang tak kalah menariknya di sini

Padli Nurdin
Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review BMW 4 Series 2021: Tegaskan Identitas Dengan Grille Ikonik

Rp. 654.529.000

12/06/2020

Editor rate:

Generasi kedua BMW 4 Series diperkenalkan dengan tampilan yang jauh berbeda dari pendahulunya, khususnya dengan grille super besar yang menegaskan 4 Series lebih dari sekadar 3 Series coupe.

Lihat juga

Review BMW 5 Series 2021: Modernisasi Saloon Eksekutif Bavaria

Rp 662.600.000

09/06/2020

Editor rate:

Pekan lalu, BMW 5 Series mendapatkan facelift untuk model 2021 dengan beberapa sentuhan di segi eksterior, interior, dan powertrain yang membuat mobil lebih modern dan berkelas. Bagaimana lengkapnya?

Lihat juga

Review BMW 3 Series Touring 2020: Penyempurna Kebangkitan BMW Seri 3

Rp. 1.289.000.000

18/04/2020

Editor rate:

BMW 3 Series Touring mempertahankan nilai sebagai Driver’s Car yang tetap memanjakan keluarga. BMW Indonesia kini secara resmi mulai memasarkannya di Tanah Air

Lihat juga

Review BMW 7 Series 2019

21/01/2019

Editor rate:

Nama BMW 7 Series di ranah luxury sedan, tak bisa dilepaskan dari sinergi apik antara kemewahan, pengalaman berkendara impresif, serta fitur dan teknologi canggih. Hal ini semakin ditegaskan lewan BMW 7 Series 2019 yang siap mewarnai segmen full size luxury sedan dunia.

Lihat juga

Review BMW 640i Coupe 2012: Paket Hemat Untuk Pecinta Grand Tourer

27/08/2019

Editor rate:

Posisi BMW 6 series sebagai Grand Tourer memang sudah digantikan BMW seri 8 yang baru saja meluncur. Namun, ini justru menarik untuk para pecinta mobil GT yang memiliki budget terbatas, karena Anda bisa mendapatkan beberapa model seri 6 dengan harga menarik, salah satunya BMW 640i Coupe 2012.

Lihat juga